Otomotif
Share this on:

Pasar LCGC Kian Signifikan, MPV Masih Dominan

  • Pasar LCGC Kian Signifikan, MPV Masih Dominan
  • Pasar LCGC Kian Signifikan, MPV Masih Dominan

Pengaruh mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) kian signifikan di industri otomotif nasional.

JAKARTA - Pengaruh mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) kian signifikan di industri otomotif nasional. Segmen mobil paling bungsu itu sudah berkontribusi sekitar 22 persen.

Sejak Januari sampai November 2016, pangsa pasar LCGC mencapai 22 persen atau jauh meningkat jika dibandingkan dengan 16 persen sepanjang 2015. Pada November lalu, total penjualan LCGC sebanyak 27.559 unit atau naik 56,3 persen kalau dibandingkan dengan 17.625 unit pada November 2015.

Sepanjang Januari–November 2016, penjualan LCGC secara nasional telah mencapai 212.326 unit. Angka itu bahkan melampaui penjualan LCGC sepanjang 2015, yakni 165.434 unit.

Duet Toyota-Daihatsu merajai di segmen tersebut melalui empat produk unggulan: Toyota Calya dan Agya serta Daihatsu Sigra dan Ayla. Pangsa pasar keempatnya mencapai 68 persen di market LCGC nasional pada periode tersebut.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menyatakan, meski baru diluncurkan menjelang akhir tahun ini, Toyota Calya sudah memperlihatkan serapan pasar cukup positif. ’’Tahun depan kontribusinya terlihat penuh secara setahun,’’ katanya.

Terlebih, Calya adalah kendaraan 7 penumpang alias multi-purpose vehicle (MPV) yang sekaligus jenis kendaraan paling laris di Indonesia. ’’Menurut saya, MPV tetap paling sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dari sisi ground clearance, fungsi, 7 seater. Di kita (Toyota, Red), 60-an persen masih disumbang dari MPV. Market juga naik dari 36 sekian persen menjadi 42 persen tahun ini,’’ jelasnya.

Dia memperkirakan MPV masih menjadi primadona pada 2017. Kemudian, diikuti hatchback dan sport utility vehicle (SUV). ’’Untuk SUV, memang terjadi peningkatan yang cukup signifikan tahun ini,’’ ungkap Henry.

Regional Manager Jawa Timur Astra PT Astra International-Daihatsu Budhy Lau memprediksi tahun depan MPV dan LCGC mendominasi. ’’Sebab, customer saat ini lebih mengutamakan efisiensi dan fungsi. Mereka mencari mobil irit bahan bakar dan biaya aftersales-nya juga murah,’’ ujarnya.

MPV andalan Daihatsu, yaitu Xenia, menjadi salah satu kontributor penting pada penjualan tahun ini. Bahkan, penjualan Daihatsu Xenia tercatat naik 43 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia Hana Maharani juga meyakini MPV masih memegang pasar tertinggi pada tahun depan. ’’Grand Livina menjadi model paling dicari dan meraih angka penjualan tertinggi pada 2016. Total penjualan mencapai 3,597 unit dengan market share sebesar 8,2 persen,’’ terang Hana.

Honda juga menjadi salah satu brand yang mendulang sukses dari larisnya penjualan LCGC. Honda Surabaya Center sebagai main dealer Honda untuk wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara mencatatkan penjualan 6.429 unit Brio sepanjang Januari–November 2016.

Marketing and Aftersales Service Director Honda Surabaya Center Wendy Miharja optimistis LCGC masih menjadi andalan untuk tahun depan. ’’Melihat dari tren pasar, LCGC akan memberikan peran besar. Lalu, yang juga bakal menjadi favorit adalah kendaraan model 7 penumpang,’’ tutur Wendy.

Dari segmen MPV 7 penumpang, Mobilio memberikan kontribusi besar dengan penjualan 5.656 unit sejak Januari sampai November 2016. (agf/gen/c14/sof/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Honda Lengkapi Lini Adventure

Honda Lengkapi Lini Adventure

PT Mitra Pinasthika Mulia kemarin resmi merilis Honda CRF250 Rally untuk pasar Jawa Timur.


Tampilan Odyssey Mulai Tantang Alphard-Elgrand

Tampilan Odyssey Mulai Tantang Alphard-Elgrand

Honda telah menyegarkan penampilan New Honda Mobilio di kelas mobil penumpang (multipurpose vehicle/MPV) medium pada awal tahun ini.


Wow... Inden Mobil Premium Mengular

Wow... Inden Mobil Premium Mengular

Gairah pasar otomotif pada tahun ini dirasakan segmen premium.


Catat Pertumbuhan Pendapatan 12,01 Persen

Catat Pertumbuhan Pendapatan 12,01 Persen

Di tengah situasi ekonomi yang masih sulit, FIFGROUP masih mampu menorehkan kinerja positif.


Carsentro Ramaikan Pasar Mobil Bekas

Carsentro Ramaikan Pasar Mobil Bekas

Tak hanya mobil baru yang menjadi incaran para pembeli, pasaran mobil bekas juga terus bergairah di Indonesia.


Segmen Komersial Masih Lambat

Segmen Komersial Masih Lambat

Gaikindo) mengumumkan bahwa wholesale (dari pabrik ke diler) mencapai 974.972 unit per November 2016.


CBR 250RR Lanjutkan Dominasi di Kelas Sport

CBR 250RR Lanjutkan Dominasi di Kelas Sport

Sukses memuncaki pangsa pasar di kelas sport dengan angka 55,7 persen tak membuat Honda berpuas diri.


Beli Rp200 Juta, Modifikasi Rp600 Juta

Beli Rp200 Juta, Modifikasi Rp600 Juta

PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) optimistis mampu merealisasi target pangsa pasar 16 persen.


BeAT Street eSP Bidik Anak Muda Enerjik

BeAT Street eSP Bidik Anak Muda Enerjik

Mitra Pinasthika Mulia (MPM) mendobrak kelesuan pasar sepeda motor di Jatim dengan meluncurkan Honda All New BeAT Street eSP.


Tata Motors Mulai Incar Pasar Truk

Tata Motors Mulai Incar Pasar Truk

Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) melirik pasar heavy duty truck di Jawa Timur.



Kolom

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!