Sepakbola
Share this on:

Bobotoh dan Aremania Akan Dapat Perhatian Khusus

  • Bobotoh dan Aremania Akan Dapat Perhatian Khusus
  • Bobotoh dan Aremania Akan Dapat Perhatian Khusus

JAKARTA - Persib Bandung dan Arema FC memang tidak akan bertanding dalam hari yang sama di delapan besar Piala Presiden 2017. Namun, tetap saja suporter dua tim itulah yang bakal menjadi fokus perhatian aparat keamanan.

’’Karena semua orang juga tahu kalau fanatisme kedua suporter ini sangat besar. Jadi, penanganan mereka juga harus maksimal,’’ tegas Paulus Haryoto, ketua panitia lokal delapan besar Piala Presiden 2017, di Solo.

Namun, Paulus belum bisa memastikan berapa jumlah aparat yang akan diterjunkan untuk mengamankan fase knockout turnamen pramusim tersebut. ’’Sebab, malam ini (tadi malam) baru rapat. Besok (hari ini) baru ada keputusan,” kata Paulus.

Delapan besar di Solo yang memakai format single match akan berlangsung dua hari, Sabtu (25/2) dan Minggu (26/12). Persib yang menghadapi Mitra Kukar akan berlaga pada hari pertama. Sedangkan Arema FC yang berduel dengan Sriwijaya FC bertanding pada laga kedua hari kedua.

Pada hari pertama juga bakal ada laga antara Pusamania Borneo FC melawan Madura United. Sedangkan duel Semen Padang menghadapi Bhayangkara FC dihelat pada hari kedua.

Menurut Ketua Panitia Piala Presiden 2017 Iwan Budianto, dipisahnya hari pertandingan Persib dan Arema itu merupakan bagian dari strategi pengamanan. Sebab, selama ini pendukung dua tim tersebut dikenal kurang akur.

Selain itu, panitia akan membatasi jumlah suporter dari setiap tim yang hendak menyaksikan laga babak delapan besar itu secara langsung di atas tribun.

Untuk tim-tim yang berasal dari Jawa, panitia hanya menyediakan kuota sebesar 70 persen dari total kapasitas Stadion Manahan, Solo, yang mencapai 35 ribu itu. Untuk tim-tim yang berasal dari luar Jawa, panitia hanya menyediakan kuota penonton sebanyak 30 persen.

’’Tapi, jumlah ini masih kami pertimbangkan lagi. Masih bisa berubah sesuai dengan situasi di lapangan,’’ papar pria yang pernah menjadi CEO Arema FC dan manajer Persik Kediri tersebut.

Untuk tim yang lolos ke semifinal, lanjut Iwan, panitia tidak akan memberikan subsidi. Baik untuk biaya tuan rumah maupun akomodasi transportasi bagi tim tamu. ’’Semua pengeluaran sudah menjadi tanggung jawab masing-masing tim yang lolos ke babak semifinal nanti,’’ kata Iwan.

Namun, lanjut Iwan, semua pemasukan dari penjualan tiket selama di babak yang menggunakan sistem home and away itu akan menjadi hak peserta. ’’Kebijakan tanpa subsidi itu karena yang sudah lolos ke babak semifinal sudah terjamin secara finansial. Menjadi semifinalis minimal mendapat hadiah sebesar Rp500 juta,” kata Iwan.

Dalam turnamen pramusim tersebut, pantia memang menyediakan Rp3 miliar untuk sang juara. Sedangkan runner-up mendapat Rp2 miliar, peringkat ketiga Rp1 miliar, dan posisi keempat Rp500 juta. (ben/c17/ttg/jpg)

Berita Sebelumnya

Satu Kaki Cholo Injak Delapan Besar
Satu Kaki Cholo Injak Delapan Besar

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Dandanan Rusia, Hati Milik Ronaldo

Dandanan Rusia, Hati Milik Ronaldo

Sejoli Sergey dan Christina Plotnik datang penuh antusiasme ke pertandingan Rusia melawan Portugal di Otkrytiye Stadion, Moskow, Rabu (21/6) lalu.


Milan Siapkan Segala Cara agar Donnarumma Berubah Pikiran

Milan Siapkan Segala Cara agar Donnarumma Berubah Pikiran

CEO AC Milan, Marco Fassone, masih memiliki keyakinan yang begitu kuat kepada Gianluigi Donnarumma akan bertahan di Milan.


Persija dan Timnas U-19 Hadapi Espanyol

Persija dan Timnas U-19 Hadapi Espanyol

Persija Jakarta mendapat tamu spesial pada pertengahan Juli nanti.


Primera Liga Portugal Punya Pemain, Pelatih, dan Agen Terbaik

Primera Liga Portugal Punya Pemain, Pelatih, dan Agen Terbaik

Jika mengacu daftar koefisien UEFA, Portugal hanya menempati peringkat ketujuh dengan 49.332 poin.


Lawan Juve jadi Laga Perpisahan

Lawan Juve jadi Laga Perpisahan

James Rodriguez, Alvaro Morata, Pepe, dan Fabio Coentrao di kubu Real Madrid.


Valverde Cocok untuk Tangani Barca

Valverde Cocok untuk Tangani Barca

Leg pertama Piala Super Spanyol, 14 Agustus 2015, tentu tidak akan dilupakan oleh Luis Enrique.


Juara FA, Wenger Bisa jadi Diperpanjang

Juara FA, Wenger Bisa jadi Diperpanjang

Bagi sebagian klub elit Eropa, biasanya fokus utama mereka adalah merebut gelar liga, dan kompetisi Liga Champions.


Final demi Harga Diri dan Liga Champions

Final demi Harga Diri dan Liga Champions

Europa League bukan sekedar trofi kelas dua lagi. UEFA memutuskan mulai musim 2016-2017 pemenang Europa League berhak lolos ke Liga Champions.


Mou Jelekkan Pemain karena Frustrasi

Mou Jelekkan Pemain karena Frustrasi

''Ini bukan tentang keduanya, ini tentang filosofi dan mentalitas di sekitar mereka. (Mereka) hati-hati. Hati-hati, hati-hati.


Adu Hebat Pelatih Bermulut Besar

Adu Hebat Pelatih Bermulut Besar

Pertemuan dua kekuatan klasik Eropa, Ajax Amsterdam dan Manchester United, tersaji pada final Europa League musim ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!