Sport
Share this on:

Rossi Lebih Pede Pakai Chassis Motor Barunya

  • Rossi Lebih Pede Pakai Chassis Motor Barunya
  • Rossi Lebih Pede Pakai Chassis Motor Barunya

BARCELONA - Uji coba resmi MotoGP di Sirkuit Montmelo, Barcelona selama dua hari dimanfaatkan betul bagi Yamaha untuk mendapatkan kembali performa terbaiknya. Dua frame baru yang berbeda dijajal Maverick Vinales dan Valentino Rossi sekaligus.

Hasilnya, kedua pembalap menemukan kecepatannya kembali. Duo rider utama Yamaha melakoni akhir pekan yang buruk di GP Barcelona.

Karena kesulitan mendaptkan cengkeraman ban, untuk kali kedua sepanjang musim ini, tidak ada pembalap Movistar Yamaha yang finis di podium. Rossi finis di posisi 8, sedangkan Vinales lebih buruk karena mengakhiri lomba di urutan 10.

Pada uji coba hari pertama Senin (12/6) Yamaha sama-sama memberikan frame baru kepada Rossi dan Vinales. Tetapi bukan frame yang sama. Vinales langsung tampil cepat. Dia memimpin daftar rider tercepat hampir sepanjang siang, sebelumnya juara bertahan MotoGP Marc Marquez mengambil alih posisinya di akhir sesi.

''Hari ini aku merasa nyaman lagi setelah Jumat, Sabtu, dan Minggu tanpa feeling yang bagus sama sekali. Aku juga percaya diri dan bisa menggeber motor sampai limit lagi,'' aku Vinales dilansir Crash.

Hasil positif tersebut juga dirasakan, ketika rider 22 tahun tersebut melakukan simulasi balapan. Selama 20-25 lap Vinales mencatat waktu antara 1 menit 46 detik atas dan 1 menit 47 detik bawah. Jika itu terjadi pada balapan Minggu, Vinales sudah pasti akan bertarung dalam perebutan podium.

Mengenai kemajuan tersebut, Vinales menyebut tidak banyak didapat dari frame baru, melainkan dari desain fairing anyar. Menurutnya, fairing yang ditambah beberapa lorong udara untuk menambah downforce saat melibas tikungan.

''Tidak seperti yang kita pakai di Mugello dimana motor jadi lebih berat. Jadi ini penting untuk seri berikutnya di Assen,'' terusnya.

Sementara Rossi justru gembira dengan frame anyarnya. Karena itu, dia mengaku lebih senang menggunakan chassis baru itu di seri berikutnya. ''Aku lebih senang dengan motor seperti ini, karena lebih mudah dikendalikan, dan lebih pas untuk gaya balapku,'' ulasnya. Dengan fram baru tersebut Rossi merasa bisa memasuki tikungan dengan lebih cepat.

Pada hari kedua, Rossi dan Vinales bertukar frame untuk mendapatkan gambaran lebih tentang perbandingan antara keduanya. Fokus Yamaha tetap mengurangi tekanan pada roda belakang yang mudah terkikis dan kesulitan di bagian akhir lomba.

Pada tes hari pertama Vinales finis di posisi kedua rider tercepat dengan catatan waktu 1 menit 44,437 detik atau berselisih 0,366 detik dari Marquez. Sedangkan Rossi di posisi 10 dengan catatan waktu terbaik 1 menit 45,635 detik, lebih lambar 1,564 detik dari Marquez.

Yamaha akan tetap bertahan di Barcelona hari ini untuk melakukan tes privat. Tapi bukan di Montmelo melainkan di Aragon. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Nadal Menuju Ranking 1 Dunia
Nadal Menuju Ranking 1 Dunia

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Anak Buah Rossi ke MotoGP

Anak Buah Rossi ke MotoGP

Kebangkitan Italia di MotoGP semakin nyata. Rider-rider asal Negeri Pizza itu terus menyesaki grid di kelas para raja ini.


Marquez dan Pedrosa Masih Adaptasi dengan Motor Baru

Marquez dan Pedrosa Masih Adaptasi dengan Motor Baru

Dua pebalap Moto GP Marc Marquez dan Dani Pedrosa berkunjung ke Indonesia kemarin.


Ducati Pede GP18 Motor Terbaik

Ducati Pede GP18 Motor Terbaik

Rider Ducati Andrea Dovizioso puas dengan kinerja motor Desmosedici GP18 sepanjang uji coba di Buriram, Thailand, pekan lalu.


Pede Ditonton 3 Juta Penonton

Pede Ditonton 3 Juta Penonton

CEO Golde Boy Promotions, Oscar De La Hoya, optimis partai rematch kelas menengah antara Gennady Golovkin kontra Saul 'Canelo' Alvarez bakal sukses besar.


Musim Ini, MotoGP Bakal Serasa Moto3

Musim Ini, MotoGP Bakal Serasa Moto3

Dari tiga kelas Grand Prix motor dunia, Moto3 adalah balapan paling seru dan ketat dari awal start sampai finis.


Lorenzo Tercepat di Hari Terakhir

Lorenzo Tercepat di Hari Terakhir

Performa apik pembalap Ducati Jorge Lorenzo bersama motor barunya Desmosedici GP18 berlanjut.


 Ginting Luar Biasa, Kevin/Marcus Harus Lebih Sabar

Ginting Luar Biasa, Kevin/Marcus Harus Lebih Sabar

Anthony Sinisuka Ginting memenuhi harapan masyarakat tanah air pada gelaran Indonesia Masters 2018.


Stoner Masih Cepat

Stoner Masih Cepat

Begitu duduk di atas Desmosedici (motor Ducati yang pernah membawanya meraih satu gelar juara dunia MotoGP) Casey Stoner langsung setel.


Rossi di MotoGP sampai Umur 40 Tahun

Rossi di MotoGP sampai Umur 40 Tahun

Setelah Yamaha memperpanjang kontrak Maverick Vinales hingga 2020, tinggal nasib sang maestro Valentino Rossi yang belum pasti.


Fee Agent Akan Dibatasi

Fee Agent Akan Dibatasi

Transfer Alexis Sanchez dari Arsenal ke Manchester United ternyata berdampak lebih panjang.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!