Nasional
Share this on:

Raja Salman Tinggalkan Bali, Penerbangan Delay 45 Menit

  • Raja Salman Tinggalkan Bali, Penerbangan Delay 45 Menit
  • Raja Salman Tinggalkan Bali, Penerbangan Delay 45 Menit

JAKARTA - Kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Indonesia berakhir kemarin. Rombongan orang nomor satu Arab Saudi ini akan bertolak langsung menuju Jepang dari Bali.

Corporate Communications JAS Airport Services Martha Lory Fransisca mengungkapkan, ada tujuh penerbangan rombongan kerajaan yang dilayani pihaknya. Salah satunya, penerbangan Raja Salman yang dijadwalkan bertolak sekitar pukul 10.00 WITA dari Denpasar menuju Haneda, Jepang.

?Terdapat 3 flight Departure yang selisih hanya 15 menit untuk siangnya. yaitu Pesawat Raja, Pesawat Cover, dan Pesawat Medical,? ujarnya dihubungi, kemarin.

Kemudian, pada pukul 14.00 WITA pihaknya akan kembali menangani groundhandling dari tiga penerbangan. Di mana satu merupakan penerbangan kedatangan dan dua keberangkatan.

Seluruh penerbangan tersebut menggunakan pesawat tipe B737-700, B747-400, B74L, B757, B777-300, B747F. ?Raja Salman menggunakan B747-400 dengan nomor penerbangan SVA1,?ungkapnya.

Selain menangani groundhandling para delegasi, JAS juga akan mengurusi kargo dari rombongan kerajaan Saudi ini. Salah satunya, tangga escalator khusus yang digunakan Raja Salman untuk naik/turun dari pesawat. Tangga akan diterbangkan menuju Beijing dari Denpasar dengan menggunakan penerbangan SV6894/6896.

Sementara dua mobil mercy S600, kemungkinan akan berangkat dengan flight SV6889/6890 menuju Maladewa. Kedua mobil tersebut akan diangkut dengan pesawat B747F hari ini (13/3).

Martha mengungkapkan, untuk menangani kepulangan rombongan kerajaan Saudi ini, JAS telah mengalokasikan sekitar 375 staf. Sebanyak 100 orang khusus untuk Raja Salman saja, dan sisanya untuk rombongan lainnya.

?Total VVIP Greeters yang dialokasikan untuk tanggal 12 Maret 2017 ada sebanyak 35 staff dengan seragam JAS. Ditambahkan ciri khas Bali seperti aksesoris kain selendang Prade Bali yang diikatkan di pinggang dan menggunakan bunga kamboja,? jelasnya.

Sedangkan untuk GSE (ground support equipment), JAS mengalokasikan 126 alat. Yang terdiri dari, 63 Motorized dan 63 Non-Motorized. Untuk GSE motorized ini diantaranya seperti pushback car wide/narrow body, AC car, baggage towing tractor dan lainnya. Sedangkan, untuk GSE non motorized seperti GTC (ground turbine compressor dan Ground Power unit.

Aktivitas penerbangan Raja Salman ini juga akan berdampak pada penerbangan di Bandara Ngurah Rai, Bali. Penerbangan regular akan mengalami expected delay selama kurang lebih 45 menit.

Corporate communication PT Angkasa Pura I Awalludin mengungkapkan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah mengeluarkan notice to airmen (notam) untuk pergerakan VVIP ini. Dalam notam A0836/17 tersebut, delay diperkirakan terjadi mulai pukul 10.00-10.45 WITA.

?Ada tiga pergerakan pesawat, tipe B744, B744, dan B752 pada pukul 10.30 WITA,?ujarnya.

Akibatnya, 13 penerbangan domestik dan tiga penerbangan internasional terpaksa harus ditunda keberangkatannya. Menurutnya, informasi tersebut sudah disampaikan pada seluruh calon penumpang sehingga diharap dimaklumi. (mia/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Internet di Bali Akan Dimatikan Selama Nyepi

Internet di Bali Akan Dimatikan Selama Nyepi

Untuk pertama kalinya, pemerintah akan mematikan seluruh layanan internet di seluruh Provinsi Bali selama perayaan Nyepi.


Sehari, Indonesia Digoyang Gempa Empat Kali

Sehari, Indonesia Digoyang Gempa Empat Kali

Sepanjang hari kemarin (16/2) Indonesia diguncang empat kali gempa. Diawali gempa di barat daya Klungkung Bali dengan kekuatan 4,4 SR.


Puncak Musim Hujan, Risiko Delay Pesawat Tinggi

Puncak Musim Hujan, Risiko Delay Pesawat Tinggi

Februari tahun ini diprediksi menjadi puncak musim hujan. Curah hujan pun tinggi. Salah satu risikonya adalah delay pesawat terbang.


Gunung Agung Erupsi, Bali Tetap Aman

Gunung Agung Erupsi, Bali Tetap Aman

Gunung Agung kembali mengalami erupsi kemarin siang (13/2) sekitar pukul 11.49 WITA.


Drama 44 Menit Pelarian Pembelot Korut ke Korsel

Drama 44 Menit Pelarian Pembelot Korut ke Korsel

Senin (13/11) merupakan pertaruhan hidup dan mati bagi Oh, tentara Korea Utara (Korut) yang membelot ke Korsel.


350 Polisi Papua Barat Minta Dimutasi

350 Polisi Papua Barat Minta Dimutasi

350 Polisi yang berdinas di Polda Papua Barat mengajukan mutasi kembali ke Polda Bali membuat Polri bersikap.


Raja Belanda Nyambi Jadi Pilot Komersial

Raja Belanda Nyambi Jadi Pilot Komersial

Jarang ada orang yang menyimak pengumuman di pesawat. Kecuali soal delay.


Pedang Pemberian Raja Salman Untuk Kapolri Dicek KPK

Pedang Pemberian Raja Salman Untuk Kapolri Dicek KPK

Pedang pemberian Raja Salman Abdulaziz al-Saud untuk Kapolri Jenderal Tito Karnavian diserahkan ke KPK, kemarin.


Sebelum ke Bali, Raja Salman Mampir ke Brunei

Sebelum ke Bali, Raja Salman Mampir ke Brunei

Setelah agenda kunjungan kenegaraan yang padat di Jakarta, hari ini Raja Salman dan rombongannya akan berlibur.


Hari Ini Raja Salman Sambangi Masjid Istiqlal

Hari Ini Raja Salman Sambangi Masjid Istiqlal

Kunjungan Raja Salman ke Indonesia akan dimanfaatkan pula untuk membahas isu-isu toleransi dan keberagaman.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!