Ekonomi
Share this on:

BBM satu Harga Ditargetkan Terealisasi 2019

  • BBM satu Harga Ditargetkan Terealisasi 2019
  • BBM satu Harga Ditargetkan Terealisasi 2019

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) optimistis mampu mencapai target BBM satu harga sesuai imbauan Presiden Jokowi sebelum 2019. Untuk menerapkan kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga di 145 wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal itu Pertamina memperkirakan biaya yang dibutuhkan lebih dari Rp2 triliun per tahun.

?Target awal program itu sampai dengan 2019 baru bisa semua lokasi terpenuhi. Tapi kami akan mempercepat realisasi itu,? kata Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero) Toharso di Jakarta.

Senin (8/5). Menurut Toharso, kendala yang dihadapi Pertamina, khususnya bagian Pemasaran adalah kesulitan mencari pengusaha atau investor yang mau membangun SPBU di daerah terpencil. Umumnya, sarana untuk mencapai lokasi tidak melalui darat, melainkan harus melalui udara.

Toharso menjelaskan, untuk mengangkut BBM ke perbatasan Kalimantan misalnya, membutuhkan biaya Rp 38 ribu per liter. Ongkos itu untuk menyewa pesawat, membayar pilot yang tidak kecil. BBM sebanyak 4 ton atau 4.000 liter ini diangkut dari Tarakan ke perbatasan ke Kalimantan.

Namun, pemerintah meminta melalui prpogram BBM Satu Harga, maka Pertamina harus menyeragamkan harga BBM sama dengan harga BBM penugasan, yakni untuk solar Rp5.150 per liter dan premium Rp6.550 per liter.

Disebutkan, ongkos angkut BBM untuk program BBM satu harga murni dana Pertamina. ?Tidak ada efisiensi di proyek ini, tapi kami harus menjalankan program ini, karena ini amanah pemerintah. Rakyat punya hak yang sama sebagai warga negara Indonesia,? katanya.

Sementara itu, PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor hulu migas, kembali meraih penghargaan the best CSR dalam ajang tahunan Indonesia Green Award (IGA) 2017 yang diadakan oleh La Tofi School of CSR. Penghargaan diserahkan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Imam Hendargo.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengapresiasi perusahaan yang telah menjalankan kegiatan CSR menuju terciptanya kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara.

?Menciptakan suatu inisiatif program yang berkelanjutan kami yakini akan membawa sebuah cerita perubahan yang nantinya dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat di negeri ini, hal ini sesuai dengan tema besar IGA 2017,? ujar Imam.

Dalam perhelatan ini, Pertamina EP menyabet seluruh kategori yang diadakan. Pertama, Kategori Penyelamatan Sumber Daya Air oleh Filed Rantau, Field Pangkalan Susu, Field Subang dan Field Lirik. Kedua, Kategori mempelopori pencegahan polusi diraih oleh Field Rantau, Field Lirik dan Field Subang.

Ketiga, Kategori mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu diraih oleh Field Rantau, Field Pangkalan Susu, Field Lirik, Field Jatibarang, Field Subang dan Field Adera.

Keempat, Kategori menghemat Energi dan penggunaan EBT diraih oleh Field Rantau, Field Lirik, Field Ramba, Field Subang dan Field Prabumulih. Kelima, Kategori mengembangkan keanekaragaman Hayati diraih oleh Field Subang, Field Lirik dan Pangkalan Susu. (ers/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

PT Lakumas Dukung Industri Tenun ATBM

PT Lakumas Dukung Industri Tenun ATBM

Berdiri pada 1998 di Desa Yamansari, Kecamatan Lebaksiu, PT Laksana Kurnia Mandiri Sejati merupakan satu-satunya pabrik pemintalan di Tegal.


Nasmoco Tegal Berbagi Kasih

Nasmoco Tegal Berbagi Kasih

Nasmoco Tegal sebagai salah satu outlet atau cabang resmi Toyota di Jawa Tengah dan Jogjakarta menggelar acara berbagi takjil.


Sempoa SIP Tingkatkan Konsentrasi Anak

Sempoa SIP Tingkatkan Konsentrasi Anak

Sebagai salah satu tempat untuk belajar berhitung menggunakan sempoa bertaraf internasional, Sempoa SIP kini telah hadir di Kota Bahari.


Perajin Tenun Goyor Butuh Perhatian

Perajin Tenun Goyor Butuh Perhatian

Tenun Goyor yang merupakan warisan kebudayaan terus mengalami perkembangan, mulai dari produksi, pola atau gambar, warna, merek dagang, dan harga.


Permintaan Naik, Harga Daging Bertahan

Permintaan Naik, Harga Daging Bertahan

Permintaan daging sapi segar selama Ramadan meningkat. Meski begitu, harga daging tidak menunjukkan kenaikan yang signifikan.


Tenun Goyor Tegal Primadona Sarung di Timur Tengah

Tenun Goyor Tegal Primadona Sarung di Timur Tengah

Tenun goyor merupakan salah satu produk kerajinan dan warisan kebudayaan yang dapat dijumpai di daerah seperti Kabupaten Tegal, Kota Tegal.


Sempoa SIP Tegal Sudah Berkurikulum Internasional

Sempoa SIP Tegal Sudah Berkurikulum Internasional

Sempoa SIP yang merupakan salah satu tempat untuk belajar berhitung menggunakan sempoa bertaraf internasional dan berpusat di Jepang, kini hadir di Tegal.


Stabilkan Harga Pangan Jelang Ramadan

Stabilkan Harga Pangan Jelang Ramadan

Gejolak harga pangan menjelang Ramadan rentan terjadi.


Dolar Menguat, Harga Telur dan Ayam Ikut Naik

Dolar Menguat, Harga Telur dan Ayam Ikut Naik

Telur dan daging ayam menjadi dua komoditas yang terdampak pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar.


Harga Rumah Terus Naik

Harga Rumah Terus Naik

Harga properti residensial di pasar primer terus meningkat. Berdasar survei Bank Indonesia (BI)



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!