Ekonomi
Share this on:

Mansek Perkuat Pasar, Ekspansi Regional

  • Mansek Perkuat Pasar, Ekspansi Regional
  • Mansek Perkuat Pasar, Ekspansi Regional

JAKARTA - Mandiri Sekuritas (Mansek) terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin di industri pasar modal Indonesia dengan mewujudkan rencana strategisnya untuk berekspansi secara regional. Mandiri Sekuritas resmi memperkenalkan Mandiri Securities Pte Ltd (Mandiri Securities Singapore), anak perusahan yang dimiliki secara penuh, sebagai bagian dari institusi finansial terbesar di Indonesia.

Pada awal 2017, anak usaha Bank Mandiri ini mendapatkan lisensi Jasa Pasar Modal (Capital Markets Services) dari Monetary Authority of Singapore (MAS), yaitu Deal in Securities (Bond & Equities) dan Advise on Corporate Finance. Dengan berdirinya Mandiri Securities Singapore, Mandiri Sekuritas menjadi satu-satunya investment bank Indonesia yang memiliki lisensi dan kapabilitas untuk melakukan bisnis pasar modal di Singapura, termasuk menangani penerbitan obligasi internasional G3 (obligasi dengan tiga mata uang global, yaitu dolar Amerika Serikat, yen, dan euro).

?Mandiri Sekuritas senantiasa mengembangkan bisnis utamanya dengan melihat berbagai peluang di industri pasar modal, tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di industri pasar modal regional. Kehadiran Mandiri Securities Singapore merupakan rencana strategis jangka panjang kami untuk mengambil peran yang lebih besar di kancah regional,? kata Silvano Rumantir, Direktur Utama Mandiri Sekuritas, di Jakarta, belum lama ini.

Managing Director Mandiri Sekuritas Laksono Widodo mengatakan, Singapura merupakan salah satu hub bisnis internasional yang merupakan pasar yang sangat potensial bagi Mandiri Sekuritas untuk memperluas jaringan distribusi regional. ?Ke depan, Mandiri Securities Singapore akan menjadi mitra strategis bagi Pemerintah dan korporasi dalam mencari pendanaan di pasar modal internasional,? imbuhnya.

CEO Mandiri Securities Singapore Asad Haque mengatakan, Mandiri Securities Singapore siap untuk melakukan bisnis. ?Kami melihat adanya peluang yang unik dalam melakukan sinergi di Bank Mandiri Group yang memiliki reputasi dan hubungan erat dengan Pemerintah dan basis klien korporat yang besar. Kami yakin bahwa Mandiri Securities Singapore memiliki semua keunggulan yang dibutuhkan untuk berperan aktif mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam menjajaki pasar internasional, serta memiliki andil dalam pertumbuhan dan perkembangan usaha di Indonesia,? ujarnya.

Pada Maret 2017, Mandiri Securities Singaporesukses menyelesaikan mandat perdana sebagai Joint Lead Manager & Bookrunner untuk penerbitan Global Sukuk Republik Indonesia. Global Sukuk senilai total US$3 miliar dengan tenor masing-masing 5 tahun dan 10 tahun tersebut sukses disambut pasar internasional yang terlihat dari kelebihan permintaan hingga US$10,9 miliar dengan predikat negative new issue premium. Catatan yang membanggakan adalah, transaksi perdana yang dilaksanakan Mandiri Securities Singapore tersebut diterbitkan oleh Pemerintah.

Selanjutnya, Mandiri Securities Singapore juga sukses melaksanakan penerbitan obligasi korporat internasional dalam mata uang dolar AS yang pertama dari PT Saka Energi Indonesia pada April 2017. Transaksi senilai US$625 juta yang bertenor 7 tahun tersebut mencatatkan kelebihan permintaan hingga 7 kali.

?Kami menyadari bahwa masih banyak hal yang perlu dilakukan, namun ini merupakan awal yang sangat baik bagi Mandiri Securities Singapore. Kami sangat optimistis untuk terus meningkatkan bisnis regional dengan pipeline yang menjanjikan,? tutup Asad. (ers/jpg)


Berita Sebelumnya

Selamat Tinggal Era Rahasia Bank
Selamat Tinggal Era Rahasia Bank

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Truk Panjang, Tenaga Besar

Truk Panjang, Tenaga Besar

Pertumbuhan industri ritel turut mendongkrak pasar truk ringan berkapasitas besar.


Kembangkan UMKM, Kemenkop dan UKm Perkuat Daerah Perbatasan

Kembangkan UMKM, Kemenkop dan UKm Perkuat Daerah Perbatasan

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) mendorong peran UMKM membangun daerah perbatasan.


Zaman Now, Zakat Pakai Saham

Zaman Now, Zakat Pakai Saham

Sistem digital telah merasuk dalam beragam lini bisnis. Tidak terkecuali dalam industri pasar modal khususnya transaksi saham.


Jatim Pasar Potensial Asuransi

Jatim Pasar Potensial Asuransi

Capaian pertumbuhan ekonomi yang positif menjadikan Jawa Timur sebagai tujuan ekspansi.


Perkuat Usaha Entrepreneur

Perkuat Usaha Entrepreneur

Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM menjajaki kerja sama dengan Young on Top (YoT).


Penguatan Rupiah Masih Bisa Terhambat

Penguatan Rupiah Masih Bisa Terhambat

Ditunjuknya Jerome Powell sebagai ketua Bank Sentral AS (The Fed) membuat pasar memandang bahwa sikap The Fed cenderung berhati-hati (dovish).


Penyerapan Gula ke Pasar Lambat

Penyerapan Gula ke Pasar Lambat

Penyerapan gula ke pasar pada triwulan ketiga tahun ini berjalan lambat.


Investor Domestik Mulai Tumbuh

Investor Domestik Mulai Tumbuh

Kontribusi investor dalam negeri dalam perkembangan pasar modal kian berkembang.


Roasting Buatan Anak Bangsa Rambah Pasar Mancanegara

Roasting Buatan Anak Bangsa Rambah Pasar Mancanegara

Pemerintah mendorong pelaku usaha bidang ekspor kopi terus tumbuh. Itu seiring peluncuran ekspor perdana PT Bijie Kopi Nusaprima (BKN), ke Bremen, Jerman.


E-Commerce Penyokong Ekonomi Digital

E-Commerce Penyokong Ekonomi Digital

Pangsa pasar e-commerce terus meningkat seiring tingginya penggunaan ponsel pintar yang membuat penetrasi internet semakin luas.



Kolom

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!