Sport
Share this on:

Ferrari Siap Pamerkan Modifikasi Teknik Terbaru

  • Ferrari Siap Pamerkan Modifikasi Teknik Terbaru
  • Ferrari Siap Pamerkan Modifikasi Teknik Terbaru

MARANELLO - Ferrari menjadi kontestan F1 pertama yang mengumumkan jadwal launching tunggangan baru mereka untuk musim 2017. Hal itu dipastikan setelah pabrikan asal Maranello, Italia itu Senin dini hari kemarin mengumumkan bakal menunjukkan ke publik mobil baru mereka pada 24 Februari mendatang di privat sirkuit Fiorano, Italia.

Di sirkuit pribadi milik Ferrari tersebut mereka akan mengenalkan mobil baru sekaligus melakukan sesi pembuatan video. Itu artinya, Ferrari melakukan launching mobil baru tiga hari sebelum pre season test F1 dimulai pada 27 Februari mendatang di Barcelona. Pre season tes itu sendiri akan berakhir pada 2 Maret.

“Kami harus mengeluarkan solusi terbaru sebelum yang lain melakukannya,” ucap chief Technical Officer Ferrari, Mattia Binotto dilansir Autosport.

Binotto mengaku optimis timnya telah menemukan formula terbaik untuk menjawab tantangan beberapa perubahan peraturan teknis pada mobil F1 musim depan. Selain itu, hasil buruk yang mereka dapat di musim 2016 dengan hanya menempati peringkat ketiga klasemen konstruktor di bawah Mercedes dan Red Bull membuat Ferrari makin menggebu-gebu menatap musim baru.

“Apa yang gagal kami raih tahun ini harus dijawab dengan kemampuan bereaksi secara cepat (musim depan),” tambah Binotto.

Perubahan peraturan tekni untuk F1 musim depan sendiri memang tergolong signifikan. Bahkan menjadi salah satu yang terbesar dalam 20 musim terakhir.

Tujuan utama perubahan tersebut sendiri adalah untuk mengejar waktu lap yang lebih cepat dengan target mencapai lima detik lebih cepat dari musim lalu. Caranya adalah dengan mewajibkan tim-tim F1 merombak beberapa bentuk komponen body mobil agar mendapatkan sistem aerodinamis yang lebih efisien.

Beberapa perubahan tersebut adalah dengan membuat sayap depan mobil lebih lebar. Dari yang sebelumnya 1650 mm menjadi 1800 mm. Hal itu untuk membuat downforce mobil lebih lebar hingga mampu melibas tikungan lebih cepat.

Selain itu mobil F1 2017 nanti juga bakal lebih panjang. Ukurannya sekitar 200 mm lebih panjang dibanding musim lalu. Barge boards alias bilah di sisi kanan dan kiri mobil juga akan dibuat lebih maju ke depan. Itu dimaksudkan untuk lebih maksimal dalam pengaturan aliran udara yang datang.

Salah satu perubahan mendasar lain adalah pelebaran bentuk ban depan dan belakang. Untuk ukuran ban depan akan menjadi 305 mm dari yang sebelumnya 245 mm. Sedangkan ban belakang menjadi 405 mm dari yang sebelumnya 325 mm. Perubahan ini sendiri dimaksudkan untuk mendapatkan mechanical grip lebih tinggi agar mampu melibas tikungan lebih lincah. (irr/jpg)

Berita Sebelumnya

Anugerah Tertinggi Milik Phelps
Anugerah Tertinggi Milik Phelps

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Yamaha Siap Matikan Ducati di Katedral

Yamaha Siap Matikan Ducati di Katedral

Kemenangan beruntun Ducati di dua balapan terakhir bukan hal yang jamak terjadi MotoGP setelah era Casey Stoner.


Mercedes Ungguli Ferrari, tapi Tipis

Mercedes Ungguli Ferrari, tapi Tipis

Pertarungan ketat Mercedes dan Ferrari di Formula 1 musim ini membuat banyak orang penasaran, mesin tim mana yang paling hebat.


Sekali DNF atau Habis

Sekali DNF atau Habis

Kemenangan Sebastian Vettel di GP Monaco langsung membawa bintang Ferrari itu memuncaki klasemen Formula 1 dengan keunggulan 25 poin.


Rossi Fit, Siap Menang di Mugello

Rossi Fit, Siap Menang di Mugello

Jika ada kesempatan emas bagi Maverick Vinales untuk “melarikan diri” dari kejaran para pesaingnya, aka akhir pekan inilah waktunya.


Ferrari Semakin Cepat dan Konsisten

Ferrari Semakin Cepat dan Konsisten

Ferrari dan Mercedes memiliki peluang yang sepadan untuk menjadi yang tercepat pada GP Monaco yang akan berlangsung Minggu (28/5).


Saatnya “Orang Kedua” Tampil

Saatnya “Orang Kedua” Tampil

Di saat persaingan panas balapan F1 antara Lewis Hamilton (Mercedes) dan Sebastian (Ferrari), dua rekan satu tim mereka seperti terlupakan.


Duo Yamaha Siap ‘Keroyok’ Marquez

Duo Yamaha Siap ‘Keroyok’ Marquez

Dua podium sekaligus pada seri pembuka MotoGP di Qatar mendorong Yamaha memulai musim 2017 dengan percaya diri.


Suzuki-KTM Siap Tumbangkan Dominasi

Suzuki-KTM Siap Tumbangkan Dominasi

Sembilan juara berbeda di satu musim balapam tahun lalu mengubah wajah MotoGP menjadi lebih menarik.


Honda Tak Minat Bahas Winglet, Ducati Bawa ‘Kotak Salad’

Honda Tak Minat Bahas Winglet, Ducati Bawa ‘Kotak Salad’

Dari semua pabrikan yang turun pada uji coba pra musim musim pertama MotoGP hanya Yamaha yang membawa inovasi fairing terbaru pengganti winglet.


Turnamen Baru Bulutangkis, Siap Sediakan Hadiah Rp13 Miliar

Turnamen Baru Bulutangkis, Siap Sediakan Hadiah Rp13 Miliar

Babak baru turnamen bulu tangkis dunia akan berubah pada 2018 mendatang.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!