Lokal
Share this on:

Jumlah SMP Negeri di Kota Tegal Njomplang

  • Jumlah SMP Negeri di Kota Tegal Njomplang
  • Jumlah SMP Negeri di Kota Tegal Njomplang

SISWA BARU ? Siswa baru SMP Negeri 1 Kota Tegal mengikuti kegiatan pembagian kelas, Sabtu (15/7). (k. anam syahmadani/radar tegal)

TEGAL - Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2017/2018 dengan sistem zonasi menyisakan pekerjaan rumah untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal. Salah satunya, belum meratanya jumlah SMP negeri di setiap kecamatan.

Masih timpangnya jumlah SMP negeri membuat zonasi belum bisa ditentukan berdasarkan jarak tempuh sekolah. Setelah SMP Negeri 16 berubah menjadi SMK Negeri 3, Kota Tegal hanya memiliki 18 SMP negeri yang mayoritas berlokasi di Kecamatan Tegal Timur.

Di kecamatan terpadat itu, terdapat SMP Negeri 1, 2, 4, 9, 10, 11, 12, 14, dan 15. Sedang di Kecamatan Tegal Barat, SMP Negeri 3, 6, 8, dan 13, di Kecamatan Tegal Selatan SMP Negeri 5, 7, dan 19.

Wilayah yang membutuhkan penambahan SMP Negeri adalah Kecamatan Margadana, karena hanya ada SMP Negeri 17 dan 18. ?Jumlah sekolah belum merata. Berat sebelah di Kecamatan Tegal Timur dan Tegal Barat. Di Kecamatan Margadana, lulusan lebih banyak dari sekolah yang ada,? kata Kepala Disdikbud Johardi melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar M. Mashar, kemarin.

Mashar menjelaskan, belum meratanya jumlah SMP negeri sudah dipikirkan solusinya oleh Disdikbud. Sebelumnya, SMP Negeri 5 dipindah ke wilayah Kecamatan Tegal Selatan, sebagai upaya pemerataan.

Selanjutnya, dinas merencanakan menggabungkan SMP Negeri 3 dan 8 yang lokasinya berdekatan, kemudian membangun SMP Negeri 8 di wilayah Kecamatan Margadana. ?Berdasarkan pemetaan, penambahan satu sekolah cukup untuk di Kecamatan Margadana,? jelas Mashar.

Selain merencanakan membangun satu SMP negeri di Kecamatan Margadana, Disdikbud bekerja keras untuk memenuhi sarana dan prasarana sebagai konsekuensi pemerataan pendidikan yang menjadi salah satu tujuan sistem zonasi.

Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2017, Mashar menyebut mengajukan anggaran bantuan ruang kelas komputer. Bantuan rencananya ditujukan untuk seluruh SMP negeri, kecuali SMP Negeri 1 dan 7 yang fasilitasnya sudah cukup memadai.

Satu sekolah, nantinya mendapatkan dua ruang kelas. Di mana, satu kelasnya berisi 35 client komputer. Disdikbud berharap, dengan demikian, tahun depan seluruh SMP negeri bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer secara mandiri.

Mashar menambahkan, terkait kondisi SMP Negeri 18 yang sering tergenang banjir, dikucurkan anggaran dari Dana Alokasi Khusus dan APBD Kota Tegal. Saat ini, sedang dilakukan lelang pengurukan.

Sedang terkait pemetaan guru, secara spesifik diatur Bidang Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (nam/ela/zul)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Coklit Data Pemilih, Bakal Calon Menjadi yang Pertama Didatangi

Coklit Data Pemilih, Bakal Calon Menjadi yang Pertama Didatangi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal akan memulai proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pilkada, Sabtu (20/1) besok.


Ada Kekurangan Dokumen, Calon Tak Bisa Ditetapkan

Ada Kekurangan Dokumen, Calon Tak Bisa Ditetapkan

KPU Kabupaten Tegal memberi kesempatan dua paslon bupati-wakil bupati yang dokumen persyaratannya belum lengkap untuk melakukan perbaikan.


Dipanggil Panwaslu, Kades Mangkir

Dipanggil Panwaslu, Kades Mangkir

Dua aparatur sipil negara (ASN) yang diduga terlibat dalam politik akhirnya diklarifikasi oleh Panitia Panwaslu Kabupaten Tegal, kemarin.


Bejat! Anak 6 Tahun Disodomi Tetangganya

Bejat! Anak 6 Tahun Disodomi Tetangganya

Sungguh bejad perbuatan yang dilakukan oleh MAY, warga Panggung Tegal Timur.


Cantrang Dibolehkan, Nelayan Belum Tenang

Cantrang Dibolehkan, Nelayan Belum Tenang

Meski kembali diperbolehkan untuk melaut, namun nelayan cantrang di Kota Tegal mangaku telah merugi hingga puluhan juta rupiah.


Abrasi Parah, Anggota Dewan Minta Giatkan Penanaman Mangrove

Abrasi Parah, Anggota Dewan Minta Giatkan Penanaman Mangrove

Abrasi di kawasan pantai utara (pantura) Kabupaten Tegal terus terjadi.


Berduaan di Kos, Dua Pasangan Mesum Dikeler

Berduaan di Kos, Dua Pasangan Mesum Dikeler

Lantaran kedapatan tengah berduaan dalam kamar kos-kosan, tiga pasangan tak sah diamankan personel Satpol PP Kota Tegal, Kamis (18/1).


Info Seleksi CPNS Hoax

Info Seleksi CPNS Hoax

Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal hingga kini belum ada kepastiannya.


Asyik Ngamar, Empat Pasangan Digedor

Asyik Ngamar, Empat Pasangan Digedor

Sedikitnya 19 orang terjaring razia Satuan Sabhara Polres Tegal Kota, Rabu (17/1).


Polisi Mulai Pelototi Akun Abal-abal Medsos

Polisi Mulai Pelototi Akun Abal-abal Medsos

Polres Tegal mewanti-wanti kepada masyarakat untuk lebih bijak saat berkampanye pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Tegal di media sosial (medsos).



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!