Ekonomi
Share this on:

Wow... Ada Program Sejuta Rumah Bagi Petani

  • Wow... Ada Program Sejuta Rumah Bagi Petani
  • Wow... Ada Program Sejuta Rumah Bagi Petani

INDRAMAYU - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mendorong kesejahteraan petani dengan memberikan bantuan berupa traktor penggiling padi. Jika kesejahteraan petani meningkat diyakini akan berdampak positif terhadap bisnis perseroan terutama dalam menyukseskan program pembangunan sejuta rumah.

?Kami memberikan petani berupa traktor penggiling padi. Saat ini untuk Indramayu, selanjutnya akan diberikan ke daerah lain seperti Banten,?ujar Direktur Utama BTN Maryono di Indramayu, akhir pekan lalu.

Maryono mengatakan, bantuan traktor yang diberikan merupakan traktor penggiling padi yang mobile sehingga bisa dipinjamkan ke masyarakat yang lain. Itu tentu dapat membantu mempercepat pengolahan hasil panen.

Selain itu, lanjut dia, produktivitas petani akan meningkat. Jika misalnya menggunakan alat yang manual hanya bisa memproduksi 4 ton gabah per hektare. Dengan adanya traktor ini bisa menjadi sekitar 4,5 sampai dengan 5,5 ton gabah kering per hektare.

Menurut Maryono, dengan meningkatnya produktivitas petani maka diharapkan pendapatan mereka akan meningkat. Setelah pendapatan petani meningkat, maka BTN akan menawarkan produk KPR mikro yang bisa membuat mereka memiliki rumah yang layak untuk dihuni.

?Jadi yang petama, kami naikkan pendapatannya dulu, kemudian kami akan tawarkan pinjaman untuk pemilikan rumah lewat skema kpr mikro,?tegas Maryono.

Maryono menegaskan, petani sangat potensial untuk digarap menjadi nasabah BTN baik nasabah dana maupun kredit. Untuk itulah BTN berperan aktif bersama BUMN lainnya untuk bisa meningkatkan kesejahteraan petani dengan memberikan Kartu Tani.

?Kami tidak hanya menunggu di daerah yang ditunjuk untuk BTN, tetapi bisa juga kami mendatangi petani di daerah lain. Ini kalau kita gerakkan, kita bisa mencapai swasembada pangan, swasembada beras, dan bahkan kita bisa punya lebih, sehingga kita bisa jual ke negara lain,?katanya.

Sementara itu, dengan Kartu Tani, lanjut Maryono, petani akan mendapatkan subsidi untuk membeli pupuk. Selain itu, juga bisa digunakan untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan juga menjual hasil produksinya. (vit/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Nelayan dan ABK di Tegal Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Nelayan dan ABK di Tegal Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal dan Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari melakukan kerjasama untuk perlindungan bagi nelayan dan ABK.


Genjot Daya Saing Milenial

Genjot Daya Saing Milenial

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno membuka program magang mahasiswa bersertifikat di Plaza Mandiri, Jakarta.


Rupiah Melemah, Tak Ada Pilihan selain Bunga Naik

Rupiah Melemah, Tak Ada Pilihan selain Bunga Naik

Untuk meredam gejolak di pasar keuangan, Bank Indonesia (BI) tidak memiliki pilihan selain menaikkan suku bunga acuan.


Harga Rumah Terus Naik

Harga Rumah Terus Naik

Harga properti residensial di pasar primer terus meningkat. Berdasar survei Bank Indonesia (BI)


Top Spender Promo Bikin "Ngiler"

Top Spender Promo Bikin "Ngiler"

CSA Studio yang menjual bahan bangunan dan perlengkapan rumah di Kabupaten Tegal menggelar Top Spender Promo mulai 9 April hingga 31 Mei mendatang.


Siap Dukung Program DP 0 Persen

Siap Dukung Program DP 0 Persen

PT Bank Tabungan Negara (BBTN) siap mendukung program uang muka atau down payment (DP) 0 persen untuk PNS dan TNI-Polri.


Pengembang Berharap Insentif Pemerintah

Pengembang Berharap Insentif Pemerintah

Program sejuta rumah tidak berjalan mulus. Sejumlah kendala mengadang proyek yang digulirkan sejak 2015 silam tersebut.


Jamkrindo-REI Wujudkan Sejuta Rumah

Jamkrindo-REI Wujudkan Sejuta Rumah

Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) meneken nota kesepahaman dengan Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI).


Sekarang Asing Bisa Kuasai Bank Lokal

Sekarang Asing Bisa Kuasai Bank Lokal

Pintu bagi bank asing untuk masuk ke Indonesia terbuka lebih lebar.


Pemerintah Desak Bulog Serap Beras Lokal

Pemerintah Desak Bulog Serap Beras Lokal

Pemerintah meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) menyerap beras petani.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!