Ekonomi
Share this on:

BBM satu Harga Ditargetkan Terealisasi 2019

  • BBM satu Harga Ditargetkan Terealisasi 2019
  • BBM satu Harga Ditargetkan Terealisasi 2019

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) optimistis mampu mencapai target BBM satu harga sesuai imbauan Presiden Jokowi sebelum 2019. Untuk menerapkan kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga di 145 wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal itu Pertamina memperkirakan biaya yang dibutuhkan lebih dari Rp2 triliun per tahun.

“Target awal program itu sampai dengan 2019 baru bisa semua lokasi terpenuhi. Tapi kami akan mempercepat realisasi itu,” kata Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero) Toharso di Jakarta.

Senin (8/5). Menurut Toharso, kendala yang dihadapi Pertamina, khususnya bagian Pemasaran adalah kesulitan mencari pengusaha atau investor yang mau membangun SPBU di daerah terpencil. Umumnya, sarana untuk mencapai lokasi tidak melalui darat, melainkan harus melalui udara.

Toharso menjelaskan, untuk mengangkut BBM ke perbatasan Kalimantan misalnya, membutuhkan biaya Rp 38 ribu per liter. Ongkos itu untuk menyewa pesawat, membayar pilot yang tidak kecil. BBM sebanyak 4 ton atau 4.000 liter ini diangkut dari Tarakan ke perbatasan ke Kalimantan.

Namun, pemerintah meminta melalui prpogram BBM Satu Harga, maka Pertamina harus menyeragamkan harga BBM sama dengan harga BBM penugasan, yakni untuk solar Rp5.150 per liter dan premium Rp6.550 per liter.

Disebutkan, ongkos angkut BBM untuk program BBM satu harga murni dana Pertamina. “Tidak ada efisiensi di proyek ini, tapi kami harus menjalankan program ini, karena ini amanah pemerintah. Rakyat punya hak yang sama sebagai warga negara Indonesia,” katanya.

Sementara itu, PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor hulu migas, kembali meraih penghargaan the best CSR dalam ajang tahunan Indonesia Green Award (IGA) 2017 yang diadakan oleh La Tofi School of CSR. Penghargaan diserahkan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Imam Hendargo.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengapresiasi perusahaan yang telah menjalankan kegiatan CSR menuju terciptanya kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara.

“Menciptakan suatu inisiatif program yang berkelanjutan kami yakini akan membawa sebuah cerita perubahan yang nantinya dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat di negeri ini, hal ini sesuai dengan tema besar IGA 2017,” ujar Imam.

Dalam perhelatan ini, Pertamina EP menyabet seluruh kategori yang diadakan. Pertama, Kategori Penyelamatan Sumber Daya Air oleh Filed Rantau, Field Pangkalan Susu, Field Subang dan Field Lirik. Kedua, Kategori mempelopori pencegahan polusi diraih oleh Field Rantau, Field Lirik dan Field Subang.

Ketiga, Kategori mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu diraih oleh Field Rantau, Field Pangkalan Susu, Field Lirik, Field Jatibarang, Field Subang dan Field Adera.

Keempat, Kategori menghemat Energi dan penggunaan EBT diraih oleh Field Rantau, Field Lirik, Field Ramba, Field Subang dan Field Prabumulih. Kelima, Kategori mengembangkan keanekaragaman Hayati diraih oleh Field Subang, Field Lirik dan Pangkalan Susu. (ers/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ekonomi Pulih, Relaksasi Kredit Perbankan Dihapus

Ekonomi Pulih, Relaksasi Kredit Perbankan Dihapus

Relaksasi restrukturisasi kredit satu pilar dari pemerintah telah berakhir bulan lalu.


Pemerintah Tambah Kapal Perintis Tol Laut

Pemerintah Tambah Kapal Perintis Tol Laut

Program Tol Laut untuk ketersediaan barang dan mengurangi kesenjangan harga, terus digeber.


Iuran BPH Migas Masuk Pertamina

Iuran BPH Migas Masuk Pertamina

Penerapan BBM satu harga memerlukan perhatian khusus.


Pemerintah Diminta Atur Harga Acuan Garam

Pemerintah Diminta Atur Harga Acuan Garam

Harga jual garam sering kali anjlok saat musim panen tiba.


Komoditas Rebound, Emiten Tambang Diburu

Komoditas Rebound, Emiten Tambang Diburu

Kenaikan harga komoditas membuat pelaku usaha di sektor energi optimistis mengakhiri puasa panjang.


Inflasi Juli Diprediksi 0,18 Persen

Inflasi Juli Diprediksi 0,18 Persen

Bank Indonesia (BI) memprediksi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Juli 2017 mengalami inflasi 0,18 persen secara bulanan (month-to-month/mtm).


Dana Asing Mulai Keluar

Dana Asing Mulai Keluar

Indeks harga saham gabungan (IHSG) kemarin (21/7) ditutup di zona merah. Indeks terkoreksi 59,784 poin atau 1,03 persen ke level 5.765,42.


Harga Minyak Mentah Masih Tak Menentu

Harga Minyak Mentah Masih Tak Menentu

Harga minyak mentah dunia diramal masih akan bergejolak hingga penghujung tahun ini.


Sistem Lumpuh, Ratusan Miliar Saham Lepas

Sistem Lumpuh, Ratusan Miliar Saham Lepas

Serangan siber melumpuhkan sistem perdagangan bursa efek indonesia (BEI). Efeknya, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tersendat selama 1 jam.


Lebaran Usai, Harga Sembako Sulit Turun

Lebaran Usai, Harga Sembako Sulit Turun

Memasuki masa-masa pascaLebaran, harga-harga kebutuhan pokok biasanya tidak berangsur normal.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!