Sport
Share this on:

Indra-Rudy Siap Tangani Timnas

  • Indra-Rudy Siap Tangani Timnas
  • Indra-Rudy Siap Tangani Timnas

JAKARTA - PSSI memang masih menyimpan rapat-rapat siapa yang bakal ditunjuk sebagai pelatih tim nasional (timnas) senior dan kelompok umur. Tapi, sejumlah nama mulai ramai disebut sebagai kandidat. Di antaranya, Indra Sjafri dan Rudy Eka Priyambada.

Indra diperkirakan menjadi calon pelatih timnas U-22. Tim tersebut bakal diterjunkan ke SEA Games 2017 yang membatasi usia pemain di bawah umur 22 tahun.

Indra, yang masih terikat kontrak dengan Bali United, mengaku siap jika benar-benar dipercaya PSSI untuk menakhodai Garuda Muda (sebutan timnas U-22). ”Saat ini tentu saya menghormati kontrak dengan Bali United. Tapi, kapan pun negara memanggil, saya siap,” ujarnya, kemarin.

Kalau benar Indra kelak ditunjuk, besar kemungkinan dia merangkap tugas sebagai pelatih timnas senior dengan status karteker. Sebab, sepanjang tahun depan, Garuda (julukan timnas senior) tak punya agenda turnamen. Hanya ada serangkaian uji coba.

Itu beda dengan timnas kelompok umur yang bakal padat agenda (selengkapnya lihat grafis). Karena itu, buat timnas senior, bisa jadi PSSI tidak tergesa-gesa untuk menunjuk pengganti Alfred Riedl. Apalagi, terbuka kemungkinan timnas senior ditangani pelatih asing lagi.

Namun, bisa pula Indra kembali ditugaskan untuk menangani timnas U-19. Tiga tahun silam Indra sukses mengantar Garuda Jaya (julukan timnas U-19) ke podium juara Piala AFF U-19.

Dari tim itu pula, lahir sejumlah nama yang kemudian juga menjadi pilar timnas U-23, bahkan timnas senior. Di antaranya, Evan Dimas Darmono, Hansamu Yama Pranata, dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh. Ketiganya masuk skuad Piala AFF 2016.

Sedangkan Rudy Eka Priyambada merupakan pelatih muda yang punya pengalaman lokal maupun internasional. Dia sudah memegang lisensi A AFC. Dalam waktu dekat, dia juga berencana meng-upgrade kemampuan agar bisa mendapatkan AFC Pro License.

”Tadi pagi (kemarin pagi, Red) juga sudah ketemu Pak Edy (Rahmayadi, ketua umum PSSI, Red), banyak ngobrol, termasuk pamit untuk ikut kursus lagi,” ujar pria yang sempat menjadi asisten pelatih Al Najma, salah satu klub di Liga Bahrain, itu.

Senada dengan Indra, dia antusias seandainya benar-benar dipercaya untuk menukangi tim nasional. Tetapi, kontraknya dengan Celebest FC baru akan rampung pada April 2017.

Rencananya, para pelatih timnas diumumkan dalam kongres tahunan PSSI pada 8 Januari 2017 di Bandung. ”Untuk pelatih timnas senior, kami masih mempertimbangkan segala kemungkinan sesuai kriteria yang disampaikan Ketum PSSI sebelumnya. Salah satunya, sudah pernah menangani timnas negara Asia lainnya dan membawa timnya juara,” kata Ade Wellington, sekjen PSSI.

Dengan kriteria seperti itu, jelas tertutup kemungkinan bagi pelatih Indonesia untuk bisa menangani Garuda. Sebab, tak ada satu pun pelatih di tanah air yang pernah menangani timnas negara lain. Apalagi menjadi juara. (nap/c11/ttg/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Akhirnya F1 2017, tanpa Rio
Akhirnya F1 2017, tanpa Rio

Berita Sejenis

Ducati Siap Terobos Dominasi Yamaha-Honda

Ducati Siap Terobos Dominasi Yamaha-Honda

Harapan penggemar MotoGP untuk menyaksikan juara dunia baru kian terkuak di musim 2017.


Timnas Voli Sedikit Nervous Jelang SEA Games

Timnas Voli Sedikit Nervous Jelang SEA Games

Satu minggu sebelum tampil di SEA Games 2017 memberikan rasa waswas tersendiri bagi timnas voli.


Biboy Belum Tentu Dibawa ke Sea Games

Biboy Belum Tentu Dibawa ke Sea Games

Timnas basket putra terus memburu waktu jelang turun di SEA Games 2017.


Kalahkan Arab Saudi, Indonesia Berpeluang Lolos Grup

Kalahkan Arab Saudi, Indonesia Berpeluang Lolos Grup

Timnas Voli Putra Indonesia berhasil melewati laga perdana turnamen 19th Asian Senior Men’s Volleyball Championship dengan manis.


Petenis Merah Putih Siap Tempur Hadapi Fed Cup

Petenis Merah Putih Siap Tempur Hadapi Fed Cup

Tidak ada waktu istirahat bagi tim tenis Indonesia untuk meraih prestasi.


Seru, Duel Mercedes di Kualifikasi

Seru, Duel Mercedes di Kualifikasi

Lewis Hamilton mengatakan tak ada satupun pembalap yang siap dengan kecepatan mobil baru di Sirkuit Silverstone.


Tembus Semifinal Wimbledon, Konta Bisa Ukir Sejarah

Tembus Semifinal Wimbledon, Konta Bisa Ukir Sejarah

Grand slam Wimbledon memasuki fase penting. Malam nanti dua semifinal tunggal putri siap dihelat.


Yamaha Siap Matikan Ducati di Katedral

Yamaha Siap Matikan Ducati di Katedral

Kemenangan beruntun Ducati di dua balapan terakhir bukan hal yang jamak terjadi MotoGP setelah era Casey Stoner.


Berlatih ke Amerika Serikat, Seorang Pemain Naturalisasi Tak Dipanggil

Berlatih ke Amerika Serikat, Seorang Pemain Naturalisasi Tak Dipanggil

Setelah sempat tertunda beberapa lama, akhirnya kepastian mengenai keberangkatan timnas basket ke Houston, Amerika Serikat pun menemui titik terang.


Rossi Fit, Siap Menang di Mugello

Rossi Fit, Siap Menang di Mugello

Jika ada kesempatan emas bagi Maverick Vinales untuk “melarikan diri” dari kejaran para pesaingnya, aka akhir pekan inilah waktunya.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!