Otomotif
Share this on:

Carsentro Ramaikan Pasar Mobil Bekas

  • Carsentro Ramaikan Pasar Mobil Bekas
  • Carsentro Ramaikan Pasar Mobil Bekas

SERPONG - Tak hanya mobil baru yang menjadi incaran para pembeli, pasaran mobil bekas juga terus bergairah di Indonesia. Melihat hal itu, situs jual-beli mobil Carmudi.co.id bekerja sama dengan Sinar Mas Land membuka pusat jual-beli mobil bekas BSD Junction, kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan dengan nama Carsentro.

CEO Carmudi Indonesia Subir Lohani menjelaskan, pusat penjualan mobil bekas ini merupakan kiat Carmudi Indonesia untuk memadukan strategi penjualan kendaraan roda empat bekas secara online dan offline, sekaligus menggeliatkan penjualan mobil bekas di Tangerang Raya.

''Area pusat penjualan mobil bekas menempati area parkir P1 dan P2 BSD Junction dan menampung puluhan dealer mobil bekas. Setiap level parkir mampu menampung hinga 250 mobil bekas, di mana setiap dealer menampilkan sekitar enam unit mobil bekas berbagai tipe dan tahun pembuatan,'' ujar Subir di Serpong, kemarin.

BSD Junction dipilih karena permintaan mobil bekas di kawasan Tangerang cukup tinggi. Selain itu, kawasan ini juga berada di lokasi strategis dikelilingi oleh banyak kawasan hunian dan bisa diakses dari titik mana saja, baik konsumen dari Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, bahkan dari Jakarta.

''Saat membeli mobil melalui layanan di situs online kita, konsumen biasanya merasa perlu melihat dari dekat mobil yang mereka ingini. Kami ingin menjembataninya dengan menghadirkan pusat penjualan mobil bekas Carsentro di BSD Junction ini, sekaligus memberi kesempatan kepada dealer untuk memamerkan mobil bekas yang mereka pasarkan,'' tandasnya.

Dia menambahkan, dengan mengumpulkan para pedagang mobil bekas di satu tempat, konsumen menjadi jauh lebih mudah dalam membeli mobil yang mereka cari. Begitu juga bagi para pedagang mobil bekas.

Untuk membantu konsumen mendapatkan mobil yang mereka cari, tetapi memiliki dana terbatas, Carsentro menggandeng BCA Finance untuk membantu pembiayaan lewat skema cicilan. ''Kami berharap Carsentro BSD Junction menjadi bursa mobil bekas terbesar dan terlengkap dari bursa mobil bekas yang sudah ada saat ini,'' kata Regional Manager BCA Finance Ridwan Saleh.

Subir mengungkapkan, di 2017 ini, pasar mobil bekas yang akan lebih banyak diburu adalah kelas LCGC atau mobil murah ramah lingkungan. Keberhasilannya merebut pasar otomotif di tanah air akan menyusul pendahulunya di kelas kendaraan serbaguna atau MPV.

''Suksesnya kendaraan LCGC dipasaran tidak terlepas dari mudahnya perawatan, suku cadang, hemat bahan bakar dan nilai jual kembali yang masih bertahan,'' tandasnya.

Kendaraan ini, lanjutnya, banyak diminati mereka yang baru memiliki kendaraan untuk pertama kali setelah sebelumnya hanya memiliki sepeda motor. Lain halnya dengan kendaraan jenis MPV yang pemiliknya sebelumnya sudah memiliki kendaraan lain di rumahnya.

''Pasar ini cukup merata hampir di semua wilayah, tapi di Balikpapan MPV masih besar,'' imbuhnya.

Subir juga menambahkan kendaraan bekas yang terjual umumnya berada di kisaran antara Rp100 hingga 150 juta. Selain pasar LCGC dan MPV, kendaraan jenis lain seperti sedan dan Sport utility vehicle (SUV) juga memiliki pasar tersendiri meski jumlahnya tidaklah terlalu besar.

Sepanjang tahun ini diperkirakan pasar mobil bekas akan tumbuh mengikuti laju pertumbuhan ekonomi. Subir memperkirakan penjualan akan mencapai 2,5 hingga 3,5 juta kendaraan bekas untuk tahun ini. (dew/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Begini Strategi Daihatsu Bertahan di Pasar Low MPV

Begini Strategi Daihatsu Bertahan di Pasar Low MPV

Persaingan di segmen low MPV (multi purpose vehicle) semakin ketat dengan hadirnya produk dari Mitsubishi dan Wuling.


Baby Pajero Perkuat Pasar Kalimantan dan Sumatera

Baby Pajero Perkuat Pasar Kalimantan dan Sumatera

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berambisi memperkuat cengkeraman bisnisnya di Indonesia.


Bidik Pelanggan VIP, BMW Keluarkan Mobil Anti Senjata

Bidik Pelanggan VIP, BMW Keluarkan Mobil Anti Senjata

BMW Group Indonesia berusaha memanjakan konsumen VIP dari kalangan pejabat diplomatik lewat program BMW Diplomatic Service.


Jatim Pasar Potensial Kendaraan Niaga

Jatim Pasar Potensial Kendaraan Niaga

Berkembangnya industri di Indonesia memberikan dampak yang sangat positif bagi agen pemegang merek (APM) kendaraan niaga.


Penjualan Daihatsu Merangkak Naik

Penjualan Daihatsu Merangkak Naik

Di tengah pasar otomotif yang cenderung stagnan, Daihatsu mencatatkan kenaikan penjualan selama Januari hingga Agustus tahun ini.


Chevy Fokus Pasar SUV

Chevy Fokus Pasar SUV

Peluncuran empat varian baru berhasil mengerek penjualan Chevrolet di Indonesia.


Regulasi Mobil Listrik Segera Rampung

Regulasi Mobil Listrik Segera Rampung

Pemerintah terus mematangkan aturan teknis tentang pengembangan mobil listrik. Regulasi itu akan berbentuk peraturan presiden.


50 Konglomerat Langsung Kepincut Beli Seri LS

50 Konglomerat Langsung Kepincut Beli Seri LS

Meski tergolong mobil mewah, rupanya Lexus tetap menjadi incaran para konglomerat Indonesia.


Mobil MPV Masih Paling Diminati

Mobil MPV Masih Paling Diminati

Selama sembilan hari pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, lebih dari 17 ribu unit kendaraan terjual.


Wuling Jadikan Indonesia Basis ASEAN

Wuling Jadikan Indonesia Basis ASEAN

Pasar otomotif bakal diramaikan pendatang baru, pabrikan asal Tiongkok, Wuling Motors.



Kolom

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!