Sport
Share this on:

Hanya Kecolongan Satu Game

  • Hanya Kecolongan Satu Game
  • Hanya Kecolongan Satu Game

PARIS - Status sebagai kandidat kuat juara Prancis Terbuka sejauh ini masih pantas dilayangkan kepada Rafael Nadal. Pada pertandingan babak ketiga tadi malam petenis Spanyol tersebut sama sekali tak memberi kesempatan bagi lawannya Nikolos Bashilasvili untuk mengembangkan permainannya. Nadal menang meyakinkan dengan skor akhir 6-0, 6-1, 6-0.

Nadal bermain sangat solid dalam pertandingan sepanjang 90 menit tersebut. Tercatat delapan kali mantan petenis nomor satu dunia tersebut mencatat break. Bahkan hanya kehilangan satu game untuk memastikan melangkah ke babak keempat.

Rupanya julukan Raja Lapangan Tanah Liat masih pantas disematkan kepada petenis 30 tahun tersebut. Di tiga pertandingan pembuka juara sembilan kali Prancis Terbuka tersebut belum kehilangan satu set pun, atau selalu menang tiga kosong. Bahkan tak satu set pun yang membutuhkan tie break untuk menyelesaikannya.

Nadal memenangi set pertama hanya dalam waktu 23 menit. Kemudian mengamankan lima game berikutnya sebelum petenis rangking 63 dunia, Basilashvili akhirnya mencatatkan satu poin di papan skor.

Dengan kemenangan tersebut kini rekor menang-kalah Nadal di Roland Garros menjadi 75-2 di Roland. Dua kekalahannya itu dicatat pada Robin Soderling di babak keempat Prancis Terbuka 2009 dan di perempat final 2015 oleh Novak Djokovic.

''Bisa lolos ke babak berikutnya adalah langkah yang penting. Tapi yang lebih penting adalah ketika kau memiliki feeling yang positif,'' ucap Nadal.

Pada babak berikutnya Nadal sudah ditunggu rekan senegaranya Roberto Bautista Agut. Menurutnya, calon lawannya tersebut akan lebih sulit diprediksi mengingat sebelumnya belum pernah bertemu dengannya.

''Aku tahu pertandingan berikutnya akan berat. Dia (Agut) memukul bola dengan sangat cepat, tapi aku yakin bisa bermain maksimal saat ini,'' terusnya.

Saat ini Nadal sedang mengejar gelar kesepuluhnya di Prancis Terbuka. Sepanjang sejarah hanya ada Margaret Court yang mampu mencapai rekor memenangi 10 gelar di satu grand slam. Saat itu Court menjuarai Australia Terbuka 11 kali dalam kurun waktu 1960-1973.

Dengan sembilan gelar tersebut, Nadal dianggap sebagai satu ikon Roland Garros terpenting. Untuk menghargai prestasinya tersebut Ketua Federasi Tenis Prancis mengumumkan akan membangun patung petenis Majorca itu di kawasan Roland Garros.

Saat ini sudah ada empat patung dibangung di sana, mereka adalah Suzanne Lenglen dan four Musketeers.Mereka adalah Jean Borotra, Jacques Brugnon, Henri Cochet dan Ren? Lacoste. ''Tidak ada cara lain untuk menghormatinya selain membuatnya (Nadal) menjadi abadi,'' ucap Giudicelli yang menjuluki Nadal sebagai ?Monster?.

Sepanjang hari kemarin ada dua petenis yang retire karena mengalami cedera. Mereka adalah David Goffin yang mengalami cedera engkel dan Guillermo Garcia menderita cedera otot paha di awal set kedua menghadapi Milo Raonic. (cak/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kuncinya Satu: Santai dan Tenang

Kuncinya Satu: Santai dan Tenang

Satu kunci ketangguhan jagoan Ducati Andrea Dovizioso menjadi lawan berat Marc Marquez dalam perebutan gelar juara MotoGP tahun ini adalah mentalitasnya.


Final Ideal Masih Terjaga

Final Ideal Masih Terjaga

Perjalanan ranking satu dunia Rafael Nadal di Shanghai Masters belum terbendung.


Kubica Jalani Tes Bersama Williams

Kubica Jalani Tes Bersama Williams

Proses seleksi untuk menentukan satu pembalap yang bakal mengisi kursi balap Williams-Mercedes musim depan semakin gencar dilakukan.


Kyrgios Tak Pernah Kapok

Kyrgios Tak Pernah Kapok

Seperti yang pernah dikatakan petenis nomor satu dunia Rafael Nadal, Nick Kyrgios sebenarnya memiliki segalanya untuk menjadi petenis terbaik dunia.


Clippers Butuh Kerja Lebih Keras

Clippers Butuh Kerja Lebih Keras

Ditinggal salah satu bintang utamanya di enam musim terakhir yakni Chris Paul, Los Angeles Clippers memang harus lebih bekerja keras.


Menpora Ingin Siapkan Pelatnas Prioritas

Menpora Ingin Siapkan Pelatnas Prioritas

Asian Games 2018 merupakan salah satu ajang besar yang menjadi pembuktian Indonesia.


Muguruza dan Pliskova Belum Tertahan

Muguruza dan Pliskova Belum Tertahan

Ranking satu dunia Garbine Muguruza dan ranking empat dunia Karolina Pliskova menjaga marwah petenis unggulan di ajang WTA Premier 5 Wuhan Open.


Bawa Pulang Dua Emas dari AIMAG, Merah Putih Lebihi Ekspektasi

Bawa Pulang Dua Emas dari AIMAG, Merah Putih Lebihi Ekspektasi

Asian Indoor & Martial Art Games (AIMAG) 2017 menjadi salah satu multievent untuk bersiap menuju Asian Games 2018 buat atlet Indonesia.


Beatrice Tambah Satu Emas Merah Putih

Beatrice Tambah Satu Emas Merah Putih

Indonesia kembali menambah pundi-pundi medali pada Asian Indoor & Martial Art Games (AIMAG) 2017.


Golovkin-Alvarez Sudah ?Panas?

Golovkin-Alvarez Sudah ?Panas?

Satu minggu sebelum duel kelas menengah antara Gennady Golovkin dan Saul Canelo Alvarez 16 September mendatang, suasana di luar ring sudah mendidih.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!