Sport
Share this on:

Ferrari Siap Pamerkan Modifikasi Teknik Terbaru

  • Ferrari Siap Pamerkan Modifikasi Teknik Terbaru
  • Ferrari Siap Pamerkan Modifikasi Teknik Terbaru

Ferrari menjadi kontestan F1 pertama yang mengumumkan jadwal launching tunggangan baru mereka untuk musim 2017.

MARANELLO - Ferrari menjadi kontestan F1 pertama yang mengumumkan jadwal launching tunggangan baru mereka untuk musim 2017. Hal itu dipastikan setelah pabrikan asal Maranello, Italia itu Senin dini hari kemarin mengumumkan bakal menunjukkan ke publik mobil baru mereka pada 24 Februari mendatang di privat sirkuit Fiorano, Italia.

Di sirkuit pribadi milik Ferrari tersebut mereka akan mengenalkan mobil baru sekaligus melakukan sesi pembuatan video. Itu artinya, Ferrari melakukan launching mobil baru tiga hari sebelum pre season test F1 dimulai pada 27 Februari mendatang di Barcelona. Pre season tes itu sendiri akan berakhir pada 2 Maret.

“Kami harus mengeluarkan solusi terbaru sebelum yang lain melakukannya,” ucap chief Technical Officer Ferrari, Mattia Binotto dilansir Autosport.

Binotto mengaku optimis timnya telah menemukan formula terbaik untuk menjawab tantangan beberapa perubahan peraturan teknis pada mobil F1 musim depan. Selain itu, hasil buruk yang mereka dapat di musim 2016 dengan hanya menempati peringkat ketiga klasemen konstruktor di bawah Mercedes dan Red Bull membuat Ferrari makin menggebu-gebu menatap musim baru.

“Apa yang gagal kami raih tahun ini harus dijawab dengan kemampuan bereaksi secara cepat (musim depan),” tambah Binotto.

Perubahan peraturan tekni untuk F1 musim depan sendiri memang tergolong signifikan. Bahkan menjadi salah satu yang terbesar dalam 20 musim terakhir.

Tujuan utama perubahan tersebut sendiri adalah untuk mengejar waktu lap yang lebih cepat dengan target mencapai lima detik lebih cepat dari musim lalu. Caranya adalah dengan mewajibkan tim-tim F1 merombak beberapa bentuk komponen body mobil agar mendapatkan sistem aerodinamis yang lebih efisien.

Beberapa perubahan tersebut adalah dengan membuat sayap depan mobil lebih lebar. Dari yang sebelumnya 1650 mm menjadi 1800 mm. Hal itu untuk membuat downforce mobil lebih lebar hingga mampu melibas tikungan lebih cepat.

Selain itu mobil F1 2017 nanti juga bakal lebih panjang. Ukurannya sekitar 200 mm lebih panjang dibanding musim lalu. Barge boards alias bilah di sisi kanan dan kiri mobil juga akan dibuat lebih maju ke depan. Itu dimaksudkan untuk lebih maksimal dalam pengaturan aliran udara yang datang.

Salah satu perubahan mendasar lain adalah pelebaran bentuk ban depan dan belakang. Untuk ukuran ban depan akan menjadi 305 mm dari yang sebelumnya 245 mm. Sedangkan ban belakang menjadi 405 mm dari yang sebelumnya 325 mm. Perubahan ini sendiri dimaksudkan untuk mendapatkan mechanical grip lebih tinggi agar mampu melibas tikungan lebih lincah. (irr/jpg)


Berita Sebelumnya

Anugerah Tertinggi Milik Phelps
Anugerah Tertinggi Milik Phelps

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Motor Rossi-Vinales Lebih Kencang di Tikungan

Motor Rossi-Vinales Lebih Kencang di Tikungan

MotoGP musim 2017 dibuka dengan peluncuran tim dan motor terbaru Movistar Yamaha.


Anak Schumacher jadi Rebutan Mercedes dan Ferrari

Anak Schumacher jadi Rebutan Mercedes dan Ferrari

F1 Supremo Bernie Ecclestone pernah mengatakan, ajang balapan jet darat akan kembali semarak jika ada klan Schumacher di grid.


Lorenzo Pergi, Monster Hilang?

Lorenzo Pergi, Monster Hilang?

Sepuluh hari jelang peluncuran tim Movistar Yamaha 2017, corak motor YZR-M1 terbaru sudah beredar.


Indra-Rudy Siap Tangani Timnas

Indra-Rudy Siap Tangani Timnas

PSSI memang masih menyimpan rapat-rapat siapa yang bakal ditunjuk sebagai pelatih tim nasional (timnas) senior dan kelompok umur.


Peraturan Anyar, Red Bull Siap Kembali ke Puncak

Peraturan Anyar, Red Bull Siap Kembali ke Puncak

Regulasi baru Formula 1 musim depan diharapkan memberi warna berbeda pada kompetisi yang sejak tiga tahun terakhir didominasi Mercedes.


Dovi Siap Tantang Kecepatan Lorenzo

Dovi Siap Tantang Kecepatan Lorenzo

Selain persaingan antara Valentino Rossi dan Maverick Vinales, Duel antara Jorge Lorenzo dan Andrea Iannone di Ducati juga layak dinanti.


Empat Ganda Campuran Melaju, Owi/Butet Belum Terbendung

Empat Ganda Campuran Melaju, Owi/Butet Belum Terbendung

Juara Tiongkok Open Superserie Premier, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir rupanya sudah kembali tune in dalam ajang terbaru.


Kevin/Marcus Sudah Siap Gantikan Hendra/Ahsan

Kevin/Marcus Sudah Siap Gantikan Hendra/Ahsan

Prestasi bulu tangkis Indonesia masih bertumpu pada nomor ganda. Terutama ganda campuran dan ganda putra.


KTM Siap Beri Kejutan di Valencia

KTM Siap Beri Kejutan di Valencia

Akan ada yang berbeda di grid MotoGP saat balapan seri terakhir digelar di Valencia akhir pekan ini.


Siap-siap Kecewa Lagi, Ferrari

Siap-siap Kecewa Lagi, Ferrari

Tahun lalu Sepang menjadi milik Ferrari dengan kemenangan yang dicatat Sebastian Vettel. Namun musim ini segalanya berubah.



Kolom

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!