Nasional
Share this on:

Setiap 10 Km Tol Pejagan-Gringsing Ada Rest Area Darurat

  • Setiap 10 Km Tol Pejagan-Gringsing Ada Rest Area Darurat
  • Setiap 10 Km Tol Pejagan-Gringsing Ada Rest Area Darurat

JAKARTA - PT Jasa Marga juga mengebut persiapan beroperasinya jalan tol lintas jawa. Antisipasi utama adalah bagaimana insiden Brexit tidak terulang kembali.

Jasa Marga memperkirakan akan ada sekitar 1,5 juta kendaraan yang keluar dari Jakarta pada puncak arus mudik yakni pada H-4 hingga H-2 lebaran. "Paling padat ke arah timur (Jateng dan Jatim, Red.), sekitar 160 ribu kendaraan per hari," kata Subekti Sukur, Direktur Operasional Jasa Marga di Jakarta, kemarin.

Subekti mengatakan sejak jauh-jauh hari pihaknya sudah membicarakan langkah antisipasi agar Exit Tol Brebes tidak lagi menelan korban seperti tahun lalu. Untuk itu, deteksi dini tentang potensi kemacetan sangatlah penting bahkan sejak kendaraan meninggalkan jakarta.

Andalan utama Jasa Marga dalam hal ini adalah sensor kendaraan bernama Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS) yang dipasang di beberapa gerbang tol utama. Kinerjanya adalah untuk memetakan kecepatan rata-rata, serta jumlah kendaraan terhadap rasio Volume to Capacity (VC).

Subekti menyebut saat ini kapasitas maksimal setiap jalan tol adalah 23.000 kendaraan per jam. Idelanya, VC harus berada di angka 0,8. Namun dalam arus mudik kali ini, Jasa Marga menetapkan rasio VC 1 sebagai batas toleransi.

"Di angka segitu laju kendaraan biasanya sudah mulai stak (terhambat), Red)," katanya.

Jika VC sudah terdeteksi mendekati angka 1 di gerbang-gerbang tol, maka dipastikan jalan menuju exit sudah mulai macet. Disinilah petugas Jasa Marga akan meneruskan informasi pada Kakorlantas agar petugas di lapangan mulai melakukan pengalihan arus.

"Ada beberapa jalan nasional dan daerah yang sudah disiapkan. Pokoknya beban jalan harus dibagi rata," katanya.

Per tahun 2017, Jasa Marga punya 5 RTMS. dipasang di beberapa gerbang tol yakni Cikunir km 9, Cibitung km 28, Cikarang Timur km 31, Dawuan km 66, serta Purbaleunyi Km 72.

Langkah antisipasi lainnya adalah berupa penambahan lajur, penambahan gardu operasi di masing-masing gerbang tol, penempatan petugas gabungan di titik simpul kemacetan, serta penambahan kapasitas jalan.

Resta area darurat ditempatkan setiap 10 km di jalan-jalan tol fungsional. Serta beberapa titik parking bay, atau tempat pemberhentian sementara yang bukan rest area.

Pada kondisi darurat, sudah dipersiapkan beberapa exit yang akan tersambung pada jalan-jalan desa. "Nanti petugas yang akan mengarahkan," katanya.

Jasa Marga juga mempersiapakan penggunaan jalur fungsional. Vice President Maintenance Jasa Marga Reza Febriano menyatakan bahwa Jasa Marga menjamin bahwa jalur-jalur fungsional punya standar yang sama dengan jalan tol pada umumnya. "Mau yang dibangun cepat atau tidak kami wajibkan kontraktor membangun sesuai spesifikasi," katanya.

Meski demikian, Reza menyebut pasti ada beberapa ruas yang level jalannya belum pas. Jalur fungsional akan segera dikeraskan dengan perkerasan setebal 10 sentimeter.

Untuk faktor keamanan, jalan tol fungsionalnantinya juga akan dilengkapi dengan Guide Post/Reflector, lampu penanda (spotlight) dan Concrete Barrier di tengah. "Tujuannya agar pengendara tidak keluar jalur," katanya.

Demi alasan keamanan, hsnya tol fungsional Grinsing-Batang yang akan dibuka penuh selama 24 jam. Ruas-ruas lain hanya dibuka mulai pukul 05.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

Khusus daerah-daerah berbahaya, Reza mengatakan akan dipasang penerangan standar jalan tol. Petugas juga akan berjaa di titik-titik tersebut. "Paling penting, jangan sungkan menghubungi nomor-nomor darurat jika terjadi masalah," pungkas Reza. (tau/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

#OTTRecehan Sindir KPK
#OTTRecehan Sindir KPK

Berita Sejenis

Pentolan ISIS asal Indonesia, Ingin Pulang tapi Paspor Tak Ada

Pentolan ISIS asal Indonesia, Ingin Pulang tapi Paspor Tak Ada

Keruntuhan ISIS di Suriah dan Basis ISIS Asia Tenggara Kelompok Maute di Filipina berdampak besar.


8 Desember, Tarif Sembilan Tol Naik Lagi

8 Desember, Tarif Sembilan Tol Naik Lagi

Per 8 Desember mendatang, sembilan ruas tol akan berlakukan tarif baru.


Depresi, Dioperasi Ada 7 Kilogram Uang Koin di Perutnya

Depresi, Dioperasi Ada 7 Kilogram Uang Koin di Perutnya

Kita memang bekerja mencari uang untuk (salah satunya) makan.


BPJS Kesehatan Defisit, Jangan Hanya Lihat dari Peserta yang Nunggak

BPJS Kesehatan Defisit, Jangan Hanya Lihat dari Peserta yang Nunggak

Pada laporan semester pertama, BPJS Kesehatan mencatat ada defisit Rp5,8 triliun.


Tiga Ruas Tol Siap Dioperasionalisasikan

Tiga Ruas Tol Siap Dioperasionalisasikan

Ruas terakhir dari tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) akan diresmikan dalam waktu dekat.


Selain Meme, Ada Juga Lagu RIP Tiang Listrik

Selain Meme, Ada Juga Lagu RIP Tiang Listrik

Kecelakaan mobil Setnov yang menabrak tiang listrik Kamis malam lalu (16/11) memunculkan karya-karya kreatif.


Setnov Mangkir Lagi, KPK Pikirkan Langkah Lanjutan

Setnov Mangkir Lagi, KPK Pikirkan Langkah Lanjutan

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KOK) Agus Rahardjo menjelaskan, bila Setnov tidak hadir pemeriksaan, maka akan ada evaluasi yang harus ditempuh.


Jokowi: Tol Non Tunai Masih Transisi

Jokowi: Tol Non Tunai Masih Transisi

Sejumlah problem di gate tol tidak menyurutkan optimisme pemerintah dalam penerapan pembayaran non tunai.


Ada Unsur Kecerobohan, Waskita Bisa Kena Skorsing

Ada Unsur Kecerobohan, Waskita Bisa Kena Skorsing

Kementerian PUPR menemukan ada faktor kecerobohan pada kecelakaan yang terjadi di proyek konstruksi flyover tol Pasuruan-Probolinggo akhir pekan lalu.


Aksi di Bima Diinstruksikan Kelompok Santoso

Aksi di Bima Diinstruksikan Kelompok Santoso

Setelah dua terduga teroris tewas tertembak di Bima, masih ada dua orang lain yang dikejar.



Kolom

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!