Otomotif
Share this on:

Permintaan Kendaraan Niaga Naik

  • Permintaan Kendaraan Niaga Naik
  • Permintaan Kendaraan Niaga Naik

FUSO - Total penjualan Mitsubishi Fuso antara Januari-Mei 2017 yakni 16.120 unit. (dewi maryani/jpg)

JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), menyampaikan optimismenya di tahun 2017 dengan memaparkan sejumlah data peningkatan pada permintaan kendaraan niaga.

Presiden Direktur KTB Atsushi Kurita mengungkapkan, perbaikan ekonomi dan infrastruktur di Indonesia mengindikasikan berjalan dengan baik.

Selama tahun 2017 berjalan, KTB telah meraih beberapa pencapaian yang dimulai dari rekor penjualan Satu Juta Unit Colt Diesel yang dinobatkan oleh MURI sebagai “Penjualan Truk Terbanyak” di Indonesia. Kemudian KTB juga berhasil merombak struktur bisnisnya, dimana saat ini KTB hanya fokus memasarkan produk kendaraan niaga Mitsubishi Fuso.

Berita baik lainnya ialah peningkatan permintaan kendaraan niaga yang mulai terlihat di semester I tahun 2017. Kurita menyebutkan, permintaan Mitsubishi Fuso selama bulan Januari-Mei 2017 meningkat 24 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

''Total permintaan kendaraan niaga meningkat 25,6 persen, di mana Mitsubishi Fuso juga mengalami peningkatan penjualan sebesar 24 persen selama periode Januari-Mei 2017. Hal ini menjadi pertanda positif bahwa pasar kendaraan niaga akan membaik kedepannya. Khusus untuk segmen light duty truck, penjualan porduk Colt Diesel meningkat 22,7 persen dengan dominasi pangsa pasar sebesar 58,7 persen, '' tukasnya.

Secara lebih rinci, total penjualan Mitsubishi Fuso di bulan Januari-Mei 2017 berhasil mencetak angka sebesar 16.120 unit dengan dominasi pangsa pasar 45,3 persen. Kontribusi penjualan terbesar berasal dari segmen light duty truck sebesar 14.696 unit dengan dominasi pangsa pasar 58,7 persen.

Sementara itu di kelas medium duty truck, penjualan yang berhasil diperoleh sebanyak 1.359 unit. Sedangkan di segmen heavy duty truck, KTB berhasil menjual sebanyak 65 unit.

Peningkatan pasar kendaraan niaga disebabkan oleh beberapa faktor, terutama dari sektor perkebunan yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Selain itu proyek infrastruktur pemerintah di hampir seluruh wilayah Indonesia juga berkontribusi dalam mendongkrak permintaan pasar.

Begitu kedua sektor ini meningkat, otomatis akan berimbas kepada sektor-sektor pendukungnya sehingga permintaan pasar akan kendaraan niaga meningkat cukup signifikan. Sektor logistik dan customer good tetap menjadi sektor terbesar penyumbang penjualan Mitsubishi Fuso, dan peningkatannya stabil dari tahun lalu.

Untuk merespon kondisi pasar yang tumbuh, lanjutnya, pihaknya tentu telah mempersiapkan berbagai strategi agar dapat lebih memperluas lagi angka penjualan Mitsubishi Fuso. Salah satunya melalui re-energizing after sales service, dimana KTB memaksmalkan jaringan layanan purna jualnya agar tersedia dimanapun dan kapanpun yang siap melayani kebutuhan konsumen.

Di momen Lebaran ini, menjadi momen yang tepat untuk melakukan perawatan dan perbaikan truk. Menjawab kebutuhan tersebut, KTB menggelar promo khusus bertajuk ‘Lebaran Service Campaign’ yang dilaksanakan mulai 24 Mei-31 Juli 2017.

