Sepakbola
Share this on:

Ini Bek Muda yang Jadi Rebutan Klup Papan Atas Eropa

  • Ini Bek Muda yang Jadi Rebutan Klup Papan Atas Eropa
  • Ini Bek Muda yang Jadi Rebutan Klup Papan Atas Eropa

MANCHESTER - Ketika bursa transfer dibuka seperti sejak 1 Januari lalu, banyak klub yang sibuk membenahi tim dengan menggelontorkan uang membeli pemain. Atau, setidaknya meminjam pemain. Namun, Athletic Bilbao tetap anteng. Bahkan, sejak bursa transfer musim panas lalu, mereka tenang-tenang saja.

Sama sekali tidak ada uang sepeserpun yang mereka keluarkan untuk membeli pemain. Kalau sampai mereka sibuk di bursa transfer, biasanya untuk melepas pemain, apakah itu menjual ataukah meminjamkan pemain. Kualitas akademi yang bagus membuat mereka lebih fokus memakai hasil didikan sendiri.

Situasi itu membuat banyak pemain muda yang muncul menjadi bintang. Sebab, mereka punya banyak kesempatan bermain. Setelah pada musim-musim sebelumnya menjual Ander Herrera ke Manchester United dan Javi Martinez ke Bayern Muenchen, kini ada talenta muda lain yang siap mencuat.

Ya, dia adalah bek Aymeric Laporte. Pemain asal Prancis berdarah Basque berusia 22 tahun itu sejak musim panas lalu telah didekati beberapa klub elite. Yang paling serius adalah Manchester City yang dilatih Pep Guardiola.

Nah, apa alasan yang membuat City terpikat? Tentu saja performa Laporte. Pemain Prancis berdarah Basque kedua setelah Bixente Lizarazu di Athletic itu tangguh dalam duel udara, memiliki passing akurat (sekitar 82,1 persen), dan bagus dalam menguasai serta menggiring bola.

Musim ini, dia telah bermain dalam 20 laga dan mencatat 1.756 menit bermain. Dari situ, dia sempat menyarangkan satu gol. Four Four Two juga menjelaskan, sebagai bek tengah, cara bermainnya elegan. Laporta tak sekadar menyapu bola, melainkan punya visi membangun serangan dari belakang.

”Pemain belakang pada era sepak bola modern akan mengalami evolusi. Bukan cuma bertahan, tapi sebagai pemain belakang juga harus ada fleksibilitas membantu serangan,” tutur Laporte.

Laporte mengatakan dirinya belajar bermain sebagai bek tengah dengan akurasi intersep, tidak asal melakukan tekel, tapi berani berduel satu lawan satu dengan striker tim lawan.

Pria kelahiran Agen, Prancis, tersebut menuturkan kalau dirinya berterima kasih kepada Marcelo Bielsa. Pelatih asal Argentina itu adalah sosok pelatih yang memberinya kesempatan debut di tim senior sekaligus memberikan banyak pekerjaan rumah.

”Bielsa memang sosok yang 'gila' bagi semua orang pada awalnya di tim ini. Setiap pemain diwajibkan menonton video calon lawan, setiap dan sesudah latihan kemudian kami diminta untuk menunjuk siapa pemain lawan yang akan jadi musuh kami,” ucap Laporte. Bielsa sendiri menjadi pelatih Bilbao selama dua musim. Yakni 2011-2012 dan 2012-2013. (dra/ham/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Setelah Filipina, Garuda Muda Siap Kalahkan Timor Leste

Setelah Filipina, Garuda Muda Siap Kalahkan Timor Leste

Perayaan hari kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia tidak hanya semarak di tanah air.


LA Liga Musim Ini Ada Waterbreaknya

LA Liga Musim Ini Ada Waterbreaknya

Dua musim terakhir, La Liga selalu terganggu dengan suhu udara panas di atas rata-rata.


Garuda Muda Terlecut Motivasi dari Tribun

Garuda Muda Terlecut Motivasi dari Tribun

Keberadaan ribuan supporter Indonesia yang menjadi saksi perjuangan Timnas Indonesia U-22 datang dari berbagai latar belakang.


Madridista Siapkan Sapu Tangan Putih Untuk Ronaldo

Madridista Siapkan Sapu Tangan Putih Untuk Ronaldo

Seluruh elemen tim Real Madrid menolak hukuman yang dianggap terlalu berat untuk bintang mereka, Cristiano Ronaldo (CR7).


Paulinho Takkan Lagi Terlupakan

Paulinho Takkan Lagi Terlupakan

Selama ini, Paulinho dikenal sebagai kepingan yang terlupakan dari timnas Brasil.


Chelsea Kalah, Tuduh Tiga Media Berbohong

Chelsea Kalah, Tuduh Tiga Media Berbohong

Kekalahan di laga pembuka Premier League memang bikin kecewa fans Chelsea yang ada di Stamford Bridge Sabtu (12/8) lalu.


Ronaldo Dikartu Merah, Madrid Benamkan Barcelona 3-1 di Camp Nou

Ronaldo Dikartu Merah, Madrid Benamkan Barcelona 3-1 di Camp Nou

Leg pertama Piala Super Spanyol yang menyajikan El Clasico di Camp Nou , Senin (14/8) dinihari WIB, benar-benar membuat Barcelona anti klimaks.


Debutan Optimis Bisa Persulit The Citizens

Debutan Optimis Bisa Persulit The Citizens

“Pertemuan ini ibaratnya ucapan selamat datang yang sesungguhnya buat kami di Premier League,” kata fans Brighton.


Awas, Sindrom Awal Musim

Awas, Sindrom Awal Musim

Bukan Leicester City yang harus ditakuti. Karena faktanya Leicester tidak pernah mampu mengalahkan Arsenal dalam 21 laga Premier League sejak November 1994.


Medali Emas jadi Harga Mati

Medali Emas jadi Harga Mati

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi memasang target tertinggi buat Timnas U-22 sebelum tampil di SEA Games 2017.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!