Ekonomi
Share this on:

Sistem Lumpuh, Ratusan Miliar Saham Lepas

  • Sistem Lumpuh, Ratusan Miliar Saham Lepas
  • Sistem Lumpuh, Ratusan Miliar Saham Lepas

JAKARTA - Serangan siber melumpuhkan sistem perdagangan bursa efek indonesia (BEI). Efeknya, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tersendat selama 1 jam.

Para broker tidak bisa melayani transaksi, akibat sistem perdagangan mandek sejak pembukaan perdagangan. Untungnya, setelah dilakukan pengecekan ulang, sistem teknologi informasi (IT), perdagangan bisa dilanjutkan pada pukul 10.00.

Alhasil, di penghujung perdagangan, Indeks ditutup terkoreksi 43,28 poin (0,74 persen) menjadi 5.771. Selanjutnya, investor asing setidaknya melepas saham Rp466,8 miliar.

Irvin, salah seorang pialang mengaku kaget. Itu karena tidak mendapat info lengkap dari kantor atau pun dari bursa. Irvin kelabakan karena tidak bisa melakukan order jual dan beli dari nasabahnya.

Maklum, serangan dadakan itu terjadi di awal-awal perdagangan, kala transaksi sedang bejibun. ”Potensial lost ada. Tetapi, tidak sampai triliunan,” tegas Irvin.

Merespon kondisi itu, manajemen BEI menggaransi lumpuhnya sistem perdagangan itu bukan akibat serangan virus. Keputusan penghentian perdagangan menyusul terjadi error pada sistem penunjang datafeed.

Itu terjadi karena ada datafeed dengan format berbeda. ”Akibatnya, publik tidak mendapat informasi. Sejatinya, kalau sistem perdagangan jalan, enggak ada problem,” tutur Direktur Utama BEI, Tito Sulistio.

Tito menjamin insiden itu bukan merupakan serangan virus. Sebab, Jakarta Automated Trading System (JATS) tidak terjadi masalah. Selain itu, sistem perdagangan bursa memakai perangkat lunak Linux bukan Windows.

Nah, serangan virus Ransoomware Wanna Cry beberapa waktu lalu hanya menyerang Windows. ”Karenanya, cek and ricek dilakukan setiap hari,” ucapnya.

Selain itu, otoritas pasar bakal terus meningkatkan keamanan inti sistem perdagangan dengan penguatan IT. Tahun ini, perusahaan menyiapkan dana USD 25 Juta atau setara Rp335 miliar untuk investasi. ”Per 30 Agustus nanti kita sudah pindah ke sistem baru,” ucap Tito.

Investasi itu bilang Tito akan meningkatkan availability system sistem Jakarta Automated Trading System (JATS) dari 99,975 persen menjadi 99,98 persen. Availability system merupakan tolak ukur berfungsinya sebuah sistem. Semakin tinggi angka availability system, maka sistem itu semakin andal dalam menjalankan fungsinya. (far/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Neraca Perdagangan Surplus USD 7,63 M

Neraca Perdagangan Surplus USD 7,63 M

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat surplus perdagangan Indonesia Juni 2017 tercatat USD 1,63 miliar.


Saham Induk Sevel Ditinggal Investor

Saham Induk Sevel Ditinggal Investor

Manajemen Modern Internasional (MDRN) mengklaim kerugian secara maraton menjadi biang keladi penutupan operasional 7-eleven (Sevel).


Proyeksi Indeks Melesat ke 6.300

Proyeksi Indeks Melesat ke 6.300

Angka inflasi yang melebihi proyeksi pelaku pasar tidak memengaruhi bursa saham Indonesia.


OJK Permudah Emisi Obligasi dan Sukuk

OJK Permudah Emisi Obligasi dan Sukuk

OJK telah meluncurkan Sistem Informasi Perizinan dan Registrasi Terintegrasi (Sprint) penerbitan obligasi dan sukuk untuk emiten bank.


Pecah Saldo Rp1 Miliar Pelanggaran

Pecah Saldo Rp1 Miliar Pelanggaran

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggaransi membuka seluruh data rekening nasabah bersaldo Rp1 miliar.


Wow... USD 200 Miliar Harta WNI Parkir di Singapura

Wow... USD 200 Miliar Harta WNI Parkir di Singapura

Ditjen Pajak tinggal menunggu penerbitan peraturan menteri keuangan (PMK) untuk dapat mengakses data rekening nasabah lokal maupun asing di Indonesia.


Intiland Sebar Dividen Rp51,8 Miliar

Intiland Sebar Dividen Rp51,8 Miliar

Intiland Development (DILD) bakal menyebar dividen senilai Rp51,8 miliar.


Cadangan Devisa Cukup Biayai 8,9 Bulan Impor

Cadangan Devisa Cukup Biayai 8,9 Bulan Impor

Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa (Cadev) Indonesia hingga April 2017 tembus USD 123,2 miliar.


BUMN Bersinergi Salurkan Rp36 Miliar ke Jateng

BUMN Bersinergi Salurkan Rp36 Miliar ke Jateng

BUMN) secara bersinergi menyalurkan bantuan kegiatan tanggung jawab sosial bagi masyarakat di provinsi Jawa Tengah.


Elia Calon Kuat Dirut Pertamina

Elia Calon Kuat Dirut Pertamina

Pertamina hari ini (16/3) mengadakan rapat umum pemegang saham (RUPS).



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!