Otomotif
Share this on:

Otomotif Kerek Industri Jasa Keuangan

  • Otomotif Kerek Industri Jasa Keuangan
  • Otomotif Kerek Industri Jasa Keuangan

JAKARTA - Industri keuangan berharap sektor otomotif menjadi salah satu pendongkrak kinerja pada tahun ini. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) optimistis membidik pertumbuhan penjualan mobil 4,7 persen menjadi 1,1 juta unit.

Tahun lalu penjualan mobil nasional tercatat 1,05 juta unit. Pada periode Januari hingga November 2016, penjualan motor mencapai 5.493.521 unit. Keyakinan Gaikindo berdasar proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diperkirakan mencapai 5,1?5,2 persen.

Underwriting Motor Vehicle Department Head Asuransi Adira Dinamika Rian Ardianto menyatakan, pertumbuhan bisnis asuransi kendaraan bermotor bakal ditopang kendaraan roda empat. Kami optimistis bisnis asuransi kendaraan bermotor akan terus tumbuh. Kami lihat penjualan kendaraan low cost green car (LCGC) juga cukup menggembirakan, terangnya, kemarin.

Ekspektasi yang tinggi dari pelaku industri asuransi juga terkait dengan rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan penyesuaian tarif premi asuransi kendaraan bermotor tahun ini. Kebijakan itu dipercaya berdampak positif bagi pertumbuhan asuransi.

Memanfaatkan peluang tersebut, tutur Rian, Adira bakal memberikan kemudahan dalam proses akuisisi dan klaim. Adira juga memaksimalkan jalur digital untuk mempercepat dan menyederhanakan penanganan akuisisi dan klaim.

Perbankan pun berharap kinerja sektor otomotif membaik pada tahun ini. Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Sis Apik Wijayanto menilai kredit kendaraan bermotor (KKB) mampu tumbuh hingga 16 persen tahun ini.

BRI tetap menjalin komunikasi dengan diler, kemudian promosi dengan program spesial, komunikasi above the line (ATL) maupun below the line (BTL), jelas Sis.

Untuk mempercepat penyaluran kredit, BRI tidak akan melepaskan pasar korporasi yang memudahkan kepemilikan kendaraan bagi karyawan maupun perusahaan. Per kuartal III tahun lalu, outstanding KKB BRI cukup tangguh dengan pertumbuhan 36 persen secara year-on-year (yoy).

Secara industri, pada Oktober 2016 pembiayaan kendaraan bermotor dari perbankan justru turun tipis 1,3 persen. Berdasar data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), saat itu pembiayaan otomotif dari bank mencapai Rp 118,982 triliun.

Sis menuturkan, pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bakal mendorong serapan lebih banyak tenaga kerja. Daya beli masyarakat juga akan terkerek sehingga KKB diyakini lebih baik.

Tahun lalu Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan kredit paling tinggi hanya mampu menyentuh angka 9 persen dan paling rendah 7 persen. Target itu sudah meleset dari proyeksi pada awal 2016 yang mencapai 11?14 persen. Tahun ini proyeksi pertumbuhan kredit lebih realistis, yakni 10?12 persen. (rin/c14/noe/jpg)


Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Toyota Masih Kukuh Pimpin Penjualan Roda Empat

Toyota Masih Kukuh Pimpin Penjualan Roda Empat

Gaikindo mencatat penjualan otomotif dari pabrik ke dealer (wholesales) kendaraan roda empat pada September 2017 turun 9,9 persen dari bulan sebelumnya,


Kinerja Otomotif Diprediksi Membaik

Kinerja Otomotif Diprediksi Membaik

Sebelum mengakhiri kuartal ketiga 2017, sejumlah sentimen positif mulai mampir ke perekonomian tanah air.


Jatim Pasar Potensial Kendaraan Niaga

Jatim Pasar Potensial Kendaraan Niaga

Berkembangnya industri di Indonesia memberikan dampak yang sangat positif bagi agen pemegang merek (APM) kendaraan niaga.


Penjualan Daihatsu Merangkak Naik

Penjualan Daihatsu Merangkak Naik

Di tengah pasar otomotif yang cenderung stagnan, Daihatsu mencatatkan kenaikan penjualan selama Januari hingga Agustus tahun ini.


Toyota Ekspansi ke Jasa Layanan

Toyota Ekspansi ke Jasa Layanan

Toyota terus memperkuat pasarnya di setiap lini. Toyota ekspansi ke jasa ritel dengan menggandeng Grab Inc (Grab).


Pembiayaan Otomotif Tumbuh Signifikan

Pembiayaan Otomotif Tumbuh Signifikan

Pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua pada semester pertama tahun ini masih tinggi.


Wuling Jadikan Indonesia Basis ASEAN

Wuling Jadikan Indonesia Basis ASEAN

Pasar otomotif bakal diramaikan pendatang baru, pabrikan asal Tiongkok, Wuling Motors.


Mobil Pedesaan Resmi Dilaunching, Per Unit Rp60-80 Jutaan

Mobil Pedesaan Resmi Dilaunching, Per Unit Rp60-80 Jutaan

IndistriI otomotif nasional tidak bisa mengelak dari terpaan krisis global.


40 Kendaraan Baru Siap Meluncur di GIIAS

40 Kendaraan Baru Siap Meluncur di GIIAS

Agustus 2017 mendatang, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan kembali menggelar pameran GIIAS.


Soal Mobil Listrik, Pemerintah Tunggu Evaluasi BPPT

Soal Mobil Listrik, Pemerintah Tunggu Evaluasi BPPT

Kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik semakin menjadi tren di pasar otomotif global.



Kolom

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!