Sport
Share this on:

Pebulutangkis Andalan Indonesia Masih Aman

  • Pebulutangkis Andalan Indonesia Masih Aman
  • Pebulutangkis Andalan Indonesia Masih Aman

SINGAPORE - Babak pertama Singapore Open Superseries (SS) 2017 memang sudah berlangsung sejak Selasa (11/4). Tetapi, sebagian besar wakil Indonesia baru menjalani babak pertama kemarin (12/4). Hasilnya, sebagian besar wakil Merah Putih bisa mengatasi lawannya masing-masing.

Turnamen yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium tersebut menjadi salah satu event yang kerap memberikan gelar buat pebulu tangkis Indonesia. Tahun lalu, Sony Dwi Kuncoro dan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari mengakhiri turnamen dengan raihan gelar.

Tahun ini, mereka dipastikan gagal mempertahankan gelar tersebut. Greysia/Nitya harus absen di edisi tahun ini, sedangkan Sony harus tersingkir lebih awal setelah tumbang di tangan wakil Korea Selatan, Lee Dong-keun 21-19, 15-21, 18-21.

Meski demikian, sebagian besar wakil Indonesia masih banyak yang melaju ke babak kedua. Pada sektor ganda putra misalnya, dari tujuh wakil yang tampil di babak utama, hanya Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro yang tumbang.

Kemarin, Ahsan/Rian harus mengakui keunggulan finalis Malaysia SSP 2017, Li Junhui/Liu Yuchen (Tiongkok) 12-21, 15-21. Tetapi, di babak kedua masih ada Berry Angriawan/Hardianto,

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan wakil non pelatnas, Lukhi Apri Nugroho/Tedi Supriadi.

Marcus/Kevin yang sebelumnya sempat diserang flu-batuk rupanya masih cukup tangguh menghadapi Singapore Open kali ini. Yang mengejutkan adalah Fajar/Rian, ganda muda potensial itu kemarin mengandaskan salah satu ganda putra terbaik Tiongkok Liu Cheng/Zhang Nan, straight game, 21-18, 21-19.

"Kami banyak belajar dari Kevin/Marcus kemarin di Malaysia pas lawan mereka," sebut Fajar dalam surat elektronik PP PBSI kemarin. Pada babak kedua hari ini, Fajar/Rian akan menghadapi semifinalis Malaysia SSP, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dari Jepang.

“Lawan pasangan Jepang harus lebih berani capek. Karena mereka nggak gampang mati dan ulet,” lanjut Fajar.

Sementara itu, Praveen Jordan/Debby Susanto mampu menyelamatkan muka ganda campuran pelatnas. Mereka kemarin mengalahkan pasangan Malaysia/Indonesia, Mohamad Arif Abdul Latif/Rusydina Antardayu Riodingin, dua game langsung, 21-15, 22-20.

Demikian pula, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani. Mereka mengalahkan pasangan Taiwan, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean dalam duel ketat yang berakhir 21-19, 14-21, 22-20.

Wakil Indonesia di sektor tunggal juga tengah berjuang keras. Fitriani kemarin menang dari Minatsu Mitani (Jepang), 15-21, 24-22, 21-17. Sedangkan Jonatan Christie unggul atas Marc Zwiebler (Jerman) 21-18, 21-13. Adapun Anthony Sinisuka Ginting kembali mengatasi wakil India Sourabh Verma 21-15, 21-14.

Hari ini, Jonatan bakal bersua Son Wan-ho (Korsel), "Yang pasti nggak gampang, karena pemain Korea kuat-kuat dan punya stamina yang bagus," terangnya. Jojo bakal lebih fokus dan bijak dalam menjalankan strategi di atas lapangan. (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ujian Konsistensi Ganda Pelatnas

Ujian Konsistensi Ganda Pelatnas

Australia Open Super Series (SS) 2017 menjadi salah satu ujian konsistensi para pebulu tangkis Indonesia.


Tahun Depan, Indonesia Open Sejajar dengan All England

Tahun Depan, Indonesia Open Sejajar dengan All England

BCA Indonesia Open Super Series Premier (BIOSSP) 2017 sudah berakhir tadi malam (18/6).


Juarau Indonesia Open, Owi/Butet Akhiri ‘Kutukan’

Juarau Indonesia Open, Owi/Butet Akhiri ‘Kutukan’

Dahaga gelar wakil Idnonesia di di BCA Indonesia Open Super Series Premier (BIOSSP) 2017 akhirnhya terselesaikan.


Peluang di Musim Abnormal

Peluang di Musim Abnormal

Pertanyaan yang akan terus diulang sampai Valentino Rossi pensiun adalah apakah peluangnya menjadi juara dunia kesepuluh masih terbuka?


Unggulan Tunggal Putra Bertumbangan

Unggulan Tunggal Putra Bertumbangan

Pergeseran kekuatan tunggal putra di BCA Indonesia Open Super Series (BIOSSP) 2017 berlanjut.


Praveen/Debby Tersingkir, Gregoria Tantang Tai Tzu Ying

Praveen/Debby Tersingkir, Gregoria Tantang Tai Tzu Ying

Beda nasib harus dirasakan dua ganda campuran terbaik Indonesia di BCA Indonesia Open Super series Premier (BIOSSP) 2017.


Ihsan Takluk di Babak Kualifikasi

Ihsan Takluk di Babak Kualifikasi

Pencapaian apik Ihsan Maulana Mustofa di BCA Indonesia Open Super Series 2016 gagal terulang di edisi kali ini.


Ganda Putra Tumpuan Gelar di Indonesia Open

Ganda Putra Tumpuan Gelar di Indonesia Open

Sepanjang sejarah Indonesia Open, sejak edisi pertama 1982 silam, nomor ganda putra menjadi salah satu lumbung gelar tuan rumah.


Di Indonesia Open, Merah Putih Berharap dari Tiga Sektor

Di Indonesia Open, Merah Putih Berharap dari Tiga Sektor

BCA Indonesia Open Superseries Premier (BIOSSP) 2017 akan menjadi ajang pembuktian buat pebulu tangkis Indonesia.


Indonesia Open, Kesempatan Emas Pemain Muda

Indonesia Open, Kesempatan Emas Pemain Muda

Para skuad pelatnas kian bergegas di sisa lima hari sebelum turnamen Indonesia Open.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!