Sport
Share this on:

Mobil Sudah Dimodifikasi, Perang Baru Akan Dimulai

  • Mobil Sudah Dimodifikasi, Perang Baru Akan Dimulai
  • Mobil Sudah Dimodifikasi, Perang Baru Akan Dimulai

BARCELONA - Peta persaingan perebutan gelar juara dunia Formula 1 akan semakin terang ketika balapan memasuki seri Eropa. Di daratan biru tersebut tim-tim peserta akan menggenjot upgrade pengembangan mesin dan mobil.

Karena faktor itu pula, tidak berlebihan jika Non-executive Chairman Mercedes Niki Lauda menyatakan bahwa pertarungan yang sebenarnya baru akan dimulai akhir pekan ini di Barcelona. Eropa adalah benua dimana seluruh tim Formula 1 bermarkas. Mayoritas ada di Inggris.

Dengan kedekatan geografis itulah maka biaya pengiriman spare parts yang harus dicoba lebih murah. Kesempatan inilah yang selalu dimanfaatkan tim-tim peserta untuk menjajal upgrade yang sudah dikembangkan sebelumnya.

Tentu ada yang berhasil, ada juga yang gagal. Sementara Ferrari dan Red Bull diprediksi akan fokus pada aerodinamika untuk mendapatkan lap time yang bagus, Mercedes sepertinya bakal bekerja mengurangi beban mobil.

Isu inilah yang diyakini berkontribusi pada masalah stabilitas mobil di awal musim. Disebutkan bahwa W08 mengalami kelebihan berat badan sampai enam kilogram.

Salah satu penyebabnya adalah gearbox original diganti dengan unit yang lebih berat saat uji coba pra musim. Dampaknya, mobil Mercedes mengalami kesulitan dalam menjaga usia ban dibandingkan dengan Ferrari.

Skuat Kuda Jingkrak memiliki mobil yang adaptif dengan pilihan ban yang bervariasi. Nah, pengenalan gearbox yang lebih ringan inilah menjadi salah satu upgrade besar di Barcelona akhir pekan ini. Plus perubahan suspensi depan dan belakang untuk mendapatkan distribusi berat yang lebih baik.

Inilah yang akan ikut menentukan wajah persaingan perebutan gelar juara dunia F1 di sisa musim. Lauda mengatakan, persaingan Mercedes dan Ferrari bisa berubah wajah. Tergantung keberhasilan pengembangan mobil masing-masing tim.

''Sangat sederdana. Semua tim akan datang dengan upgrade mobil. Musim ini akan dimulai dari awal dan siapapun yang memiliki upgrade lebih baik, kita belum tahu. Tapi kita akan segera menyaksikannya di Barcelona, di sesi latihan dan balapan,'' ucap Lauda dilansir Motorsport.

Namun di sisi lain, Ferrari dan Mercedes adalah dua mobil F1 yang berbeda secara konsep. Ferrari punya wheelbase dan juga panjang mobil secara keseluruhan yang lebih pendek.

Itulah salah satu faktor mengapa mobilnya lebih ringan. Sementara Mercedes, seperti banyak mobil tim-tim lainnya, memiliki wheelbase lebih panjang dengan prioritas memberikan ruang cukup lebar antara ban depan dengan bagian depan sidepod.

Bagian ini sangat krusial secara aerodinamika. Tentu jangan dilupakan juga hasil kerja Adrian Newey yang akan mengubah performa Red Bull.

Selain persaingan antar tim, pertarungan pembalap juga akan semakin menarik. Terutama setelah Valtteri Bottas memenangi seri Russia dengan gemilang. Kini posisinya di urutan ketiga dengan defisit hanya 10 poin dari rekan setimnya di Mercedes Lewis Hamilton dan 23 poin dari pimpinan klasemen Sebastian Vettel (Ferrari).

Posisi ini menunjukkan bahwa perebutan gelar juara dunia tidak lagi hanya antara Hamilton dan Vettel. ''Tidak ada yang tahu. Rusia hanya satu balapan, dia (Bottas) bisa menang dan kini kita harus menunggu dan melihat apa yang akan terjadi. Yang pasti dia adalah pengganti yang bagus bagi Nico Rosberg, Aku harus mengakuinya karena dua kali pole dan satu kemenangan di balapan keempat itu benar-benar bukan performa buruk untuk kami,'' terang Lauda. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Momentum Revans Satria Muda

Momentum Revans Satria Muda

Babak pemungkas Indonesian Basketball League (IBL) bakal dimulai besok (19/4).


Arema Buka Posko Pengaduan

Arema Buka Posko Pengaduan

Kemarin manajemen Arema FC sudah membuka posko pengaduan bagi Aremania yang menjadi korban kerusuhan saat Arema ditahan imbang 2-2 oleh Persib Bandung (15/4).


Akhirnya, Ricciardo “Shoey” Lagi

Akhirnya, Ricciardo “Shoey” Lagi

Tidak ada yang memprediksi hasil balapan GP Tiongkok akan seperti kemarin. Bahkan, bagi sang jawara Daniel Ricciardo sekalipun.


Yamaha Desak Hukuman Lebih Keras

Yamaha Desak Hukuman Lebih Keras

Sudah lama padam, api pertikaian antara Valentino Rossi dan Marc Marquez kembali dipantik. Kali ini, Marquez yang menyulutnya.


Kalau Begini, Yamaha Sulit Juara

Kalau Begini, Yamaha Sulit Juara

MotoGP 2018 baru memasuki seri kedua. Tapi pilot Movistar Yamaha Maverick Vinales tak mampu lagi menahan frustasi.


Berat, Langkah Samator ke Final Four

Berat, Langkah Samator ke Final Four

Final four putaran kedua Proliga 2018 di GOR Sritex Arena, Solo, hari ini hingga 8 April mendatang dipastikan akan jadi laga panas.


Kesempatan Vettel Ungguli hamilton Lagi

Kesempatan Vettel Ungguli hamilton Lagi

Genderang perang sudah ditabuh dua rival terpanas di balapan Formula 1 saat ini Lewis Hamilton dan Ferrari Sebastian Vettel sejak mengawali musim balap 2018.


Haas-Ferrari, Semuanya Legal

Haas-Ferrari, Semuanya Legal

Kecurigaan tim-tim papan tengah Formula 1 terhadap melonjaknya performa Haas di seri perdana GP Australia sudah masuk dalam pantauan FIA.


Laga Pertama Langsung ke Final

Laga Pertama Langsung ke Final

Final Miami Open mempertemukan dua juara baru Grand Slam.


Fajar/Rian Berpeluang Jadi Ganda Ketiga

Fajar/Rian Berpeluang Jadi Ganda Ketiga

Pasangan ganda putra nomor satu dunia Marcus Gideon Fernaldi/Kevin Sanjaya Sukamuljo sudah pasti menjadi ganda pertama di Thomas Cup 2018.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!