Nasional
Share this on:

Pelunasan Haji I Ditutup Hari Ini, Masih Sisa 3.754 Kursi

  • Pelunasan Haji I Ditutup Hari Ini, Masih Sisa 3.754 Kursi
  • Pelunasan Haji I Ditutup Hari Ini, Masih Sisa 3.754 Kursi

JAKARTA - Pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) khusus tahap pertama ditutup hari ini (21/4). Dari total kuota haji khusus yang mencapai 17 ribu jamaah, masih terdapat sisa 3.754 kursi. Kementerian Agama (Kemenag) berharap pelunasan pamungkas hari ini dimanfaatkan jamaah sebaik-baiknya.

Kasubdit Pendaftaran Haji Kemenag Noer Aliya Fitra menjelaskan, sampai penutupan kemarin (20/4) tercatat ada 11.909 jamaah sudah melakukan pelunasan BPIH khusus. Artinya masih ada siswa 3.754 kursi yang masih ada kesempatan pelunasan besok (hari ini, red), kata dia, kemarin.

Pejabat yang akrab disapa Nafit itu menjelaskan, sisa kuota haji khusus sampai penutupan pelunasan tahap pertama, akan diisi pada tahap kedua. Setelah pelunasan tahap kedua selesai, jika masih ada sisa kuota, akan diisi oleh jamaah haji khusus cadangan yang sudah melunasi ongkos haji.

Sampai kemarin dari 1.566 kuota jamaah cadangan, ada 891 jamaah yang sudah melunasi ongkos haji. Nafit mengingatkan pelunasan tahap kedua akan dibuka pada 9?19 Mei. Nantinya Kemenag akan melansir daftar baru jamaah berhak lunas untuk pelunasan tahap kedua.

Jadi harus benar-benar dimanfaatkan waktu yang tersisa, jelasnya. Dari total 17 ribu kuota jamaah haji khusus, sebanyak 15.663 untuk jamaah umum dan sisanya 1.337 untuk petugas haji khusus.

Sementara itu pelunasan BPIH reguler menunjukkan angka yang menggemberikan. Perjalanan masa pelunasan BPIH reguler tahap pertama sudah berjalan delapan hari dan berlangsung sampai 5 Mei nanti.

Hingga hari kedelapan, 146.663 calon jamaah reguler sudah melunasi BPIH, tuturnya. Angka itu setara dengan 72,42 persen.

Nafit juga berharap calon jamaah haji reguler yang masuh dalam daftar berhak lunas tahap pertama, untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Sebab jika sudah ditutup, sudah tidak ada kesempatan kembali. Sebab Kemenag akan mengeluarkan daftar nama baru untuk pelunasan tahap kedua.

Dia mengatakan pelunasan haji tahap kedua akan digunakan untuk jamaah susuai kriteria yang ditetapkan. Diantaranya seperti jamaah gagal sistem saat pelunasan tahap pertama, jamaah di dalam antrian tetapi sudah pernah berhaji, penggabungan muhrim, dan jamaah lanjut usia.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Agama 75/2017, ditetapkan bahwa total kuota haji Indonesia tahun ini mencapai 221 ribu orang. Kemduian dibagi untuk jamaah haji reguler sebanyak 204 ribu kursi.

Kuota itu terbagi 202.581 kursi untuk jamaah dan 1.482 kursi untuk petugas haji reguler. Sementara sebanyak 17 ribu kursi digunakan untuk kuota haji khusus. (wan/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Puti Paling Sedikit, Harta Gus Ipul Naik

Puti Paling Sedikit, Harta Gus Ipul Naik

Pemilihan gubernur (pilgub) Jatim masih memasuki tahap perbaikan berkas pasangan calon (paslon).


Ini Buktinya Cantrang Tak Merusak

Ini Buktinya Cantrang Tak Merusak

Sudah 3 tahun polemik tentang Cantrang belum juga reda.


Soal KTP Penghayat Kepercayaan, MUI Hormati Putusan MK

Soal KTP Penghayat Kepercayaan, MUI Hormati Putusan MK

Dewan Pimpinan MUI masih menyesalkan putusan MK Nomor Perkara 97/PPU-XIV/2016 berkaitan dengan pencantuman kolom penghayat kepercayaan dalam e-KTP.


Idrus Gantikan Khofifah, Jenderal Moeldoko Masuk Istana

Idrus Gantikan Khofifah, Jenderal Moeldoko Masuk Istana

Reshuffle Kabinet Kerja akhirnya benar-benar dilakukan, rabu (17/1) hari ini.


Empat Bandar Buruan Mabes Divonis Mati

Empat Bandar Buruan Mabes Divonis Mati

Daftar terpidana mati di Lampung semakin panjang. Jika pada 2017 mencapai 14 orang, saat ini, pekan kedua 2018, jumlah tersebut bertambah menjadi 18 terpidana m


PKS Pilih Gus Ipul, PDIP Umumkan Bacawagub Hari Ini

PKS Pilih Gus Ipul, PDIP Umumkan Bacawagub Hari Ini

Koalisi Partai Gerindra, PAN, dan PKS di Pilgub Jatim 2018 akhirnya benar-benar bubar.


Majelis Hakim Sidang Cerai Ahok Terbentuk

Majelis Hakim Sidang Cerai Ahok Terbentuk

Pemicu gugatan cerai Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terhadap istrinya, Veronica Tan, masih menjadi misteri.


USBN Delapan Mapel di SD Batal

USBN Delapan Mapel di SD Batal

Sedaianya ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di jenjang SD tahun ini terdiri dari delapan mata pelajaran (mapel).


Poros Ketiga Masih Tunggu Gus Ipul

Poros Ketiga Masih Tunggu Gus Ipul

Koalisi poros ketiga yang diberi nama Jatim Emas juga belum memastikan pasangan cagub maupun cawagub yang akan mereka usung.


TKI Rentan Hamil di Luar Nikah

TKI Rentan Hamil di Luar Nikah

Tenaga kerja Indonesia (TKI) hamil ketika bekerja di luar negeri bukan saat ini saja terjadi. Hal itu menjadi suatu fenomena tersendiri.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!