Nasional
Share this on:

Awas! Lebaran Kemarin Horor di Brexit, Kini Pangxit

  • Awas! Lebaran Kemarin Horor di Brexit, Kini Pangxit
  • Awas! Lebaran Kemarin Horor di Brexit, Kini Pangxit

JAKARTA - Tahun lalu, kemacetan parah di pintu keluar tol Brebes Timur alias Brexit menjadi tragedi memilukan. Puluhan ribu pemudik terjebak kemacetan hingga 20 jam. Sebanyak 12 nyawa pun melayang gara-gara kelelahan. Tahun ini, potensi kemacetan itu beralih ke pintu keluar tol Pemalang atau yang biasa disebut Pangxit.

Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Herry T.Z. menjelaskan, tragedi Brexit menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah. Karena itu, untuk mengantisipasi kemacetan di Pangxit pada musim mudik 2017, pemerintah mengebut pengerjaan ruas tol dari Brebes hingga Ngaliyan, Semarang.

”Jadi, titik keluar pemudik bisa terdistribusi, tidak hanya di Pemalang,” ujarnya kepada Jawa Pos (induk radartegal.com), kemarin.

Namun, Herry mengakui, dibutuhkan kerja ekstrakeras untuk menyelesaikan pengerjaan tol hingga Semarang tersebut. Sebab, ada banyak tantangan yang berpotensi membuat proyek molor. Misalnya curah hujan yang sedang tinggi sampai pembebasan lahan yang belum beres. ”Untuk antisipasi, kami upayakan bisa menyelesaikan satu arah dulu yang ke Semarang dengan lean concrete (cor beton)” katanya.

Dengan begitu, lanjut Herry, kemacetan parah tahun lalu di Brebes tahun ini diharapkan bisa dihindari. Pemudik nanti bisa keluar di empat pintu lainnya, yakni di Pemalang, Pekalongan, Batang, atau Ngaliyan. ”Kita sedang cari yang berpotongan langsung dengan jalan nasional, di situ kita keluarkan,” jelasnya.

Menurut Herry, jalan tol yang sudah mulai fungsional nanti dipadukan dengan jalan nasional yang berada di daerah tersebut. Dia mencontohkan ruas Semarang–Solo. Dari Semarang, pemudik bisa keluar di Salatiga untuk masuk ke jalan nasional menuju Solo.

Di Solo pemudik bisa masuk tol Solo–Sragen–Ngawi, lalu keluar sebelum Nganjuk untuk mengambil jalan nasional. Kemudian kembali masuk tol Kertosono–Mojokerto sampai Surabaya. ”Ruas tol Solo–Sragen–Ngawi–Kertosono akan bisa difungsikan pada 2017,” sebut Herry.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pandu Yunianto mengatakan, persiapan mudik sudah dimulai Februari 2017. Kemenhub bersama Kementerian PUPR, Korlantas Polri, dan kementerian/lembaga lain juga sudah melakukan survei lapangan. ”Jumat nanti (17/3) kami evaluasi hasilnya,” ujar dia.

Pandu mengungkapkan, antisipasi kejadian Brexit memang menjadi perhatian utama. Karena itu, pembukaan tol hingga ke Semarang diharapkan bisa efektif mengurai kemacetan di pintu tol. ”Untuk operasi tol memang baru sampai Pemalang. Tapi, fungsi tol bisa sampai ke Semarang,” jelasnya.

Langkah antisipasi lain yang dilakukan ialah koordinasi manajemen tol yang dikomandani Korlantas Polri. Salah satunya dengan deteksi dini arus mobil di tol. ”Misalnya, kalau terdeteksi di tol ada 1 sampai 2 kilometer (kemacetannya), langsung dilakukan pengalihan. Kendaraan akan dikeluarkan ke pintu keluar terdekat,” terang Pandu.

”Nanti dipasang rambu-rambu keterangan juga. Supaya pengendara tahu kondisi lalu lintas di depannya,” imbuh dia.

Pandu menyebutkan, pembangunan empat flyover di Kabupaten Brebes, tepatnya di Dermoleng, Klonengan, Kesambi, dan Kretek, diharapkan bisa memperlancar jalur keluar tol Pejagan menuju Purwokerto atau daerah selatan lain. ”Kemenhub juga sedang menyusun aturan pembatasan angkutan barang pada masa angkutan Lebaran,” ujarnya.

