Ekonomi
Share this on:

Wow... Ada Program Sejuta Rumah Bagi Petani

  • Wow... Ada Program Sejuta Rumah Bagi Petani
  • Wow... Ada Program Sejuta Rumah Bagi Petani

INDRAMAYU - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mendorong kesejahteraan petani dengan memberikan bantuan berupa traktor penggiling padi. Jika kesejahteraan petani meningkat diyakini akan berdampak positif terhadap bisnis perseroan terutama dalam menyukseskan program pembangunan sejuta rumah.

?Kami memberikan petani berupa traktor penggiling padi. Saat ini untuk Indramayu, selanjutnya akan diberikan ke daerah lain seperti Banten,?ujar Direktur Utama BTN Maryono di Indramayu, akhir pekan lalu.

Maryono mengatakan, bantuan traktor yang diberikan merupakan traktor penggiling padi yang mobile sehingga bisa dipinjamkan ke masyarakat yang lain. Itu tentu dapat membantu mempercepat pengolahan hasil panen.

Selain itu, lanjut dia, produktivitas petani akan meningkat. Jika misalnya menggunakan alat yang manual hanya bisa memproduksi 4 ton gabah per hektare. Dengan adanya traktor ini bisa menjadi sekitar 4,5 sampai dengan 5,5 ton gabah kering per hektare.

Menurut Maryono, dengan meningkatnya produktivitas petani maka diharapkan pendapatan mereka akan meningkat. Setelah pendapatan petani meningkat, maka BTN akan menawarkan produk KPR mikro yang bisa membuat mereka memiliki rumah yang layak untuk dihuni.

?Jadi yang petama, kami naikkan pendapatannya dulu, kemudian kami akan tawarkan pinjaman untuk pemilikan rumah lewat skema kpr mikro,?tegas Maryono.

Maryono menegaskan, petani sangat potensial untuk digarap menjadi nasabah BTN baik nasabah dana maupun kredit. Untuk itulah BTN berperan aktif bersama BUMN lainnya untuk bisa meningkatkan kesejahteraan petani dengan memberikan Kartu Tani.

?Kami tidak hanya menunggu di daerah yang ditunjuk untuk BTN, tetapi bisa juga kami mendatangi petani di daerah lain. Ini kalau kita gerakkan, kita bisa mencapai swasembada pangan, swasembada beras, dan bahkan kita bisa punya lebih, sehingga kita bisa jual ke negara lain,?katanya.

Sementara itu, dengan Kartu Tani, lanjut Maryono, petani akan mendapatkan subsidi untuk membeli pupuk. Selain itu, juga bisa digunakan untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan juga menjual hasil produksinya. (vit/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tidak Ada Aset yang Dijual

Tidak Ada Aset yang Dijual

Sejumlah infrastruktur trasportasi milik Kementrian Perhubungan, seperti pelabuhan dan bandara, bakal dikerjasamakan.


Produk UMKM Tertolong Media Sosial

Produk UMKM Tertolong Media Sosial

Usaha kecil dan menengah (UKM) memang tidak ada matinya. Ribuan pelaku UKM tumbuh dengan aneka ragam jenis produk.


Harga Cabai Berangsur Membaik

Harga Cabai Berangsur Membaik

Harga cabai di tingkat petani mulai membaik selama sebulan terakhir. Khususnya untuk rawit merah yang sudah di kisaran Rp 11.000–12.000 per kg.


Saatnya Cetak Entrepreneur Berbasis Keuangan

Saatnya Cetak Entrepreneur Berbasis Keuangan

Citibank bersama Unesco melaksanakan program Youth Economy Empowerment in Indonesia’s Heritage Sites, through Capacity Building and Sustainable Tourism.


Ada Diskon Tiket Kereta Api di PRI

Ada Diskon Tiket Kereta Api di PRI

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memanjakan pelanggan melalui promo tiket saat gelaran Pekan Raya Indonesia (PRI) 2017, di ICE BSD, Serpong, Tangerang.


Dongkrak Dana Murah Perseroan

Dongkrak Dana Murah Perseroan

Ada cara unik bank BTN dalam menjaring nasabahnya.


Salurkan Kredit di Atas Rp155 Triliun

Salurkan Kredit di Atas Rp155 Triliun

Sejak program Sejuta Rumah digulirkan pada tahun 2015, Bank BTN telah menyalurkan pembiayaan untuk 1,44 juta unit rumah.


BUMN-Swasta Sinergi Bangun Rumah

BUMN-Swasta Sinergi Bangun Rumah

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggandeng PT Lion Air dan PT Sarana Global Utama menghadirkan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR).


Dorong Konsumsi Gas Bumi, PGN Incar Kawasan Industri

Dorong Konsumsi Gas Bumi, PGN Incar Kawasan Industri

Komitmen PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Persero) untuk menghadirkan layanan gas yang menyeluruh dan efisien bagi negeri terus berlanjut.


Holding BUMN Pertambangan Rampung November

Holding BUMN Pertambangan Rampung November

Pemerintah tengah berupaya menggodok realisasi pembentukan holding BUMN. Ada enam sektor holding yang diusulkan.



Kolom

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!