Lokal
Share this on:

60 SMP di Kabupaten Tegal Siap Terapkan K13

  • 60 SMP di Kabupaten Tegal Siap Terapkan K13
  • 60 SMP di Kabupaten Tegal Siap Terapkan K13

KOREKSI - Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Retno Suprobowati mengkoreksi kesiapan penerapan K13, kemarin. (hermas pirwadi/radar slawi)

SLAWI - Memasuki tahun ajaran baru 2017/2018, sebanyak 60 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tegal positif menerapkan Kurikulum 13 (K-13) dan 120 Sekolah Dasar (SD).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal Retno Suprobowati didampingi Sekretaris Dinas Ahmad Was'ari dan Kasi Kependidikan SMP Agus Jokowiyono mengatakan, penerapan Kurikulum 2013 belum bisa dilakukan di semua sekolah yang ada. Mengingat harus ada SK pelaksanaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hal ini, menurutnya mengacu pada kuota yang ada. Di Kabupaten Tegal pada tahun ajaran 2016/2017, K13 sudah dilaksanakan di 18 SMP. Sedangkan tahun ajaran 2017/ 2018 mendatang, ada tambahan kuota 42 sehingga menjadi 60 SMP atau 53,10 persen dari total 113 SMP negeri dan swasta yang ada.

"Semoga tahun berikutnya kuotanya ditambah dan tuntas 100 persen sehingga semua SMP bisa melaksanakan K13," terangnya, kemarin.

Namun hal itu diakuinya semua bergantung pada pemerintah pusat khususnya Kementerian Pendidikan dalam penentuan kuota atau target penerapan K13. Diakuinya, K13 baru dilaksanakan 2 tahun pelajaran.

Namun, persepsi guru terhadap pelaksanaannya cukup baik, karena sesuai dengan yang diharapkan, serta pembelajaran lebih mudah dilaksanakan.

"Ada beberapa hambatan yang dihadapi guru dalam penerapan Kurikulum 2013 di Kabupaten Tegal. Di antaranya masih kurangnya sumber belajar berupa buku pedoman untuk siswa, dan buku pegangan guru pada beberapa mata pelajaran," tambahnya.

Selebihnya, hambatan terkait masih kurangnya pemahaman guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, serta masih kurangnya pemahaman guru dalam melakukan sistem penilaian. Hal ini menyebabkan ada beberapa guru yang belum mau menerapkannya karena merasa kesulitan.

"Kurikulum 2013 jangan dijadikan sesuatu yang memberatkan dan menakutkan guru. Apapun kurikulumnya, tugas guru tetap sama mengajar dan mendidik. Jika sudah terbiasa, insya Allah nyaman-nyaman saja," imbuh dia.

Dia juga meminta kepada guru untuk tidak resah dengan penerapan K13 karena akan ada bimbingan teknis atau pelatihan. Untuk tahun 2017 ini, ada 549 guru yang telah mengikuti bimbingan teknis atau pelatihan yang dilaksanakan Juni dan Juli 2017 selama enam hari di 4 TPK yaitu SMP Negeri 1 Talang, SMP Negeri 1 Slawi, SMP Negeri 1 Adiwerna dan SMP Negeri 1 Bojong. (her/ima/zul)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Cantrang Dibolehkan, Nelayan Belum Tenang

Cantrang Dibolehkan, Nelayan Belum Tenang

Meski kembali diperbolehkan untuk melaut, namun nelayan cantrang di Kota Tegal mangaku telah merugi hingga puluhan juta rupiah.


Abrasi Parah, Anggota Dewan Minta Giatkan Penanaman Mangrove

Abrasi Parah, Anggota Dewan Minta Giatkan Penanaman Mangrove

Abrasi di kawasan pantai utara (pantura) Kabupaten Tegal terus terjadi.


Info Seleksi CPNS Hoax

Info Seleksi CPNS Hoax

Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal hingga kini belum ada kepastiannya.


Tenggelam di Pemalang, Ditemukan di Demak

Tenggelam di Pemalang, Ditemukan di Demak

Dua nelayan yang tenggelam di Perairan Asemdoyong Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, ditemukan tak bernyawa di Perairan Demak, Jawa Tengah.


Asyik Ngamar, Empat Pasangan Digedor

Asyik Ngamar, Empat Pasangan Digedor

Sedikitnya 19 orang terjaring razia Satuan Sabhara Polres Tegal Kota, Rabu (17/1).


Polisi Mulai Pelototi Akun Abal-abal Medsos

Polisi Mulai Pelototi Akun Abal-abal Medsos

Polres Tegal mewanti-wanti kepada masyarakat untuk lebih bijak saat berkampanye pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Tegal di media sosial (medsos).


Unggah SARA, Hapus atau Diproses Hukum?

Unggah SARA, Hapus atau Diproses Hukum?

Sejumlah pengguna medsos baik itu di Facebook, Instagram, maupun media yang lainnya, mendapatkan teguran dari Tim Cyber Patrol Polres Tegal Kota.


Tak Netral, ASN Siap-siap Saja Disanksi

Tak Netral, ASN Siap-siap Saja Disanksi

Selain harus menjaga netralitasnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang berpolitik praktis dalam penyelenggaraan Pilkada maupun pemilu.


 Tronton Seruduk Truk Parkir, Sopir Selamat

Tronton Seruduk Truk Parkir, Sopir Selamat

Sebuah truk tronton pengangkut keramik mengalami kecelakaan di jalan pantura Maribaya Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Rabu (17/1).


Hambat Drainase, Pemasangan Tiang Listrik Dikeluhkan

Hambat Drainase, Pemasangan Tiang Listrik Dikeluhkan

Pemasangan tiang listrik ‎di ruas jalan Bumijawa-Bumiayu, Kabupaten Tegal dikeluhkan warga setempat.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!