Ekonomi
Share this on:

BBM satu Harga Ditargetkan Terealisasi 2019

  • BBM satu Harga Ditargetkan Terealisasi 2019
  • BBM satu Harga Ditargetkan Terealisasi 2019

PT Pertamina (Persero) optimistis mampu mencapai target BBM satu harga sesuai imbauan Presiden Jokowi sebelum 2019.

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) optimistis mampu mencapai target BBM satu harga sesuai imbauan Presiden Jokowi sebelum 2019. Untuk menerapkan kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga di 145 wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal itu Pertamina memperkirakan biaya yang dibutuhkan lebih dari Rp2 triliun per tahun.

“Target awal program itu sampai dengan 2019 baru bisa semua lokasi terpenuhi. Tapi kami akan mempercepat realisasi itu,” kata Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero) Toharso di Jakarta.

Senin (8/5). Menurut Toharso, kendala yang dihadapi Pertamina, khususnya bagian Pemasaran adalah kesulitan mencari pengusaha atau investor yang mau membangun SPBU di daerah terpencil. Umumnya, sarana untuk mencapai lokasi tidak melalui darat, melainkan harus melalui udara.

Toharso menjelaskan, untuk mengangkut BBM ke perbatasan Kalimantan misalnya, membutuhkan biaya Rp 38 ribu per liter. Ongkos itu untuk menyewa pesawat, membayar pilot yang tidak kecil. BBM sebanyak 4 ton atau 4.000 liter ini diangkut dari Tarakan ke perbatasan ke Kalimantan.

Namun, pemerintah meminta melalui prpogram BBM Satu Harga, maka Pertamina harus menyeragamkan harga BBM sama dengan harga BBM penugasan, yakni untuk solar Rp5.150 per liter dan premium Rp6.550 per liter.

Disebutkan, ongkos angkut BBM untuk program BBM satu harga murni dana Pertamina. “Tidak ada efisiensi di proyek ini, tapi kami harus menjalankan program ini, karena ini amanah pemerintah. Rakyat punya hak yang sama sebagai warga negara Indonesia,” katanya.

Sementara itu, PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor hulu migas, kembali meraih penghargaan the best CSR dalam ajang tahunan Indonesia Green Award (IGA) 2017 yang diadakan oleh La Tofi School of CSR. Penghargaan diserahkan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Imam Hendargo.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengapresiasi perusahaan yang telah menjalankan kegiatan CSR menuju terciptanya kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara.

“Menciptakan suatu inisiatif program yang berkelanjutan kami yakini akan membawa sebuah cerita perubahan yang nantinya dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat di negeri ini, hal ini sesuai dengan tema besar IGA 2017,” ujar Imam.

Dalam perhelatan ini, Pertamina EP menyabet seluruh kategori yang diadakan. Pertama, Kategori Penyelamatan Sumber Daya Air oleh Filed Rantau, Field Pangkalan Susu, Field Subang dan Field Lirik. Kedua, Kategori mempelopori pencegahan polusi diraih oleh Field Rantau, Field Lirik dan Field Subang.

Ketiga, Kategori mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu diraih oleh Field Rantau, Field Pangkalan Susu, Field Lirik, Field Jatibarang, Field Subang dan Field Adera.

Keempat, Kategori menghemat Energi dan penggunaan EBT diraih oleh Field Rantau, Field Lirik, Field Ramba, Field Subang dan Field Prabumulih. Kelima, Kategori mengembangkan keanekaragaman Hayati diraih oleh Field Subang, Field Lirik dan Pangkalan Susu. (ers/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Hulu Efisien, Hilir Tekan Harga

Hulu Efisien, Hilir Tekan Harga

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kemarin (26/5) melantik 14 pejabat di lingkungan BPH Migas.


Pertamina Ingin Bensin dan Solar Naik Juli Nanti

Pertamina Ingin Bensin dan Solar Naik Juli Nanti

PT Pertamina (Persero) berharap ada kenaikan harga jual BBM jenis solar dan premium pada Juli mendatang.


Cadangan BBM Bertambah Tiga Hari

Cadangan BBM Bertambah Tiga Hari

Kebutuhan minyak mentah Indonesia saat ini mencapai 1,6 juta barel per hari. Padahal, produksi domestik 800 ribu barel per hari.


Luas Tanah Tak Bertambah, Harga Properti Selalu Naik

Luas Tanah Tak Bertambah, Harga Properti Selalu Naik

Investasi properti kerap disukai setiap orang. Pasalnya, selain harganya selalu naik setiap tahun, harga properti lebih stabil.


ESDM Akan Batasi Harga Listrik

ESDM Akan Batasi Harga Listrik

Kementerian ESDM memperbaiki skema penghitungan harga beli listrik dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).


Tarif Listrik EBT Lebih Murah

Tarif Listrik EBT Lebih Murah

Pemerintah menginginkan harga listrik yang berasal dari energi baru terbarukan (EBT) bisa lebih terjangkau.


Tak Ada Alasan Stop Produksi

Tak Ada Alasan Stop Produksi

Baru saja bangkit karena isu perbaikan harga, Oktober lalu, bisnis batu bara diprediksi kembali menghadapi tantangan setahun ke depan.


Perkebunan Dongkrak Indeks

Perkebunan Dongkrak Indeks

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sukses berakhir di zona hijau. Itu tidak lepas dari apresiasi sektor perkebunan.


Duet BUMN Siap Amankan Harga Cabai

Duet BUMN Siap Amankan Harga Cabai

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan kunjungan ke pasar-pasar yang ada di Jakarta.


Kejar Target 1,2 Juta Penumpang di 2019

Kejar Target 1,2 Juta Penumpang di 2019

PT KAI Commuter Jabodetabek (PPT KCJ) akan mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jakbodetabek hingga stasiun Rangkas Bitung.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!