Sport
Share this on:

Mobil Sudah Dimodifikasi, Perang Baru Akan Dimulai

  • Mobil Sudah Dimodifikasi, Perang Baru Akan Dimulai
  • Mobil Sudah Dimodifikasi, Perang Baru Akan Dimulai

BARCELONA - Peta persaingan perebutan gelar juara dunia Formula 1 akan semakin terang ketika balapan memasuki seri Eropa. Di daratan biru tersebut tim-tim peserta akan menggenjot upgrade pengembangan mesin dan mobil.

Karena faktor itu pula, tidak berlebihan jika Non-executive Chairman Mercedes Niki Lauda menyatakan bahwa pertarungan yang sebenarnya baru akan dimulai akhir pekan ini di Barcelona. Eropa adalah benua dimana seluruh tim Formula 1 bermarkas. Mayoritas ada di Inggris.

Dengan kedekatan geografis itulah maka biaya pengiriman spare parts yang harus dicoba lebih murah. Kesempatan inilah yang selalu dimanfaatkan tim-tim peserta untuk menjajal upgrade yang sudah dikembangkan sebelumnya.

Tentu ada yang berhasil, ada juga yang gagal. Sementara Ferrari dan Red Bull diprediksi akan fokus pada aerodinamika untuk mendapatkan lap time yang bagus, Mercedes sepertinya bakal bekerja mengurangi beban mobil.

Isu inilah yang diyakini berkontribusi pada masalah stabilitas mobil di awal musim. Disebutkan bahwa W08 mengalami kelebihan berat badan sampai enam kilogram.

Salah satu penyebabnya adalah gearbox original diganti dengan unit yang lebih berat saat uji coba pra musim. Dampaknya, mobil Mercedes mengalami kesulitan dalam menjaga usia ban dibandingkan dengan Ferrari.

Skuat Kuda Jingkrak memiliki mobil yang adaptif dengan pilihan ban yang bervariasi. Nah, pengenalan gearbox yang lebih ringan inilah menjadi salah satu upgrade besar di Barcelona akhir pekan ini. Plus perubahan suspensi depan dan belakang untuk mendapatkan distribusi berat yang lebih baik.

Inilah yang akan ikut menentukan wajah persaingan perebutan gelar juara dunia F1 di sisa musim. Lauda mengatakan, persaingan Mercedes dan Ferrari bisa berubah wajah. Tergantung keberhasilan pengembangan mobil masing-masing tim.

''Sangat sederdana. Semua tim akan datang dengan upgrade mobil. Musim ini akan dimulai dari awal dan siapapun yang memiliki upgrade lebih baik, kita belum tahu. Tapi kita akan segera menyaksikannya di Barcelona, di sesi latihan dan balapan,'' ucap Lauda dilansir Motorsport.

Namun di sisi lain, Ferrari dan Mercedes adalah dua mobil F1 yang berbeda secara konsep. Ferrari punya wheelbase dan juga panjang mobil secara keseluruhan yang lebih pendek.

Itulah salah satu faktor mengapa mobilnya lebih ringan. Sementara Mercedes, seperti banyak mobil tim-tim lainnya, memiliki wheelbase lebih panjang dengan prioritas memberikan ruang cukup lebar antara ban depan dengan bagian depan sidepod.

Bagian ini sangat krusial secara aerodinamika. Tentu jangan dilupakan juga hasil kerja Adrian Newey yang akan mengubah performa Red Bull.

Selain persaingan antar tim, pertarungan pembalap juga akan semakin menarik. Terutama setelah Valtteri Bottas memenangi seri Russia dengan gemilang. Kini posisinya di urutan ketiga dengan defisit hanya 10 poin dari rekan setimnya di Mercedes Lewis Hamilton dan 23 poin dari pimpinan klasemen Sebastian Vettel (Ferrari).

Posisi ini menunjukkan bahwa perebutan gelar juara dunia tidak lagi hanya antara Hamilton dan Vettel. ''Tidak ada yang tahu. Rusia hanya satu balapan, dia (Bottas) bisa menang dan kini kita harus menunggu dan melihat apa yang akan terjadi. Yang pasti dia adalah pengganti yang bagus bagi Nico Rosberg, Aku harus mengakuinya karena dua kali pole dan satu kemenangan di balapan keempat itu benar-benar bukan performa buruk untuk kami,'' terang Lauda. (cak/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Lima Pemain Bank Jatim Hengkang ke Popsivo

Lima Pemain Bank Jatim Hengkang ke Popsivo

Bank Jatim dipastikan tidak akan mengikuti Proliga 2018.


On Fire, Rockets Catat Rekor Away Terbaik

On Fire, Rockets Catat Rekor Away Terbaik

Siapa tim NBA paling panas saat ini? Jelas, Houston Rockets! James Harden dkk kemarin baru saja mengakhiri tiga tournya ke kandang lawan dengan kemenangan.


Hebat... Venue Baru, Azzahra Pertajam Rekornas

Hebat... Venue Baru, Azzahra Pertajam Rekornas

Venue anyar stadion akuatik di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, memberi tuah positif bagi perenang Indonesia.


Mobil Tambah Kencang, Jaminan Musim Depan Lebih Seru

Mobil Tambah Kencang, Jaminan Musim Depan Lebih Seru

Dengan mobil yang lebih kencang, ternyata tak menambah seru secara signifikan balapan Formula 1 tahun ini.


Sudah Saatnya Dimitrov Bidik Grand Slam

Sudah Saatnya Dimitrov Bidik Grand Slam

Petenis Bulgaria Grigor Dimitrov saat ini tengah menjalani momen terbaiknya sebagai petenis profesional.


Motor Baru Yamaha Pakai Chassis Lama

Motor Baru Yamaha Pakai Chassis Lama

Setelah menggelar uji coba privat di Sirkuit Sepang, Malaysia Yamaha sudah menemukan basis motor yang bakal dikembangkan untuk musim depan.


Potensi Juara dari Tunggal Putri

Potensi Juara dari Tunggal Putri

Dari tiga pebulu tangkis tunggal putri Indonesia yang tampil di Korea Masters Grand Prix Gold 2017, satu di antaranya sudah tersungkur di babak pertama.


Kubica Sudah Selesaikan 100 Lap

Kubica Sudah Selesaikan 100 Lap

Robert Kubica makin dekat dengan comebacknya ke ajang Formula 1.


Iran Izinkan Atlet Putri Angkat Besi

Iran Izinkan Atlet Putri Angkat Besi

Iran punya kultur angkat besi yang hebat. Atlet putranya sudah menyumbangkan tujuh medali emas Olimpiade sampai saat ini.


Asian Games, Pemerintah Janjikan Bonus Miliaran

Asian Games, Pemerintah Janjikan Bonus Miliaran

Demi memacu munculnya prestasi di pentas Asian Games 2018, pemerintah sudah mencanangkan alokasi bonus buat peraih medali emas.



Kolom

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!