Sport
Share this on:

Sean Gelael Orang Indonesia Kedua Tunggangi F1

  • Sean Gelael Orang Indonesia Kedua Tunggangi F1
  • Sean Gelael Orang Indonesia Kedua Tunggangi F1

Untuk dua tahun berturut-turut Indonesia selalu mencatatkan namanya di buku sejarah Formula 1.

SAKHIR - Untuk dua tahun berturut-turut Indonesia selalu mencatatkan namanya di buku sejarah Formula 1. Setelah Rio Haryanto mengisi grid F1 tahun lalu, kemarin giliran Sean Gelael menggeber mobil ST12 bersama tim junior Red Bull Racing, Toro Rosso.

Uji coba resmi tengah musim Formula 1 hari pertama dimulai pukul 09:00-16:00 waktu setempat. Sean Gelael turun sejak sejak sesi pagi menggunakan mobil yang biasanya digunakan pembalap Rusia Daniil Kvyat. Setelah melakukan instalation lap pembalap Formula 2 tersebut kembali ke garasi untuk pengecekan ulang.

Sampai setengah jam kemudian dia belum tampak keluar lagi ke trek. Juga sebagian besar pembalap. Hanya Lewis Hamilton (Mercedes) memanfaatkan waktu mengitari sirkuit beberapa putaran.

Sepertinya dia bekerja keras untuk menjajal banyak setingan mobil setelah kalah dari pembalap Ferrari Sebastian Vettel di GP Bahrain Minggu. Vettel juga turun di tes kemarin untuk menguji ban Pirelli. Sedangkan Ferrari diwakili pembalap cadangan Antonio Giovinazzi.

Sean kemudian keluar trek dan menyelesaikan dua lap. Saat memasuki lap ketiga mobilnya mogok. Setelah diperiksa terjadi masalah pada gearbox. Bendera merah dikibarkan untuk mengevakuasi mobil Sean.

Setelah diperiksa ditemukan bahwa oil pump pressure tidak berfungsi normal sehingga gigi menjadi netral dengan sendirinya. Tim mekanik kemudian butuh waktu sekitar satu setengah jam untuk memperbaikinya.

Di 10 lap pertama catatan waktu Sean terus membaik dari 1 menit 42,9 detik menjadi 1 menit 38,6 detik.

Pada run kedua Sean, yang berstatus pembalap uji Toro Rosso fokus pada long run. Yakni 10 lap beruntun untuk setiap stint. Setelah mengitari Sirkuit Sakhir 41 lap mobil Sean kembali bermasalah. Saat itu catatan waktu terbaiknya 1 menit 38,11 detik. Sesi uji coba kembali dihentikan untuk kali kedua (red flag) untuk mengevakuasi mobil Sean.

''Adaptasi dengan mobil berjalan cukup mulus. Meskipun berbeda dengan mobil F2, saya cukup nyaman dengan proses pengenalan mobil. Kondisi mobil juga terasa semakin oke setelah gearboks diperbaiki,'' terang Sean sebelum masalah masalah kedua terjadi pada mobilnya. Menurutnya, ST12 punya stabilitas bagus khususnya di tikungan cepat.

Sesi pagi fokus pada long run race dimana evaluasi dilakukan setiap 10 lap. Pada saat mayoritas pebalap menggunakan ban soft dan supersoft Sean tetap menggunakan ban medium. Karena uji coba kemarin memang tidak bertujuan untuk mencari lap tercepat.

Bisa berada di lingkungan Formula 1 bagi pebalap muda adalah sebuah impian sekaligus pengalaman yang luar biasa hebat.

Sean sudah bergabung dengan tim Toro Rosso sejak hari Senin, seusai menjalani balapan F2 di sirkuit Sakhir dengan membawa bendera tim Pertamina Arden. Selain seat fitting, Sean juga diajak berdiskusi dengan tim engineering dan mekanik untuk pengenalan mobil STR12.

''Alhamdulillah. Semangat untuk test bersama Toro Rosso,” ujar Sean.

Pebalap berusia 20 tahun ini sebelumnya memang sudah diumumkan secara resmi oleh tim Toro Rosso sebagai pebalap penguji mereka. Sean diberikan kesempatan untuk menjajal STR12 di sirkuit Sakhir Bahrain, Hungaroring, Hungaria dan Yas Marina Abu Dhabi.

Sean mencatat sejarah sebagai pebalap pertama di luar akademi Toro Rosso dan Red Bull yang mendapat kesempatan menjadi pebalap penguji.

