Lifestyle
Share this on:

Yukkk... Mencoba Bisnis Costume Maker Cosplay

  • Yukkk... Mencoba Bisnis Costume Maker Cosplay
  • Yukkk... Mencoba Bisnis Costume Maker Cosplay

**** - Menjadi pecinta berat anime dan cosplay menciptakan ide kreatif bagi dara cantik yang satu ini. Bukan hanya sekedar penggemar, kini ia merealisasikan keinginan pecinta cosplay dan anime lainnya dengan usaha kreatif yang dimilikinya saat ini.

Berawal dari kecintaannya terhadap cosplay dan anime, gadis kelahiran November 1997 itu termotivasi menciptakan karakter fiksi ke dalam dunia nyata. Cosplayer kini memang tak terhingga jumlahnya. Namun pencipta kostumnya sendiri banyak diakui sulit menemukannya.

Dengan alasan tersebut, mahasiswi tingkat dua Unswagati itu memilih menjadi seorang costume maker. Anita Novianti namanya. Perawakannya kurus mungil, kulit putih dan rambut panjangnya itu mendukung image cute dalam dirinya.

Sekilas tak ada yang spesial. Namun siapa sangka, lewat tangan dinginnya itu telah banyak kostum-kostum unik ala cosplay dibuatnya. Rupanya pilihannya sebagai costume maker itu didukung dengan passionnya di dunia fashion.

Diakuinya, kecintaannya terhadap dunia jahit menjahit membuatnya berani menjalankan bisnis rumahan itu. "Kebetulan dulu nenek buka toko baju, dari sanalah saya sering lihat nenek menjahit sampai belajar otodidak sendiri," ujarnya.

Hobi menjahitnya tersebut sempat disalurkannya dengan membuat bisnis pakaian dengan modelnya sendiri. Walau hanya memfokuskan diri pada skirt (red,rok), dari sana bakat menjahitnya tersebut semakin berkembang.

"Awalnya pilih buat usaha fashion khusus bawahan skirt, tapi makin kesini makin tertantang untuk membuat sesuatu yang baru, jadilah kostum cosplay maupun kostum untuk dance cover jadi pilihan terakhir," tuturnya.

Ya, bukan hanya sekadar pecinta anime, gadis yang saat ini tercatat sebagai salah satu member grup dance cover di Cirebon itu juga menerima pesanan kostum dance cover. Mengingat dalam setiap perform dance cover harus menyamakan gerakan hingga kostumnya.

Setiap detail kostum dalam tokoh idol Kpop itu ia perhatikan. Bukan hanya membuat kostum dance covernya sendiri, Anita juga kerap kali menerima pesanan kostum dari grup dance cover lainnya.

"Banyak teman-teman dance cover yang buat kostumnya disini, jadi selain buat kostum grup sendiri, sekalian buat kostum teman-teman yang lain," ungkapnya.

Proses pembuatan kostum pun relatif singkat di tangan Anita. Untuk satu kostum dance cover maupun cosplay bisa ia selesaikan dalam waktu kurang lebih 2 sampai 3 minggu dalam sekali penjahitan. Lama tidaknya proses pembuatan tersebut ditentukan dengan seberapa rumit detail kostum yang harus ia buat.

Dikatakan Anita, kesulitan dalam proses pembuatan ialah pada kostum cosplay, karakter fiksi yang ia buat kostumnya itu tentu harus disesuaikan dengan cosplayernya sendiri. "Karena saya juga seorang cosplayer tentu hapal betul bagaimana rasanya pakai kostum yang nggak nyaman walaupun bagus, makannya sebisa mungkin saya buat kostum yang nyaman dikenakan tapi enak juga dilihat, sehingga intensitas pakai kostumnya jadi lebih lama," paparnya.

Dengan mendirikan bisnis fashion costume maker yang ia beri nama Chikanatsu House itu, bisnis yang ia bangun dengan sistem preorder ini menjadi napas baru baginya. Bagi Anita, menjahit, cosplay, dan dance cover sudah menjadi bagian dari dirinya. Tak terpisahkan katanya.

