Ekonomi
Share this on:

Kejar Target 1,2 Juta Penumpang di 2019

  • Kejar Target 1,2 Juta Penumpang di 2019
  • Kejar Target 1,2 Juta Penumpang di 2019

JAKARTA - Kabar baik datang dari dunia perkeretaapian tanah air. Awal tahun ini, PT KAI Commuter Jabodetabek (PPT KCJ) akan mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jakbodetabek hingga stasiun Rangkas Bitung.

Pengoperasian KRL ini sejalan dengan target PT KCJ untuk melayani 1,2 juta penumpang pada 2019 mendatang. Seiring dengan pengoperasian KRL relasi Angke-Rangkas Bitung, maka stasiun Angke akan kembali dibuka untuk melayani naik turun penumpang KRL baik pengguna KRL Rangkas maupun Loop Line.

?Pembenahan untuk mendukung beroperasinya KRL ini terus kami lakukan. Seluruh prasarana pendukung seperti gate elektronik, tangga untuk naik turun penumpang, dan loket kami targetkan pada awal tahun ini semuanya sudah rampung, sehingga nantinya siap melayani penumpang,? ujar Direktur Utama PT KCJ MN Fadhila dalam konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Direktur Operasional dan Pemasaran PT KCJ Subakir, Direktur Tehnik PT KCJ Fredi Firmansyah, Direktur Keuangan dan Administrasi PT KCJ Ari Mulyono dan Vice President Corporate Communication Eva Chairunisa.

Dalam keterangannya itu, Fadhilah juga menargetkan pengoperasian KRL tersebut pada akhir bulan ini. "Atau paling tidak selambatnya awal bulan depan," ujarnya.

Hanya saja, diakuinya, perjalanan KRL relasi Rangkas Bitung-Angke baru akan beroperasi dengan empat jadwal keberangkatan. Diantaranya pada pukul 04.50 (Rangkas Bitung-Angke), pukul 08.10 (Angke-Rangkas Bitung), pukul 08.25 (Rangkas Bitung-Angke) dan 15.10 (Angke-Rangkas Bitung).

Jadwal keberangkatan ini sifatnya masih sementara. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan bertambah seiring meningkatnya jumlah penumpang.

"Karena kita baru menargetkan 6.000 orang per hari, sementara itu targetnya," ungkap Fadhila. Meski demikian, lanjut Fadhila, saat ini penumpang tujuan ke stasiun Rangkas Bitung maupun Angke nantinya akan dilayani dengan lima rangkaian kereta local relasi Rangkas Bitung-Angke PP.

Dengan mulai beroperasinya satu rangkaian KRL Commuter Line maka jumlah kereta local yang beroperasi akan berkurang menjadi empat rangkaian, selanjutnya secara bertahap seluruh operasional kereta local (non listrik) akan digantikan dengan KRL pada saat Grafik Perjalanan Kereta Api 2017 (GAPEKA) belaku mulai April 2017.

"Rencananya sampai 1 April 2017 sudah tidak ada lagi kereta lokal (non listrik). Nanti full KRL. Akan ada 18 (KRL) penambahan berjalan," tambahnya.

Menurut Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCJ, Subakir, seiring dengan beroperasinya KRL menggunakan satu rangkaian sepuluh kereta (SF 10), volume penumpang lintas Rangkas Bitung-Angke akan terus bertambah. Saat ini volume penumpang per hari ini pada hari kerja, dan 9.000 penumpang per hari pada hari libur. (ydh/jpg)

Berita Sebelumnya

Bank Dunia Pangkas Pertumbuhan Global
Bank Dunia Pangkas Pertumbuhan Global

Berita Berikutnya

Duet BUMN Siap Amankan Harga Cabai
Duet BUMN Siap Amankan Harga Cabai

Berita Sejenis

2018, Bank Mantap Target Bangun 221 Kantor Kas

2018, Bank Mantap Target Bangun 221 Kantor Kas

Bank Mandiri dan Taspen (Bank Mantap) menargetkan untuk merealisasikan pembangunan 221 kantor kas dan pengadaan 59 unit mobil kas diseluruh Indonesia tahun ini.


Erafone Beri Diskon hingga Rp1,2 juta

Erafone Beri Diskon hingga Rp1,2 juta

Bersamaan dengan grand opening 6-8 April besok, Outlet Erafone Megastore di Pacifik Mal Lantai GF Nomor 32 Tegal memberikan banyak promo istimewa


Target Pertahankan Market Share

Target Pertahankan Market Share

Stagnasi masih membayangi laju pertumbuhan industri otomotif pada 2018.


Tidak Bebani Keuangan PLN

Tidak Bebani Keuangan PLN

Tarif listrik yang tidak akan naik hingga akhir 2019 bisa berdampak pada beban keuangan PT Perusahaan Listrik Negara (persero).


Industri Pengolahan Nonmigas Ditarget Tumbuh 5,67 Persen

Industri Pengolahan Nonmigas Ditarget Tumbuh 5,67 Persen

Kementrian Perindustrian menargetkan sektor pengolahan non migas tumbuh 5,67 persen pada 2018. Dengan total target investasi Rp345,4 triliun.


Migas Picu Defisit Neraca Dagang

Migas Picu Defisit Neraca Dagang

Kinerja perdagangan Indonesia pada awal tahun ini tercatat defisit USD 676,9 juta.


REI Target Bangun 250 Ribu Rumah Subsidi

REI Target Bangun 250 Ribu Rumah Subsidi

Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPP REI) menargetkan membangun 250 ribu rumah subsidi pada 2018.


Beli AC Gree Bawa Cash Back Rp3 Juta

Beli AC Gree Bawa Cash Back Rp3 Juta

AC Gree memberikan promo spesial cash back Rp3 juta setiap pembelian produk AC Gree.


Surplus Neraca Dipengaruhi Kenaikan Harga Komoditas

Surplus Neraca Dipengaruhi Kenaikan Harga Komoditas

November tahun lalu kinerja impor melonjak. Dampaknya, surplus neraca dagang tergolong kecil, hanya USD 130 juta.


Targetkan Tambah 18,8 Juta Peserta

Targetkan Tambah 18,8 Juta Peserta

BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) menargetkan mampu menambah kepesertaan hingga 18,8 juta orang.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!