Sport
Share this on:

Merah Putih Kunci Juara Umum Lebih Cepat

  • Merah Putih Kunci Juara Umum Lebih Cepat
  • Merah Putih Kunci Juara Umum Lebih Cepat

dok. jawapos

KUALA LUMPUR - Atlet difabel Indonesia memperlihatkan perjuangan luar biasa di multievent olahraga se Asia Tenggara, Asean Paragames (APG) 2017.

Setelah hanya meraih dua medali perunggu pada hari pertama (17/9), Indonesia konsisten melesat di puncak klasemen perolehan medali hingga kemarin (22/9). Meskipun masih menyisakan sehari perebutan medali, Indonesia dipastikan sudah mengunci gelar juara umum.

Total hingga kemarin Indonesia mendulang 117 emas, 69 perak, 46 perunggu. Dengan demikian Indonesia sudah tidak terkejar lagi dari Malaysia di posisi kedua.

?Secara matematika sudah tidak terkejar,? kata Chied de Mission Indonesia, Bayu Rahardian saat dikonfirmasi Jawa Pos tadi malam

Dengan selisih 24 medali emas dengan Malaysia, Indonesia dipastikan kembali menjadi juara umum setelah edisi 2014 di Myamnar. Sebab, pada hari ini, sekaligus hari terakhir APG, hanya ada 16 perebutan medali dari dua cabor tenis meja dan goalball

Tetapi, Indonesia dipastikan menambah tiga emas dari tenis meja setelah atlet difabel tanah air menciptakan all Indonesian finals. Perjuangan atlet difabel Indonesia seakan menjadi pelepas dahaga setelah tim SEA Games Indonesia babak belur di tempat yang sama belum lama ini.

Kemarin, bulu tangkis yang juga menjadi andalan Indonesia sukses menyabet 8 medali emas dari 14 medali yang diperebutkan. Ini sekaligus menahbiskan Ukun Rukaendi dkk menjadi juara umum di bulu tangkis.

Demikian pula dengan tim sepak bola cerebral palsy (CP) yang menciptakan sejarah tersendiri. Tim Indonesia menang tiga gol tanpa balas atas Thailand di Field C National Sports Council, Bukit Jalil, Malaysia.

Kemenangan turut mewarnai juara umum yang diciptakan Indonesia di pentas APG tahun ini. Menpora Imam Nahrawi menyatakan bahwa usaha keras membuahkan hasil yang membanggakan dari kontingen APH Indonesia.

?Semangat mereka sungguh luar biasa untuk memberi yang terbaik bagi Merah Putih,? urai Imam.

Dengan soliditas, tekad, kesungguhan dan kerja keras maksimal membawa atlet difabel Indonesia menuju gerbang juara umum. ?Masih ada satu hari lagi untuk membuktikan kita sebagai yang terbaik,? lanjutnya.

Dengan catatan, capaian yang diraih kontingen Merah Putih diperoleh dengan hasil yang fair dan sportif. Khusus untuk bonus, Imam menegaskan, bahwa seperti edisi 2015 lalu, timnya tidak akan menyerahkan bersama peraih medali dari SEA Games 2017.

?Skemanya tetap sama, baik bonus dana maupun rencana PNS bagi peraih emas,? bebernya. (nap/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Akhirnya, Wozniacki Pecah Telur
Akhirnya, Wozniacki Pecah Telur

Berita Sejenis

Rigondeaux Cedera, Lomachenko Pertahankan Tahta

Rigondeaux Cedera, Lomachenko Pertahankan Tahta

Juara dunia kelas ringan junior WBO (kelas bulu super, 59 kg) Vasyl Lomachenko masih menunjukkan kedigdayaannya di Madison Square Garden (MSG) New York City.


Hamilton Terbaik Empat Kali Beruntun

Hamilton Terbaik Empat Kali Beruntun

Tak selamanya seorang juara dunia Formula 1 dinilai sebagai pembalap terbaik.


Mayweather Mengaku Sengaja “Mengalah”

Mayweather Mengaku Sengaja “Mengalah”

Floyd Mayweather Jr mengklaim bahwa dirinya sengaja mengulur pertarungannya menghadapi Conor McGregor agar tampak lebih menarik di hadapan penonton.


Mobil Tambah Kencang, Jaminan Musim Depan Lebih Seru

Mobil Tambah Kencang, Jaminan Musim Depan Lebih Seru

Dengan mobil yang lebih kencang, ternyata tak menambah seru secara signifikan balapan Formula 1 tahun ini.


Button Banting Stir ke Super GT

Button Banting Stir ke Super GT

Setelah tak membalap sepanjang 2017, juara dunia Formula 1 2009 Jenson Button akhirnya memutuskan turun lintasan lagi musim depan.


Potensi Juara dari Tunggal Putri

Potensi Juara dari Tunggal Putri

Dari tiga pebulu tangkis tunggal putri Indonesia yang tampil di Korea Masters Grand Prix Gold 2017, satu di antaranya sudah tersungkur di babak pertama.


Sinyal Bahaya di Akhir Musim

Sinyal Bahaya di Akhir Musim

Lewis Hamilton gagal menjuarai tiga seri balapan terakhir setelah berhasil merengkuh gelar juara dunia keempatnya di GP Amerika Serikat.


Pembuktian Mercedes Di Akhir Musim

Pembuktian Mercedes Di Akhir Musim

Sejak GP Amerika Serikat 22 Oktober lalu tim juara Formula 1 2017 Mercedes selalu gagal finis di posisi terdepan.


Semifinal dan Final Liga 2 di Bandung

Semifinal dan Final Liga 2 di Bandung

Kontestan semifinal Liga 2 bisa lebih berfokus mempersiapkan tim.


Alarm Bahaya Ducati dan Yamaha

Alarm Bahaya Ducati dan Yamaha

Pada akhir uji coba post season hari kedua di Valencia juara dunia MotoGP 2017 Marc Marquez menutup sesi sebagai yang tercepat.



Kolom

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!