Sport
Share this on:

Di Jerez, Vinales dan Marquez Ingin Kalahkan Rossi

  • Di Jerez, Vinales dan Marquez Ingin Kalahkan Rossi
  • Di Jerez, Vinales dan Marquez Ingin Kalahkan Rossi

JEREZ - Sama-sama berbagi satu do not finish (DNF) di tiga seri pembuka MotoGP Maverick Vinales (Movistar Yamaha) dan Marc Marquez (Repsol Honda) akan memulai lagi rivalitasnya akhir pekan ini. Untuk kali pertama keduanya akan bertarung di balapan kandang di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Kali ini tujuan mereka sama: memburu posisi klasemen teratas dari tangan Valentino Rossi. Jerez adalah medan perang yang bisa dibilang tak lebih menguntungkan Yamaha atau Honda.

Jika dilihat dari dua musim terakhir, memang Yamaha lebih cocok dengan Jerez. Tahun lalu, Rossi mencuri kemenangan di kandang rival. Sedangkan musim 2015 Jorge Lorenzo menjadi kampiun saat masih menunggang YZR-M1.

Sedangkan pada 2014 dua podium dikuasai Repsol Honda. Marquez juara sementara rekan setimnya, Daniel Pedrosa finis di podium ketiga. Di luar itu semua faktor ?balapan kandang? akan membuat rider-rider Spaniard memiliki motivasi ekstra untuk tampil hebat di depan fans tanah air.

Marquez sadar Yamaha punya motor yang pas dengan karakter sirkuit ini. Namun dia juga yakin motornya punya potensi untuk bersaing jika timnya mampu mendapatkan setingan yang pas sejak di sesi latihan pertama.

''(Jerez) ini adalah trek klasik. Sangat pendek, sempit, titik akselerasi yang kuat, dan area pengereman yang dalam. Rider tidak hanya harus mampu membelokkan motor dengan baik (di tikungan), tapi juga memerlukan stabilitas saat pengereman. Karena itulah di sirkuit ini rival kami selalu cepat,'' paparnya dikutip Crash.

Sejak uji coba pra musim, Marquez mengeluhkan kelemahan akselerasi motornya jika harus bertarung dengan Yamaha. Perubahan sistem pembakaran mesin menjadi big bang diharapkan mampu menjinakkan hentakan mesin saat keluar tikungan. Namun sampai saat ini, masalah itu masih terasa.

''Sekarang kami lebih mengerti motor ini. Apa yang dibutuhkan untuk bisa lebih baik dan perubahan apa yang perlu dilakukan pada set up dan lain-lain. Jadi kami berharap akan ada kemajuan lagi di Jerez,'' terang Pedrosa yang baru saja meraih podium pertamanya musim ini di Austin.

Banyak pembalap papan atas yang berpeluang menang di Jerez. Tapi hanya tiga orang yang akan memengaruhi pertarungan perebutan posisi puncak klasemen akhir. Dan pertarungan baru akan dimulai akhir pekan ini di Jerez.

Vinales dan Marquez menguasai semua kemenangan dan pole position di tiga seri pertama. Sedangkan di sisi lapangan yang lain Rossi dengan modal konsistensi siap memanfaatkan momentum jika keduanya melakukan kesalahan.

Tapi itu saja tidak cukup bagi Rossi. Mulai dari Jerez akhir pekan ini, dia harus mengejar kemenangan. Jika hanya finis ketiga dan Vinales menang, posisi puncak klasemen sudah pasti akan berpindah tangan. Saat ini keduanya hanya terpisah enam poin di klasemen pembalap. Sementara dengan Marquez masih cukup aman, 18 poin.

Rossi datang sebagai ?Raja? ke Jerez. Meski sedang diburu dua lawan tangguh yang tentu akan membuatnya kesulitan. Namun setelah melewati tiga akhir pekan yang sulit The Doctor mengaku telah memahami apa yang dmaui motornya.

''Ini adalah balapan Eropa pertama dan aku sangat menikmati sirkuit (Jerez) ini. Kami telah mengalami banyak kemajuan di Austin. Kini kami tahu bagaimana caranya bekerja dengan motor ini dan aku yakin kami mampu menemukan apa yang selama ini kami cari,'' yakinnya dilansir dari GP One.

Sedangkan dari garasi sebelah, Vinales ingin melupakan insiden di Austin dan menyongsong balapan di Jerez dengan keyakinan penuh. Rider 22 tahun itu percaya Jerez adalah trek yang pas untuk Yamaha.

''Jadi aku bisa kuat dan cepat di Jerez seperti saat di Austin dan di smua trek yang sudah dilewati di awal musim. Kami hanya perlu fokus, menemukan set up terbaik untuk motor dan menggeber motor sampai akhir balapan,'' tandasnya yang mengaku sangat termotivasi akhir pekan ini.(cak/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Skuad Sudirman Cup Tanpa Butet
Skuad Sudirman Cup Tanpa Butet

Berita Sejenis

Ujian Berat Jojo dan Anthony di Denmark Open

Ujian Berat Jojo dan Anthony di Denmark Open

Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie kembali menjadi tumpuan Indonesia di ajang Super Series Premier.


Kuncinya Satu: Santai dan Tenang

Kuncinya Satu: Santai dan Tenang

Satu kunci ketangguhan jagoan Ducati Andrea Dovizioso menjadi lawan berat Marc Marquez dalam perebutan gelar juara MotoGP tahun ini adalah mentalitasnya.


Juara di Jepang, Dovizioso Pepet Marquez

Juara di Jepang, Dovizioso Pepet Marquez

Saat merayakan kemenangan megahnya di GP Jepang bersama segenap tim Ducati di parc ferme, Andrea Dovizioso didatangi rivalnya Marc Marquez.


Dovi Langsung Cepat, Marquez Jatuh Lagi

Dovi Langsung Cepat, Marquez Jatuh Lagi

Dua rider yang sedang bersaing berebut gelar juara dunia MotoGP 2017, Marc Marquez dan Andrea Dovizioso saling menunjukkan potensinya sebagai jawara di Motegi.


Baru Sembuh, Rossi Sudah Berlatih Motocross Lagi

Baru Sembuh, Rossi Sudah Berlatih Motocross Lagi

Di saat cederanya belum pulih benar, Valentino Rossi bakal menghadapi jadwal balapan super ketat bulan ini.


Di Mata Atlet, Satlak Prima Tak Begitu Membantu

Di Mata Atlet, Satlak Prima Tak Begitu Membantu

Atlet dan mantan atlet nasional ternyata tidak semuanya kompak untuk menolak keputusan pemerintah untuk membubarkan Satlak Prima.


El Pistolero Fit Tanpa Operasi

El Pistolero Fit Tanpa Operasi

Antara manajemen Barcelona dan timnas Uruguay ternyata ada beda pendapat mengenai kondisi Luis Suarez.


Marquez Unggul 16 Poin, tapi Dovi Kuan Cepat

Marquez Unggul 16 Poin, tapi Dovi Kuan Cepat

Tiga pekan mendatang bakal menjadi pekan-pekan krusial bagi perebutan gelar juara MotoGP musim 2017.


Rossi Latihan dengan Rem Jempol Lagi

Rossi Latihan dengan Rem Jempol Lagi

Balapan MotoGP bakal berlanjut lagi akhir pekan ini di Twin Ring Motegi, Jepang.


Menpora Ingin Siapkan Pelatnas Prioritas

Menpora Ingin Siapkan Pelatnas Prioritas

Asian Games 2018 merupakan salah satu ajang besar yang menjadi pembuktian Indonesia.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!