Sport
Share this on:

Di Jerez, Vinales dan Marquez Ingin Kalahkan Rossi

  • Di Jerez, Vinales dan Marquez Ingin Kalahkan Rossi
  • Di Jerez, Vinales dan Marquez Ingin Kalahkan Rossi

JEREZ - Sama-sama berbagi satu do not finish (DNF) di tiga seri pembuka MotoGP Maverick Vinales (Movistar Yamaha) dan Marc Marquez (Repsol Honda) akan memulai lagi rivalitasnya akhir pekan ini. Untuk kali pertama keduanya akan bertarung di balapan kandang di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Kali ini tujuan mereka sama: memburu posisi klasemen teratas dari tangan Valentino Rossi. Jerez adalah medan perang yang bisa dibilang tak lebih menguntungkan Yamaha atau Honda.

Jika dilihat dari dua musim terakhir, memang Yamaha lebih cocok dengan Jerez. Tahun lalu, Rossi mencuri kemenangan di kandang rival. Sedangkan musim 2015 Jorge Lorenzo menjadi kampiun saat masih menunggang YZR-M1.

Sedangkan pada 2014 dua podium dikuasai Repsol Honda. Marquez juara sementara rekan setimnya, Daniel Pedrosa finis di podium ketiga. Di luar itu semua faktor ?balapan kandang? akan membuat rider-rider Spaniard memiliki motivasi ekstra untuk tampil hebat di depan fans tanah air.

Marquez sadar Yamaha punya motor yang pas dengan karakter sirkuit ini. Namun dia juga yakin motornya punya potensi untuk bersaing jika timnya mampu mendapatkan setingan yang pas sejak di sesi latihan pertama.

''(Jerez) ini adalah trek klasik. Sangat pendek, sempit, titik akselerasi yang kuat, dan area pengereman yang dalam. Rider tidak hanya harus mampu membelokkan motor dengan baik (di tikungan), tapi juga memerlukan stabilitas saat pengereman. Karena itulah di sirkuit ini rival kami selalu cepat,'' paparnya dikutip Crash.

Sejak uji coba pra musim, Marquez mengeluhkan kelemahan akselerasi motornya jika harus bertarung dengan Yamaha. Perubahan sistem pembakaran mesin menjadi big bang diharapkan mampu menjinakkan hentakan mesin saat keluar tikungan. Namun sampai saat ini, masalah itu masih terasa.

''Sekarang kami lebih mengerti motor ini. Apa yang dibutuhkan untuk bisa lebih baik dan perubahan apa yang perlu dilakukan pada set up dan lain-lain. Jadi kami berharap akan ada kemajuan lagi di Jerez,'' terang Pedrosa yang baru saja meraih podium pertamanya musim ini di Austin.

Banyak pembalap papan atas yang berpeluang menang di Jerez. Tapi hanya tiga orang yang akan memengaruhi pertarungan perebutan posisi puncak klasemen akhir. Dan pertarungan baru akan dimulai akhir pekan ini di Jerez.

Vinales dan Marquez menguasai semua kemenangan dan pole position di tiga seri pertama. Sedangkan di sisi lapangan yang lain Rossi dengan modal konsistensi siap memanfaatkan momentum jika keduanya melakukan kesalahan.

Tapi itu saja tidak cukup bagi Rossi. Mulai dari Jerez akhir pekan ini, dia harus mengejar kemenangan. Jika hanya finis ketiga dan Vinales menang, posisi puncak klasemen sudah pasti akan berpindah tangan. Saat ini keduanya hanya terpisah enam poin di klasemen pembalap. Sementara dengan Marquez masih cukup aman, 18 poin.

Rossi datang sebagai ?Raja? ke Jerez. Meski sedang diburu dua lawan tangguh yang tentu akan membuatnya kesulitan. Namun setelah melewati tiga akhir pekan yang sulit The Doctor mengaku telah memahami apa yang dmaui motornya.

''Ini adalah balapan Eropa pertama dan aku sangat menikmati sirkuit (Jerez) ini. Kami telah mengalami banyak kemajuan di Austin. Kini kami tahu bagaimana caranya bekerja dengan motor ini dan aku yakin kami mampu menemukan apa yang selama ini kami cari,'' yakinnya dilansir dari GP One.

Sedangkan dari garasi sebelah, Vinales ingin melupakan insiden di Austin dan menyongsong balapan di Jerez dengan keyakinan penuh. Rider 22 tahun itu percaya Jerez adalah trek yang pas untuk Yamaha.

''Jadi aku bisa kuat dan cepat di Jerez seperti saat di Austin dan di smua trek yang sudah dilewati di awal musim. Kami hanya perlu fokus, menemukan set up terbaik untuk motor dan menggeber motor sampai akhir balapan,'' tandasnya yang mengaku sangat termotivasi akhir pekan ini.(cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Skuad Sudirman Cup Tanpa Butet
Skuad Sudirman Cup Tanpa Butet

Berita Sejenis

The Next Marquez Ke Suzuki

The Next Marquez Ke Suzuki

Sejak kembali ke MotoGP 2015 lalu, Suzuki belum pernah salah memilih talenta muda untuk dipupuk menjadi seorang bintang besar.


Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

Finis di podium ketiga di GP Italia, Minggu (3/6) mendongkrak posisi bintang Movistar Yamaha Valentino Rossi ke posisi kedua klasemen sementara.


Kalahkan Kazakhstan, Indonesia ke Final Lienvietpostbank

Kalahkan Kazakhstan, Indonesia ke Final Lienvietpostbank

Penampilan apik tim nasional voli putra Indonesia di Turnamen Bola Voli Internasional Piala Lienvietpostbank.


Mesin Dulu, Ricciardo Kemudian

Mesin Dulu, Ricciardo Kemudian

KEMENANGAN Daniel Ricciardo di GP Tiongkok (15/4) dan Monaco, Minggu lalu (27/5), jelas membuat nilai tawarnya meningkat.


Wow, Anggaran Opening dan Closing Ceremony Asian Games 2018 Rp700 Miliar

Wow, Anggaran Opening dan Closing Ceremony Asian Games 2018 Rp700 Miliar

Dengan dukungan dana besar, mencapai Rp700 Miliar, Inasgoc punya tugas besar untuk menyiapkan opening-closing ceremony Asian Games 2018.


Piala Thomas Kembali ke Pelukan Tiongkok

Piala Thomas Kembali ke Pelukan Tiongkok

Dalam dua edisi Piala Thomas pada 2014 dan 2016, Tiongkok kehilangan Piala Thomas.


Kevin: Service Judge Suruh Main Badminton Dulu!

Kevin: Service Judge Suruh Main Badminton Dulu!

Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo benar-benar tak bisa menerima kekalahannya oleh ganda Thailand Kittisak Namdash/Nipitphon Phuangphuapet.


Pujian Masha Berbuah Cibiran

Pujian Masha Berbuah Cibiran

Maksud hati ingin memberikan penghormatan. Namun yang muncul malah kecaman.


Marquez Tak Terkejar, Kecelakaan Besar Rugikan Ducati

Marquez Tak Terkejar, Kecelakaan Besar Rugikan Ducati

Strategi ’’melarikan diri’’ yang dipraktikkan juara bertahan MotoGP Marc Marquez sejak MotoGP Amerika Serikat tetap jitu dipakai di Sirkuit Jerez.


Menanti Duel Vinales-Marquez

Menanti Duel Vinales-Marquez

Tiga seri pembuka MotoGP terlewati dan tiga pembalap berbeda keluar sebagai pemenang.



Populer

fikri lebaran

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!