Nasional
Share this on:

Catat, Raja Salman Tiba Besok Siang

  • Catat, Raja Salman Tiba Besok Siang
  • Catat, Raja Salman Tiba Besok Siang

JAKARTA - Sejumlah agenda padat menanti Raja Salman bin Abdulazis Al Saud sejak mulai tiba di Indonesia besok. Selain pertemuan bilateral dan liburan, Raja Salman akan bertemu dengan Parlemen dan diagendakan ke Masjid Istiqlal.

Namun, Kemenag merencanakan agenda tambahan di sela kunjungan berupa dialog lintas agama. Kemarin, Presiden Joko Widodo memanggil tiga menterinya berkaitan dengan kunjungan Raja Saudi itu.

Mereka yakni, Menlu Retno Marsudi, Menag Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri ESDM Ignasius Jonan. Pertemuan berlangsung cukup lama, sekitar tiga jam. Usai pertemuan, sekitar pukul 20.00, hanya Menlu dan Menag yang menemui wartawan.

Lukman menjelaskan, ada dua pertemuan penting yang akan dilakukan Raja Salman di bidang keagamaan, di luar pertemuan bilateral. ”Raja akan bertemu secara khusus dengan tokoh-tokoh agama (Islam), yang ini juga kita persiapkan, juga pertemuan dengan tokoh-tokoh agama lain,” terangnya.

Pihak kemenag sedang mengupayakan agar pertemuan itu bisa terwujud. Meski demikian, Lukman belum mau menyebutkan siapa saja tokoh yang akan dipertemukan dengan Raja Salman. Dia hanya memastikan bahwa pertemuan itu merupakan inisiatif pemerintah Indonesia.

Alumnus Ponpes Gontor, Ponorogo, itu menuturkan, dialog yang direncanakan itu lebih pada bagaimana menyamakan persepsi dalam memerangi ekstrimisme. Selain itu, bagaimana mengutamakan moderasi dalam dakwah maupun hubungan antarumat beragama.

Dengan begitu, agama bisa dirasakan manfaat positifnya dalam menjaga peradaban dunia.

”Bukan malah sebaliknya, agama dijadikan alat atau dipolitisasi untuk tujuan-tujuan pragmatis dan politis sekelompok orang saja,” lanjut politikus PPP itu.

Hal tersebut justru bertolak belakang dengan esensi ajaran agama itu sendiri. Saat ini, pihaknya masih dalam tahap pembicaraan dengan Saudi agar dialog tersebut bisa benar-benar terlaksana.

Sementara itu, Menlu Retno Marsudi menuturkan, persiapan penyambutan Raja Salman sebenarnya tidak seheboh yang dikira publik. ”Ini bukan hal yang pertama kali kita lakukan,” terangnya.

Indonesia sudah berulang kali menyambut pemimpin negara, dan persiapan yang dilakukan nyaris selalu sama karena berulang kali dipraktikkan.

”Mulai masalah pengamanan, substansi, maupun hal lain, itu semua sudah sesuai dengan prosedurnya,” terangnya.

Misinya ada dua. Di bidang politik, kunjungan itu tergolong bersejarah. Itu merupakan kunjungan pertama raja Saudi sejak 1970. Kemudian, itu menunjukkan hubungan yang baik bagi indonesia dan Saudi.

Dia sudah bertemu dengan Menlu Saudi saat pertemuan G20 pada September lalu. ”Ada komitmen dari kedua belah pihak untuk saling mendekatkan diri,” lanjutnya.

Selama dua tahun terakhir, delegasi dari kedua negara juga lebih intens untuk saling mengunjungi. Baik dari unsur pemerintah maupun bisnis.

Raja Salman direncanakan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta besok siang pukul 12.30. Presiden Joko Widodo akan menjemput langsung di pintu pesawat. Publik diminta tidak berpikir bahwa penyambutan itu berlebihan.

”Waktu Presiden ke Saudi, Raja itu jalan pakai tongkat menuju pintu pesawat untuk menyambut, padahal saat itu sedang badai,” terang Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala.

Prosesinya, setelah menyambut, Presiden akan mengantar raja menuju mobilnya yang berjajar dengan mobil Presiden. Setelahnya, Presiden akan pamit untuk mendahului Raja Salman karena akan menyambut dia di Istana Bogor.

Di Istana sudah disiapkan penyambutan kenegaraan yang akan berlangsung sekitar pukul 13.30. Rencananya, hanya ada 86 tamu yang akan masuk ke Istana Bogor. Terdiri dari Raja, 10 menteri, 25 pangeran, dan 50 perangkat.

