Otomotif
Share this on:

Pasar LCGC Kian Signifikan, MPV Masih Dominan

  • Pasar LCGC Kian Signifikan, MPV Masih Dominan
  • Pasar LCGC Kian Signifikan, MPV Masih Dominan

JAKARTA - Pengaruh mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) kian signifikan di industri otomotif nasional. Segmen mobil paling bungsu itu sudah berkontribusi sekitar 22 persen.

Sejak Januari sampai November 2016, pangsa pasar LCGC mencapai 22 persen atau jauh meningkat jika dibandingkan dengan 16 persen sepanjang 2015. Pada November lalu, total penjualan LCGC sebanyak 27.559 unit atau naik 56,3 persen kalau dibandingkan dengan 17.625 unit pada November 2015.

Sepanjang Januari?November 2016, penjualan LCGC secara nasional telah mencapai 212.326 unit. Angka itu bahkan melampaui penjualan LCGC sepanjang 2015, yakni 165.434 unit.

Duet Toyota-Daihatsu merajai di segmen tersebut melalui empat produk unggulan: Toyota Calya dan Agya serta Daihatsu Sigra dan Ayla. Pangsa pasar keempatnya mencapai 68 persen di market LCGC nasional pada periode tersebut.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menyatakan, meski baru diluncurkan menjelang akhir tahun ini, Toyota Calya sudah memperlihatkan serapan pasar cukup positif. Tahun depan kontribusinya terlihat penuh secara setahun, katanya.

Terlebih, Calya adalah kendaraan 7 penumpang alias multi-purpose vehicle (MPV) yang sekaligus jenis kendaraan paling laris di Indonesia. Menurut saya, MPV tetap paling sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dari sisi ground clearance, fungsi, 7 seater. Di kita (Toyota, Red), 60-an persen masih disumbang dari MPV. Market juga naik dari 36 sekian persen menjadi 42 persen tahun ini, jelasnya.

Dia memperkirakan MPV masih menjadi primadona pada 2017. Kemudian, diikuti hatchback dan sport utility vehicle (SUV). Untuk SUV, memang terjadi peningkatan yang cukup signifikan tahun ini, ungkap Henry.

Regional Manager Jawa Timur Astra PT Astra International-Daihatsu Budhy Lau memprediksi tahun depan MPV dan LCGC mendominasi. Sebab, customer saat ini lebih mengutamakan efisiensi dan fungsi. Mereka mencari mobil irit bahan bakar dan biaya aftersales-nya juga murah, ujarnya.

MPV andalan Daihatsu, yaitu Xenia, menjadi salah satu kontributor penting pada penjualan tahun ini. Bahkan, penjualan Daihatsu Xenia tercatat naik 43 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia Hana Maharani juga meyakini MPV masih memegang pasar tertinggi pada tahun depan. Grand Livina menjadi model paling dicari dan meraih angka penjualan tertinggi pada 2016. Total penjualan mencapai 3,597 unit dengan market share sebesar 8,2 persen, terang Hana.

Honda juga menjadi salah satu brand yang mendulang sukses dari larisnya penjualan LCGC. Honda Surabaya Center sebagai main dealer Honda untuk wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara mencatatkan penjualan 6.429 unit Brio sepanjang Januari?November 2016.

Marketing and Aftersales Service Director Honda Surabaya Center Wendy Miharja optimistis LCGC masih menjadi andalan untuk tahun depan. Melihat dari tren pasar, LCGC akan memberikan peran besar. Lalu, yang juga bakal menjadi favorit adalah kendaraan model 7 penumpang, tutur Wendy.

Dari segmen MPV 7 penumpang, Mobilio memberikan kontribusi besar dengan penjualan 5.656 unit sejak Januari sampai November 2016. (agf/gen/c14/sof/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Penjualan Xpander Terus Digenjot

Penjualan Xpander Terus Digenjot

Memperluas pasar Mitsubushi Xpander, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia terus mengembangkan jaringan termasuk Palangkaraya, Kalimantan Tengah.


Mercedes-Benz S 450 L Dibanderol Rp2,3 Miliar

Mercedes-Benz S 450 L Dibanderol Rp2,3 Miliar

PT Kedaung Satrya Motor (KSM) selaku authorized dealer Mercedes-Benz menyebutkan, potensi mobil premium di wilayah Jatim masih terjaga.


Wuling Sediakan Suku Cadang Resmi

Wuling Sediakan Suku Cadang Resmi

Sebagian konsumen mungkin masih ragu untuk membeli otomotif besutan Tiongkok.


Mitsubishi Percepat Produksi Xpander

Mitsubishi Percepat Produksi Xpander

Animo konsumen terhadap Mitsubishi Xpander masih cukup tinggi sejak mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang itu diluncurkan pada Agustus lalu.


Segmen LCGC Gairahkan Pasar

Segmen LCGC Gairahkan Pasar

Industri otomitif tengah mengalami kelesuan. Namun, adanya segmen low cost and green car (LCGC) dapat menjadi penopang untuk mendongkrak penjualan.


Begini Strategi Daihatsu Bertahan di Pasar Low MPV

Begini Strategi Daihatsu Bertahan di Pasar Low MPV

Persaingan di segmen low MPV (multi purpose vehicle) semakin ketat dengan hadirnya produk dari Mitsubishi dan Wuling.


Banyak Pilihan, Motor Sport Banyak Diburu

Banyak Pilihan, Motor Sport Banyak Diburu

Segmen motor sport di tanah air terus tumbuh. Masyarakat kian mendapatkan banyak pilihan untuk memboyong produk baru dengan berbagai keunggulan.


Toyota Masih Kukuh Pimpin Penjualan Roda Empat

Toyota Masih Kukuh Pimpin Penjualan Roda Empat

Gaikindo mencatat penjualan otomotif dari pabrik ke dealer (wholesales) kendaraan roda empat pada September 2017 turun 9,9 persen dari bulan sebelumnya,


Baby Pajero Perkuat Pasar Kalimantan dan Sumatera

Baby Pajero Perkuat Pasar Kalimantan dan Sumatera

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berambisi memperkuat cengkeraman bisnisnya di Indonesia.


Jatim Pasar Potensial Kendaraan Niaga

Jatim Pasar Potensial Kendaraan Niaga

Berkembangnya industri di Indonesia memberikan dampak yang sangat positif bagi agen pemegang merek (APM) kendaraan niaga.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!