Sehingga menggabungkan ketiganya menjadi bisnis kreatif itu menjadi hobi sekaligus profesi baru yang menyenangkan. Sebagai mahasiswa, Anita mengaku tak terganggu sedikitpun dengan aktivitasnya sebagai costume maker ini.

"Jujur memang sulit, harus dikejar-kejar deadline yang menggunung, tapi jadwak kuliah nggak boleh diganggu, jadi menjahit pasti sehabis kuliah, pendidikan tetap jadi goal saya saat ini dan kedepannya," terangnya.

Masih dalam bisnis skala kecil, usaha menjahit rumahan yang ia bangun sendiri itu sering menerima pesanan. Dengan harga yang relatif murah membuatnya banyak kebanjiran orderan. Untuk satu kostum ia banderol harga Rp60 sampai 400 ribuan.

"Saya samakan dengan segmen usahanya, karena lebih banyak mahasiswa dan anak sma harga segini pas buat mereka, tapi meski dengan harga yang murah bukan berarti murahan, kostum yang saya buat selalu pakai bahan kain yang nyaman dipakai," ungkapnya lagi.

Membuat bisnis dengan hobi ini diakuinya sangat menyenagkan. Kedepannya ia berharap Chikanatsu House dapat menjadi bisnis fashion cosplay yang mengakar di Cirebon. Baginya, costume maker ini menjadi profesi impiannya yang terwujud.

"Untuk saat ini masih rumahan, semoga bisa buat jadi lebih besar lagi seperti butik khusus cosplay gitu, tujuannya hanya ingin buat kostum yang nyaman dipakai teman-teman semua," tutupnya. (myg/jpg)


Berita Sejenis

Otodidak, Hobi Berubah jadi Lahan Bisnis Menggiurkan

Otodidak, Hobi Berubah jadi Lahan Bisnis Menggiurkan

Dari bidikan lensanya yang awalnya hanya sebuah hobby, berlembar-lembar rupiah dan jaringan relasi pun mempercayai jasanya.


Ingin Mr.P Lebih Keras dan Tahan Lama, Lakukan Ini Bro

Ingin Mr.P Lebih Keras dan Tahan Lama, Lakukan Ini Bro

Keperkasaan bagi kaum pria sangat didambakan pasangannya. Itulah sebabnya, hampir semua kaum adam mencoba berbagai cara agar Mr. P mempunyai performa yang oke.


Awas, Seks Bebas Bisa Tularkan Aneka Penyakit

Awas, Seks Bebas Bisa Tularkan Aneka Penyakit

Prostitusi diklaim menjadi bisnis paling tua di dunia. Keberadaannya selalu mewarnai perjalanan peradaban. Hingga kini, bisnis lendir itu semakin menggurita.


Baju Impor Glamour dan Elegan Kian Digemari

Baju Impor Glamour dan Elegan Kian Digemari

Bisnis di bidang fashion memang tidak ada habisnya. Pasalnya, fashion merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk menjalani kehidupan sosial.


Curi Perhatian lewat Batik Style

Curi Perhatian lewat Batik Style

Satu lagi vocal grup remaja yang meramaikan panggung m usik tanah air. Mencoba menyuguhkan warna musik yang beda mereka adalah Batik Star.


Fenomena Bisnis Musiman saat Wisuda

Fenomena Bisnis Musiman saat Wisuda

Dunia kampus kerapkali memunculkan romantisme tak terlupakan dan bahkan setangkai bunga saat wisuda bisa mengatakan segala hal yang selama ini tak tersampaikan.


Scapbook, Bisnis langka Anak Kreatif

Scapbook, Bisnis langka Anak Kreatif

Jangan pernah menyepelekan sebuah hobi, sesederhana apapun, jika terus ditekuni bisa menghasilkan pundi-pundi rezeki. Hal inilah yang dialami oleh Aurelly Nur D



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!