Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Di Kota Tegal, 321 Warganya Derita TBC

  • Di Kota Tegal, 321 Warganya Derita TBC
  • Di Kota Tegal, 321 Warganya Derita TBC

TEGAL - Antara sampai Maret 2017, jumlah warga Kota Tegal yang menderita tuberkulosis (TNC) mencapai 321 orang. Dari jumlah tersebut, 8 orang di antaranya merupakan hasil temuan terbaru yang terungkap dalam Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia di Pendapa Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, kemarin.

Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia ditandai Deklarasi Stop TB yang ditandatangani Wali Kota Tegal Siti Masitha, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Suharjo, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Dewi Umaroh, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Nadirin Maskha, dan Anggota DPRD Nur Fitriani.

Wali Kota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno mengatakan komitmen memberantas tuberkulosis merupakan hal krusial. Karena penyakit tersebut berdampak terhadap keberlangsungan hidup generasi penerus. Komitmen memberantas tuberculosis, kata wali kota, menjadi awal mula yang harus ditindaklanjuti dengan aksi nyata, dan dikawal secara bersama-sama.

?Edukasi dan sosialisasi harus diberikan kepada masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan sehat. Mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati,? katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes Suharjo melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Yuli Prasetya di Pendapa Ki Gede Sebayu menyampaikan, sebelumnya, Dinkes memprediksi penemuan kasus tuberkulosis sebanyak 718. Warga yang ditemukan menderita tuberkulosis, segera mendapatkan penanganan untuk diobati.

Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit ini, menyebar melalui udara ketika seseorang dengan infeksi tuberkulosis aktif batuk, bersin, atau menyebarkan butiran ludah melalui udara. Tuberkulosis biasanya menyerang paru-paru, dan bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya.

Menurut Yuli, risiko tinggi terjadinya penularan tuberkulosis terjadi pada wilayah dengan kepadatan tinggi, yang kondisi sanitasi maupun ventilasi rumahnya kurang bagus. ?Tuberkulosis merupakan penyakit menular dengan penemuan yang tinggi. Karena itu, sebaiknya segera ditemukan, sehingga bisa cepat terobati dan jumlah penderitanya bisa diturunkan,? ujarnya.

Ke depan, Dinkes berupaya menggencarkan pendidikan kesehatan kepada masyarakat, meningkatkan kemampuan petugas tata laksana, melakukan case fending, dan melakukan pengobatan secara adekuat. Ketua PDA Dewi Umaroh menyampaikan, PDA telah mendatangi 1.400 rumah warga Kota Tegal untuk penyaringan kasus gejala penyakit tuberkulosis.

Di mana, dari gerakan tersebut ditemukan delapan orang yang menderita tuberkulosis. ?Ini merupakan kontribusi organisasi untuk meningkatkan angka penemuan dan penyembuhan kasus tuberkulosis. Sehingga, cita-cita Kota Tegal sebagai kota yang bebas tuberkulosis bisa segera terwujud dengan kerjasama dan bergerak bersama,? ujarnya. (nam/ela/zul)



Berita Sejenis

Bau Busuk, TPS Liar Slerok Dikeluhkan

Bau Busuk, TPS Liar Slerok Dikeluhkan

Menjamurnya tempat pembuangan sementara (TPS) liar, kembali dikeluhkan warga di Kelurahan Slerok khususnya di kompleks SMAN 3 Kota Tegal.


Bukan Usaha Mikro Jangan Pakai Gas Melon

Bukan Usaha Mikro Jangan Pakai Gas Melon

Dinkop UKM dan Perdagangan Kota Tegal mengingatkan pengusaha rumah makan, hotel, industri, dan seluruh jenis usaha lain untuk tidak menggunakan elpiji 3 kg.


Kang Nur Komitmen Teruskan Pembangunan

Kang Nur Komitmen Teruskan Pembangunan

Pemkot Tegal kembali menggelar dialog interaktif dengan masyarakat kelurahan, Selasa (16/1) malam.


Dishub Target Parkir Rp1,4 Miliar

Dishub Target Parkir Rp1,4 Miliar

Dishub Kota Tegal menargetkan untuk pendapatan parkir tahun 2018 mencapai Rp1,4 miliar.


RTH di Kora Tegal Sulit Dipenuhi

RTH di Kora Tegal Sulit Dipenuhi

Pemkot Tegal melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) masih kesulitan untuk memenuhi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Bahari.


PDAM Target Kurangi Kebocoran Lima Persen

PDAM Target Kurangi Kebocoran Lima Persen

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tegal Nursholeh meminta PDAM Kota Tegal terus meningkatkan pelayanan, seiring bertambahnya usia.


Pegawai Negeri Jangan Coba-coba Berpolitik

Pegawai Negeri Jangan Coba-coba Berpolitik

Menindaklanjuti Edaran Komisi Aparatur Sipil Negara, Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Tegal melayangkan Surat Edaran bagi semua instansi pemerintah.


Pengunjung Dilarang Berenang di PAI

Pengunjung Dilarang Berenang di PAI

Disporapar Kota Tegal merespons tingginya gelombang laut dengan mengingatkan pengunjung Obyek Wisata PAI yang biasanya ramai di akhir pekan.


Pemkot Tegal Fasilitasi PIK Remaja dan Mahasiswa

Pemkot Tegal Fasilitasi PIK Remaja dan Mahasiswa

Pemkot Tegal melalui Dinas PPKBP2PA Kota Tegal memberikan fasilitas untuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M).


Waspada Rob dan Banjir, BPBD Keliling Tiap Tiga Jam

Waspada Rob dan Banjir, BPBD Keliling Tiap Tiga Jam

Posko penanggulangan banjir dan rob yang merupakan posko 2 berada di Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, kemarin.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!