Entertainment
Share this on:

Dinilai Mebihi Film Hollywood, Film Marlina Tuai Pujian di Cannes

  • Dinilai Mebihi Film Hollywood, Film Marlina Tuai Pujian di Cannes
  • Dinilai Mebihi Film Hollywood, Film Marlina Tuai Pujian di Cannes

JAKARTA - Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Marlina the Murderer in Four Acts) diputar di Quinzaine des réalisateurs (Directors’ Fortnight) yang berlangsung paralel dalam Festival Film Cannes 2017 pada akhir Mei lalu.

Pada festival yang level artistiknya sering dinilai lebih tinggi daripada Hollywood tersebut, film garapan Mouly Surya itu menuai banyak pujian. Mouly menjanjikan Marlina yang dibintangi Marsha Timothy tayang di tanah air.

Festival Cannes berakhir pada 28 Mei. Mouly kembali ke Indonesia pada 30 Mei. Kegembiraan dan kebanggaan masih terlihat jelas di raut wajah director 36 tahun tersebut. ’’Bangga pasti, seneng banget juga,’’ kata Mouly ketika ditemui dalam acara HOOQ Filmmakers Guild di Fairmont Hotel, Senayan, Jakarta, kemarin.

Walau tahun lalu Mouly juga hadir di Festival Cannes, kedatangannya tahun ini sangat berbeda. ’’Gimana ya, hal ini buat saya nggak bisa diungkapkan dalam kata-kata. Bukan seperti kamu lari, terus menang lomba. Buat saya, ini seperti saya naik level,’’ ujarnya berseri-seri.

Mouly mengungkapkan, sebelum berangkat, dia sempat dilanda rasa waswas dan takut. Sebab, berdasar pengalamannya datang ke Cannes, setiap kali ada film yang dianggap jelek, penonton tidak segan meninggalkan ruang skrining. Tanpa peduli siapa saja di ruangan tersebut.

’’Itu seperti hukuman di tempat,’’ tutur Mouly.

Namun, setiba di sana, semua ketakutan itu hilang. Bukan karena Mouly yakin filmnya mendapat respons bagus. Tetapi, dia pasrah. Menurut dia, tidak ada lagi yang bisa dilakukannya selain menerima apa pun penilaian penonton.

Ternyata memang benar respons penonton yang terdiri atas kritikus, aktor dan aktris, serta sesama filmmaker tersebut sangat positif. Di Cannes, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak ditayangkan lima kali. Empat kali untuk publik dan sekali pemutaran bagi distributor.

Dia tidak ikut dalam setiap pemutaran. Hanya, menurut pengamatannya, bioskop yang bisa memuat 850–1.000 penonton selalu penuh. ’’Saat saya menonton di salah satu film, ada satu bagian yang di situ mereka semua tepuk tangan. Sangat antusias dan responsif sekali mereka,’’ ungkap Mouly, lantas tersenyum lebar. Bagian yang mana ya? ’’Ya nggak bisa saya katakan sekarang. Nonton sendiri,’’ lanjutnya ceria.

Antusiasme tinggi juga diperlihatkan audiens dalam sesi diskusi Marlina. Menurut Mouly, mereka tidak hanya memberikan pujian, tetapi juga ketertarikan mengulik film yang ide ceritanya dari Garin Nugroho tersebut. Banyak yang menanyakan seperti apa budaya di Indonesia dan ingin mengetahui seperti apa peran perempuan di Indonesia.

Menurut Mouly, yang dipuji dari Marlina adalah penyutradaraan yang lincah dan segar, pengambilan gambar yang keren, serta scoring musik yang mengesankan. Tidak lupa, akting para pemain seperti Marsha, Egy Fedly, dan Yoga Pratama.