Disinggung soal prediksi jumlah penumpang angkutan jalan saat mudik 2017, Pandu memperkirakan ada kenaikan. Kendati begitu, hingga saat ini pihaknya masih berhitung untuk jumlah pastinya.

Tahun lalu, untuk mobil pribadi, terjadi kenaikan 4,5 persen dari tahun sebelumnya. Yakni dari 2.371.358 kendaraan menjadi 2.478.069 kendaraan. Sedangkan sepeda motor sebanyak 5.638.683.

Selain angkutan jalan, angkutan kereta api juga menyatakan kesiapan menyambut mudik 2017. Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengungkapkan, KAI menyediakan 331 perjalanan kereta reguler dan 38 kereta tambahan selama masa angkutan Lebaran.

”Totalnya ada 222.014 kursi per hari atau naik 2,1 persen dibanding tahun lalu,” sebutnya.

Untuk angkutan kereta api, masa angkutan Lebaran ditentukan mulai 15 Juni hingga 6 Juli 2017. Sedangkan puncak arus mudik adalah 22 Juni dan arus balik 1 Juli. Pemudik pun bisa mulai membeli tiket untuk keberangkatan H-10 pada 17 Maret besok. ”Jadi bisa beli H-90 perjalanan,” ujarnya.

Dalam masa angkutan Lebaran tahun ini, KAI juga menyiagakan 2.950 petugas ekstra guna memantau perjalanan pemudik. Mulai petugas pemeriksaan jalur hingga posko untuk daerah rawan. ”Untuk pengamanan, ada setidaknya 4.223 petugas gabungan,” ucapnya. (and/mia/c9/owi/jpg)

Berita Sebelumnya

KH Hasyim Muzadi Wafat
KH Hasyim Muzadi Wafat

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Awas! Jelang, Lebaran Banyak Uang Palsu Beredar

Awas! Jelang, Lebaran Banyak Uang Palsu Beredar

Menjelang Idul Fitri, peredaran uang palsu (upal) menjadi perhatian.


Sekolah Lima Hari Diprotes Wapres, DPR Minta Dibatalkan

Sekolah Lima Hari Diprotes Wapres, DPR Minta Dibatalkan

Kemendikbud resmi merilis Peraturan Menteri (Permendikbud) Nomor 23 tahun 2017, kemarin.


Catat! THR Wajib Diberikan H-7

Catat! THR Wajib Diberikan H-7

Menjelang lebaran, salah satu yang paling ditunggu oleh pekerja adalah tunjungan hari raya (THR).


Puncak Arus Mudik Diprediksi 23 Juni

Puncak Arus Mudik Diprediksi 23 Juni

Puncak arus mudik lebaran 2017 diprediksi pada H-2 pada 23 Juni dan gelombang kedua H-1 atau 24 Juni 2017.


PNS Dilarang Tambah Cuti Lebaran

PNS Dilarang Tambah Cuti Lebaran

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur melarang PNS dilarang tambah cuti lebaran.


Pemerintah Jamin Brexit Tak Macet Lagi

Pemerintah Jamin Brexit Tak Macet Lagi

Infrastruktur baru penunjang mudik lebaran dipastikan dapat dilalui sepekan sebelum lebaran.


Dihukum Tiga Tahun, Penulis Buku Jokowi Undercover Banding

Dihukum Tiga Tahun, Penulis Buku Jokowi Undercover Banding

Langkah Bambang Tri tegap ketika memasuki ruang sidang Pengadilan Negeri (PN) Blora, kemarin.


Hari Ini, Alasan Pencabutan Banding Ahok Akan Terungkap

Hari Ini, Alasan Pencabutan Banding Ahok Akan Terungkap

Keluarga Basuki T. Purnama (Ahok) mencabut memori banding yang sudah diajukan Tim Advokasi Bhinneka Tunggal Ika kemarin.


Fuad Bawazier: Energi Bangsa Bukan untuk Urus Seseorang

Fuad Bawazier: Energi Bangsa Bukan untuk Urus Seseorang

Aksi Bela Islam 55, Jumat (5/5) kemarin, terbukti berjalan aman, damai, dan tertib sebagaimana aksi-aksi sebelumnya, yakni 411 dan 212.


Kuasa Hukum Ahok: Tuntunan JPU Dinilai Ragu-ragu

Kuasa Hukum Ahok: Tuntunan JPU Dinilai Ragu-ragu

Sidang ke-19 terdakwa kasus penistaan agama, Ahok kembali digelar di Gedung Kementrian Pertanian (Kementan) Jakarta Selatan, kemarin (20/4).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!