Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Sebentar Lagi, Ingin Tahu Informasi Bed dan Ruangan RSUD Kardinah, Tinggal Klik Saja

  • Sebentar Lagi, Ingin Tahu Informasi Bed dan Ruangan RSUD Kardinah, Tinggal Klik Saja
  • Sebentar Lagi, Ingin Tahu Informasi Bed dan Ruangan RSUD Kardinah, Tinggal Klik Saja

Berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan publik terus dilakukan Pemkot Tegal.

TENGGARONG - Berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan publik terus dilakukan Pemkot Tegal. Salah satunya melalui kegiatan Studi Tiru ke Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Kunjungan Pemerintah Kota Tegal diterima Stah Ahli Bupati Kutai Katanegara Wisaksono Soebagio beserta seluruh jajaran SKPD terkait di Pendapa Kabupaten Kutai Kartanegara, kemarin. Adapaun obyek yang menjadi tujuan studi tiru Pemkot Tegal adalah RSUD AM Parikesit.

Dipilihnya rumah sakit ini karena prestasinya yang telah meraih peringkat pertama pelayanan publik dari Kementerian Negara Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) yang diumumkan dalam Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik di Bandung. Selain itu, salah satu keunggulan pelayanan rumah sakit tersebut adalah adanya sistem informasi manajemen admisi rawat inap (SIMARI).

Yaitu sekumpulan hardware, sofware, brainware aturan dan prosedur yang diorganisasikan secara integral untuk mengelola data ketersediaan tempat tidur. Ini menjadi informasi yang transparan mengenai waktu tunggu dan daftar urut pasien rawat inap.

Program inilah yang dinilai memberikan kemudahan bagi pasien untuk mengetahui tempat tidur yang tersedia di RSUD AM Parikesit dengan hanya mengunjungi website milik RSUD AM Paikesit yang dapat diakses di mana dan kapan saja melalui komputer atau ponsel.

Sistem informasi tentang rawat inap RSUD AM Parikesit inilah yang menjadi daya tarik Pemkot Tegal untuk menerapkannya di RSUD Kardinah. Ini diungkapkan Wakil Kepala RSUD Kardinah dr. Agus Dwi yang ikut dalam rombongan bersama Wali Kota Tegal KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno, Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Shinta beserta seluruh jajaran kepala SKPD.

Agus Dwi mengatakan konsep pelayanan publik yang dimiliki RSUD AM Parikesit akan segera ditiru dan diterapkan di RSUD Kardinah. “Apalagi ini sesuai road map RSUD Kardinah di 2017,” ucapnya.

Bahkan tidak hanya sekadar meniru, papar de Agus, aplikasi di RSUD AM Parikesit yang akan diterapkan di RSUD Kardinah akan lebih dikembangkan lagi.

Walikota Kota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno menegaskan salah satu kewajiban pemerintah daerah adalah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya, termasuk dibidang kesehatan. Karenanya, Pemkot Tegal sengaja mengunjungi RSUD AM Parikesit untuk bertukar informasi dan belajar serta meniru berbagai prestasi yang sudah diraih.

“Harapanya, Pemkot Tegal mendapatkan ide dan ilmu baru yang dapat diaplikasikan di Kota Tegal,” ungkap Wali Kota.

Tidak hanya mengunjungi RSUD AM Parikesit, rombongan Pemkot Tegal juga mengunjungi beberapa obyek pemerintahan lainnya seperti Kantor Bappeda, Badan Perizinan, Pasar, Serta Sport Center Kutai Kartanegara. (mij/zul)


Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!