Sport
Share this on:

Kemenpora Ajukan Tambahan Dana Sea Games Rp6 Miliar

  • Kemenpora Ajukan Tambahan Dana Sea Games Rp6 Miliar
  • Kemenpora Ajukan Tambahan Dana Sea Games Rp6 Miliar

JAKARTA - Kegelisahan kontingen Indonesia terkait kekurangan anggaran menjelang SEA Games 2017 bakal terselesaikan. Ini seiring lampu hijau yang diperlihatkan Komisi X DPR-RI dalam rapat kerja bersama Kemenpora di ruang Komisi X, kemarin.

Dalam hal ini, setelah Kemenpora mengajukan tambahan anggaran untuk kebutuhan SEA Games sebesar Rp6 miliar. Kebutuhan tersebut berdasar surat Ketua KOI yang bernomor 155/UMM/KOI/VI/2017 pada 4 Juni lalu.

Surat tersebut merujuk pada kebutuhan anggaran yang dibutuhkan KOI untuk mengawal kontingen Indonesia di Malaysia nanti. Sebagaimana diketahui, semula KOI mengajukan anggaran sebesar Rp43 miliar.

Namun pada kenyataannya, Kemenpora hanya bisa mencairkan Rp30,5 miliar, plus realokasi anggaran Satlak Prima Rp5 miliar. ?Waktunya juga semakin mepet, fokus kami segera akan diputuskan besok (hari ini, Red),? ujar Ketua Komisi X DPR-RI, Teuku Riefky Harsya.

Anggaran tambahan tersebut dimasukkan Kemenpora dalam komposisi Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2017. Total Rp1,9 triliun diajukan Kemenpora yang juga mencakup kebutuhan Inasgoc senilai Rp1,8 triliun.

Dengan demikian, kebutuhan anggaran Indonesia di SEA Games bakal berjumlah Rp41,5 miliar. Dengan catatan, jumlah tersebut bisa disetujui dalam rapat lanjutan malam ini.

Tetapi dengan mengacu respon positif dari anggota Komisi X DPR-RI, besar kemungkinan tambahan anggaran yang diajukan tersebut bisa direalisasikan.Dorongan penambahan anggaran tersebut semakin kuat seiring membengkaknya jumlah atlet yang tampil di SEA Games kali ini.

Pada SEA Games nanti, Indonesia bakal berkekuatan 620 atlet. Rinciannya, 534 atlet masuk dalam SK Satlak Prima, yang bakal ditanggung segala kebutuhan selama di SEA Games.

Lantas bagaimana sisanya? 86 atlet lainnya akan ditanggung Pengurus Cabor masing-masing. ?Kami sudah ada kesepakatan dengan KOI dan PB cabor, bahwa atlet tambahan non SK Prima ditanggung mereka,? terang Menpora Imam Nahrawi.

Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto menjelaskan, terkait mekanisme pencairan tambahan anggaran tersebut Kemenpora sudah menyiapkan opsi. ?Kalau RAPBNP nanti disetujui, kami akan coba cari pos anggaran yang bisa digunakan dulu, biar bisa terselesaikan,? sebutnya.

Namun, yang cukup melegakan yakni masalah bonus, pemerintah tidak membedakan antara atlet yang masuk SK Prima ataupun tidak. ?Semua dapat bonus, buat mereka yang dapat medali emas, perak, perunggu,? lanjut Menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Saat ini, Kemenpora sudah menganggarkan Rp55 miliar untuk kebutuhan bonus atlet di SEA Games. Tetapi, Imam menyatakan besaran bonus bakal dirasionalisasi, tidak akan lebih besar dari bonus edisi sebelumnya.

Seperti diketahui pada SEA Games 2015 lalu, untuk atlet perorangan yang mendapatkan emas diganjar Rp 200 juta. Sedangkan perak perunggu masing-masing Rp50 juta dan Rp30 juta. (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ansori Tukangi Timnas Voli Putri Asian Games

Ansori Tukangi Timnas Voli Putri Asian Games

Badan Tim Nasional Pengurus Pusat Persatuab Bola Voli Seluruh Indonesia memilih Muhammad Ansori sebagai pelatih tim nasional voli putri Asian Games 2018.


Ajak Juara All England ke Ragunan

Ajak Juara All England ke Ragunan

Beragam cara dilakukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk memacu prestasi dari atlet muda.


Venue Kano Baru Siap Juni

Venue Kano Baru Siap Juni

Lima bulan jelang pelaksanaan Asian Games, sejumlah venue masih belum rampung pengerjaannya.


Kelas 62 kg Akan Kembali Digelar

Kelas 62 kg Akan Kembali Digelar

Harapan untuk meraih medali dari cabang olahraga angkat besi nomor 62 kg di Asian Games 2018 masih terbuka.


McGregor Buru Dua Laga di 2018

McGregor Buru Dua Laga di 2018

Conor McGregor merespon cepat ucapan presiden UFC Dana White yang menyebut akan segera mencabut sabuk juara dunia kelas ringan miliknya.


Astana Di Ujung Tanduk

Astana Di Ujung Tanduk

Tim balap sepeda Astana Pro Team dilaporkan sedang mengalami masalah keuangan kronus. Pemerintah Kazakhstan sebagai penyandang dana terbesar tim.


Komentar Sengaja Mengalah, Cuban didenda RP 8,2 Miliar

Komentar Sengaja Mengalah, Cuban didenda RP 8,2 Miliar

Belum tuntas menanggung kasus dugaan pelecehan seksual yang terjadi di dalam timnya, bos Dallas Mavericks Mark Cuban kemarin didenda Rp 8,2 miliar oleh NBA.


Timnas Basket Ditarget Lolos ke Babak Kedua

Timnas Basket Ditarget Lolos ke Babak Kedua

Medali emas yang disumbangkan tim nasional basket dalam invitation tournament Asian Games 2018 patut disyukuri.


Wisma Atlet Asian Games Setara Hotel Bintang Tiga

Wisma Atlet Asian Games Setara Hotel Bintang Tiga

Wiswa atlet di Kemayoran siap ditempati ribuan atlet yang akan mengikuti test event Asian Games pada 8-25 Februari.


Subsidi Liga 1 Minimal Rp5 Miliar

Subsidi Liga 1 Minimal Rp5 Miliar

Seperti biasa, kapan dan bagaimana regulasi kompetisi musim depan masih menjadi misteri.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!