Sport
Share this on:

Sean Gelael Orang Indonesia Kedua Tunggangi F1

  • Sean Gelael Orang Indonesia Kedua Tunggangi F1
  • Sean Gelael Orang Indonesia Kedua Tunggangi F1

Untuk dua tahun berturut-turut Indonesia selalu mencatatkan namanya di buku sejarah Formula 1.

SAKHIR - Untuk dua tahun berturut-turut Indonesia selalu mencatatkan namanya di buku sejarah Formula 1. Setelah Rio Haryanto mengisi grid F1 tahun lalu, kemarin giliran Sean Gelael menggeber mobil ST12 bersama tim junior Red Bull Racing, Toro Rosso.

Uji coba resmi tengah musim Formula 1 hari pertama dimulai pukul 09:00-16:00 waktu setempat. Sean Gelael turun sejak sejak sesi pagi menggunakan mobil yang biasanya digunakan pembalap Rusia Daniil Kvyat. Setelah melakukan instalation lap pembalap Formula 2 tersebut kembali ke garasi untuk pengecekan ulang.

Sampai setengah jam kemudian dia belum tampak keluar lagi ke trek. Juga sebagian besar pembalap. Hanya Lewis Hamilton (Mercedes) memanfaatkan waktu mengitari sirkuit beberapa putaran.

Sepertinya dia bekerja keras untuk menjajal banyak setingan mobil setelah kalah dari pembalap Ferrari Sebastian Vettel di GP Bahrain Minggu. Vettel juga turun di tes kemarin untuk menguji ban Pirelli. Sedangkan Ferrari diwakili pembalap cadangan Antonio Giovinazzi.

Sean kemudian keluar trek dan menyelesaikan dua lap. Saat memasuki lap ketiga mobilnya mogok. Setelah diperiksa terjadi masalah pada gearbox. Bendera merah dikibarkan untuk mengevakuasi mobil Sean.

Setelah diperiksa ditemukan bahwa oil pump pressure tidak berfungsi normal sehingga gigi menjadi netral dengan sendirinya. Tim mekanik kemudian butuh waktu sekitar satu setengah jam untuk memperbaikinya.

Di 10 lap pertama catatan waktu Sean terus membaik dari 1 menit 42,9 detik menjadi 1 menit 38,6 detik.

Pada run kedua Sean, yang berstatus pembalap uji Toro Rosso fokus pada long run. Yakni 10 lap beruntun untuk setiap stint. Setelah mengitari Sirkuit Sakhir 41 lap mobil Sean kembali bermasalah. Saat itu catatan waktu terbaiknya 1 menit 38,11 detik. Sesi uji coba kembali dihentikan untuk kali kedua (red flag) untuk mengevakuasi mobil Sean.

''Adaptasi dengan mobil berjalan cukup mulus. Meskipun berbeda dengan mobil F2, saya cukup nyaman dengan proses pengenalan mobil. Kondisi mobil juga terasa semakin oke setelah gearboks diperbaiki,'' terang Sean sebelum masalah masalah kedua terjadi pada mobilnya. Menurutnya, ST12 punya stabilitas bagus khususnya di tikungan cepat.

Sesi pagi fokus pada long run race dimana evaluasi dilakukan setiap 10 lap. Pada saat mayoritas pebalap menggunakan ban soft dan supersoft Sean tetap menggunakan ban medium. Karena uji coba kemarin memang tidak bertujuan untuk mencari lap tercepat.

Bisa berada di lingkungan Formula 1 bagi pebalap muda adalah sebuah impian sekaligus pengalaman yang luar biasa hebat.

Sean sudah bergabung dengan tim Toro Rosso sejak hari Senin, seusai menjalani balapan F2 di sirkuit Sakhir dengan membawa bendera tim Pertamina Arden. Selain seat fitting, Sean juga diajak berdiskusi dengan tim engineering dan mekanik untuk pengenalan mobil STR12.

''Alhamdulillah. Semangat untuk test bersama Toro Rosso,” ujar Sean.

Pebalap berusia 20 tahun ini sebelumnya memang sudah diumumkan secara resmi oleh tim Toro Rosso sebagai pebalap penguji mereka. Sean diberikan kesempatan untuk menjajal STR12 di sirkuit Sakhir Bahrain, Hungaroring, Hungaria dan Yas Marina Abu Dhabi.

Sean mencatat sejarah sebagai pebalap pertama di luar akademi Toro Rosso dan Red Bull yang mendapat kesempatan menjadi pebalap penguji.

