Sport
Share this on:

Merah Putih Kunci Juara Umum Lebih Cepat

  • Merah Putih Kunci Juara Umum Lebih Cepat
  • Merah Putih Kunci Juara Umum Lebih Cepat

dok. jawapos

KUALA LUMPUR - Atlet difabel Indonesia memperlihatkan perjuangan luar biasa di multievent olahraga se Asia Tenggara, Asean Paragames (APG) 2017.

Setelah hanya meraih dua medali perunggu pada hari pertama (17/9), Indonesia konsisten melesat di puncak klasemen perolehan medali hingga kemarin (22/9). Meskipun masih menyisakan sehari perebutan medali, Indonesia dipastikan sudah mengunci gelar juara umum.

Total hingga kemarin Indonesia mendulang 117 emas, 69 perak, 46 perunggu. Dengan demikian Indonesia sudah tidak terkejar lagi dari Malaysia di posisi kedua.

?Secara matematika sudah tidak terkejar,? kata Chied de Mission Indonesia, Bayu Rahardian saat dikonfirmasi Jawa Pos tadi malam

Dengan selisih 24 medali emas dengan Malaysia, Indonesia dipastikan kembali menjadi juara umum setelah edisi 2014 di Myamnar. Sebab, pada hari ini, sekaligus hari terakhir APG, hanya ada 16 perebutan medali dari dua cabor tenis meja dan goalball

Tetapi, Indonesia dipastikan menambah tiga emas dari tenis meja setelah atlet difabel tanah air menciptakan all Indonesian finals. Perjuangan atlet difabel Indonesia seakan menjadi pelepas dahaga setelah tim SEA Games Indonesia babak belur di tempat yang sama belum lama ini.

Kemarin, bulu tangkis yang juga menjadi andalan Indonesia sukses menyabet 8 medali emas dari 14 medali yang diperebutkan. Ini sekaligus menahbiskan Ukun Rukaendi dkk menjadi juara umum di bulu tangkis.

Demikian pula dengan tim sepak bola cerebral palsy (CP) yang menciptakan sejarah tersendiri. Tim Indonesia menang tiga gol tanpa balas atas Thailand di Field C National Sports Council, Bukit Jalil, Malaysia.

Kemenangan turut mewarnai juara umum yang diciptakan Indonesia di pentas APG tahun ini. Menpora Imam Nahrawi menyatakan bahwa usaha keras membuahkan hasil yang membanggakan dari kontingen APH Indonesia.

?Semangat mereka sungguh luar biasa untuk memberi yang terbaik bagi Merah Putih,? urai Imam.

Dengan soliditas, tekad, kesungguhan dan kerja keras maksimal membawa atlet difabel Indonesia menuju gerbang juara umum. ?Masih ada satu hari lagi untuk membuktikan kita sebagai yang terbaik,? lanjutnya.

Dengan catatan, capaian yang diraih kontingen Merah Putih diperoleh dengan hasil yang fair dan sportif. Khusus untuk bonus, Imam menegaskan, bahwa seperti edisi 2015 lalu, timnya tidak akan menyerahkan bersama peraih medali dari SEA Games 2017.

?Skemanya tetap sama, baik bonus dana maupun rencana PNS bagi peraih emas,? bebernya. (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Akhirnya, Wozniacki Pecah Telur
Akhirnya, Wozniacki Pecah Telur

Berita Sejenis

Panagahan Pede Pasang Target Emas di SEA Games

Panagahan Pede Pasang Target Emas di SEA Games

Tim nasional Merah Putih saat ini masih dalam masa transisi usai perhelatan Asian Games berakhir. Para pemanah pun pulang ke rumah masing-masing.


Juara Hyderabad Open Tumbang Lebih Awal

Juara Hyderabad Open Tumbang Lebih Awal

Kejutan berlangsung di turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2018.


The Minions Tak Terbendung

The Minions Tak Terbendung

Ambisi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo meraih juara back-to-back Jepang Terbuka terwujud.


Terus Berburu Bibit Pebulu Tangkis Bertalenta

Terus Berburu Bibit Pebulu Tangkis Bertalenta

Audisi umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 kembali digelar. Kali ini lokasinya di markas PB Djarum, yakni GOR Jati, Kudus, Jawa Tengah.


Lebih Cepat Capai Target, Menpora Siapkan Bonus Lebih

Lebih Cepat Capai Target, Menpora Siapkan Bonus Lebih

Perebutan medali emas Asian Games 2018 masih tersisa empat hari ke depan. Masih ada 175 medali emas yang bakal diperebutkan.


Emil Hebat, Sapwa Top, Zohri Keren!

Emil Hebat, Sapwa Top, Zohri Keren!

Indonesia boleh berharap masa depan yang lebih cerah buat cabor atletik.


Belum Saatnya Juara Serena

Belum Saatnya Juara Serena

Serena Williams masih jauh dari performa terbaiknya.


Lorenzo Juara, Marquez Semakin Tak Terkejar

Lorenzo Juara, Marquez Semakin Tak Terkejar

Ducati dengan susah payah mempertahankan statusnya sebagai Raja Red Bull Ring tadi malam.


Cornet sang Penakluk Raksasa

Cornet sang Penakluk Raksasa

Rasanya baru kemarin Angelique Kerber mencium trofi juara Wimbledon 2018. Saat itu dia begitu perkasa di hadapan sang ratu tenis Serena Williams.


Greysia/Apriani ke Semifinal

Greysia/Apriani ke Semifinal

Ambisi Kevin/Marcus menyabet juara dunia bulutangkis (World Championships 2018) kembali pupus.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!