Ekonomi
Share this on:

Kejar Target 1,2 Juta Penumpang di 2019

  • Kejar Target 1,2 Juta Penumpang di 2019
  • Kejar Target 1,2 Juta Penumpang di 2019

JAKARTA - Kabar baik datang dari dunia perkeretaapian tanah air. Awal tahun ini, PT KAI Commuter Jabodetabek (PPT KCJ) akan mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jakbodetabek hingga stasiun Rangkas Bitung.

Pengoperasian KRL ini sejalan dengan target PT KCJ untuk melayani 1,2 juta penumpang pada 2019 mendatang. Seiring dengan pengoperasian KRL relasi Angke-Rangkas Bitung, maka stasiun Angke akan kembali dibuka untuk melayani naik turun penumpang KRL baik pengguna KRL Rangkas maupun Loop Line.

?Pembenahan untuk mendukung beroperasinya KRL ini terus kami lakukan. Seluruh prasarana pendukung seperti gate elektronik, tangga untuk naik turun penumpang, dan loket kami targetkan pada awal tahun ini semuanya sudah rampung, sehingga nantinya siap melayani penumpang,? ujar Direktur Utama PT KCJ MN Fadhila dalam konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Direktur Operasional dan Pemasaran PT KCJ Subakir, Direktur Tehnik PT KCJ Fredi Firmansyah, Direktur Keuangan dan Administrasi PT KCJ Ari Mulyono dan Vice President Corporate Communication Eva Chairunisa.

Dalam keterangannya itu, Fadhilah juga menargetkan pengoperasian KRL tersebut pada akhir bulan ini. "Atau paling tidak selambatnya awal bulan depan," ujarnya.

Hanya saja, diakuinya, perjalanan KRL relasi Rangkas Bitung-Angke baru akan beroperasi dengan empat jadwal keberangkatan. Diantaranya pada pukul 04.50 (Rangkas Bitung-Angke), pukul 08.10 (Angke-Rangkas Bitung), pukul 08.25 (Rangkas Bitung-Angke) dan 15.10 (Angke-Rangkas Bitung).

Jadwal keberangkatan ini sifatnya masih sementara. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan bertambah seiring meningkatnya jumlah penumpang.

"Karena kita baru menargetkan 6.000 orang per hari, sementara itu targetnya," ungkap Fadhila. Meski demikian, lanjut Fadhila, saat ini penumpang tujuan ke stasiun Rangkas Bitung maupun Angke nantinya akan dilayani dengan lima rangkaian kereta local relasi Rangkas Bitung-Angke PP.

Dengan mulai beroperasinya satu rangkaian KRL Commuter Line maka jumlah kereta local yang beroperasi akan berkurang menjadi empat rangkaian, selanjutnya secara bertahap seluruh operasional kereta local (non listrik) akan digantikan dengan KRL pada saat Grafik Perjalanan Kereta Api 2017 (GAPEKA) belaku mulai April 2017.

"Rencananya sampai 1 April 2017 sudah tidak ada lagi kereta lokal (non listrik). Nanti full KRL. Akan ada 18 (KRL) penambahan berjalan," tambahnya.

Menurut Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCJ, Subakir, seiring dengan beroperasinya KRL menggunakan satu rangkaian sepuluh kereta (SF 10), volume penumpang lintas Rangkas Bitung-Angke akan terus bertambah. Saat ini volume penumpang per hari ini pada hari kerja, dan 9.000 penumpang per hari pada hari libur. (ydh/jpg)


Berita Sebelumnya

Bank Dunia Pangkas Pertumbuhan Global
Bank Dunia Pangkas Pertumbuhan Global

Berita Berikutnya

Duet BUMN Siap Amankan Harga Cabai
Duet BUMN Siap Amankan Harga Cabai

Berita Sejenis

Pesan Mobil Mitsubishi, Anda langsunga Dapati Voucher Rp1 Juta

Pesan Mobil Mitsubishi, Anda langsunga Dapati Voucher Rp1 Juta

PT Mitsubishi Matahari Berlian Tegal Jalan Kapten Sudibyo 125 menggelar Mitsubishi Dealer Auto Show–Test Drive Experience Week, Sabtu (28/10) lalu.


Hanya Rp11 Juta Bisa Bawa Pulang All New Calya

Hanya Rp11 Juta Bisa Bawa Pulang All New Calya

Toyota Nasmoco Tegal memberikan promo spesial pada gelaran Tegal Outomtive Expo 2017 yang diselenggarakan di lantai Atrium Pacifik Mal sejak 17-31 Oktober.


Siapkan Substitusi Industri Susu

Siapkan Substitusi Industri Susu

Impor masih menjadi upaya untuk memenuhi tingkat kebutuhan susu yang mencapai lebih dari 3,5 juta ton per tahun.


Kejar Rasio Elektrifikasi 97 Persen

Kejar Rasio Elektrifikasi 97 Persen

Pembangunan lima pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) dan satu pembangkit mobile power plan (MPP) di Nusa Tenggara.


Salurkan Kredit di Atas Rp155 Triliun

Salurkan Kredit di Atas Rp155 Triliun

Sejak program Sejuta Rumah digulirkan pada tahun 2015, Bank BTN telah menyalurkan pembiayaan untuk 1,44 juta unit rumah.


Bayar Saldonya Saja, Kartunya Gratis

Bayar Saldonya Saja, Kartunya Gratis

PT Jasa Marga Tbk bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya dan perbankan menyebarkan 1,5 juta kartu e-toll yang sudah didiskon.


Sisa Tiga Bulan, Setoran Pajak Baru 60 Persen

Sisa Tiga Bulan, Setoran Pajak Baru 60 Persen

Pemerintah tinggal punya waktu kurang dari tiga bulan untuk memenuhi target penerimaan pajak tahun ini.


Target Produksi Migas Meleset

Target Produksi Migas Meleset

Capaian kegiatan hulu migas tahun ini diperkirakan masih meleset dari target. Tren itu berlanjut dan berlangsung sejak 2012.


Kadin Minta Treshold USD 500

Kadin Minta Treshold USD 500

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) setuju untuk mengkaji ulang batas bawah (treshold) harga barang bawaan penumpang yang terkena bea masuk.


Harus Dibedakan Oleh-oleh dan Kulakan

Harus Dibedakan Oleh-oleh dan Kulakan

Aturan tentang bea masuk barang bawaan penumpang dari luar negeri masih menjadi perdebatan.



Kolom

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!