Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Wali Kota: Revolusi Mental jangan Sekadar Kata-kata

  • Wali Kota: Revolusi Mental jangan Sekadar Kata-kata
  • Wali Kota: Revolusi Mental jangan Sekadar Kata-kata

TEGAL - Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) merupakan suatu gerakan sosial bagi bangsa Indonesia, bertekad mewujudkan tertanamnya nilai-nilai luhur ke Indonesiaan. ?Revolusi mental adalah perubahan secara cepat dalam cara pikir, cara kerja, cara hidup dan sikap, serta perilaku bangsa indonesia yang mengacu pada nilai-nilai strategis,? ungkap Wali Kota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno, kemarin.

?Nilai itu adalah integritas, etos kerja, dan gotong royong berdasarkan pancasila, yang berorientasi pada kemajuan. Agar Indonesia menjadi negara yang maju, modern, makmur, sejah-tera dan bermartabat,? tambah Wali Kota.

Sosialisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang baru kali pertama digelar di Kota Tegal dihadiri lebih dari 300 peserta yang terdiri dari unsur birokrasi di lingkungan Pemkot Tegal dan instansi vertikal, perbankan, unsur pendidikan, para rektor, direktur perguruan tinggi, kepala SMA/SMK, SMP, para tokoh agama, tokoh masyarakat, para pengusaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi wanita.

Implementasinya nilai-nilai revolusi mental telah ditetapkan ke dalam lima gerakan perubahan. Yakni gerakan Indonesia melayani, gerakan Indonesia bersih, gerakan Indonesia tertib, gerakan Indonesia mandiri, dan gerakan Indonesia bersatu.

?Gerakan Indonesia melayani, di Kota Tegal telah diimplementasikan dalam visi Kota Tegal mewujudkan Kota Tegal yang sejahtera berbasis pelayanan prima,? ungkap Wali Kota lagi.

Wali Kota berharap revolusi mental bukan hanya sekadar kata?kata, tetapi harus diikuti perbuatan. Ruang lingkup revolusi mental cukup luas untuk mengubah cara pandang, cara berpikir, bersikap, dan berperilaku, agar masyarakat berorientasi pada kejuangan, kemajuan, dan kemodernan.

?Saya berharap 300 peserta akan menjadi duta-duta gerakan revolusi mental di tempat masing?masing,? pinta Wali Kota.

Pemateri dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Pamuji Lestari Asdep Warisan Budaya mengutip pesan presiden pertama, Ir. Soekarno bahwa revolusi mental merupakan satu gerakan untuk menggembleng manusia Indonesia agar menjadi manusia baru yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, dan berjiwa api yang menyala-nyala. (muj/zul)



Berita Sejenis

Bau Busuk, TPS Liar Slerok Dikeluhkan

Bau Busuk, TPS Liar Slerok Dikeluhkan

Menjamurnya tempat pembuangan sementara (TPS) liar, kembali dikeluhkan warga di Kelurahan Slerok khususnya di kompleks SMAN 3 Kota Tegal.


Bukan Usaha Mikro Jangan Pakai Gas Melon

Bukan Usaha Mikro Jangan Pakai Gas Melon

Dinkop UKM dan Perdagangan Kota Tegal mengingatkan pengusaha rumah makan, hotel, industri, dan seluruh jenis usaha lain untuk tidak menggunakan elpiji 3 kg.


Dishub Target Parkir Rp1,4 Miliar

Dishub Target Parkir Rp1,4 Miliar

Dishub Kota Tegal menargetkan untuk pendapatan parkir tahun 2018 mencapai Rp1,4 miliar.


RTH di Kora Tegal Sulit Dipenuhi

RTH di Kora Tegal Sulit Dipenuhi

Pemkot Tegal melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) masih kesulitan untuk memenuhi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Bahari.


PDAM Target Kurangi Kebocoran Lima Persen

PDAM Target Kurangi Kebocoran Lima Persen

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tegal Nursholeh meminta PDAM Kota Tegal terus meningkatkan pelayanan, seiring bertambahnya usia.


Pegawai Negeri Jangan Coba-coba Berpolitik

Pegawai Negeri Jangan Coba-coba Berpolitik

Menindaklanjuti Edaran Komisi Aparatur Sipil Negara, Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Tegal melayangkan Surat Edaran bagi semua instansi pemerintah.


Pengunjung Dilarang Berenang di PAI

Pengunjung Dilarang Berenang di PAI

Disporapar Kota Tegal merespons tingginya gelombang laut dengan mengingatkan pengunjung Obyek Wisata PAI yang biasanya ramai di akhir pekan.


Pemkot Tegal Fasilitasi PIK Remaja dan Mahasiswa

Pemkot Tegal Fasilitasi PIK Remaja dan Mahasiswa

Pemkot Tegal melalui Dinas PPKBP2PA Kota Tegal memberikan fasilitas untuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M).


Waspada Rob dan Banjir, BPBD Keliling Tiap Tiga Jam

Waspada Rob dan Banjir, BPBD Keliling Tiap Tiga Jam

Posko penanggulangan banjir dan rob yang merupakan posko 2 berada di Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, kemarin.


Penataan Parkir Masjid Agung Semrawut

Penataan Parkir Masjid Agung Semrawut

Komisi I DPRD yang mempertanyakan semrawutnya area parkir di lingkungan Masjid Agung Kota Tegal.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!