Sport
Share this on:

Renang Kian Solid Menuju Kejuaraan Dunia

  • Renang Kian Solid Menuju Kejuaraan Dunia
  • Renang Kian Solid Menuju Kejuaraan Dunia

JAKARTA - Tim renang Indonesia kian mantap jelang unjuk gigi di Kejuaraan Dunia, 23 Juli nanti. Kejuaraan yang dihelat di Budapest itu merupakan ajang uji coba terakhir bagi skuad Merah Putih sebelum turun di SEA Games.

Bermodal rekam jejak mereka di ajang try out sebelumnya, tim renang Indonesia memang menunjukkan performa menawan. Di Singapura saja, skuad Merah Putih berhasil menelurkan 10 rekornas baru.

Salah satu pelatih renang Indonesia Albert C. Sutanto mengatakan, saat ini persiapan Indra Gunawan dkk sudah mencapai 98 persen. Hanya butuh sedikit polesan sampai mereka mencapai peak performance mereka di SEA Games nanti.

?Bisa dibilang, anak-anak sudah matang dari segi fisik dan tekniknya. Program latihan kami sejak masuk pelatnas, Oktober lalu berjalan sesuai program. Beberapa kelemahan kami yang terlihat di uji coba Singapura beberapa waktu lalu juga sudah diperbaiki,? ungkap Albert kepada Jawa Pos (induk radartegal.com), kemarin.

Hanya saja, melihat peta kekuatan Indonesia di Kejuaraan Dunia nanti, PB PRSI pun bersikap realistis. Sembilan perenang yang tampil, tidak dibebani target khusus. Indra Gunawan dkk hanya diberi tugas untuk memperbaiki catatan pribadi mereka.

?Fokus kami memang di SEA Games. Kejuaraan Dunia hanyalah batu loncatan saja. Meski begitu, saya harap anak-anak bisa tampil maksimal biar ada pemecahan rekornas-rekornas baru. Selain itu, mental mereka juga bisa semakin tajam,? bebernya.

Albert mengatakan, kans Merah Putih untuk lolos ke fase semifinal memang cukup berat. Dari 21 nomor yang dipertandingkan, sembilan perenang Merah Putih harus bersaing dengan perenang-perenang terbaik di dunia, salah satunya adalah rival Indonesia di SEA Games nanti, Joseph Schooling (Singapura).

Salah satu perenang Indonesia Siman Sudartawa mengungkapkan, meski tidak diberi target, ia berupaya untuk mengejar target pribadinya. Saat try out di Singapura lalu, ia berhasil mencatatkan rekornas di nomor 100 meter gaya punggung dengan catatan 55,07 detik. Lebih cepat 0,03 detik dari waktu lamanya saat PON XIX.

?Tentu saja, atmosfer di Kejuaraan Dunia dan SEA Games pasti berbeda. Nah, di Kejuaraan Dunia itu saya hanya ingin tampil sebaik mungkin dan melihat kekuatan lawan-lawan di SEA Games nanti. Kalau fokus, hasil baik juga pasti akan mengikuti,? katanya.

Indonesia memang hanya mengirimkan sembilan perenang saja di Kejuaraan Dunia 2017. Sebelumnya, ada 10 perenang yang akan dibawa ke Budapest. Hanya saja, Gagarin Nataniel Yus urung tampil, karena permasalahan teknis. Rencananya, tim renang Indonesia akan bertolak ke Budapest pada 18 Juli mendatang. (tif/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Alarm Bahaya Ducati dan Yamaha

Alarm Bahaya Ducati dan Yamaha

Pada akhir uji coba post season hari kedua di Valencia juara dunia MotoGP 2017 Marc Marquez menutup sesi sebagai yang tercepat.


Bawa Tiga Emas dari Kejuaraan Dunia di Ceko

Bawa Tiga Emas dari Kejuaraan Dunia di Ceko

Lifter Indonesia, Widari mempersembahkan tiga medali emas dan satu perunggu pada Kejuaran Dunia angkat berat.


Golovkin vs Canelo Alvarez Jilid II Belum Jelas

Golovkin vs Canelo Alvarez Jilid II Belum Jelas

Harapan pecinta tinju dunia untuk segera menyaksikan duel Gennady Golovkin kontra Saul Canelo Alvarez jilid II masih buram.


Langkah Federer Lebih Berat dari Nadal

Langkah Federer Lebih Berat dari Nadal

Petenis tunggal putra nomor dua dunia Roger Federer menghadapi grup berat di ATP Finals dibandingkan dengan rival terberatnya, Rafael Nadal.


Wilder versus Joshua masih Sulit Terwujud

Wilder versus Joshua masih Sulit Terwujud

Presiden Badan Tinju Dunia WBC Mauricio Sulaiman saat ini punya pekerjaan berat.


39 Kali Tarung, 38 Kali KO

39 Kali Tarung, 38 Kali KO

Juara dunia kelas berat versi WBC Deontay Wilder tampil ganas di Barclays Center, Brooklyn, New York.


Dovi: Butuh Hal Gila Untuk Menang

Dovi: Butuh Hal Gila Untuk Menang

Misi Marc Marquez mempertahankan gelar juara dunia MotoGP tahun ini tidak akan terlalu sulit.


Del Potro Buru Tiket Tersisa

Del Potro Buru Tiket Tersisa

Paris Masters yang berlangsung pekan ini menjadi ladang untuk menentukan peraih dua tiket tersisa menuju ajang ATP Final


Nadal Bisa Langsung Kunci Ranking 1 Dunia

Nadal Bisa Langsung Kunci Ranking 1 Dunia

Rafael Nadal bisa langsung mengunci predikat ranking satu dunia sampai akhir musim 2017 jika mampu memenangi pertandingan kontra Hyeon Chung.


Sudah Juara Dunia, Hamilton Masih Buru Brasil dan Abu Dhabi

Sudah Juara Dunia, Hamilton Masih Buru Brasil dan Abu Dhabi

Mental juara pembalap Mercedes Lewis Hamilton memang selalu menggebu-gebu.



Kolom

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!