Sean menguji STR12 bersamaan dengan pebalap Mercedes Lewis Hamilton dan bintang Red Bull Daniel Ricciardo. Sementara tim Ferrari diwakili Antonio Giovinazzi, yang juga merupakan pebalap binaan tim Jagonya Ayam Indonesia.

Pemilik tim Arden, yang kini menaungi Sean di ajang balap Formula 2 Garry Horner memberi dukungan moral kepada Sean. Garry merupakan ayah kandung dari bos tim F1 Red Bull, Christian Horner. Menurut Garry, dipilihnya Sean sebagai pebalap penguji di tim Toro Rosso adalah sebuah kepercayaan besar.

Sean dinilai memiliki kemampuan untuk memberikan masukan bagi para mekanik untuk mendapatkan setingan mobil yang diinginkan.. Dia bisa mengenal karakter mobil dengan baik dan banyak memberikan input yang benar kepada engineering dan tim mekanik.

“Ini modal penting untuk membangun sebuah tim balap dan Sean dinilai cukup membantu. Secara tidak langsung sebenarnya ini sekaligus membuktikan kalau Sean juga punya potensi balap yang besar,” kata Garry.

Garry juga mengaku cukup senang dengan bergabungnya pebalap muda seperti Sean di tim Arden. Menurutnya dia masih memiliki impian besar untuk menghasilkan pebalap-pebalap F1 dari timnya. Dalam sejarahnya, beberapa pebalap F1 memang pernah bergabung bersama tim Arden. Mereka adalah Daniil Kvyat dan Carlos Sainz Jr yang kini menjadi andalan tim Toro Rosso.

Selain itu juga ada nama-nama seperti Heikki Kovalainen, Bruno Senna, Sebastian Buemi, Sergio Perez dan Jolyon Palmer. Dengan banyaknya lulusan tim Arden yang kini berkiprah di F1, Garry cukup yakin, peluang Sean mengikuti jejak pendahulunya cukup terbuka.

Terlebih, Sean kini sudah dipercaya menjadi pebalap penguji di tim Toro Rosso. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Vettel Pertama, Raikkonen Kedua

Vettel Pertama, Raikkonen Kedua

Usai meraih pole position di GP Monaco, Kimi Raikkonen mengatakan bahwa start dari posisi terdepan tidak akan menjaminnya menang saat balapan.


Malam Ini Tiba, Besok Langsung Latihan

Malam Ini Tiba, Besok Langsung Latihan

Tim Indonesia akan kembali menginjak tanah air hari ini. Tadi malam waktu Gold Coast, tim mulai mengemasi semua barang.


Kegagalan Terburuk Bulutangkis Indonesia

Kegagalan Terburuk Bulutangkis Indonesia

Sudirman Cup 2017 menyisakan duka buat dunia bulu tangkis Indonesia.


Ifan dan Halomoan Tembus Kejuaraan Atletik Dunia

Ifan dan Halomoan Tembus Kejuaraan Atletik Dunia

Masa depan atletik Indonesia, khususnya di nomor track masih cukup terjaga.


Kalah dari India 4-1, Bukan Cuma Owi yang Salah

Kalah dari India 4-1, Bukan Cuma Owi yang Salah

''Sabar Owi sabar,'' teriak pelatih ganda campuran Indonesia Richard Mainaky dari pinggir lapangan.


Tunggal Puteri Tinggal Jaga Puncak Kondisi

Tunggal Puteri Tinggal Jaga Puncak Kondisi

Kekuatan tunggal putri Indonesia terus mendapat sorotan menjelang keberangkatannya ke Piala Sudirman 2017.


Siman Raih Emas, Fadlan Pecah Rekornas

Siman Raih Emas, Fadlan Pecah Rekornas

Renang dan angkat besi silih berganti menjadi pendulang medali emas buat Indonesia di Islamic Solidarity Games (ISG) 2017.


Lawan Denmark, Ganda dan Tunggal Putra Optimis

Lawan Denmark, Ganda dan Tunggal Putra Optimis

Tim Indonesia jelas berharap banyak pada duet Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya pada Piala Sudirman 2017.


Ketahuan Doping, 14 Atlet Disanksi

Ketahuan Doping, 14 Atlet Disanksi

Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) mengumumkan 14 nama atlet yang dinyatakan memakai doping pada PON XIX Jabar dan Peparnas XI 2016 lalu.


Skuad Sudirman Cup Tanpa Butet

Skuad Sudirman Cup Tanpa Butet

Berbagai kendala menghadang tim Indonesia sebelum berjuang ke Piala Sudirman 2017.



Berita Hari Ini

Kolom

BNN

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!