Lokal
Share this on:

Ingin Mudik Nyaman, Bawa Kartu BPJS Kesehatan saat Mudik

  • Ingin Mudik Nyaman, Bawa Kartu BPJS Kesehatan saat Mudik
  • Ingin Mudik Nyaman, Bawa Kartu BPJS Kesehatan saat Mudik

NYAMAN ? Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tegal Niken Sawitri (kedua dari kiri) bersama kepala rumah sakit mitra BPJS, kemarin. (teguh mujiarto/radartegal.com)

TEGAL - Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana. Program ini sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan, menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2017.

Karenanya, peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat), BPJS Kesehatan, Askes, Kartu Jakarta Sehat (KJS), dan kartu Jamkesmas.

?Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun nondarurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,? kata Kepala BPJS Kesehatan cabang Tegal Niken Sawitri saat menggelar konferensi pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan di Ruang Rapat BPJS Kesehatan Cabang Tegal, Kamis (15/6).

Menurut Niken, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan berlaku sejak 19 Juni-2 Juli mendatang. Peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, papar Niken, tidak harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat.

Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan. ?Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif. Karenanya mohon agar peserta memastikan telah dan disiplin membayar iuran, agar status kepesertaannya selalu aktif.?

Untuk mengecek iuran peserta, beber Niken, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada menu cek iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui care center BPJS Kesehatan 1500400.

Selain itu, untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga meluncurkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang bisa didownload di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi tersebut, rinci Niken, menyediakan berbagai konten seperti telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Di samping itu, selama libur lebaran, masyarakat tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan melalui care center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

?Di kantor BPJS Kesehatan Cabang Tegal juga siaga personel dari pukul 09.00-14.00 WIB, selama liburan dan pembayaran administrasi akan dilayani melalui Bank Mandiri AR Hakim. Sedangkam layanan BPJS Kesehatan care center 1500400 hadir 7x24 jam, sementara khusus layanan konsultasi kesehatan dapat diperoleh Senin-Jumat pukul 07.00-20.00 WIB,? terang Niken lagi.

Niken menambahkan selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta.

BPJS Kesehatan juga membuka posko mudik di delapan titik padat pemudik. Yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Jogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten. Di Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar 21-24 Juni itu, diseduakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, serta sosialisasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik. (muj/zul)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Nomor Satu di Jateng, Hingga Oktober 24 Ibu di Brebes Meninggal saat Melahirkan

Nomor Satu di Jateng, Hingga Oktober 24 Ibu di Brebes Meninggal saat Melahirkan

Kabupaten Brebes masih menempati urutan pertama Angka Kematian Ibu (AKI) di Jawa Tengah hingga Oktober 2017 ini.


Mulai Hujan, 60 Desa di Brebes Rawan Longsor

Mulai Hujan, 60 Desa di Brebes Rawan Longsor

Warga di 60 desa di Kabupaten Brebes diminta waspada saat turun hujan dengan intensitas tinggi.


Masih 16.307 Jiwa di Kota Tegal Belum Rekam KTP-El

Masih 16.307 Jiwa di Kota Tegal Belum Rekam KTP-El

Sebanyak 8 persen warga wajib KTP hingga saat ini belum melakukan perekaman data.


Ingat! Ingin Cetak KTP Elektronik Anda? SMS Dulu, Begini Formatnya

Ingat! Ingin Cetak KTP Elektronik Anda? SMS Dulu, Begini Formatnya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal mendapat tambahan blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sebanyak 2.000 keping.


Celeng Masih Berkeliaran, Warga Waswas saat Berladang

Celeng Masih Berkeliaran, Warga Waswas saat Berladang

Dua warga di Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal diserang babi hutan saat tengah berada di sawah hingga mengalami luka parah.


Namanya Dicatut, Bupati Enthus Ngamuk

Namanya Dicatut, Bupati Enthus Ngamuk

Wajah Bupati Tegal Enthus Susmono terlihat garang saat mendengar namanya dicatut oleh seorang pengusaha untuk memudahkan perizinan pengurukan.


Kritisi Pelayanan Kesehatan, Aktivis Kota Tegal Ikut Jalan Kaki Surabaya-Jakarta

Kritisi Pelayanan Kesehatan, Aktivis Kota Tegal Ikut Jalan Kaki Surabaya-Jakarta

Masih kurangnya pelayanan kesehatan JKN sejumlah pemuda yang tergabung dalam Jamkeswatch prihatin.


Terluka Parah, Dua Warga Diserang Celeng saat Berladang

Terluka Parah, Dua Warga Diserang Celeng saat Berladang

Naas. Dua orang warga menderita luka-luka cukup parah saat berada di ladangnya.


Semua Jenis Obat di RSUD Kardinah Bisa Didapatkan Pasien BPJS

Semua Jenis Obat di RSUD Kardinah Bisa Didapatkan Pasien BPJS

Sejumlah warga mempertanyakan pelayanan di RSUD Kardinah selama ini. Utamanya terkait jenis obat-obatan yang dapat digunakan pasien BPJS.


Duh... Dua Pasang ABG Digerebek saat Berdua di Kamar Kos

Duh... Dua Pasang ABG Digerebek saat Berdua di Kamar Kos

Jajaran Satpol PP kembali merazia sejumlah tempat kos Rabu (4/10) pagi.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!