Ekonomi
Share this on:

Wow... Ada Program Sejuta Rumah Bagi Petani

  • Wow... Ada Program Sejuta Rumah Bagi Petani
  • Wow... Ada Program Sejuta Rumah Bagi Petani

INDRAMAYU - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mendorong kesejahteraan petani dengan memberikan bantuan berupa traktor penggiling padi. Jika kesejahteraan petani meningkat diyakini akan berdampak positif terhadap bisnis perseroan terutama dalam menyukseskan program pembangunan sejuta rumah.

?Kami memberikan petani berupa traktor penggiling padi. Saat ini untuk Indramayu, selanjutnya akan diberikan ke daerah lain seperti Banten,?ujar Direktur Utama BTN Maryono di Indramayu, akhir pekan lalu.

Maryono mengatakan, bantuan traktor yang diberikan merupakan traktor penggiling padi yang mobile sehingga bisa dipinjamkan ke masyarakat yang lain. Itu tentu dapat membantu mempercepat pengolahan hasil panen.

Selain itu, lanjut dia, produktivitas petani akan meningkat. Jika misalnya menggunakan alat yang manual hanya bisa memproduksi 4 ton gabah per hektare. Dengan adanya traktor ini bisa menjadi sekitar 4,5 sampai dengan 5,5 ton gabah kering per hektare.

Menurut Maryono, dengan meningkatnya produktivitas petani maka diharapkan pendapatan mereka akan meningkat. Setelah pendapatan petani meningkat, maka BTN akan menawarkan produk KPR mikro yang bisa membuat mereka memiliki rumah yang layak untuk dihuni.

?Jadi yang petama, kami naikkan pendapatannya dulu, kemudian kami akan tawarkan pinjaman untuk pemilikan rumah lewat skema kpr mikro,?tegas Maryono.

Maryono menegaskan, petani sangat potensial untuk digarap menjadi nasabah BTN baik nasabah dana maupun kredit. Untuk itulah BTN berperan aktif bersama BUMN lainnya untuk bisa meningkatkan kesejahteraan petani dengan memberikan Kartu Tani.

?Kami tidak hanya menunggu di daerah yang ditunjuk untuk BTN, tetapi bisa juga kami mendatangi petani di daerah lain. Ini kalau kita gerakkan, kita bisa mencapai swasembada pangan, swasembada beras, dan bahkan kita bisa punya lebih, sehingga kita bisa jual ke negara lain,?katanya.

Sementara itu, dengan Kartu Tani, lanjut Maryono, petani akan mendapatkan subsidi untuk membeli pupuk. Selain itu, juga bisa digunakan untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan juga menjual hasil produksinya. (vit/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Sharp Bagi-bagi Souvenir

Sharp Bagi-bagi Souvenir

Sharp membagikan souvenir untuk pelanggan setiap pembelian produk-produk tertentu.


Promo Wow Sharp Cashback Rp350 ribu

Promo Wow Sharp Cashback Rp350 ribu

Sharp menggelar promo Wow Sharp Cashback. setiap pembelian produk lemari es Shine Glass Door tipe dan Shine Glass Door Inverter.


Bisnis Ritel Mulai Mengkhawatirkan

Bisnis Ritel Mulai Mengkhawatirkan

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mencatat, secara nasional tahun lalu ada sekira 30 sampai 40 toko yang tutup.


Pengembang Perumahan Minta Bunga Lebih Rendah

Pengembang Perumahan Minta Bunga Lebih Rendah

Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi), meminta ada perbedaan penerapan bunga konstruksi.


Berantas Praktik Bagi-bagi Uang

Berantas Praktik Bagi-bagi Uang

Politik uang (money politic) yang membudaya saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) mendapat perhatian serius aparat penegak hukum.


Motor Honda Paling Laris di Jawa Tengah

Motor Honda Paling Laris di Jawa Tengah

Sepanjang 2017, Astra Motor Jateng telah memasarkan kurang lebih 480.000 unit, ada 5 motor Honda yang menjadi favorit untuk digunakan masyarakat pada 2017.


Pengusana Pemula Diinjeksi Modal Usaha

Pengusana Pemula Diinjeksi Modal Usaha

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) mengklaim program Wirausaha Pemula (WP) berjalan sukses.


Hasil Giling Mentok di 2,12 Juta Ton

Hasil Giling Mentok di 2,12 Juta Ton

Hasil giling gula pada 2017 hanya mencapai 2,12 juta ton. Ada beberapa faktor yang membuat produksi gula pada musim giling kali ini tidak sesuai proyeksi.


Proses Izin UMK Hanya Sehari

Proses Izin UMK Hanya Sehari

Kementeri Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) terus mengakselerasi program izin usaha mikro dan kecil (IUMK).


Jargas PGN di Mojokerto Kelar

Jargas PGN di Mojokerto Kelar

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menuntaskan pembangunan jaringan gas (jargas) rumah tangga sebanyak 5.000 sambungan rumah (SR).



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!