Lokal
Share this on:

Arus Balik Masih Ramai, Flyover Kretek Berlaku Searah

  • Arus Balik Masih Ramai, Flyover Kretek Berlaku Searah
  • Arus Balik Masih Ramai, Flyover Kretek Berlaku Searah

MELINTAS - Sejumlah kendaran dari perbatasan Banyumas masih banyak yang melintas menuju Bumiayu di Flyover Kretek. (teguh supriyanto/radar brebes)

PAGUYANGAN - Arus balik kendaraan yang melintas di jalur Tegal-Purwokerto, masih terlihat ramai hingga kemarin. Kendaraan pemudik dari arah perbatasan Banyumas ini masih didominasi sepeda motor dan mobil pribadi yang tampak lebih mencolok dengan banyaknya barang bawaannya.

Mengantisipasi terjadinya antrean kendaraan, petugas masih menerapkan rekayasa lalu lintas, utamanya di Flyover Kretek Paguyangan. Seluruh kendaraan dari selatan, menggunakan dua lajur di atas flyover ditambah satu lajur di bagian bawah. Sedangkan untuk kendaraan dari arah sebaliknya, menggunakan satu lajur di bawah flyover.

Kasat Lantas Polres Brebes AKP Arfan Zulkan Sipayung melalui Kaposlantas Bumiayu Aiptu Sus Gundhi Atmiko, membenarkan jika arus lalu lintas dalam kondisi ramai lancar. Hal tersebut seiring dengan masih adanya pemudik yang melakukan perjalanan kembali ke kota asal.

"Masih terdapat sisa arus balik, sebagian mereka memilih baru kembali berangkat dengan alasan menghindari kemacetan," ungkapnya.

Dengan masih adanya kendaraan arus balik, jajaranya masih melakukan pemantauan di sejumlah titik rawan terjadi antrian kendaraan. Terlebih dengan mulai beraktifitasnya truk angkutan besar, setelah sebelumnya dilarang melintas selama musim lebaran.

"Tetap kita pantau, sekaligus mengamankan jalur rawan antrean kendaraan. Seperti persimpangan jalan, pasar maupun lainnya," kata Gundhi.

Rekayasa lalu lintas 3 in 1 yang dilakukan pada jalur flyover sendiri lanjut dia, lebih bersifat situasional. Dimana jika volume kendaraan dari arah selatan meningkat maka akan diterapkan, dan akan kembali dinormalkan jika telah mereda.

"Kita lakukan koordinasi dengan petugas jaga dari pelaksana pembangunan yang bertugas di sana, sehingga bisa disesuaikan dengan situasi yang ada," lanjut dia.

Meski masih bersifat fungsional dengan bantuan jembatan bailey, namun keberadaan flyover Kretek sangat membantu kelancaran arus balik maupun mudik Lebaran 2017 kemarin. Di mana untuk seluruh mobil pribadi, diarahkan menuju flyover sehingga tidak terjebak antrian perlintasan KA Kretek.

"Kita selalu memeriksa dan memantau kondisi jembatan, sejauh ini dalam penggunaan dalam kondisi aman sesuai perencanaannya," terang Firman, petugas Adi Karya selaku pelaksana pembangunan flyover.

Dikatakan pula, pekerjaan pembangunan kembali akan dilaksanakan, dengan melanjutkan kembali pembangunan jembatan dan oprit jembatan. (pri/zul)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Gizi Buruk Brebes Nomor Satu di Jateng

Gizi Buruk Brebes Nomor Satu di Jateng

Hingga awal 2018, gizi buruk di Kabupaten Brebes masih menduduki peringkat pertama di Jawa Tengah.


Pemkab Tegal Butuh 3.077 PNS Baru

Pemkab Tegal Butuh 3.077 PNS Baru

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal masih menunggu persetujuan pemerintah pusat terkait pengajuan rekrutmen CPNS.


Harga Beras Medium Masih Tinggi

Harga Beras Medium Masih Tinggi

Operasi pasar yang dilakukan Pemkot Tegal dan Bulog belum berdampak signifikan terhadap penurunan harga beras medium.


Mudik Lebaran, Jakarta-Semarang Sudah Tersambung Tol

Mudik Lebaran, Jakarta-Semarang Sudah Tersambung Tol

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan tiga ruas tol mulai dari Pejagan, Brebes, hingga Semarang sudah bisa dilalui untuk arus mudik lebaran 2018.


Kesulitan Bayar, Nelayan Minta Kredit Dihapus

Kesulitan Bayar, Nelayan Minta Kredit Dihapus

Dua pekan sudah kebijakan pelarangan penggunaan alat tangkap ikan berjenis cantrang berlaku secara nasional.


Tiga Hari ke Depan, Gelombang Laut 1,5-3 Meter

Tiga Hari ke Depan, Gelombang Laut 1,5-3 Meter

BMKG Tegal memprediksi gelombang laut setinggi 1,5 meter sampai 3 meter masih terjadi di Laut Jawa secara umum, dan Pantai Utara, hingga tiga hari ke depan.


Bawang Merah Masih Rp4.000 Sekilo

Bawang Merah Masih Rp4.000 Sekilo

Kebijakan Pemkab Brebes mewajibkan seluruh PNS untuk membeli bawang merah dari petani langsung tak berpengaruh terhadap harga komoditas tersebut.


Di Brebes Masih Ada 59 Perlintasan Kereta Api Tak Dijaga

Di Brebes Masih Ada 59 Perlintasan Kereta Api Tak Dijaga

Masyarakat pengguna jalan sepertinya harus waspada ketika melintas di perlintasan kereta api (KA) di wilayah Kabupaten Brebes.


PDI Perjuangan dan Golkar Masih Berharap Partai Lain Bergabung

PDI Perjuangan dan Golkar Masih Berharap Partai Lain Bergabung

PDI Perjuangan dan Partai Golkar masih membuka peluang jumlah parpol koalisi meski sudah bisa mengusung paslon bupati dan wakil bupati di Pilbup Tegal.


Ketahuan Pakai Gas Melon, Hotel di Pemalang Ditegur

Ketahuan Pakai Gas Melon, Hotel di Pemalang Ditegur

Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polsek Randudongkal menemukan gas elpiji 3 kg bersubsidi yang masih digunakan di salah satu hotel di Randudongkal.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!