Lokal
Share this on:

Jembatan Kali Cenang Rusak, Dua Rumah Warga Nyaris Ambruk

  • Jembatan Kali Cenang Rusak, Dua Rumah Warga Nyaris Ambruk
  • Jembatan Kali Cenang Rusak, Dua Rumah Warga Nyaris Ambruk

Jembatan Kali Cenang di Dukuh Sigerung Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi kabupaten Tegal rusak. Jembatan ini hanya bisa dilalui pejalan kaki.

SURADADI - Jembatan Kali Cenang di Dukuh Sigerung Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi kabupaten Tegal rusak. Jembatan ini hanya bisa dilalui pejalan kaki. Sedangkan sepeda motor tidak bisa melintas karena penyangga jembatan sudah rapuh akibat diterjang banjir bandang beberapa waktu lalu.

Daryono (37), salah seorang warga, Rabu (11/1) mengatakan, jembatan itu merupakan akses penghubung antar desa. Akibat intensitas hujan tinggi, tanah di sekitar jembatan mengalami longsor. Praktis penyangga jembatan juga sudah tidak simetris.

"Jika jembatan itu ambruk, tentu warga di sekitar Desa Jatimulya kesulitan untuk mencari akses penghubung ke desa tetangga. Walaupun bisa, harus memutar arah yang jaraknya mencapai empat kilometer," katanya.

Jika melewati jembatan itu, tambah Daryono, hanya menempuh sekitar 1 kilometer. Jembatan harus segera diperbaiki sebelum ambruk. Sebab, jembatan itu merupakan akses perekonomian, pendidikan dan pertanian warga sekitar.

"Ada dua rumah warga yang berada di sekitar jembatan yang nyaris ambruk. Kedua rumah itu milik Warja (70) dan Sakrim (30). Mereka merupakan warga RT 5 RW 1 Desa Jatimulya," tambahnya.

Kondisi itu, lanjut Daryono, karena beberapa hari yang lalu terjadi banjir bandang di sekitar lokasi. Kala itu, debit air sungai meningkat tinggi. Sehingga menggerus bronjong di tepi sungai dan hanyut terbawa arus. Padahal bronjong itu baru dibangun setahun silam. Adapun untuk anggarannya, berasal dari Pemerintah Provinsi Jateng. (guh/zul)


Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!