Nasional
Share this on:

SBY Salami Megawati

  • SBY Salami Megawati
  • SBY Salami Megawati

Dua mantan Presieden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarnoputri bertemu di Istana Negara, kemarin. (Anung Anindito/Tim dok SBY)

JAKARTA - Upacara HUT ke-72 Republik Indonesia mempertemukan para mantan presiden. Pada saat upacara detik-detik proklamasi terlihat hadir mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie, Megawati Sukarno Putri, dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Istri almarhun Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah juga hadir. Mereka semua memakai baju adat. Yang dinanti tentu kehadiran SBY yang tahun lalu tidak menghadiri acara tersebut.

SBY datang bersama istrinya Ani Yudhoyono. Dua putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edi Baskoro Yudhoyono juga turut hadir bersama istri masing-masing. Mereka semua kompak mengenakan baju adat Betawi.

Sedangkan Megawati terlihat menggunakan baju kebaya keemasan. Sementara Habibie menggunakan baju adat Bugis.

Para mantan presiden itu duduk satu deret tepat dibelakang Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. SBY berada di sebalah kanan belakang Jokowi. Sedangkan Mega dan Habibie berada di bari sebelah kiri. SBY sempat bersalaman pula dengan Mega.

Setelah upacara bendera, para mantan presiden itu diajak masuk ke Istana Merdeka. Mereka sempat berfoto bersama di dalam istana. Sayang, pertemuan tersebut tertutup dari media.

Usai pertemuan itu, SBY sempat berbicara sedikit tentang harapan dia kepada masa depan Indonesia. Dia menuturkan harapan besar pada 100 tahun Indonesia merdeka atau pada 2045.

”Semoga bangsa Indonesia makin bersatu yaa. Kompak membangun negerinya bersama-sama. Insyallah 2045 negara kita akan kuat, makin adil, dan makin makmur,” ujar SBY yang keluar dari pintu belakang istana sebelah barat.

Dia pun membenarkan sempat ada sesi foto bersama dengan para mantan presiden. Obrolan yang hadir dalam pertemuan itu juga banyak.

Tapi, saat ditanya obrolan khusus dengan Mega, SBY tidak langsung menjawab. Dia sudah naik mobil golf dan meminta diberi jalan. ”Kasih jalan yaaa. Maaf-maaf,” kata SBY lantas diburu para warga yang meminta foto bersama.

Mega yang keluar dari pintu yang sama tidak memberikan komentar. Dia tidak mau menanggapi berondongan pertanyaan dari wartawan. Mega yang berjalan di depan kepala Badan Intelejen Negara Jenderal Budi Gunawan itu langsung pergi meninggalkan istana.

Sementara itu, AHY menuturkan kehadiran SBY itu hal yang wajar saja sebenarnya karena dia mantan Presiden. Pada tahun lalu SBY tidak hadir ke Istana Merdeka untuk hadiri HUT ke-71 RI karena ada agenda lain.

”Kali ini beliau (SBY) bisa, tahun sebelumnya ada kegiatan. Dan tahun ini bisa saya beserta keluarga saya yang lain bisa hadir acara di sini,” ujar direktur eksekutif The Yudhoyono Institute itu.

Dia menuturkan di dalam Istana Merdeka juga ada jamuan presiden Joko Widodo. Dia menyebutkan ada tumpeng yang dipotong dan diberikan kepada pejuang 1945.

Terpisah, Edi Baskoro Yudhoyono mengungapkan kehadiran SBY itu menunjukan semangat dia untuk terus menyampaikan keteduhan dan kebersamaan. ”Menginginkan kemajuan terus berada di Indonesia, dengan semangat persatuan dan kesatuan,” ujar dia.

Dia menyebutkan bahwa kehadiran SBY di istana itu tidak bisa diartikan sebagai suatu dukungan secara langsung kepada pemerintah. Sebab, bisa saja SBY tidak hadir karena tidak harus setiap hadir ke acara kenegaraan itu.

”Tetapi hati, semangat, dan langkah beliau sesungguhnya ingin memastikan bangsa kita semakin maju, adil, makmur, bersatu,” tambah dia. (jun/zul)


Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Demokrat Sebut Jajaki Peluang Koalisi Pilpres

Demokrat Sebut Jajaki Peluang Koalisi Pilpres

Manuver pertemuan SBY dan Prabowo mulai memanaskan suhu politik jelang pesta demokrasi 2019.


Akhirnya, Presiden Jokowi-SBY Bertemu di Istana

Akhirnya, Presiden Jokowi-SBY Bertemu di Istana

Pertemuan yang dinanti-nantikan itu akhirnya terjadi. Kemarin Presiden Joko Widodo menerima Presiden ke-6 RI SBY di Istana Merdeka.


Ahok Temui Megawati, Ada Apa Ya?

Ahok Temui Megawati, Ada Apa Ya?

Gubernur DKI Basuki T. Purnama (Ahok) keluar tergesa-gesa dari kantornya di Balai Kota, Jakarta Pusat, kemarin.


Prihatinkan Merajalelanya Hoax, PDIP Kritik Cuitan SBY

Prihatinkan Merajalelanya Hoax, PDIP Kritik Cuitan SBY

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY kembali membuat suasana perpolitikan makin panas.


Karena Lebaran Kuda, SBY Dilaporkan Alumni HMI

Karena Lebaran Kuda, SBY Dilaporkan Alumni HMI

Pidato mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyebut kata kontroversial ”Lebaran Kuda” menuai kecaman.


Kereta Api Jakarta-SBY Tunggu Skema Pinjaman

Kereta Api Jakarta-SBY Tunggu Skema Pinjaman

Rencana pembangunan moda transportasi KA kecepatan sedang jalur Jakarta-Surabaya terus dimatangkan.


Wiranto Ogah Tanggapi Curhat SBY

Wiranto Ogah Tanggapi Curhat SBY

Aksi demonstrasi 4 November mendatang hampir dipastikan bakal berjalan mulus seiring tidak adanya penolakan dari pemerintah.


SBY Akan Bicara Kasus Munir Dua Hari Mendatang

SBY Akan Bicara Kasus Munir Dua Hari Mendatang

Jaksa Agung Muhammad Prasetyo menepis adanya upaya memelintir kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib untuk kepentingan pihak tertentu.


Ditetap Resmi, Air Mata Mega Jatuh Di Podium

Ditetap Resmi, Air Mata Mega Jatuh Di Podium

Tangis itu akhirnya pecah juga. Megawati tidak kuasa menahan haru setelah 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila.


Risma Tolak Mega Jadi Cagub DKI

Risma Tolak Mega Jadi Cagub DKI

Keinginan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri agar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini maju ke Pilkada DKI Jakarta bertepuk sebelah tangan.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!