Sport
Share this on:

Merah Putih Kunci Juara Umum Lebih Cepat

  • Merah Putih Kunci Juara Umum Lebih Cepat
  • Merah Putih Kunci Juara Umum Lebih Cepat

dok. jawapos

KUALA LUMPUR - Atlet difabel Indonesia memperlihatkan perjuangan luar biasa di multievent olahraga se Asia Tenggara, Asean Paragames (APG) 2017.

Setelah hanya meraih dua medali perunggu pada hari pertama (17/9), Indonesia konsisten melesat di puncak klasemen perolehan medali hingga kemarin (22/9). Meskipun masih menyisakan sehari perebutan medali, Indonesia dipastikan sudah mengunci gelar juara umum.

Total hingga kemarin Indonesia mendulang 117 emas, 69 perak, 46 perunggu. Dengan demikian Indonesia sudah tidak terkejar lagi dari Malaysia di posisi kedua.

?Secara matematika sudah tidak terkejar,? kata Chied de Mission Indonesia, Bayu Rahardian saat dikonfirmasi Jawa Pos tadi malam

Dengan selisih 24 medali emas dengan Malaysia, Indonesia dipastikan kembali menjadi juara umum setelah edisi 2014 di Myamnar. Sebab, pada hari ini, sekaligus hari terakhir APG, hanya ada 16 perebutan medali dari dua cabor tenis meja dan goalball

Tetapi, Indonesia dipastikan menambah tiga emas dari tenis meja setelah atlet difabel tanah air menciptakan all Indonesian finals. Perjuangan atlet difabel Indonesia seakan menjadi pelepas dahaga setelah tim SEA Games Indonesia babak belur di tempat yang sama belum lama ini.

Kemarin, bulu tangkis yang juga menjadi andalan Indonesia sukses menyabet 8 medali emas dari 14 medali yang diperebutkan. Ini sekaligus menahbiskan Ukun Rukaendi dkk menjadi juara umum di bulu tangkis.

Demikian pula dengan tim sepak bola cerebral palsy (CP) yang menciptakan sejarah tersendiri. Tim Indonesia menang tiga gol tanpa balas atas Thailand di Field C National Sports Council, Bukit Jalil, Malaysia.

Kemenangan turut mewarnai juara umum yang diciptakan Indonesia di pentas APG tahun ini. Menpora Imam Nahrawi menyatakan bahwa usaha keras membuahkan hasil yang membanggakan dari kontingen APH Indonesia.

?Semangat mereka sungguh luar biasa untuk memberi yang terbaik bagi Merah Putih,? urai Imam.

Dengan soliditas, tekad, kesungguhan dan kerja keras maksimal membawa atlet difabel Indonesia menuju gerbang juara umum. ?Masih ada satu hari lagi untuk membuktikan kita sebagai yang terbaik,? lanjutnya.

Dengan catatan, capaian yang diraih kontingen Merah Putih diperoleh dengan hasil yang fair dan sportif. Khusus untuk bonus, Imam menegaskan, bahwa seperti edisi 2015 lalu, timnya tidak akan menyerahkan bersama peraih medali dari SEA Games 2017.

?Skemanya tetap sama, baik bonus dana maupun rencana PNS bagi peraih emas,? bebernya. (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Akhirnya, Wozniacki Pecah Telur
Akhirnya, Wozniacki Pecah Telur

Berita Sejenis

Balapan 2019, Resmi Berganti Red Bull-Honda

Balapan 2019, Resmi Berganti Red Bull-Honda

Keputusan besar itu telah diambil. Tim juara empat kali Formula 1 Red Bull Racing mengumumkan bakal menggunakan mesin Honda mulai musim depan.


Marquez Tak Perhitungkan Lorenzo

Marquez Tak Perhitungkan Lorenzo

Kemenangan bintang Ducati Jorge Lorenzo di dua balapan terakhir membuat namanya kini masuk dalam bursa calon juara dunia 2018.


Wilder vs Joshua Makin Dekat

Wilder vs Joshua Makin Dekat

Duel unifikasi tinju juara dunia kelas berat antara sang penguasa sabuk versi WBC Deontay Wilder kontra Joshua makin mendekati kenyataan.


Warriors Juara Back to Back

Warriors Juara Back to Back

Tak ada penundaan pesta. Golden State Warriors memang terlalu digdaya bagi Cleveland Cavaliers.


Bisa Pesta Hari Ini

Bisa Pesta Hari Ini

Dengan keunggulan 3-0, Golden State Warriors punya peluang mengunci gelar juara pagi ini WIB di Quicken Loans Arena, markas Cavaliers (Live Indosiar 08.00 WIB).


Di Asian Games, Jepang Turunkan Tim Juara

Di Asian Games, Jepang Turunkan Tim Juara

Kekuatan tim Jepang menjadi fenomena tersendiri pda persaingan bulu tangkis dunia.


Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

Finis di podium ketiga di GP Italia, Minggu (3/6) mendongkrak posisi bintang Movistar Yamaha Valentino Rossi ke posisi kedua klasemen sementara.


Yuni Penuhi Target Angkatan

Yuni Penuhi Target Angkatan

lifter Merah Putih menunjukkan hasil memuaskan pada tes angkatan bulanan keempat di Mako Pasmar 2 Kwini kemarin.


Yamaha Harus Bergerak Cepat

Yamaha Harus Bergerak Cepat

GP Spanyol semakin menelanjangi kelemahan Yamaha di MotoGP 2018.


Berambisi Kembali Lebih Kuat

Berambisi Kembali Lebih Kuat

Tidak ada yang lebih kecewa dari Valtteri Bottas di GP Azerbaijan dua pekan lalu.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!