Nasional
Share this on:

Pemerintah Buka Lowongan 19 Ribu CPNS

  • Pemerintah Buka Lowongan 19 Ribu CPNS
  • Pemerintah Buka Lowongan 19 Ribu CPNS

JAKARTA - Setelah ditunggu sekian lama, akhirnya pemerintah mengumumkan secara resmi lowongan CPNS baru 2017. Tidak tanggung-tanggun, kuotanya mencapai 19 ribu kursi lebih.

Menteri PAN-RB Asman Abnur meminta masyarakat waspada penipuan dengan modus dapat meloloskan jadi CPNS baru. Pengumuman dibukanya lowongan CPNS baru itu disampaikan langsung oleh Asman.

Dia didampingi Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung (MA) Aco Nur, Sekjen Kemenenterian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto, dan Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja. Publik bisa menyimak informasi resmi di website Kementerian PAN-RB, BKN, MA, dan Kementerian Hukum dan HAM mulai hari ini.

Lowongan yang dibuka kali ini memang sangat terbatas. Formasinya hanya untuk calon hakim, penjaga tahanan, analisis keimigrasian, dan 19 jabatan teknis lain di Kementerian Hukum dan HAM.

Perincian kuotanya adalah untuk formasi calon hakim tersedia 1.684 kursi, penjaga tahanan atau sipir 14.000 kursi, analisis keimigrasian 2.278 kursi, dan 19 jabatan teknis lainnya dengan kuota 1.268 kursi.

Pendaftaran rencananya dibuka pada 1?31 Agustus depan. Pendaftaran terpusat secara online melalui website https://sscn.bkn.go.id. Pelamar harus melalui saringan awal, yakni seleksi administrasi. Kemudian bagi yang lulus harus melewati seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem computer assisted test (CAT). Kemudian juga ada seleksi kompetensi bidang (SKB) sesuai formasi masing-masing.

Asman menuturkan, kualifikasi pelamar untuk calon hakim adalah sarjana hukum, sarjana syariah, dan sarjana hukum Islam. Sementara kualifikasi untuk analisis keimigrasian adalah sarjana hukum, sosial politik, ekonomi, akuntansi, komunikasi, teknik informatika, teknik komputer, dan bahasa asing. Sedangkan formasi sipir cukup lulusan SMA sederajat dan memiliki kemampuan komputer.

Dia mengatakan, sistem atau manajemen rekrutmen CPNS baru sudah ditata dengan baik. Sebab, pemerintah mengharapkan CPNS baru yang diterima, benar-benar sesuai dengan kompetensi atau keahlian. ?Selama ini mungkin bisa minta bantuan, rekomendasi, titipan, saya nyatakan tidak ada lagi,? katanya.

Kepada masyarakat umum, Asman berharap, untuk hati-hati dan waspada. Jangan sampai ada masyarakat yang tertipu dengan penjahat atau oknum calon. Biasanya mereka menebar jala penipuan dengan iming-iming bisa meloloskan menjadi CPNS baru.

?Saya tegaskan yang bisa membantu masuk jadi CPNS baru itu ya kemampuan si pelamar sendiri,? jelasnya.

Pemerintah tidak bertanggungjawab jika sampai ada masyarakat yang tertipu puluhan juta, bahkan sampai ratusan juta, untuk bisa jadi CPNS baru. Sebab Asman mengatakan proses rekrutmen CPNS baru tidak dipungut biaya.

Sementara itu, animo masyarakat untuk mengetahui informasi cukup tinggi. Salah satu indikasinya adalah website Kementerian PAN-RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Kementerian Hukum dan HAM tadi malam tidak bisa diakses. Menurut pegawai humas Kementerian PAN-RB, sedang ada perawatan untuk mengatasi tingginya lalu lintas pengunjung.

Sekjen Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto mengatakan, beberapa waktu lalu sempat beredar surat lowongan CPNS di lembaganya. Dia berharap, masyarakat berpatokan pada informasi resmi yang dilansir Kementerian PAN-RB.

Pendaftaran CPNS baru juga terpusat melalui sistem di Kementerian PAN-RB, katanya. (wan/fat/jpg)


Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

Sebentar Lagi Beras Impor 500 Ribu Ton Datang

Sebentar Lagi Beras Impor 500 Ribu Ton Datang

Impor beras yang dibuka pemerintah untuk stabilkan harga dan menambah stok tidak bisa selesai dalam waktu dekat.


Sikat 150 Ribu Tabung, Elpiji Subsidi Dioplos Mafia

Sikat 150 Ribu Tabung, Elpiji Subsidi Dioplos Mafia

Salah satu biang kerok kelangkaan elpiji 3 kg bersubsidi Desember lalu terungkap.


Kemenag Cari Imam Masjid, Digaji Rp23 Juta Sebulan

Kemenag Cari Imam Masjid, Digaji Rp23 Juta Sebulan

Kementerian Agama (Kemenag) dan pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) melanjutkan program kerja sama pengiriman imam masjid.


Pemerintah Diminta Segera Buka CPNS Guru

Pemerintah Diminta Segera Buka CPNS Guru

Kekurangan guru PNS, khususnya di jenjang SD sudah sangat mendesak.


Ajukan Justice Collaborator, Setnov Siap Buka-bukaan

Ajukan Justice Collaborator, Setnov Siap Buka-bukaan

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna H. Laoly akhirnya memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kemarin.


2017, PHK Capai 50 Ribu Orang

2017, PHK Capai 50 Ribu Orang

Serikat Buruh menilai tahun 2017 pemerintah masih gagal mewujudkan janji untuk mensejahterakan kaum buruh.


Wow... Arus balik Liburan Tembus 104 Ribu Kendaraan

Wow... Arus balik Liburan Tembus 104 Ribu Kendaraan

Puncak arus balik pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2017 terjadi kemarin (1/1).


 2017 Ada 2.000 Bencana, 377 Orang Tewas

2017 Ada 2.000 Bencana, 377 Orang Tewas

Lebih 2 Ribu bencana tercatat menghantam indonesia sepanjang tahun 2017. Mengakibatkan 377 orang tewas, dan membuat 2,5 juta jiwa mengungsi.


Seleksi CPNS 2018, Hati-hati Honorer Siluman

Seleksi CPNS 2018, Hati-hati Honorer Siluman

Tahun depan pemerintah direncanakan mengangkat CPNS daerah. Di antaranya adalah mengakomodasi para tenaga honorer guru yang sudah lama bekerja.


Siap-siap Liburan? Imigrasi Buka Layanan Paspor di Hari Libur

Siap-siap Liburan? Imigrasi Buka Layanan Paspor di Hari Libur

Jelang akhir tahun permohonan paspor ke kantor Imigrasi semakin melonjak. Lantaran banyak warga yang ingin menghabiskan liburan ke luar negeri.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!