My School
Share this on:

Pamong Tiga Desa Dilatih Siskeudes

  • Pamong Tiga Desa Dilatih Siskeudes
  • Pamong Tiga Desa Dilatih Siskeudes

PELATIHAN ? Dosen Poltek Trisila Dharma memberi paparan kepada perangkat desa. (poltek trisila dharma for rateg)

SURADADI - Setelah sukses melatih puluhan perangkat desa se Kecamatan Talang Kabupaten Tegal tentang Sistem Keuangan Daerah (Siskeudes), dosen Politeknik (Poltek) Trisila Dharma Tegal melatih perangkat desa di tiga desa di Kecamatan Suradadi. Ketiga desa tersebut antara lain Desa Purwahamba, Desa Suradadi, dan Desa Sidaharja.

Wakil Direktur I Bidang Akademik Prayitno SE MM mengatakan pelaksanaan pelatihan yang dilakukan di Kecamatan Suradadi sementara ini hanya di tiga desa. Pelatihan akan dilaksanakan secara terus menerus, sehingga para perangkat desa dapat mengerti dan mampu membuat laporan keuangan desa dengan berbasis Siskeudes.

?Ketiga desa yang diberi pelatihan bakal dijadikan pilot project bagi desa lainnya di Kecamatan Suradadi. Tiga desa yang saat ini kami latih, diharapkan dapat menularkan ilmunya ke perangkat desa lainnya,? kata Prayitno, sebagaimana disampaikan melalui siaran pers-nya, kemarin.

Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Teguh Hardi Raharjo MPd menambahkan, banyaknya kepala desa yang tersangkut kasus korupsi terkait penggunaan dana desa menjadi persoalan yang harus dicermati semua unsur, khususnya para kepala desa.

Hal tersebut merupakan persoalan serius yang juga harus dipahami bersama. Terlebih, sambung Teguh, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah memerintahkan pelaporan keuangan harus menggunakan sistem aplikasi komputer.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga telah secara tegas menyampaikan bahwa pelaporan dana desa harus menggunakan aplikasi siskeudes.

?Jangan sampai hanya karena ketidaktahuan atau kesalahan yang tidak disengaja seseorang, kepala desa harus berhadapan dengan hukum,? ujar Teguh. (nam/wan/zul)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Jempol! Siswa SMA Muhata Juara Debat

Jempol! Siswa SMA Muhata Juara Debat

Tiga siswa SMA Muhammadiyah Kota Tegal berhasil menjadi Juara II Debat dalam ajang Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam.


TPA Usamah Didukung Tenaga Pendidik Kompeten

TPA Usamah Didukung Tenaga Pendidik Kompeten

Taman Penitipan Anak Usamah yang merupakan layanan pendidikan khusus usia bayi tiga tahun hadir di kota Tegal dengan tenaga pendidik yang kompeten.


Siswa SMK Farmasi Permata Medika Borong Piala MTQ

Siswa SMK Farmasi Permata Medika Borong Piala MTQ

SMK Farmasi Permata Medika Talang di Desa Tembok Luwung Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal berhasil mendulang kesuksesan.



Kolom

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!