Sean menguji STR12 bersamaan dengan pebalap Mercedes Lewis Hamilton dan bintang Red Bull Daniel Ricciardo. Sementara tim Ferrari diwakili Antonio Giovinazzi, yang juga merupakan pebalap binaan tim Jagonya Ayam Indonesia.

Pemilik tim Arden, yang kini menaungi Sean di ajang balap Formula 2 Garry Horner memberi dukungan moral kepada Sean. Garry merupakan ayah kandung dari bos tim F1 Red Bull, Christian Horner. Menurut Garry, dipilihnya Sean sebagai pebalap penguji di tim Toro Rosso adalah sebuah kepercayaan besar.

Sean dinilai memiliki kemampuan untuk memberikan masukan bagi para mekanik untuk mendapatkan setingan mobil yang diinginkan.. Dia bisa mengenal karakter mobil dengan baik dan banyak memberikan input yang benar kepada engineering dan tim mekanik.

“Ini modal penting untuk membangun sebuah tim balap dan Sean dinilai cukup membantu. Secara tidak langsung sebenarnya ini sekaligus membuktikan kalau Sean juga punya potensi balap yang besar,” kata Garry.

Garry juga mengaku cukup senang dengan bergabungnya pebalap muda seperti Sean di tim Arden. Menurutnya dia masih memiliki impian besar untuk menghasilkan pebalap-pebalap F1 dari timnya. Dalam sejarahnya, beberapa pebalap F1 memang pernah bergabung bersama tim Arden. Mereka adalah Daniil Kvyat dan Carlos Sainz Jr yang kini menjadi andalan tim Toro Rosso.

Selain itu juga ada nama-nama seperti Heikki Kovalainen, Bruno Senna, Sebastian Buemi, Sergio Perez dan Jolyon Palmer. Dengan banyaknya lulusan tim Arden yang kini berkiprah di F1, Garry cukup yakin, peluang Sean mengikuti jejak pendahulunya cukup terbuka.

Terlebih, Sean kini sudah dipercaya menjadi pebalap penguji di tim Toro Rosso. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Turunkan Standar Dari Kitas ke Imta

Turunkan Standar Dari Kitas ke Imta

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) akhirnya melunak soal administrasi pemain asing yang berkompetisi di Liga-1 musim ini.


Pebulutangkis Andalan Indonesia Masih Aman

Pebulutangkis Andalan Indonesia Masih Aman

Babak pertama Singapore Open Superseries (SS) 2017 memang sudah berlangsung sejak Selasa (11/4).


Owi/Butet Kandas, Pelatnas Sisakan Praveen/Debby

Owi/Butet Kandas, Pelatnas Sisakan Praveen/Debby

Paceklik gelar harus kembali dirasakan ganda campuran Indonesia.


Kevin/Gideon Luar Biasa, Tontowi/Lilyana Mantap

Kevin/Gideon Luar Biasa, Tontowi/Lilyana Mantap

Sektor ganda masih memberikan harapan buat Indonesia di Malaysia Superseries Premier (SSP) 2017.


Jadi Pembalap Uji Scuderia Toro Rosso, Sean Ikuti Jejak Rio

Jadi Pembalap Uji Scuderia Toro Rosso, Sean Ikuti Jejak Rio

Jejak Indonesia di Formula 1 tak sepenuhnya terhapus setelah Rio Haryanto tak lagi membalap sejak pertengahan musim lalu.


Telat Panas, Praveen/Debby Kalah Lagi

Telat Panas, Praveen/Debby Kalah Lagi

Harapan Indonesia untuk membawa pulang gelar dari Swiss Open pun kandas.


Anthony dan Praveen/Debby Tembus Delapan Besar

Anthony dan Praveen/Debby Tembus Delapan Besar

Babak 16 besar Swiss Open Grand Prix Gold (GPG) 2017 masih bersahabat buat pebulu tangkis Indonesia.


Pebulu Tangkis Merah Putih Mulus

Pebulu Tangkis Merah Putih Mulus

Performa pebulu tangkis Indonesia belum mendapatkan ujian berarti.


Tiga Rider Yamaha Kuasai Uji Coba Pra Musim MotoGP

Tiga Rider Yamaha Kuasai Uji Coba Pra Musim MotoGP

Yamaha menguasai hari kedua uji coba pra musim MotoGP di Qatar. Tiga rider bermesin Yamaha menduduki posisi teratas daftar rider tercepat.


Kalahkan Senior, Ganda Putra Indonesia Sukses di Babak Pertama

Kalahkan Senior, Ganda Putra Indonesia Sukses di Babak Pertama

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo tampil sesuai ekspektasi di babak pertama All England 2017.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!