Dari jumlah tersebut, 36 orang delegasi resmi akan bertemu Presiden dan jajarannya dalam prosesi pertemuan bilateral. Selebihnya, para perangkat bisa menunggu di ruangan lain.

Terpisah, Ketua DPR Setya Novanto berharap, kedatangan Raja Salman ke tanah air tidak hanya sekadar seremoni belaka. Beberapa program kerja yang sudah disiapkan diharapkan bisa terealisasi, terutama kerja sama di bidang ekonomi degan pemerintah RI.

”Kita harapkan juga bisa menambah kuota haji untuk jamaah dari Indonesia,” kata Setnov.

Menurut Setnov, kerja sama ekonomi yang efektif harus menguntungkan kedua belah pihak. Selain pihak Saudi melalui Raja Salman akan menanamkan investasi di RI, pihak pemerintah juga akan menanamkan investasi di sana.

”Apalagi ini yang datang kan ada 1500 delegasi, kita harapkan juga pengusaha datang kesini,” ujarnya.

Setnov kemarin melakukan pemeriksaan kembali atas kesiapan gedung Nusantara DPR untuk menyambut Raja Salman. Sejumlah infrastruktur tambahan disiapkan, seperti papan pengganti tangga di pintu masuk gedung Nusantara, termasuk mimbar dan kursi yang nyaman untuk Raja Salman. Setnov juga berharap para anggota dewan ikut hadir untuk menyambut raja Salman bersama rombongannya. (byu/bay/fat/jpg)

Berita Sebelumnya

Bom Panci Kembali Teror Bandung
Bom Panci Kembali Teror Bandung

Berita Sejenis

Alhamdulillah... Tarif KA Ekonomi Bersubsidi Batal Naik

Alhamdulillah... Tarif KA Ekonomi Bersubsidi Batal Naik

PT Kereta Api Indonesia (KAI) tiba-tiba membatalkan rencana kenaikan tarif kereta api (KA) ekonomi bersubsidi kemarin (5/7).


Sebelum Kawah Sileri Nyembur, Lebih Dulu Ada Gempa

Sebelum Kawah Sileri Nyembur, Lebih Dulu Ada Gempa

Wisatawan yang sedang menikmati panorama Kawah Sileri Dieng mendadak panik. Kawah Sileri Dieng tiba-tiba meletus, Minggu (2/7).


Sore ini Sidang Itsbat, Dipresdiksi awal Puasa mulai Besok

Sore ini Sidang Itsbat, Dipresdiksi awal Puasa mulai Besok

Sidang Itsbat untuk menentukan awal Ramadan 1438 H bakal digelar pada hari ini (26/5).


Raja Belanda Nyambi Jadi Pilot Komersial

Raja Belanda Nyambi Jadi Pilot Komersial

Jarang ada orang yang menyimak pengumuman di pesawat. Kecuali soal delay.


Terobos Razia Polisi, Rombongan Keluarga Ditembaki, Seorang Tewas Lima Terluka

Terobos Razia Polisi, Rombongan Keluarga Ditembaki, Seorang Tewas Lima Terluka

Jalan Fatmawati, Kecamatan Lubuklinggau Timur I kemarin (18/4) siang mendadak mencekam.


Raja Salman Tinggalkan Bali, Penerbangan Delay 45 Menit

Raja Salman Tinggalkan Bali, Penerbangan Delay 45 Menit

Kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Indonesia berakhir kemarin.


Pedang Pemberian Raja Salman Untuk Kapolri Dicek KPK

Pedang Pemberian Raja Salman Untuk Kapolri Dicek KPK

Pedang pemberian Raja Salman Abdulaziz al-Saud untuk Kapolri Jenderal Tito Karnavian diserahkan ke KPK, kemarin.


Sebelum ke Bali, Raja Salman Mampir ke Brunei

Sebelum ke Bali, Raja Salman Mampir ke Brunei

Setelah agenda kunjungan kenegaraan yang padat di Jakarta, hari ini Raja Salman dan rombongannya akan berlibur.


Hari Ini Raja Salman Sambangi Masjid Istiqlal

Hari Ini Raja Salman Sambangi Masjid Istiqlal

Kunjungan Raja Salman ke Indonesia akan dimanfaatkan pula untuk membahas isu-isu toleransi dan keberagaman.


Raja Salman Bakal Disambut Tari Saman dan Zapin Melayu serta Disuguhi Ikan Bakar

Raja Salman Bakal Disambut Tari Saman dan Zapin Melayu serta Disuguhi Ikan Bakar

Kehadiran Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud akan dijadikan ajang promosi budaya Indonesia.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!