Lifestyle
Share this on:

Mau Panjang Umur? Coba Deh Diet Pasir

  • Mau Panjang Umur? Coba Deh Diet Pasir
  • Mau Panjang Umur? Coba Deh Diet Pasir

Bila ditanya resep panjang umur, pasti banyak yang menyebutkan makan makanan sehat. Mulai sayur mayur hingga madu.

JAKARTA - Bila ditanya resep panjang umur, pasti banyak yang menyebutkan makan makanan sehat. Mulai sayur mayur hingga madu. Tapi, hal itu tidak berlaku buat Kusma Vati (78).

Nenek yang tinggal di Varanasi, India, tersebut menjelaskan, rahasianya tetap sehat sampai usia senja adalah diet pasir. ’’Aku sudah makan pasir dan kerikil kira-kira 63 tahun. Aku suka dan tidak ada efek sampingnya,’’ tuturnya sebagaimana dikutip Daily Mail.

Pola makan antik tersebut dia lakukan sejak berusia 15 tahun. Tiap hari, Vati makan rata-rata 2 kg pasir dan kerikil. Nenek yang bekerja sebagai petani itu mengaku tidak pernah sakit.

’’Aku tidak pernah ke dokter karena memang tidak pernah kenapa-napa,’’ tegasnya. Bahkan, Vati menjelaskan, giginya makin kuat karena diet uniknya itu.

Saking cintanya, menu pasir dan kerikil harus ada setiap hari. Bagaimana kalau kehabisan? Vati mengatakan kadang-kadang ngemil tembok rumah sendiri!

Tapi, resep panjang umur tersebut (sepertinya) terbukti manjur. Tahun lalu, Sudama Devi, nenek berusia 92 tahun, juga menyatakan punya hobi serupa. Lagi-lagi, asalnya dari negeri Jodha Akbar dan Uttaran, India.

Bedanya, porsi makan pasir Devi hanya 1 kg per hari. Dua nenek tersebut sehat walafiat. Sama-sama masih melakukan pekerjaan di ladang. Tertarik mencoba? Lumayan lho, tidak perlu repot-repot masak. (Daily Mail/fam/c7/na/jpg)


Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!