Sport
Share this on:

Ducati Mengancam Honda di Montmelo

  • Ducati Mengancam Honda di Montmelo
  • Ducati Mengancam Honda di Montmelo

BARCELONA - Dugaan bahwa lay out baru Sirkuit Montmelo, Barcelona akan cocok dengan Honda mendapat konfirmasi. Jagoan Repsol Honda Marc Marquez menguasai dua sesi latiham bebas di hari pertama sebagai rider tercepat.

Badai yang terjadi Kamis malam (8/6) waktu setempat membuat permukaan sirkuit tergenang air. Meski terus mengering, beberapa bagian trek tetap basah.

Menghindari insiden yang tak diinginkan, trek tetap kosong hingga 30 menit pertama sesi latihan pertama (FP1). Para pembalap baru keluar ketika sesi menyisakan 15 menit.

Kondisinya biasa-biasa saja hingga Jack Miller (Marc VDS-Honda) mengalami salah jalur ketika memasuki chicane (tikungan ?S?) pada T14 dan T15. Bagian itu memang baru. Baru digunakan untuk balapan MotoGP musim ini.

Perubahan tersebut dibuat untuk meningkatkan faktor keamanan rider, setelah tewasnya rider Moto2 asal Spanyol Luis Salom, pada sesi latihan bebas tahun lalu. Miller memang belum familiar dengan lay out baru Sirkuit Montmello.

Pada saat uji coba privat Honda Mei lalu, rider Australia tersebut absen karena masih terbebat cedera akibat kecelakaan di Le Mans. Jadi, FP1 kemarin adalah kali pertama Miller menjajal Montmello. Alhasil, dia salah jalur sampai empat kali.

Pada sesi pagi Marquez mencatat waktu tercepat 1 menit 45,875 detik. Disusul rider Honda lainnya Cal Crutchlow (LCR-Honda) 0,326 detik lebih lambat. Kecocokan Honda dengan Montmello ditunjukkan dengan Daniel Predrosa di posisi keempat di belakang Andrea Dovizioso (Ducati) dengan selisih 0,746 detik.

Pada sesi sore Marquez tetap yang tercepat. Catatan waktunya mampu dikepras menjadi 1 menit 44,295. Pedrosa sempat memimpin daftar waktu tercepat cukup lama, sampai sesi sore menyisakan tiga menit.

Posisinya kemudian digeser jagoan Ducati Jorge Lorenzo dengan waktu tercepat 1 menit 44,700 detik, sebelum akhirnya Marquez menutup sesi lebih cepat 0,405 detik dari Lorenzo, saat chequered flag dikibarkan.

Selain Honda, lay out baru Montmello ternyata juga ikut mengerek performa Ducati. Selau ada rider pabrikan Italia tersebut di dua besar daftar rider tercepat di hari pertama latihan.

Pada hasil akhir FP2 enam besar pembalap tercepat dikuasai para penunggang Honda dan Ducati. Sementara rider tercepat Yamaha adalah Jonas Folger (Tech3) berada di posisi ketiga dan rekan setimnya Jonas Folger di tempat ketujuh.

Valentino Rossi yang mengeluhkan rendahnya daya cengkeram permukaan aspal trek berada di posisi 10 dengan catatan waktu 1 menit 45,118 detik. Sedangkan, rekan satu timnya di Movistar Yamaha Maverick Vinales tercecer di posisi 16 dengan jarak 1,515 detik dari Marquez. (cak/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ducati Hanya Ingin Gampang Belok

Ducati Hanya Ingin Gampang Belok

Pada uji coba post season MotoGP di Valencia 24-15 November lalu, Ducati belum mengeluarkan motor barunya.


Alarm Bahaya Ducati dan Yamaha

Alarm Bahaya Ducati dan Yamaha

Pada akhir uji coba post season hari kedua di Valencia juara dunia MotoGP 2017 Marc Marquez menutup sesi sebagai yang tercepat.


Nasib Marquez di Tangan Pedrosa

Nasib Marquez di Tangan Pedrosa

Meski GP Valencia akan menjadi ajang penentuan gelar juara MotoGP antara bintang Repsol Honda Marc Marquez dan jagoan Ducati Andrea Dovizioso.


Apapun Hasilnya, Dovi Sudah “Juara”

Apapun Hasilnya, Dovi Sudah “Juara”

Di Valencia Minggu ini bintang Ducati Andrea Dovizioso ibarat melawan raksasa di kandangnya sendiri.


Dovi Bermimpi Menjadi Hayden

Dovi Bermimpi Menjadi Hayden

Rider Ducati Andrea Dovizioso pasti sadar jika seri penentuan gelar juara di Valencia nanti bukan tempat yang tepat baginya untuk bertarung.


Ducati Akan Habis-habisan di Valencia

Ducati Akan Habis-habisan di Valencia

Tak banyak pilihan bagi Ducati di seri terakhir MotoGP Valencia 12 November nanti.


Dovi Masih Berpeluang, Balapan di Valencia Dijamin Seru

Dovi Masih Berpeluang, Balapan di Valencia Dijamin Seru

Bintang Ducati Andrea Dovizioso mewujudkan keyakinannya sendiri bahwa “semuanya masih bisa terjadi”.


Dovi Langsung Panas, Marquez Bisa Kunci Gelar

Dovi Langsung Panas, Marquez Bisa Kunci Gelar

Tanda-tanda bahwa bintang Ducati Andrea Dovizioso akan sangat kuat di GP Malaysia sudah terlihat sejak latihan bebas (FP) hari pertama kemarin.


Petrucci Siap Bantu Marquez

Petrucci Siap Bantu Marquez

Tidak banyak yang bisa dilakukan bintang Ducati Andrea Dovizioso untuk mencegah rivalnya Marc Marquez mengunci gelar juara dunia MotoGP 2017 di GP Malaysia.


Top, Lorenzo Enggan Mengalah untuk Dovi

Top, Lorenzo Enggan Mengalah untuk Dovi

Persaingan pembalap Ducati Andrea Dovizioso dengan pembalap Repsol Honda Marc Marquez dalam perebutan juara dunia MotoGP tahun ini memasuki fase krusial.



Kolom

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!