Nasional
Share this on:

Lebaran 2017, Pemudik Bisa Lewat Tol Jakarta sampai Semarang

  • Lebaran 2017, Pemudik Bisa Lewat Tol Jakarta sampai Semarang
  • Lebaran 2017, Pemudik Bisa Lewat Tol Jakarta sampai Semarang

Tiga ruas jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Semarang sudah bisa dilalui pemudik pada musim mudik Lebaran 2017.

JAKARTA - Tiga ruas jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Semarang sudah bisa dilalui pemudik pada musim mudik Lebaran 2017. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjami bahwa pada Juni mendatang, tol baru itu akan bisa beroperasi meskipun pembangunannya belum selesai.

”Secara keseluruhan berdasarkan aspek prasarana, mudik tahun ini bisa lebih baik dari tahun 2016,” kata Basuki melalui keterangan resminya, kemarin.

Basuki mengatakan, ketiga ruas jalan tol tersebut, yakni tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang. Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol, yakni PT Jasa Marga, PT Waskita, dan PT Sumber Mitra Jaya sepakat untuk menjaga ritme pekerjaan dan bisa selesai tepat waktu untuk fungsional. Sehingga diharapkan dapat mengurangi kemacetan arus mudik lebaran tahun ini.

Basuki yang tengah meninjau proyek pengerjaan tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang menilai bahwa ruas tol tersebut sudah bisa fungsional. Dia menjelaskan, saat ini progres konstruksi pembangunan ruas jalan tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 sudah mencapai 57,25 persen dan pembebasan lahannya mencapai 98 persen.

Meski ditargetkan rampung keseluruhan pada Desember 2017, namun diharapkan secara fungsional dapat dilalui pada arus mudik tahun ini. Menurutnya, dengan berfungsinya jalan tol trans Jawa sampai Semarang, alternatif untuk rekayasa lalu lintas semakin banyak karena arus lalu lintas terpecah tidak lagi terfokus di Brebes Timur seperti tahun lalu.

”Kalau nanti di Ngaliyan itu berfungsi, arus dapat terpecah di Brebes untuk langsung menuju Purwokerto. Jadi sudah banyak alternatif untuk rekayasa lalu lintas," ujar Basuki.

Seperti diketahui jalan tol Pejagan-Pemalang memiliki panjang 57,5 kilometer dan terdiri dari 4 seksi. Untuk seksi 1 dan 2 hingga keluar Brebes Timur telah dioperasikan pada Juni 2016 lalu. Sedangkan untuk ruas tol Pemalang-Batang memiliki panjang 39 kilometer.

Ruas tol Pemalang-Batang ini, kata, Basuki, punya kualitas tanah yang agak sulit untuk dibangun sehingga butuh treatment khusus. ”Istilahnya soft soil. Dan tadi sudah disepakati dilakukan dengan metode vacuum,” tambah Basuki.

Basuki mengatakan. Proses vacuum itu akanmulai dilakukan pada akhir Januari. Apabila tidak selesai, akan dicari solusi lainnya sehingga saat musim mudik 2017 tetap dapat berfungsi. Saat ini progres konstruksi ruas tol Pemalang-Batang mencapai 6,63 persen dan pembebasan lahan mencapai 80,80 persen.

Sementara itu, berdasarkan tinjauan, Basuki mengatakan bahwa ruas toal Batang-Semarang sudah bisa dilalui di beberapa lokasi. ”Sehingga meski ditargetkan baru akan beroperasi pada Desember 2018, sudah bisa digunakan pada arus mudik tahun ini,” terangnya.

Ruas yang memiliki panjang 75 kilometer tersebut, terdiri dari 5 seksi. Progres konstruksinya telah mencapai 10,95 persen dan pembebasan lahan mencapai 65,15 persen. Dengan begitu, secara keseluruhan, pada 2017, Kementerian PUPR akan menambah jalan tol sepanjang 392 kilometer.

Sebelumnya, pada 2016, Kementerian PUPR telah menabah 44 kilometer jalan tol. ”Jadi proyeksi total sampai dengan 2017 adalah 567,9 kilometer jalan tol yang beroperasi," tutur Basuki.

Selanjutnya untuk 2018 Basuki menargetkan jalan tol yang beroperasi menjadi 1.182,7 kilometer dan di 2019 menjadi 1.851,4 kilometer. ”Dengan demikian, target kita membangun 1.000 kilometer jalan tol dalam waktu 5 tahun ke depan dapat tercapai. Mudah-mudahan dapat melebihi target hingga 1.851,4 kilometer,” ungkapnya.

Berdasarkan data, terdapat 34 seksi jalan tol yang akan diresmikan pengoperasiannya sepanjang tahun 2017. (and/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Mau Haji Lagi? Tunggu 10 Tahun Mendatang ya...

Mau Haji Lagi? Tunggu 10 Tahun Mendatang ya...

Masyarakat tidak bisa lagi berangkat haji berkali-kali dalam tempo yang singkat.


Kuasa Hukum Ahok: Tuntunan JPU Dinilai Ragu-ragu

Kuasa Hukum Ahok: Tuntunan JPU Dinilai Ragu-ragu

Sidang ke-19 terdakwa kasus penistaan agama, Ahok kembali digelar di Gedung Kementrian Pertanian (Kementan) Jakarta Selatan, kemarin (20/4).


Begini Lima Penyebab Kekalahan Ahok-Djarot

Begini Lima Penyebab Kekalahan Ahok-Djarot

Hampir semua penghitungan cepat (real count) lembaga survey, memenangkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di pilkada DKI Jakarta.


Datangi Balai Kota, Anies-Ahok Ketemu Empat Mata

Datangi Balai Kota, Anies-Ahok Ketemu Empat Mata

Setelah diunggulkan memenangi pilkada DKI Jakarta melalui hitung cepat, Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi Balai Kota.


Terbukti Menyuap, Teman Bisnis Ipar Jokowi Divonis 3 Tahun

Terbukti Menyuap, Teman Bisnis Ipar Jokowi Divonis 3 Tahun

Rekan bisnis Arif Budi Sulistyo, Ramapanicker Rajamohanan Nair pasrah menerima putusan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta, kemarin (17/4).


Presiden Sudah Tahu Musibah yang Menimpa Novel Baswedan

Presiden Sudah Tahu Musibah yang Menimpa Novel Baswedan

Teror terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan ternyata sudah sampai ke Presiden Joko Widodo.


Begini Detik-detik Penyanderaan Ibu dan Anak di Angkot

Begini Detik-detik Penyanderaan Ibu dan Anak di Angkot

Sebuah peristiwa mengejutkan terjadi tepat di depan Bioskop Buaran, Jakarta Timur, Minggu (9/4) malam sekitar pukul 19.00 wib.


Ibunya Ditodong di Angkot, Anaknya Tertusuk Punggungnya

Ibunya Ditodong di Angkot, Anaknya Tertusuk Punggungnya

Risma Oktaviani patut bersyukur bisa selamat dari maut. Dia tak akan pernah melupakan penyanderaan yang dialaminya putranya, malam itu.


Hihihiu, Ternyata Kucing Juga Bisa Curi Pakaian Dalam

Hihihiu, Ternyata Kucing Juga Bisa Curi Pakaian Dalam

Jangan pernah tertipu dengan penampilan. Prinsip itu ternyata berlaku juga buat kucing.


Ongkos Haji Aceh Rp31 Juta, Makassar Rp38,9 Juta

Ongkos Haji Aceh Rp31 Juta, Makassar Rp38,9 Juta

Jamaah calon haji yang hendak berangkat tahun ini sudah bisa memulai pelunasan.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!