Sport
Share this on:

Ferrari Siap Pamerkan Modifikasi Teknik Terbaru

  • Ferrari Siap Pamerkan Modifikasi Teknik Terbaru
  • Ferrari Siap Pamerkan Modifikasi Teknik Terbaru

MARANELLO - Ferrari menjadi kontestan F1 pertama yang mengumumkan jadwal launching tunggangan baru mereka untuk musim 2017. Hal itu dipastikan setelah pabrikan asal Maranello, Italia itu Senin dini hari kemarin mengumumkan bakal menunjukkan ke publik mobil baru mereka pada 24 Februari mendatang di privat sirkuit Fiorano, Italia.

Di sirkuit pribadi milik Ferrari tersebut mereka akan mengenalkan mobil baru sekaligus melakukan sesi pembuatan video. Itu artinya, Ferrari melakukan launching mobil baru tiga hari sebelum pre season test F1 dimulai pada 27 Februari mendatang di Barcelona. Pre season tes itu sendiri akan berakhir pada 2 Maret.

“Kami harus mengeluarkan solusi terbaru sebelum yang lain melakukannya,” ucap chief Technical Officer Ferrari, Mattia Binotto dilansir Autosport.

Binotto mengaku optimis timnya telah menemukan formula terbaik untuk menjawab tantangan beberapa perubahan peraturan teknis pada mobil F1 musim depan. Selain itu, hasil buruk yang mereka dapat di musim 2016 dengan hanya menempati peringkat ketiga klasemen konstruktor di bawah Mercedes dan Red Bull membuat Ferrari makin menggebu-gebu menatap musim baru.

“Apa yang gagal kami raih tahun ini harus dijawab dengan kemampuan bereaksi secara cepat (musim depan),” tambah Binotto.

Perubahan peraturan tekni untuk F1 musim depan sendiri memang tergolong signifikan. Bahkan menjadi salah satu yang terbesar dalam 20 musim terakhir.

Tujuan utama perubahan tersebut sendiri adalah untuk mengejar waktu lap yang lebih cepat dengan target mencapai lima detik lebih cepat dari musim lalu. Caranya adalah dengan mewajibkan tim-tim F1 merombak beberapa bentuk komponen body mobil agar mendapatkan sistem aerodinamis yang lebih efisien.

Beberapa perubahan tersebut adalah dengan membuat sayap depan mobil lebih lebar. Dari yang sebelumnya 1650 mm menjadi 1800 mm. Hal itu untuk membuat downforce mobil lebih lebar hingga mampu melibas tikungan lebih cepat.

Selain itu mobil F1 2017 nanti juga bakal lebih panjang. Ukurannya sekitar 200 mm lebih panjang dibanding musim lalu. Barge boards alias bilah di sisi kanan dan kiri mobil juga akan dibuat lebih maju ke depan. Itu dimaksudkan untuk lebih maksimal dalam pengaturan aliran udara yang datang.

Salah satu perubahan mendasar lain adalah pelebaran bentuk ban depan dan belakang. Untuk ukuran ban depan akan menjadi 305 mm dari yang sebelumnya 245 mm. Sedangkan ban belakang menjadi 405 mm dari yang sebelumnya 325 mm. Perubahan ini sendiri dimaksudkan untuk mendapatkan mechanical grip lebih tinggi agar mampu melibas tikungan lebih lincah. (irr/jpg)

Berita Sebelumnya

Anugerah Tertinggi Milik Phelps
Anugerah Tertinggi Milik Phelps

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ducati Siap Terobos Dominasi Yamaha-Honda

Ducati Siap Terobos Dominasi Yamaha-Honda

Harapan penggemar MotoGP untuk menyaksikan juara dunia baru kian terkuak di musim 2017.


Ferrari Ngebet Gaet Hamilton

Ferrari Ngebet Gaet Hamilton

Presiden Ferrari Sergio Marchionne berambisi mendatangkan superstar Mercedes Lewis Hamilton ke Maranello.


Semoga Mercedes Tidak Menyesal

Semoga Mercedes Tidak Menyesal

Dua rival utama Formula 1 Ferrari dan Mercedes melakukan pendekatan yang sama di GP Hungaria, tapi dengan hasil berbeda.


Ferrari Tak Tertandingi di Hungaroring

Ferrari Tak Tertandingi di Hungaroring

Akhir pekan sempurna bagi Ferrari. Di Hungaroring yang tak menuntut power mesin besar tim Kuda Jingkrak benar-benar tak tertandingi.


Insiden Ban Vettel Masih Misterius

Insiden Ban Vettel Masih Misterius

Misteri sepertinya akan terus meliputi penyebab pecahnya ban kiri depan superstar Ferrari Sebastian Vettel di GP Inggris sepekan lalu.


Petenis Merah Putih Siap Tempur Hadapi Fed Cup

Petenis Merah Putih Siap Tempur Hadapi Fed Cup

Tidak ada waktu istirahat bagi tim tenis Indonesia untuk meraih prestasi.


Seru, Duel Mercedes di Kualifikasi

Seru, Duel Mercedes di Kualifikasi

Lewis Hamilton mengatakan tak ada satupun pembalap yang siap dengan kecepatan mobil baru di Sirkuit Silverstone.


Tembus Semifinal Wimbledon, Konta Bisa Ukir Sejarah

Tembus Semifinal Wimbledon, Konta Bisa Ukir Sejarah

Grand slam Wimbledon memasuki fase penting. Malam nanti dua semifinal tunggal putri siap dihelat.


Suhu Panas Berlanjut di Red Bull Ring

Suhu Panas Berlanjut di Red Bull Ring

Kasus pembalap Ferrari Sebastian Vettel yang sengaja menabrakkan mobilnya ke mobil Lewis Hamilton di GP Azerbaijan sudah ditutup.


Ulang Tahun, Vettel Malah Didiskualifikasi

Ulang Tahun, Vettel Malah Didiskualifikasi

Keputusan pahit harus diterima bintang Ferrari Sebastian Vettel pada hari ulang tahunnya yang ke-30 kemarin.



Kolom

BIG BERRY

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!