Nasional
Share this on:

Sebelum ke Bali, Raja Salman Mampir ke Brunei

  • Sebelum ke Bali, Raja Salman Mampir ke Brunei
  • Sebelum ke Bali, Raja Salman Mampir ke Brunei

JAKARTA - Setelah agenda kunjungan kenegaraan yang padat di Jakarta, hari ini Raja Salman dan rombongannya akan berlibur. Bali menjadi destinasi wisata yang dipilih oleh Raja Salman.

Selama sembilan hari ke depan, Raja Salman dan rombongan akan menikmati keindahan pulau dewata. Pagi ini, keberangkatan Raja Salman akan diantar oleh Wapres Jusuf Kalla.

Raja akan berangkat melalui ruang VVIP Bandara Halim Perdanakusuma. Namun, sebelum berangkat, Wapres akan mengadakan pertemuan dengan para pangeran yang menyertai raja.

Pertemuan itu direncanakan berlangsung pukul 08.45. Sebelum ke Bali, Raja Salman akan singgah sejenak di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam untuk kunjungan Kenegaraan.

Kunjungan itu akan berlangsung setengah hari. Sorenya, Raja Salman akan langsung bertolak ke Denpasar.

Rombongan diperkirakan tiba di Bandara Ngurah Rai, Bali pukul 17.45 WITA dari Brunei Darussalam. Sejumlah penerbangan akan mengalami expected delay selama proses kedatangan para rombongan.

Corporate Communications PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) Martha Lory Fransisca mengungkapkan, keberangkatan rombongan menuju Pulau Dewata telah diawali kemarin (3/3). Satu buah pesawat jenis Boeing 777 sudah terbang terlebih dahulu.

?Untuk Raja Salman sendiri akan naik B747-400 pada tanggal 4 Maret 2017,? ujarnya saat dihubungi, kemarin.

Martha menjelaskan, pihaknya harus menangani proses groundhandling lima penerbangan rombongan kerajaan hari ini (4/3) dari Halim. Tiga pesawat, termasuk pesawat Raja Salman, akan menuju ke Brunai Darussalam pada sekitar pukul 11.00 WIB sebelum bertolak ke Bali. Sementara dua lainnya langsung menuju Ngurah Rai, Bali.

?Yang jadi tantangan adalah waktu berangkat 3 pesawat besar dalam waktu berdekat-dekatan. Itu bukan perkara kecil untuk menanganinya,? ungkapnya.

Kendati demikian, Martha memastikan pihaknya siap memberikan yang terbaik. Kesiapan yang dilakukan sama seperti kedatangan. Sekitar 200 orang petugas disiapkan untuk penanganan groundhandling nanti.

Menurutnya, tak ada tambahan kargo dalam perjalanan mereka menuju Bali. ?Gse (ground support equipment) juga stand by,? ujarnya.

JAS sendiri tidak hanya melayani grounhandling menuju Bali. Mereka juga menghandle saat rombongan bertolak ke Jepang. ?intinya JAS akan menangani 10 penerbangan dalam kurun waktu 3-12 Maret,? ungkapnya.

Jelang kedatangan rombongan ke Bali, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengeluarkan notice to airmen (notam) untuk expected delay . Dalam Notam Nomor A0705/17 itu disebutkan, bahwa Penerbangan di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali diperkirakan mengalami keterlambatan pada 4 Maret 2017.

Meskipun demikian, dalam notam resmi tersebut ada perbedaan jam penutupan bandara antara Kemenhub, dengan PT Angkasa Pura I yang mengelola Bandara Ngurah Rai.

?Keterlambatan pukul 19.15-20.00 WITA karena adanya kegiatan VVIP,? ujar Kepala Komunikasi Dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan J.A Barata (byu/jun/mia/syn/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Jong-un Sempat Jalan-jalan sebelum Bertemu Trump

Jong-un Sempat Jalan-jalan sebelum Bertemu Trump

Gedung Putih kemarin (11/6) mengungkap detail pertemuan antara Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump


Sembako Mulai Naik, Daging Sapi Tembus Rp130.000

Sembako Mulai Naik, Daging Sapi Tembus Rp130.000

H- 4 sebelum lebaran, harga-harga kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan, kemarin. Daging sapi mencatatkan kenaikan paling signifikan.


Brunei Beli Senjata dan Tank Anoa

Brunei Beli Senjata dan Tank Anoa

Lawatan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah ke Indonesia menguatkan kerja sama di berbagai bidang. Salah satunya bidang pertahanan.


Calon Jamaah Haji Wafat, Sekarang Bisa Digantikan

Calon Jamaah Haji Wafat, Sekarang Bisa Digantikan

Kemenag mengeluarkan kebijakan baru yang membolehkan Calon Jamaah Haji yang wafat sebelum berangkat, digantikan oleh salah satu anggota keluarganya.


Internet di Bali Akan Dimatikan Selama Nyepi

Internet di Bali Akan Dimatikan Selama Nyepi

Untuk pertama kalinya, pemerintah akan mematikan seluruh layanan internet di seluruh Provinsi Bali selama perayaan Nyepi.


Sebelum Lebaran, Cawapres Jokowi Sudah Ada

Sebelum Lebaran, Cawapres Jokowi Sudah Ada

Teka-teki terkait calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Joko Widodo nampaknya belum bisa diketahui publik dalam waktu dekat.


Sehari, Indonesia Digoyang Gempa Empat Kali

Sehari, Indonesia Digoyang Gempa Empat Kali

Sepanjang hari kemarin (16/2) Indonesia diguncang empat kali gempa. Diawali gempa di barat daya Klungkung Bali dengan kekuatan 4,4 SR.


Gunung Agung Erupsi, Bali Tetap Aman

Gunung Agung Erupsi, Bali Tetap Aman

Gunung Agung kembali mengalami erupsi kemarin siang (13/2) sekitar pukul 11.49 WITA.


Jenderal Asal Tegal Itu Pamitan Sebelum Sertijab

Jenderal Asal Tegal Itu Pamitan Sebelum Sertijab

Senyum lepas tampak dari wajah mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo saat mengunjungi Komando Armada kawasan Timur (Koarmatim).


KIR dan Pemasangan Stiker untuk Taksi Online Masih jadi Ganjalan

KIR dan Pemasangan Stiker untuk Taksi Online Masih jadi Ganjalan

Kementerian Perhubungan terus melakukan sosialisasi revisi Permenhub 26/17 tentang angkutan online sebelum diberlakukan pada 1 November mendatang.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!