Sport
Share this on:

Ketahuan Doping, 14 Atlet Disanksi

  • Ketahuan Doping, 14 Atlet Disanksi
  • Ketahuan Doping, 14 Atlet Disanksi

JAKARTA - Setelah sempat menunggu sekian lama, akhirnya Kemenpora bersama Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) mengumumkan 14 nama atlet yang dinyatakan memakai doping pada ajang PON XIX Jabar dan Peparnas XI 2016 lalu. Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Dewan Disiplin Anti-Doping, Cahyo Adi di kantor Kemenpora, kemarin.

Dari 14 atlet yang terbukti mengkonsumsi zat terlarang, 12 di antaranya adalah atlet PON. Sedangkan 2 orang lainnya adalah peserta Peparnas. Namun, sementara ini, Dewan Disiplin baru dapat mengumumkan hasil putusan hukuman kepada 5 atlet saja. Sebab, mereka tidak mengajukan banding setelah proses hearing terhadap hasil tes tersebut.

Hukuman yang mereka terima pun beragam, mulai dari 6 bulan hingga hukuman maksimal 4 tahun. Keputusan tersebut bergantung pada jenis zat yang mereka konsumsi.

?Kalau zat spesifik seperti steroid, hukumannya empat tahun. Kalau mereka menggunakan zat non spesifik, akan mendapat peringatan, teguran, hingga hukuman setengah dari hukuman maksimal yakni 2 tahun,? ujar Cahyo.

Adapun lifter Kaltim Awang Latiful Habir, diputus bebas dari hukuman. Sebab, zat yang ditemukan dalam urinnya tersebut baru disahkan dalam golongan zat doping mulai 2017. Adapun, Awang menjalani tes doping pada 2016.

?Saat itu, higenamine, zat yang dikonsumsi Awang, belum dinyatakan sebagai zat terlarang. Untung saja,? ucapnya.

Sementara itu, proses banding ingin ditempuh 9 atlet PON dan Peparnas 2016. Mereka meminta peninjauan ulang terhadap sanksinya. Dua dari sembilan nama tersebut adalah Jendri yang dihukum maksimal selama 4 tahun dan I Ketut yang diberi sanksi selama 2 tahun.

?Jendri menggugat karena lamanya sanksi yang ia terima. Kalau Ketut, meminta peninjauan sanksi larangan maksimal,? ungkap Cahyo.

Sementara tujuh sisa atlet lainnya akan membuka sampel B. ?Untuk sisanya, kami tidak bisa sebut dulu masa hukumannya karena belum ada putusan resmi dari Dewan Banding,? ungkap Cahyo.

Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto menuturkan, sidang banding akan dilakukan setelah surat susunan anggota dan ketua Dewan Banding ditetapkan. Nantinya, Dewan Banding akan diambil dari praktisi hokum, perwakilan atlet, dan tim medis.

?Kami akan menyusun itu secepatnya. Jika itu sudah disahkan Menpora, Dewan Banding baru dapat melakukan tugasnya,? kata Gatot.

Gatot juga menjelaskan bahwa atlet yang mendapatkan hukuman maksimal 4 tahun, terancam tidak dapat tampil di PON XX Papua pada 2020 mendatang. ?Yang namanya peraturan, ya harus dipatuhi dengan tegas. Sanksi yang sudah ditetapkan harus dipenuhi. Juga termasuk mengembalikan bonus dan medali yang telah diberikan,? tegas Gatot. (tif/jpg)

Berita Sebelumnya

Skuad Sudirman Cup Tanpa Butet
Skuad Sudirman Cup Tanpa Butet

Berita Berikutnya

Di Jerez, Pedrosa Lebih Cepat
Di Jerez, Pedrosa Lebih Cepat

Berita Sejenis

Ajak Juara All England ke Ragunan

Ajak Juara All England ke Ragunan

Beragam cara dilakukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk memacu prestasi dari atlet muda.


Dumoulin Serang Froome

Dumoulin Serang Froome

Jawara Giro d'Italia 2017 Tom Dumoulin mengirim kritikan pedas kepada rivalnya Christopher Froome yang sedang terlilit kasus dugaan doping.


Atlet Slovenia Tersandung Doping

Atlet Slovenia Tersandung Doping

Isu doping belum habis dari Olimpiade Musim Dingin 2018 Pyeongchang.


Lee Sang-hwa Gagal Hat-trick Emas

Lee Sang-hwa Gagal Hat-trick Emas

Speedskater Jepang Nao Kodaira menjadi mimpi buruk bagi atlet andalan tuan rumah Lee Sang-hwa.


Iron Man Tambah Emas Tuan Rumah

Iron Man Tambah Emas Tuan Rumah

Tampil dengan menggunakan helm tokoh super hero kesayangannya, Iron Man, atlet skeleton putra Korea Selatan (Korsel), Yun Sung-bin membuat suporter bergemuruh.


Ketahuan Doping, Muhammad Ali Dihukum 2 tahun

Ketahuan Doping, Muhammad Ali Dihukum 2 tahun

Nasib buruk didapat petinju amatir muda Britania Raya Muhammad Ali.


Wisma Atlet Asian Games Setara Hotel Bintang Tiga

Wisma Atlet Asian Games Setara Hotel Bintang Tiga

Wiswa atlet di Kemayoran siap ditempati ribuan atlet yang akan mengikuti test event Asian Games pada 8-25 Februari.


Froome Dikabarkan “Menyerah”

Froome Dikabarkan “Menyerah”

Media Italia Corriere della Sera mengungkap kisah di balik perkembangan kasus dugaan doping yang menimpa juara empat kali Tour de France Chris Froome.


Michael Jordan, Atlet Terkaya dalam Sejarah

Michael Jordan, Atlet Terkaya dalam Sejarah

Legenda hidup basket NBA, Michael Jordan, tercatat sebagai atlet dengan penghasil terbanyak sepanjang sejarah.


Tinggal Tunggu Dua Cabor Lagi

Tinggal Tunggu Dua Cabor Lagi

Anggaran besar yang disediakan oleh pemerintah untuk program high performance atlet proyeksi Asian Games 2018 bakal berlangsung cepat.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!