Nasional
Share this on:

Setiap 10 Km Tol Pejagan-Gringsing Ada Rest Area Darurat

  • Setiap 10 Km Tol Pejagan-Gringsing Ada Rest Area Darurat
  • Setiap 10 Km Tol Pejagan-Gringsing Ada Rest Area Darurat

JAKARTA - PT Jasa Marga juga mengebut persiapan beroperasinya jalan tol lintas jawa. Antisipasi utama adalah bagaimana insiden Brexit tidak terulang kembali.

Jasa Marga memperkirakan akan ada sekitar 1,5 juta kendaraan yang keluar dari Jakarta pada puncak arus mudik yakni pada H-4 hingga H-2 lebaran. "Paling padat ke arah timur (Jateng dan Jatim, Red.), sekitar 160 ribu kendaraan per hari," kata Subekti Sukur, Direktur Operasional Jasa Marga di Jakarta, kemarin.

Subekti mengatakan sejak jauh-jauh hari pihaknya sudah membicarakan langkah antisipasi agar Exit Tol Brebes tidak lagi menelan korban seperti tahun lalu. Untuk itu, deteksi dini tentang potensi kemacetan sangatlah penting bahkan sejak kendaraan meninggalkan jakarta.

Andalan utama Jasa Marga dalam hal ini adalah sensor kendaraan bernama Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS) yang dipasang di beberapa gerbang tol utama. Kinerjanya adalah untuk memetakan kecepatan rata-rata, serta jumlah kendaraan terhadap rasio Volume to Capacity (VC).

Subekti menyebut saat ini kapasitas maksimal setiap jalan tol adalah 23.000 kendaraan per jam. Idelanya, VC harus berada di angka 0,8. Namun dalam arus mudik kali ini, Jasa Marga menetapkan rasio VC 1 sebagai batas toleransi.

"Di angka segitu laju kendaraan biasanya sudah mulai stak (terhambat), Red)," katanya.

Jika VC sudah terdeteksi mendekati angka 1 di gerbang-gerbang tol, maka dipastikan jalan menuju exit sudah mulai macet. Disinilah petugas Jasa Marga akan meneruskan informasi pada Kakorlantas agar petugas di lapangan mulai melakukan pengalihan arus.

"Ada beberapa jalan nasional dan daerah yang sudah disiapkan. Pokoknya beban jalan harus dibagi rata," katanya.

Per tahun 2017, Jasa Marga punya 5 RTMS. dipasang di beberapa gerbang tol yakni Cikunir km 9, Cibitung km 28, Cikarang Timur km 31, Dawuan km 66, serta Purbaleunyi Km 72.

Langkah antisipasi lainnya adalah berupa penambahan lajur, penambahan gardu operasi di masing-masing gerbang tol, penempatan petugas gabungan di titik simpul kemacetan, serta penambahan kapasitas jalan.

Resta area darurat ditempatkan setiap 10 km di jalan-jalan tol fungsional. Serta beberapa titik parking bay, atau tempat pemberhentian sementara yang bukan rest area.

Pada kondisi darurat, sudah dipersiapkan beberapa exit yang akan tersambung pada jalan-jalan desa. "Nanti petugas yang akan mengarahkan," katanya.

Jasa Marga juga mempersiapakan penggunaan jalur fungsional. Vice President Maintenance Jasa Marga Reza Febriano menyatakan bahwa Jasa Marga menjamin bahwa jalur-jalur fungsional punya standar yang sama dengan jalan tol pada umumnya. "Mau yang dibangun cepat atau tidak kami wajibkan kontraktor membangun sesuai spesifikasi," katanya.

Meski demikian, Reza menyebut pasti ada beberapa ruas yang level jalannya belum pas. Jalur fungsional akan segera dikeraskan dengan perkerasan setebal 10 sentimeter.

Untuk faktor keamanan, jalan tol fungsionalnantinya juga akan dilengkapi dengan Guide Post/Reflector, lampu penanda (spotlight) dan Concrete Barrier di tengah. "Tujuannya agar pengendara tidak keluar jalur," katanya.

Demi alasan keamanan, hsnya tol fungsional Grinsing-Batang yang akan dibuka penuh selama 24 jam. Ruas-ruas lain hanya dibuka mulai pukul 05.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

Khusus daerah-daerah berbahaya, Reza mengatakan akan dipasang penerangan standar jalan tol. Petugas juga akan berjaa di titik-titik tersebut. "Paling penting, jangan sungkan menghubungi nomor-nomor darurat jika terjadi masalah," pungkas Reza. (tau/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

#OTTRecehan Sindir KPK
#OTTRecehan Sindir KPK

Berita Sejenis

Mudik, Toilet di Rest Area Tol Gratis

Mudik, Toilet di Rest Area Tol Gratis

Untuk menghindari tumpukan dan antrian di rest area, PT Jasa Marga telah menyiapkan pengaturan khusus yakni menejemen lalu lintas di dalam rest area.


Ada 2 SPDP, Ombudsman Periksa Novel Baswedan

Ada 2 SPDP, Ombudsman Periksa Novel Baswedan

Komisioner Ombudsman RI (ORI) Andrianus Meliala memeriksa penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan, kemarin (15/5).


Alhamdulillah, Awal Puasa Tahun Ini Serempak

Alhamdulillah, Awal Puasa Tahun Ini Serempak

Seperti prediksi sebelumnya, tidak ada perbedaan dalam penetapan 1 Ramadan 1439 H/2018 M.


Bom Ada yang Diletakan di Perut, Dipangku, dan Diledakan Dalam Mobil

Bom Ada yang Diletakan di Perut, Dipangku, dan Diledakan Dalam Mobil

Aksi bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya, Minggu (13/5) pagi, ternyata adalah satu keluarga.


Mudik Mendatang, Disiapkan Rest Area Tambahan Setiap 10-20 Kilometer

Mudik Mendatang, Disiapkan Rest Area Tambahan Setiap 10-20 Kilometer

Kesiapan jalur tol fungsional untuk arus mudik lebaran terus dikebut.


Mudik ke Semarang? Tak Perlu Lagi Keluar di Brexit

Mudik ke Semarang? Tak Perlu Lagi Keluar di Brexit

Kementerian PUPR Menargetkan sebagian ruas tol Pemalang-Batang yang masih dalam tahap pembangunan bisa dilalui pemudik pada Lebaran tahun 2018.


Tol Jakarta-Surabaya Siap Digunakan untuk Mudik

Tol Jakarta-Surabaya Siap Digunakan untuk Mudik

Mudik lebaran memang masih lama. Namun kementerian terkait telah melakukan berbagai persiapan.


Begini Model Baru Perhitungan Skor Ujian SBM PTN

Begini Model Baru Perhitungan Skor Ujian SBM PTN

Siswa SMA/MA yang mulai ujian hari ini, diantaranya ada yang berniat masuk PTN.


Pasar Tumpah hingga Tol Menjadi Perhatian saat Arus Mudik

Pasar Tumpah hingga Tol Menjadi Perhatian saat Arus Mudik

Tol hingga pasar tumpah menjadi pembicaraan yang serius dalam rapat persiapan penyelenggaraan angkutan lebaran.


Hari Ini Presiden Resmikan Tol Ngawi-Wilangan

Hari Ini Presiden Resmikan Tol Ngawi-Wilangan

Presiden Joko Widodo akan meresmikan tol Ngawi-Wilangan siang ini. Tol sepanjang 51,95 km tersebut merupakan bagian dari ruas tol Ngawi-Kertosono.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!