Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Di Kota Tegal, 321 Warganya Derita TBC

  • Di Kota Tegal, 321 Warganya Derita TBC
  • Di Kota Tegal, 321 Warganya Derita TBC

TEGAL - Antara sampai Maret 2017, jumlah warga Kota Tegal yang menderita tuberkulosis (TNC) mencapai 321 orang. Dari jumlah tersebut, 8 orang di antaranya merupakan hasil temuan terbaru yang terungkap dalam Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia di Pendapa Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, kemarin.

Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia ditandai Deklarasi Stop TB yang ditandatangani Wali Kota Tegal Siti Masitha, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Suharjo, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Dewi Umaroh, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Nadirin Maskha, dan Anggota DPRD Nur Fitriani.

Wali Kota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno mengatakan komitmen memberantas tuberkulosis merupakan hal krusial. Karena penyakit tersebut berdampak terhadap keberlangsungan hidup generasi penerus. Komitmen memberantas tuberculosis, kata wali kota, menjadi awal mula yang harus ditindaklanjuti dengan aksi nyata, dan dikawal secara bersama-sama.

?Edukasi dan sosialisasi harus diberikan kepada masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan sehat. Mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati,? katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes Suharjo melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Yuli Prasetya di Pendapa Ki Gede Sebayu menyampaikan, sebelumnya, Dinkes memprediksi penemuan kasus tuberkulosis sebanyak 718. Warga yang ditemukan menderita tuberkulosis, segera mendapatkan penanganan untuk diobati.

Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit ini, menyebar melalui udara ketika seseorang dengan infeksi tuberkulosis aktif batuk, bersin, atau menyebarkan butiran ludah melalui udara. Tuberkulosis biasanya menyerang paru-paru, dan bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya.

Menurut Yuli, risiko tinggi terjadinya penularan tuberkulosis terjadi pada wilayah dengan kepadatan tinggi, yang kondisi sanitasi maupun ventilasi rumahnya kurang bagus. ?Tuberkulosis merupakan penyakit menular dengan penemuan yang tinggi. Karena itu, sebaiknya segera ditemukan, sehingga bisa cepat terobati dan jumlah penderitanya bisa diturunkan,? ujarnya.

Ke depan, Dinkes berupaya menggencarkan pendidikan kesehatan kepada masyarakat, meningkatkan kemampuan petugas tata laksana, melakukan case fending, dan melakukan pengobatan secara adekuat. Ketua PDA Dewi Umaroh menyampaikan, PDA telah mendatangi 1.400 rumah warga Kota Tegal untuk penyaringan kasus gejala penyakit tuberkulosis.

Di mana, dari gerakan tersebut ditemukan delapan orang yang menderita tuberkulosis. ?Ini merupakan kontribusi organisasi untuk meningkatkan angka penemuan dan penyembuhan kasus tuberkulosis. Sehingga, cita-cita Kota Tegal sebagai kota yang bebas tuberkulosis bisa segera terwujud dengan kerjasama dan bergerak bersama,? ujarnya. (nam/ela/zul)


Berita Sejenis

Wilayah Kumuh di Kota Tegal Digelontori Rp1,5 Miliar

Wilayah Kumuh di Kota Tegal Digelontori Rp1,5 Miliar

Untuk tahun 2018, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Pesurungan Kidul akan mendapat alokasi anggaran sebesar Rp1,5 Miliar.


Tekan Kemiskinan, Dunia Usaha Diminta Berperan Aktif

Tekan Kemiskinan, Dunia Usaha Diminta Berperan Aktif

Pemkot Tegal terus berupaya menekan angka kemiskinan yang berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) berada di angka 8,1 persen.


Pjs Wali Kota Tekankan Sikap Tolong Menolong

Pjs Wali Kota Tekankan Sikap Tolong Menolong

Pjs Wali Kota Tegal melanjutkan kegiatan Salat Tarawih dan Silaturahim (Tarhim) di Masjid Nurul Falah Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat.


Tiga Sekolah Terendam Air Rob

Tiga Sekolah Terendam Air Rob

Limpasa air laut atau rob yang menyapu pesisir Pantai Utara (Pantura) tidak hanya menggenangi kelurahan-kelurahan di Kota Bahari.


Pelimpahan Terminal Tegal Dilanjutkan Lagi

Pelimpahan Terminal Tegal Dilanjutkan Lagi

Pelimpahan Terminal Tegal ke Pemerintah Pusat yang sempat mandeg di zaman pemerintahan Siti Masitha Soeparno dilanjutkan.


Pemkot Tegal Tarik 26 Produk Makanan dan Minuman Tak Layak Konsumsi

Pemkot Tegal Tarik 26 Produk Makanan dan Minuman Tak Layak Konsumsi

Pemkot Tegal bersama Forkompinda menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah toko, pasar tradisional, dan pasar modern, kemarin.


Penerapan E-Kelurahan di Randugunting Diundur

Penerapan E-Kelurahan di Randugunting Diundur

Penerapan sistem e-kelurahan yang akan diberlakukan di Kelurahan Randugunting Kecamatan Tegal Selatan diundur.


BMPS Keberatan Penambahan SMP Swasta

BMPS Keberatan Penambahan SMP Swasta

Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Tegal merasa keberatan dengan adanya rencana penambahan SMP swasta baru.


Pemkot Tegal Mulai Siapkan Sarpras Jalur Mudik

Pemkot Tegal Mulai Siapkan Sarpras Jalur Mudik

Pemkot Tegal melalui Dinas Perhubungan menyelenggarakan rapat koordinasi dengan OPD terkait di Kantor Dishub.


Jelang Lebaran, Masyarakat Diminta Bijak Belanja

Jelang Lebaran, Masyarakat Diminta Bijak Belanja

TPID Kota Tegal mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tegal untuk lebih bijak dan tidak boros dalam berbelanja kebutuhan pokok masyarakat.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!