Hal itu sejalan dengan ulasan di sejumlah media. ScreenDaily menyebut Marlina sebagai film yang enjoyable, meski mengemban pesan feminisme yang kuat. ’’Marlina mengemas hal-hal sederhana menjadi kisah yang indah untuk diceritakan, diiringi musical score yang benar-benar mencuri perhatian. Film yang sangat pantas diputar di Directors’ Fortnight.’’

’’Kita tidak mungkin mengabaikan capaian Mouly Surya di film ketiganya ini. Ini adalah kisah balas dendam yang mengerikan, tapi dikemas dengan sangat stylish. Potret karakter perempuan kuat yang sangat marah dan tak tahan lagi. Perfect fit untuk Directors’ Fortnight,’’ tulis Boyd van Hoeij, kolumnis The Hollywood Reporter. ’’Intinya, keren,’’ tambahnya.

Menurut sutradara yang menggarap What They Don’t Talk About when They Talk About Love itu, Marlina kini masih ’’jalan-jalan’’. Maksudnya, film tersebut masih diputar di beberapa kota di Prancis. Misalnya, Marseille, Paris, Jenewa, Roma, Milan, Firenze, dan Brussel.

Mouly dan timnya sedang berdiskusi dengan jaringan bioskop di Indonesia untuk penayangan di tanah air. ’’Bulannya belum pasti, mungkin November atau Desember,’’ jelasnya. Tidak sabar! (glo/c14/na/jpg)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Joe Taslim Beradu Akting dengan Jang Hyuk di Swordsman

Joe Taslim Beradu Akting dengan Jang Hyuk di Swordsman

Sukses menembus pasar hollywood lewat film Fast and Furious 6.


Citra Scholastika Main Film

Citra Scholastika Main Film

Tak puas berkarir di panggung musik. Penyanyi Citra Scholastika mencoba kemampuannya di dunia akting.


Dengar Isu, Raffi Ahmad Hanya Tertawa

Dengar Isu, Raffi Ahmad Hanya Tertawa

Di tengah kabar miring soal hubungannya dengan pedangdut Ayu Ting Ting, presenter Raffi Ahmad justru berniat membuat film bareng Ayu.


Wow... Aldi CJR Main Film Komedi

Wow... Aldi CJR Main Film Komedi

Personel grup musik CJR, Alvaro Maldini Siregar makin serius dengan karirnya di dunia akting.


Meski Sudah ke-41, Maia Estianty Dapat Banyak Pujian

Meski Sudah ke-41, Maia Estianty Dapat Banyak Pujian

Dunia maya belakangan ini menjadi momok bagi para selebriti. Meski banyak yang di puji namun banyak pula yang dihujat.


Penontom Kartini Tak Sesuai Prediksi, Dian Sastro Di-bully

Penontom Kartini Tak Sesuai Prediksi, Dian Sastro Di-bully

Dian Sastrowardoyo kembali menjadi bulan-bulanan di dunia maya. Ini setelah film terbarunya Kartini tak sesuai prediksi.


Film Danur Pecahkan Rekor

Film Danur Pecahkan Rekor

Tidak sia-sia promosi masif yang dilakukan tim film Danur. Film yang diangkat dari novel Gerbang Dialog Danur karya Risa Saraswati itu mengukir sejarah.


Berjalan Jongkok di Film Kartini, Kainnya Ada yang Robek

Berjalan Jongkok di Film Kartini, Kainnya Ada yang Robek

Film biopik Kartini dirilis 19 April mendatang. Aktris Dian Sastrowardoyo terpilih memerankan karakter pejuang emansipasi perempuan itu.


Brad Pitt Ternyata Ikut ke Kamboja

Brad Pitt Ternyata Ikut ke Kamboja

Bulan lalu Angelina Jolie (41), pergi ke Kamboja untuk premiere film First You Killed My Father yang disutradarainya.


Rumah Kebobolan, Zaskia Makin Parno

Rumah Kebobolan, Zaskia Makin Parno

Paska rumahnya disatroni oknum tak dikenal pada belum lama ini, artis dan pemain film, Zaskia Adya Mecca makin parno.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!