Sepakbola
Share this on:

Pesawat Jatuh, Tiga Pemain Chapecoense Selamat

  • Pesawat Jatuh, Tiga Pemain Chapecoense Selamat
  • Pesawat Jatuh, Tiga Pemain Chapecoense Selamat

MEDELLIN - Kabut duka menyelimuti dunia sepakbola. Tragedi kecelakaan pesawat kembali terjadi dan merenggut banyak nyawa atlet lapangan hijau itu. Kali ini, Chapecoense menjadi korbannya. Padahal, tim yang berasal dari Brazil itu mengemban misi meraih gelar ganda, namun harus berakhir dengan tragedi memilukan.

Chapecoense sendiri sedang dalam perjalanan menuju Kolombia untuk menghadapi pertandingan leg pertama final Copa Sudamericana melawan Atletico Nacional (1/12). Namun, pesawat La Mia 146 yang mereka carter mengalami kerusakan pada mesin dan jatuh di pegunungan dekat kawasan Madellin, Kolombia kemarin (29/11).

Hingga berita ini diturunkan, sebanyak 25 korban ditemukan tidak bernyawa dan enam lainnya selamat dari total 81 penumpang yang terdaftar di manifest. Tiga orang penumpang yang selamat merupakan penggawa Chapecoense dan dilarikan ke rumah sakit di Medellin. Mereka adalah Marcos Danilo, Alan Ruschel, dan Jackson Follmann.

Tentu saja, tragedi tersebut menjadi episode terkelam klub yang baru meniti kesuksesan hingga level Amerika Selatan itu. Associação Chapecoense de Futebol, begitu nama panjang klub tersebut, merupakan klub medioker yang berhasil mencetak sejarah dengan menjuarai Campeonato Catarinense 2016, kompetisi tertinggi negara bagian Santa Catarina.

Berdiri sejak 1973, Verdao (julukan Chapecoense) selalu berada di divisi terbawah Brasil. Memang, tujuan awal dibentuknya klub tersebut adalah untuk menghidupkan kembali aktivitas sepakbola di kota Chapeco, Santa Catarina yang notabene merupakan kota industri penting di negara tersebut.

Barulah pada 2014, Chapeconese berhasil menembus Serie A hingga sekarang. Padahal, lima tahun yang lalu mereka masih berjibaku di kompetisi keempat negeri Samba. Perlahan tetapi pasti, skuad besutan Caio Junior itu mulai merangkak naik dan menjuarai Serie C 2012, berlanjut ke Serie B, hingga akhirnya meroket ke Serie A.

Sebagai tim kecil, markas yang mereka miliki hanya berkapasitas 22.600 penonton di Stadion Arena Conda. Untuk itu, pada leg kedua Copa Sudamericana melawan Atletico (7/12), mereka rencananya bakal memakai stadion lain yang berkapasitas paling tidak 40 ribu penonton sesuai regulasi Conmebol.

Berdirinya klub tersebut memang dinilai penting bagi Gubernur Willayah Santa Catarina, Raimundo Colombo. ''Chapecoense tidak hanya mewakili Chapeco dan negara bagian Santa Catarina. Tetapi, sekaligus membuat sejarah sebagai klub pertama asal Santa Catarina yang bisa berkompetisi hingga di final level internasional,'' kata Colombo sebagaimana dilansir Guardian.

Chapecoense melaju ke partai puncak Copa Sudamericana setelah menyingkirkan San Lorenzo. Jatuhnya pesawat yang ditumpangi Cleber Santana dkk membuat pihak klub benar-benar dirundung duka yang mendalam.

''Kami bukan hanya sekadar klub sepakbola, kami adalah keluarga,'' kata presiden klub Chapecoense David de Nes Filho kepada Bom Dia Brasil. ''Kemarin pagi ketika aku mengucapkan selamat jalan kepada mereka, mereka mengatakan bahwa mereka akan mewujudkan mimpi kami. Namun, mimpi itu berakhir pagi ini (kemarin),'' tambah Filho.

Insiden tersebut tidak hanya membuat pihak klub berduka, otoritas Conmebol juga memutuskan untuk menunda sejumlah agenda sepakbola. Baik itu di level domestik dan lanjutan final Copa Sudamericana hingga waktu yang belum ditentukan.

''Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan memastikan informasi dari pihak berwenang Kolombia bahwa pesawat yang membawa delegasi klub asal Brasil Chapecoense mengalami kecelakaan sebelum tiba di Kolombia. Segala aktivitas yang dinaungi Conmebol akan dihentikan terlebih dahulu,'' tulis pernyataan pihak Conmebol sebagaimana dilansir Four Four Two.

Sementara itu, Amanda, istri Alan Ruschel yang selamat pada tragedi tersebut tidak henti-hentinya mengucap syukur. ''Terima kasih Tuhan, Alan dalam kondisi stabil dan berada di rumah sakit,'' kata Amanda. ''Kami berdoa untuk semua yang belum ditemukan dan selalu mendukung para keluarga korban,'' ujarnya lagi.

Para pemain yang tidak ikut dalam perjalanan tersebut adalah Rafael Lima, Nenem, Demerson, Marcelo Boeck, Andrei, Hyoran, Alejandro Martinuccio, Moises, dan Nivaldo.

''Kami sedang menunggu kabar, aku selamat karena aku cedera,'' kata Martinuccio kepaa Radio dela Red. ''Aku sangat berduka kepada teman-temanku, yang bisa aku lakukan hanya mendoakan mereka,'' imbuhnya. (okt/jpg)


Berita Sebelumnya

Mulut Mou Harimau (Mou)
Mulut Mou Harimau (Mou)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ingat Kuipers, Ingat La Decima

Ingat Kuipers, Ingat La Decima

Situs resmi UEFA tiga hari lalu WIB (24/9) menyebut nama Bjorn Kuipers sebagai wasit Borussia Dortmund vs Real Madrid.


Semua Pemain Milan Bisa Jadi Algojo

Semua Pemain Milan Bisa Jadi Algojo

Frank Kessie jadi eksekutor dua dari tiga kali hadiah penalti yang didapatkan AC Milan di musim ini.


Sane Minta Maaf lewat Akun Facebooknya

Sane Minta Maaf lewat Akun Facebooknya

Sadio Mane bukan pemain bengal. Begitu pula saat Mane diganjar kartu merah di Etihad, Manchester Sabtu malam lalu WIB (9/9).


Lawan Filipina, Garuda Nusantara Siap Tempur

Lawan Filipina, Garuda Nusantara Siap Tempur

Komposisi pemain Timnas Indonesia U-19 akan berubah saat laga kedua melawan Filipina pada grup B Piala AFF U-18, malam ini.


Reuni Saddil dengan Sobat Lama

Reuni Saddil dengan Sobat Lama

Saddil Ramdani kedatangan tamu spesial kemarin. Dia adalah pemain Liga Myanmar dari klub Southern Myanmar FC, Hedipo Gustavo.


Gagal Datangkan Di Maria, Barca Tanpa Bintang Transfer

Gagal Datangkan Di Maria, Barca Tanpa Bintang Transfer

Barcelona harus gigit jari. Hingga deadline day di Spanyol, barca (sebutan barcelona) gagal mendatangkan pemain-pemain bintang buruannya.


Tiga Hari, Barca Beresi Sembilan Transfer

Tiga Hari, Barca Beresi Sembilan Transfer

Ya, begitulah sibuknya Barcelona menjelang ditutupnya bursa transfer musim panas besok WIB.


Wow... CR7 Sebut Asensio Selevel Neymar dan Eden Hazard

Wow... CR7 Sebut Asensio Selevel Neymar dan Eden Hazard

Cristiano Ronaldo saat dianugerahi gelar Pemain Terbaik Liga Champions, Kamis petang lalu WIB (24/8) ditanya: Siapa pemain masa depan menurutnya?


Jamu Timnas Fiji, Garuda tanpa Penggawa SEA Games

Jamu Timnas Fiji, Garuda tanpa Penggawa SEA Games

Luis Milla enggan memberikan beban lanjutan kepada para pemain timnas U-22 yang saat ini sedang berebut medali perunggu di SEA Games.


Lawan Malaysia di Semifinal, Tiga Pilar Garuda Muda Disanksi

Lawan Malaysia di Semifinal, Tiga Pilar Garuda Muda Disanksi

Indonesia memang sudah memenangkan pertandingan atas Kamboja (2-0) sekaligus mengantongi tiket semifinal SEA Games 2017.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!