Ekonomi
Share this on:

Harus Dibedakan Oleh-oleh dan Kulakan

  • Harus Dibedakan Oleh-oleh dan Kulakan
  • Harus Dibedakan Oleh-oleh dan Kulakan

JAKARTA - Aturan tentang bea masuk barang bawaan penumpang dari luar negeri masih menjadi perdebatan. Batasan bebas bea masuk sebesar USD 250 (Rp3,3 juta) per orang atau USD 1.000 (Rp13,3 juta) per keluarga dinilai tidak sebanding dengan pendapatan per kapita Indonesia.

Pengamat perpajakan Yustinus Prastowo menilai, persoalan utamanya bukan batas atas barang bawaan yang bebas bea masuk. Melainkan pajak impor yang harus dibayar wajib pajak.

?Kalau dibandingkan negara lain, batas atas kita moderat. Namun, jika dalam perbandingan pendapatan per kapita, batas bebas bea kita terlalu rendah,? kata Prastowo, kemarin.

Menurut dia, ada empat komponen pajak yang harus dibayar ketika membawa barang dari luar negeri. Yakni, pajak penghasilan (PPh) pasal 22 dengan tarif 7,5 persen, pajak pertambahan nilai sebesar 10 persen, serta bea masuk dan PPnBM yang besarannya sesuai jenis barang.

Prastowo menilai total pungutan cukup besar karena untuk PPh dan PPN saja sudah 17,5 persen. Sementara itu, di negara lain, batas bea masuknya lebih ketat, tapi beban pajaknya tidak besar.

?Di Singapura total yang harus dibayar hanya 7 persen. Jadi, mereka tidak keberatan untuk membayar,? jelasnya.

Direktur eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) mengakui pembatasan bebas bea masuk efektif memproteksi perekonomian domestik dari barang-barang yang dilarang atau membahayakan. Selain itu, pembatasan dinilai baik bagi industri dalam negeri.

Namun, Prastowo meminta pemerintah memahami bahwa WP kini tak lagi pergi ke luar negeri untuk berbelanja. WP kini berpergian ke luar negeri untuk traveling. ?Jadi, barang yang dibawa biasanya oleh-oleh yang di Indonesia tidak ada. Kecuali kalau kulakan berkardus-kardus LCD handphone. Itulah yang harus ditindak,? tegasnya.

Karena itu, dia menyarankan pemerintah mengkaji lagi besaran batasan bebas bea masuk atau mengurangi tarif pajak yang dibebankan kepada WP. ?Sebaiknya tidak melebihi USD 1.000 karena tidak ada negara yang menerapkan batasan lebih tinggi dari itu. Kisarannya USD 500 sampai USD 750,? imbuhnya.

Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani bersikukuh meminta plafon barang bawaan bebas bea masuk seharusnya USD 2.500 per orang. Alasannya, budaya Indonesia lekat dengan buah tangan bila pergi ke luar negeri.

?Kalau orang pulang umrah, oleh-olehnya pasti banyak. Oleh-oleh kan tidak mungkin dijual lagi. Kalau dibatasi bingung juga. Jadi, batas atas barang bawaan kena pajak sebaiknya dinaikkan dari USD 250 menjadi USD 2.500,? terangnya. (ken/c25/noe/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Uji Bahan Bakar saat Mudik Lebaran

Uji Bahan Bakar saat Mudik Lebaran

Pertamina menguji tiga produk bahan bakarnya, yaitu Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamina DEX.


Indonesia Serba Tekor, Ekonomi pun Sempoyongan

Indonesia Serba Tekor, Ekonomi pun Sempoyongan

Pejabat-pejabat dan ekonom pemerintahan saat ini diminta untuk menghentikan analisis-analisis yang tak benar tentang kondisi terkini perekonomian indonesia.


Produksi Minyak Pertamina Naik 14 Persen

Produksi Minyak Pertamina Naik 14 Persen

Program prioritas PT Pertamina (persero) di sektor hulu membuat produksi minyak dan gas bumi naik.


Nasmoco Tegal Berbagi Kasih

Nasmoco Tegal Berbagi Kasih

Nasmoco Tegal sebagai salah satu outlet atau cabang resmi Toyota di Jawa Tengah dan Jogjakarta menggelar acara berbagi takjil.


2.139 SPBU di Jamali Tak Jual Premium

2.139 SPBU di Jamali Tak Jual Premium

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) terus memetakan jumlah SPBU di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) yang siap memasok premium.


Perajin Tenun Goyor Butuh Perhatian

Perajin Tenun Goyor Butuh Perhatian

Tenun Goyor yang merupakan warisan kebudayaan terus mengalami perkembangan, mulai dari produksi, pola atau gambar, warna, merek dagang, dan harga.


Telkom-Cisco Berkolaborasi Dukung Transformasi Digital BUMN

Telkom-Cisco Berkolaborasi Dukung Transformasi Digital BUMN

PT Telkom Indonesia (TLKM) dan Cisco International Limited (Cisco) sepakat mendukung transformasi digital BUMN.


Nelayan dan ABK di Tegal Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Nelayan dan ABK di Tegal Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal dan Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari melakukan kerjasama untuk perlindungan bagi nelayan dan ABK.


Tenun Goyor Tegal Primadona Sarung di Timur Tengah

Tenun Goyor Tegal Primadona Sarung di Timur Tengah

Tenun goyor merupakan salah satu produk kerajinan dan warisan kebudayaan yang dapat dijumpai di daerah seperti Kabupaten Tegal, Kota Tegal.


Sempoa SIP Tegal Sudah Berkurikulum Internasional

Sempoa SIP Tegal Sudah Berkurikulum Internasional

Sempoa SIP yang merupakan salah satu tempat untuk belajar berhitung menggunakan sempoa bertaraf internasional dan berpusat di Jepang, kini hadir di Tegal.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!