Sport
Share this on:

Pecat Li Huanning, Petro Bidik Pelatih Lokal

  • Pecat Li Huanning, Petro Bidik Pelatih Lokal
  • Pecat Li Huanning, Petro Bidik Pelatih Lokal

GRESIK - Kegagalan Gresik Petrokimia meraih target melaju ke grand final Proliga 2017 berbuah konsekuensi keras. Manajemen tim langsung membuat keputusan tegas kurang dari sepekan setelah final four berakhir. Mereka memutuskan memecat pelatih kepala Li Huanning.

Pemecatan tersebut dinilai cukup mengejutkan. Sebab, Li (panggilan Li Huanning) tak sampai menghabiskan kontraknya yang habis pada Juni mendatang. Sisa kontrak selama kurang dari dua bulan pun tak dilanjutkan lagi.

Manajer Gresik Petro Sasono Handito membenarkan pemecatan itu. Menurutnya, keputusan itu sudah melalui hasil evaluasi tim usai gagal lolos ke grand final Proliga 2017. ''Target kami gagal dicapai, ya mau tidak mau keputusan ini (pemecatan, Red) harus dilakukan,'' bebernya.

Li resmi ditunjuk jadi pelatih Gresik Petro sejak 9 Desember 2015. Dua tahun dalam penanganannya, bukannya peningkatn prestasi yang diraih Petro. Pada edisi 2016, dia berhasil membawa Petro finis di peringkat ketiga final four, sedangkan pada 2017 justru turun satu setrip ke posisi keempat.

Sasono mewakili pihak manajemen Petro mengucapkan terima kasih atas dedikasi Li selama melatih timnya. Beberapa bibit muda yang ditemukan Li sangat berguna bagi masa depan Petro. ''Dia sudah memberi banyak ilmu, jadi saya mengapresiasi hal itu,'' terangnya.

Nah, menjelang Livoli 2017 yang akan diadakan akhir tahun, Sasono menyebut pihaknya sudah mencari sosok pengganti Li. Rencananya, dia tidak akan memakai jasa pelatih asing lagi untuk timnya.

''Komunikasinya tidak jalan, jadi lokal saja nanti yang bakal jadi pelatih,'' jelas pria yang juga pernah memanajeri tim sepak bola Petrokimia Putra Gresik itu.

Seperti diketahui, selama Li menjadi pelatih Petro, banyak masalah yang ditimbulkan karena komunikasi. Li yang tidak bisa berbahasa Inggris atau Indonesia, harus menggunakan jasa penerjemah selama melatih.

Di samping itu, Li juga kerap bertindak arogan terhadap pemain dan stafnya sendiri. Menjelang final four 2017 saja, beredar kabar dia sempat bertengkar dengan kapten tim Bunga Mitha Sari saat latihan. Hasilnya, hubungan pemain dan pelatih tidak berjalan maksimal.

Di satu sisi, Li juga tidak pernah ''peka'' menyikapi satu pertandingan. Salah satu sumber menyebut, Li banyak menikmati pertandingan dibanding harus mengubah formasi. Dia juga kerap mempertahankan pemain asing di lapangan walau performanya sedang buruk.

Ini juga yang membuatnya sempat berdebat keras dengan asisten pelatih M. Hanafi saat final four. Keduanya adu mulut saat Petro sedang berusaha menang melawan Jakarta Elektrik PLN kala itu.

''Request-nya seenak sendiri, tapi kalau melatih nol. Tidak sesuai dengan keinginan para pemain,'' ucap salah satu sumber di tim Petro kepada Jawa Pos (induk radartegal.com), kemarin

Untuk sementara, asisten pelatih M. Hanafi yang akan memimpin Bunga dkk sebelum resmi mengontrak pelatih baru. Hanafi akan diminta tetap meningkatkan performa timnya agar bisa jadi juara pada Livoli 2017 mendatang. ''Jadi nanti saat ada pelatih baru, tim ini sudah jalan,'' sambung Sasono

Sasono menegaskan, Petro wajib juara di Livoli 2017. Hal tersebut sangat ditekankan kepada pelatih yang nantinya memimpin Petro. ''Karena jika ingin berprestasi di Proliga, Livoli harus juara. Kami semua sudah rindu juara,'' tegasnya. (rid/ady)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Rossi Cedera, Tifosi Akan Beralih Ke Dovi

Rossi Cedera, Tifosi Akan Beralih Ke Dovi

Yang selalu diingat dari GP San Marino adalah deretan penonton beratribut serba kuning memenuhi grand stand mendukung pahlawan lokal mereka Valentino Rossi.


Mugello Benar-benar Milik Italia

Mugello Benar-benar Milik Italia

Hampir satu dekade Mugello tak seriuh tadi malam. Fans lokal puas setelah tiga kelas MotoGP dimenangi rider Italia.


Kalah dari India 4-1, Bukan Cuma Owi yang Salah

Kalah dari India 4-1, Bukan Cuma Owi yang Salah

''Sabar Owi sabar,'' teriak pelatih ganda campuran Indonesia Richard Mainaky dari pinggir lapangan.


Lima Lolos ke Semifinal, Tunggal Putri tanpa Wakil Lagi

Lima Lolos ke Semifinal, Tunggal Putri tanpa Wakil Lagi

Tugas baru para pelatih tunggal putri pelatnas Cipayung dalam sebulan awal di 2017 belum menunjukkan perkembangan besar.


Ini Bocoran dari Pelatih Bottas

Ini Bocoran dari Pelatih Bottas

Tahun telah berganti dan 3 Januari, tanggal yang awalnya dijanjikan Mercedes untuk mengumumkan pengganti Nico Rosberg sudah lewat.


Indra-Rudy Siap Tangani Timnas

Indra-Rudy Siap Tangani Timnas

PSSI memang masih menyimpan rapat-rapat siapa yang bakal ditunjuk sebagai pelatih tim nasional (timnas) senior dan kelompok umur.


Djokovic-Becker Pilih Pisah

Djokovic-Becker Pilih Pisah

Performa buruk Novak Djokovic di paruh kedua musim 2016 memakan korban. Petenis 29 tahun tersebut resmi merombak jajaran pelatih.


Operator Tak Berdaya Hadapi Penolakan Klub

Operator Tak Berdaya Hadapi Penolakan Klub

Kalau saja PT GTS (Gelora Trisula Semesta) bisa bersikap tegas, opsi buat pelatih timnas Alfred Riedl untuk memilih pemain bakal lebih banyak.


Owi/Butet Bidik Juara di SS Finals

Owi/Butet Bidik Juara di SS Finals

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir masih punya kesempatan melanjutkan kejayaannya pasca Olimpiade Rio 2016.


Pemerintah Beri Tenggat sampai Akhir Pekan Ini

Pemerintah Beri Tenggat sampai Akhir Pekan Ini

Pemerintah tidak akan memberikan toleransi kepada pemain dan pelatih asing di Indonesia yang belum punya izin tinggal.



Kolom

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!