Sepakbola
Share this on:

Masih Ada Applaus untuk Basti

  • Masih Ada Applaus untuk Basti
  • Masih Ada Applaus untuk Basti

MANCHESTER - Delapan bulan dia hanya jadi pemanas bangku cadangan. Kadang, dia juga hanya duduk di bangku penonton. Termasuk 69 hari menghabiskan waktu di ruang perawatan pasca mengalami cedera medial collateral ligament (MCL). Karena itu, merumput kembali di Old Trafford, Manchester kemarin WIB (1/12) jadi momen paling dinanti Bastian Schweinsteiger.

Meskipun tidak lebih dari delapan menit Basti (sapaan karibnya) bermain, dia tetap mendapat applaus panjang dari 65 ribu pendukung Manchester United. ''Malam yang hebat dengan hasil akhirnya yang sempurna. Terima kasih untuk sambutan hangatnya di Old Trafford,'' begitu yang diungkapkannya setelah laga lewat akun Twitter-nya.

Basti masuk pada menit ke-86 menggantikan Anthony Martial. Karena tidak punya waktu lama, gelandang berusia 32 tahun itu pun tidak begitu besar kontribusinya di balik kemenangan United 4-1 di laga melawan West Ham tersebut. Mantan kapten timnas Jerman itu bahkan cuma melakukan tujuh kali sentuhan.

Begitu suami petenis Ana Ivanovic itu masuk, formasi United pun berubah dari 4-2-3-1 menjadi 4-3-3. Meski demikian pemain yang diboyong United dari Bayern Muenchen ketika era Louis van Gaal itu masih mampu membuat satu ancaman ke gawang Adrian. Sekalipun tidak ada yang tepat di sasaran. Enam kali passing-nya pun hanya 66,7 persen saja akurasinya.

Musim lalu, Basti bermain 31 kali di segala ajang. Sedangkan selama era Mourinho, belum satu kali pun dia dipercaya. Baik jadi starter ataupun pengganti. Jadi starter saat menjamu West Ham di laga Premier League akhir pekan lalu WIB (27/11) pun debut pertamanya duduk di bench sejak Mourinho di United musim panas lalu.

Basti bukan hanya tidak dilirik Mourinho untuk main di tim utama. Dia bahkan pernah diminta berlatih bersama tim U-23. Kondisi ini yang menempatkannya dalam situasi harus memilih untuk pergi dari Carrington (sebutan kamp latihan United). Hanya, belum diketahui ke mana Fussballgot (julukan Basti) bakal pergi.

Lantas kalau sudah ada rencana untuk hengkang, mengapa Basti masih juga dimainkan? Mirror menyebut ada beberapa alasan di balik masuknya Basti ini. Pertama, ini hanya EFL Cup yang tensinya tidak seperti Premier League ataupun Europa League. Lagipula saat dia masuk United sudah leading 3-1.

Kedua, dengan memberi minutes play ini sudah menjadi jawaban dari Mourinho terkait dengan tudingan pihak-pihak yang menyebut treatment The Special One (julukan Mourinho) kepada Basti ini kelewatan. Masih ada minutes play darinya. Selain itu, United juga sedang krisis gelandang begitu Paul Pogba dan Marouane Fellaini absen dari laga kemarin karena akumulasi kartu.

Dilansir The Guardian, Michael Carrick berharap masih ada minutes play lagi untuk Basti pada laga-laga berikutnya. Entah di Premier League, atau di Piala FA dan EFL Cup. ''Lihat, ini tadi dia nyaris mencetak gol. Senang bisa melihatnya kembali bermain dengan percaya diri. Setahu saya Basti berlatih dengan keras, selalu. Laga ini layak untuknya,'' tegas vice captain United itu. (ren/jpg)

Berita Sebelumnya

Jelang El Clasico, Barca Seri Lagi
Jelang El Clasico, Barca Seri Lagi

Berita Berikutnya

Hadapi Napoli, Ujian Berat Pioli
Hadapi Napoli, Ujian Berat Pioli

Berita Sejenis

Alexis Sanchez Bidik Dejavu di Old Trafford

Alexis Sanchez Bidik Dejavu di Old Trafford

Huddersfield Town ada dalam memori Alexis Sanchez. Klub promosi di Premier League itulah yang ’’memberikan’’ kesempatan bagi dia untuk mencetak gol debutnya.


Liga 1 Tunggu Kepastian Hak Siar

Liga 1 Tunggu Kepastian Hak Siar

PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 masih menunggu kepastian pemegang hak siar.


Tunggu Kejutan di TC Februari

Tunggu Kejutan di TC Februari

PSSI sudah memutuskan untuk menggelar buka tutup pemusatan latihan (TC) bagi semua jenjang timnas.


Bali United Tak Mau Kecolongan Lagi

Bali United Tak Mau Kecolongan Lagi

Lupakan dulu tekanan di Piala Presiden 2018. Konsentrasi Bali United saat ini kudu dicurahkan penuh untuk laga perdana grup G AFC Cup 2018.


Posisi Oscar Arias Terancam kalau Tanpa Trofi

Posisi Oscar Arias Terancam kalau Tanpa Trofi

Ditinggal Ramón Rodríguez Verdejo alias Monchi ke AS Roma musim panas 2017 lalu membuat Sevilla kehilangan daya endusnya untuk mencium pemain hebat.


Persib Beruntung, Persipura Buntung

Persib Beruntung, Persipura Buntung

Kalau juara musim lalu masih tertunggak hadiahnya, bagaimana dengan juara liga di masa silam? Ternyata, situasinya berbeda-beda.


Pique Kena Tulah Cornella-El Prat

Pique Kena Tulah Cornella-El Prat

Tak ada yang lebih dibenci publik Espanyol dibanding bek Barcelona Gerard Pique.


Pembuktian Super Simic untuk The Jak

Pembuktian Super Simic untuk The Jak

Berhati-hatilah para lawan Persija Jakarta apabila Marko Simic bermain. Striker asal Kroasia itu benar-benar haus gol layaknya drakula yang haus darah.


Saat yang Tepat untuk Revans

Saat yang Tepat untuk Revans

Huddersfield Town memang hanya berlabel tim promosi. Namun, Huddersfield-lah yang kali pertama mengalahkan Manchester United musim ini.


Coutinho Masih Dicoba-coba

Coutinho Masih Dicoba-coba

Sampai dengan penampilan ketiganya bersama Barcelona, Philippe Coutinho belum menemukan posisi yang pas.



Berita Hari Ini

hari pers

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!