Program service ini memberikan paket servis spesial dengan discount hingga 25 persen untuk penggantian oli MFGO dan penggantian clutch, serta free check 15 item sebagai bonusnya. Konsumen juga bisa memanfaatkan bengkel berjalan Mitsubishi Fuso Mobile Workshop 24 jam, yang akan mendatangi lokasi konsumen dengan minimal 3 unit kendaraan yang akan diservis.

Penawaran lainnya, jika konsumen melakukan servis di gerai Truk Center Mitsubishi Fuso, konsumen bisa menikmati layanan driver pick up service serta gratis ongkos pengerjaan ganti oli. KTB juga terus berupaya melengkapi varian Mitsubishi Fuso yang menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis konsumen. KTB tengah mempersiapkan varian baru yang siap diluncurkan pada GIIAS 2017 mendatang.

Baru-baru ini mereka juga meresmikan relokasi dealer PT Batavia Bintang Berlian Parung. Direktur Penjualan PT KTB Duljatmono mengatakan, relokasi delaer Mitsubishi Fuso Parung sebagai upaya KTB untuk membidik potensi pasar di daerah.

''Ini sekaligus komitmen kami bahwa penyebaran jaringan (dealer) tidak hanya dilakukan di kota besar, tapi juga hingga tingkat kabupaten,'' tandasnya.

Kabupaten Bogor, lanjut Duljatmono, merupakan program pengembangan jaringan yang bertujuan untuk semakin mendekatkan lokasi dealer dengan konsumen sehingga mempermudah konsumen dalam mendapatkan produk dan layanan Mitsubishi Fuso. Dengan penambahan dealer baru ini, maka Mitsubishi Fuso telah memiliki 27 dealer di wilayah Jabodetabek. (dew/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Penjualan Daihatsu Merangkak Naik

Penjualan Daihatsu Merangkak Naik

Di tengah pasar otomotif yang cenderung stagnan, Daihatsu mencatatkan kenaikan penjualan selama Januari hingga Agustus tahun ini.


Xpander Tipe Tertinggi Paling Diminati

Xpander Tipe Tertinggi Paling Diminati

Penjualan kendaraan teranyar Mitsubishi Xpander terus melaju kencang.


Mobil MPV Masih Paling Diminati

Mobil MPV Masih Paling Diminati

Selama sembilan hari pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, lebih dari 17 ribu unit kendaraan terjual.


Penjualan Avanza Naik 30 Persen

Penjualan Avanza Naik 30 Persen

Disaat daya beli menurun, PT Krida Dinamik Autonusa sebagai main dealer Toyota di NTB mencatatkan penjualan cukup bagus untuk type Avanza.


Pembiayaan Otomotif Tumbuh Signifikan

Pembiayaan Otomotif Tumbuh Signifikan

Pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua pada semester pertama tahun ini masih tinggi.


40 Kendaraan Baru Siap Meluncur di GIIAS

40 Kendaraan Baru Siap Meluncur di GIIAS

Agustus 2017 mendatang, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan kembali menggelar pameran GIIAS.


Cat Motor Aftermarket Melaju Kencang

Cat Motor Aftermarket Melaju Kencang

Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor membawa implikasi positif bagi bisnis turunannya. Termasuk bisnis cat kendaraan bermotor.


Soal Mobil Listrik, Pemerintah Tunggu Evaluasi BPPT

Soal Mobil Listrik, Pemerintah Tunggu Evaluasi BPPT

Kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik semakin menjadi tren di pasar otomotif global.


Volume Servis Mobil Premium Meningkat

Volume Servis Mobil Premium Meningkat

Permintaan servis BMW di Jatim pada enam bulan pertama tahun ini meningkat 15 persen jika dibandingkan dengan semester pertama 2016.


Demam LCGC, Segmen Sedan Sepi Peminat

Demam LCGC, Segmen Sedan Sepi Peminat

Penjualan kendaraan jenis sedan di tanah air terus mengalami penurunan.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!