Lokal
Share this on:

Ingin Mudik Nyaman, Bawa Kartu BPJS Kesehatan saat Mudik

  • Ingin Mudik Nyaman, Bawa Kartu BPJS Kesehatan saat Mudik
  • Ingin Mudik Nyaman, Bawa Kartu BPJS Kesehatan saat Mudik

NYAMAN ? Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tegal Niken Sawitri (kedua dari kiri) bersama kepala rumah sakit mitra BPJS, kemarin. (teguh mujiarto/radartegal.com)

TEGAL - Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana. Program ini sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan, menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2017.

Karenanya, peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat), BPJS Kesehatan, Askes, Kartu Jakarta Sehat (KJS), dan kartu Jamkesmas.

?Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun nondarurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,? kata Kepala BPJS Kesehatan cabang Tegal Niken Sawitri saat menggelar konferensi pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan di Ruang Rapat BPJS Kesehatan Cabang Tegal, Kamis (15/6).

Menurut Niken, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan berlaku sejak 19 Juni-2 Juli mendatang. Peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, papar Niken, tidak harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat.

Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan. ?Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif. Karenanya mohon agar peserta memastikan telah dan disiplin membayar iuran, agar status kepesertaannya selalu aktif.?

Untuk mengecek iuran peserta, beber Niken, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada menu cek iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui care center BPJS Kesehatan 1500400.

Selain itu, untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga meluncurkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang bisa didownload di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi tersebut, rinci Niken, menyediakan berbagai konten seperti telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Di samping itu, selama libur lebaran, masyarakat tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan melalui care center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

?Di kantor BPJS Kesehatan Cabang Tegal juga siaga personel dari pukul 09.00-14.00 WIB, selama liburan dan pembayaran administrasi akan dilayani melalui Bank Mandiri AR Hakim. Sedangkam layanan BPJS Kesehatan care center 1500400 hadir 7x24 jam, sementara khusus layanan konsultasi kesehatan dapat diperoleh Senin-Jumat pukul 07.00-20.00 WIB,? terang Niken lagi.

Niken menambahkan selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta.

BPJS Kesehatan juga membuka posko mudik di delapan titik padat pemudik. Yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Jogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten. Di Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar 21-24 Juni itu, diseduakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, serta sosialisasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik. (muj/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Panwaslu Tindaklanjuti Temuan Motor Plat Merah untuk Kampanye

Panwaslu Tindaklanjuti Temuan Motor Plat Merah untuk Kampanye

Kendaraan roda dua berplat merah kedapatan digunakan salah satu pendukung pasangan calon (paslon), saat kampanye damai, Minggu (18/2) kemarin.


Nyrais Tewas Dimassa, Sejam Kemudian Jambret Segar Bugar

Nyrais Tewas Dimassa, Sejam Kemudian Jambret Segar Bugar

Setelah sebelumnya sempat menjadi sasaran amuk massa, Senin (19/2), Fa (34), pelaku penjambretan, akhirnya di bawa ke Mapolsek Tegal Selatan.


Kapal Meledak di Laut, Satu Nelayan Tewas, Dua Terluka Bakar Serius

Kapal Meledak di Laut, Satu Nelayan Tewas, Dua Terluka Bakar Serius

Seorang nelayan tewas dan dua lainnya mengalami luka bakar serius, saat kapal yang mereka tumpangi terbakar, Rabu (14/2) malam.


Sigakan Empat Posko, Dinkes Siap Salurkan Bantuan Banjir

Sigakan Empat Posko, Dinkes Siap Salurkan Bantuan Banjir

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal mendirikan posko bencana di lima tempat berbeda yang terkena bencana banjir.


Tol Pejagan-Pemalang Bisa Dipakai saat Mudik Nanti

Tol Pejagan-Pemalang Bisa Dipakai saat Mudik Nanti

Jalan tol Pejagan-Pemalang dipastikan sudah bisa digunakan ‎untuk arus mudik lebaran tahun ini.


Akhir Tahun, 95 Persen Warga Kota Tegal Ber-JKN KIS

Akhir Tahun, 95 Persen Warga Kota Tegal Ber-JKN KIS

Hingga Januari lalu, dari 280.117 jiwa penduduk Kota Tegal, sudah 203.321 jiwa yang memiliki jaminan kesehatan melalui program JKN-KIS.


Ingin Berubah Nasibnya, Guru K2 Geruduk Dewan

Ingin Berubah Nasibnya, Guru K2 Geruduk Dewan

Forum Guru Honorer Kategori II (K2) Kabupaten Pemalang mengadukan nasibnya ke DPRD, kemarin.


SLO Belum Terbit, Nelayan Kembali Geruduk Kantor PSDKP

SLO Belum Terbit, Nelayan Kembali Geruduk Kantor PSDKP

Meski telah mengikuti verifikasi berkas kapal yang digelar Kementrian Kelautan dan Perikanan, namun hingga saat ini SLO yang dinanti belum terbit.


BPJS dan KIS Sulit Dipakai, Pelayanan RSUD Kardinah Disoal

BPJS dan KIS Sulit Dipakai, Pelayanan RSUD Kardinah Disoal

Pelayanan di RSUD Kardinah dipertanyakan warga Kelurahan Panggung Kecamatan tegal Timur Kota Tegal.


Perahu Terbalik saat Arung Jeram, Pengawas SD Tewas Tenggelam

Perahu Terbalik saat Arung Jeram, Pengawas SD Tewas Tenggelam

Peristiwa naas menimpa rombongan Dinas Pendidikan Kabupaten Tegal saat mengikuti kegiatan arung jeram di sebuah obyek wisata, Jumat (2/1) sore.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!