Sport
Share this on:

Kemenpora Ajukan Tambahan Dana Sea Games Rp6 Miliar

  • Kemenpora Ajukan Tambahan Dana Sea Games Rp6 Miliar
  • Kemenpora Ajukan Tambahan Dana Sea Games Rp6 Miliar

JAKARTA - Kegelisahan kontingen Indonesia terkait kekurangan anggaran menjelang SEA Games 2017 bakal terselesaikan. Ini seiring lampu hijau yang diperlihatkan Komisi X DPR-RI dalam rapat kerja bersama Kemenpora di ruang Komisi X, kemarin.

Dalam hal ini, setelah Kemenpora mengajukan tambahan anggaran untuk kebutuhan SEA Games sebesar Rp6 miliar. Kebutuhan tersebut berdasar surat Ketua KOI yang bernomor 155/UMM/KOI/VI/2017 pada 4 Juni lalu.

Surat tersebut merujuk pada kebutuhan anggaran yang dibutuhkan KOI untuk mengawal kontingen Indonesia di Malaysia nanti. Sebagaimana diketahui, semula KOI mengajukan anggaran sebesar Rp43 miliar.

Namun pada kenyataannya, Kemenpora hanya bisa mencairkan Rp30,5 miliar, plus realokasi anggaran Satlak Prima Rp5 miliar. ”Waktunya juga semakin mepet, fokus kami segera akan diputuskan besok (hari ini, Red),” ujar Ketua Komisi X DPR-RI, Teuku Riefky Harsya.

Anggaran tambahan tersebut dimasukkan Kemenpora dalam komposisi Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2017. Total Rp1,9 triliun diajukan Kemenpora yang juga mencakup kebutuhan Inasgoc senilai Rp1,8 triliun.

Dengan demikian, kebutuhan anggaran Indonesia di SEA Games bakal berjumlah Rp41,5 miliar. Dengan catatan, jumlah tersebut bisa disetujui dalam rapat lanjutan malam ini.

Tetapi dengan mengacu respon positif dari anggota Komisi X DPR-RI, besar kemungkinan tambahan anggaran yang diajukan tersebut bisa direalisasikan.Dorongan penambahan anggaran tersebut semakin kuat seiring membengkaknya jumlah atlet yang tampil di SEA Games kali ini.

Pada SEA Games nanti, Indonesia bakal berkekuatan 620 atlet. Rinciannya, 534 atlet masuk dalam SK Satlak Prima, yang bakal ditanggung segala kebutuhan selama di SEA Games.

Lantas bagaimana sisanya? 86 atlet lainnya akan ditanggung Pengurus Cabor masing-masing. ”Kami sudah ada kesepakatan dengan KOI dan PB cabor, bahwa atlet tambahan non SK Prima ditanggung mereka,” terang Menpora Imam Nahrawi.

Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto menjelaskan, terkait mekanisme pencairan tambahan anggaran tersebut Kemenpora sudah menyiapkan opsi. ”Kalau RAPBNP nanti disetujui, kami akan coba cari pos anggaran yang bisa digunakan dulu, biar bisa terselesaikan,” sebutnya.

Namun, yang cukup melegakan yakni masalah bonus, pemerintah tidak membedakan antara atlet yang masuk SK Prima ataupun tidak. “Semua dapat bonus, buat mereka yang dapat medali emas, perak, perunggu,” lanjut Menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Saat ini, Kemenpora sudah menganggarkan Rp55 miliar untuk kebutuhan bonus atlet di SEA Games. Tetapi, Imam menyatakan besaran bonus bakal dirasionalisasi, tidak akan lebih besar dari bonus edisi sebelumnya.

Seperti diketahui pada SEA Games 2015 lalu, untuk atlet perorangan yang mendapatkan emas diganjar Rp 200 juta. Sedangkan perak perunggu masing-masing Rp50 juta dan Rp30 juta. (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pebulu Tangkis Tunggal Putra Incar Medali

Pebulu Tangkis Tunggal Putra Incar Medali

Tim tunggal putra Indonesia mengejar perbaikan prestasi di SEA Games Malaysia Agustus mendatang.


Lima Lifter Indonesia Konfiden Menuju Malaysia

Lima Lifter Indonesia Konfiden Menuju Malaysia

Tim angkat besi Indonesia kini menjalani persiapan terakhir menuju SEA Games Malaysia Agustus mendatang.


Kontingen Indonesia Berangkat H-2 Pertandingan

Kontingen Indonesia Berangkat H-2 Pertandingan

Tim Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia punya tugas besar untuk melayani atlet Indonesia di SEA Games Malaysia 2017.


Kemenpora Tetap Siapkan Bonus Atlet

Kemenpora Tetap Siapkan Bonus Atlet

Apresiasi terhadap prestasi atlet Indonesia menjadi perhatian utama pemerintah Indonesia.


Kekurangan Dana, KOI Dorong Kemenpora Ambil Tindakan

Kekurangan Dana, KOI Dorong Kemenpora Ambil Tindakan

Satlak Prima kini menjadi komando pelatnas cabor di ajang multievent.


Balap Sepeda Optimis Bisa Dulang Emas

Balap Sepeda Optimis Bisa Dulang Emas

Tim balap sepeda Indonesia punya misi besar di SEA Games 2017 nanti.


Di Sachsenring, Marquez Tak Tertandingi

Di Sachsenring, Marquez Tak Tertandingi

Marquez secara dominan menjadi juara MotoGP di Sachsenring. Tambahan 25 poin mengerek posisi Marquez ke puncak klasemen.


Akhirnya PBSI Penuhi Panggilan Kemenpora

Akhirnya PBSI Penuhi Panggilan Kemenpora

Kegagalan Indonesia pada Piala Sudirman 2017, menuai perhatian tegas dari pemerintah.


Gagal Finish, Alonso Tetap Dapat Rp4 Miliar

Gagal Finish, Alonso Tetap Dapat Rp4 Miliar

Meski gagal finis pada penampilan debutnya di balapan IndyCar500 Minggu lalu (28/5) Fernando Alonso tetap menyandang rookie of the year (ROY).


Gagal Total di Sudirman Cup, Kemenpora Panggil PBSI

Gagal Total di Sudirman Cup, Kemenpora Panggil PBSI

Kegagalan tim bulutangkis Indonesia dalam ajang Sudirman Cup lalu, menuai reaksi tegas dari Kemenpora.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!