Sport
Share this on:

Siman Raih Emas, Fadlan Pecah Rekornas

  • Siman Raih Emas, Fadlan Pecah Rekornas
  • Siman Raih Emas, Fadlan Pecah Rekornas

BAKU - Renang dan angkat besi silih berganti menjadi pendulang medali emas buat Indonesia di Islamic Solidarity Games (ISG) 2017. Kemarin (15/5) giliran I Gede Siman Sudartawa yang mengibarkan Merah Putih di nomor spesialisasinya, 100 meter gaya punggung putra. Siman mencatatkan waktu 55,23 detik di babak final.

Dia lebih cepat, 0,21 detik ketimbang perenang Turkmenistan, Merdan Atayev dan peringkat ketiga Ege Baser (Turki) yang mencatatkan waktu 56,08 detik. Dengan demikian, renang saat ini sudah memberikan dua medali emas buat kontingen Merah Putih, setelah sebelumnya Gagarin Yus nomor 200 meter gaya dada putra.

Prestasi juga diperlihatkan Aflah Fadlan Prawira di nomor 400 meter gaya ganti putra. Meski hanya finis ketiga setelah perenang Azerbaijan, Maksym Shemberev dan Batuhan Hakan (Turki). Aflah mencatatkan waktu 4 menit 24,93 detik.

Hasil tersebut sekaligus mencatatkan nama perenang asal Jawa Barat itu sebagai pemegang rekornas baru di nomor 400 meter gaya ganti putra. Rekornas berumur 18 tahun milik pelatih pelatnas, Albert C Sutanto. Sebelumnya, Albert mencatatkan waktu 4 menit, 25,19 detik yang dia ciptakan pada 1999 silam.

Albert menjelaskan bahwa potensi Fadlan seharusnya bisa lebih dari apa yang dia perlihatkan saat ini. "Ya memang sudah waktunya, kebetulan saya di tim pelatih pelatnas, sering diskusi juga," bebernya.

Albert pun bangga dengan prestasi yang diperlihatkan Fadlan. Dia memprediksi bakal ada kejutan besar saat Fadlan turun di nomor yang sama pada SEA Games nanti.

Sementara itu, Harlin E. Rahardjo, Waketum PB PRSI mengaku bangga atas pencapaian perenang Indonesia. "Rata-rata waktu mereka lebih tajam dari sebelumnya, terbukti dengan ada 4 rekornas sampai saat ini," sebutnya. Hasil tersebut menjadi modal besar skuad renang Indonesia menuju SEA Games 2017 dan Asian Games tahun depan.

Terpisah, tim angkat besi Indonesia gagal menambah pundi-pundi medali. Pada kelas 69 kg putra, Deni dan Triyatno tak mampu tampil sesuai ekspektasi. Triyatno hanya menempati peringkat kelima dengan 139 kg snatch plus 172 kg clean and jerk. Sedangkan Deni tercecer di peringkat ke-7 dengan 140 kg snatch dan 165 kg clean and jerk.

Juara di kelas tersebut yakni peraih medali perak Olimpiade 2016, Daniyar Ismayilov (Turki) dengan total angkatan 323 kg. Rinciannya yakni 151 kg snatch dan 172 kg clean and jerk. Disusul lifter Iran, Majid Asgari (316 kg), sedangkan perunggu menjadi milik lifter tuan rumah, Doston Yokubov (314 kg). (nap/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Bawa Tiga Emas dari Kejuaraan Dunia di Ceko

Bawa Tiga Emas dari Kejuaraan Dunia di Ceko

Lifter Indonesia, Widari mempersembahkan tiga medali emas dan satu perunggu pada Kejuaran Dunia angkat berat.


PR Besar di Sektor Putra

PR Besar di Sektor Putra

Indonesia memang mampu menggondol dua emas. Prestasi itu bahkan melebihi target awal PBSI, yakni satu emas. Namun, masih ada celah yang wajib dibenahi.


Bawa Pulang Dua Emas dari AIMAG, Merah Putih Lebihi Ekspektasi

Bawa Pulang Dua Emas dari AIMAG, Merah Putih Lebihi Ekspektasi

Asian Indoor & Martial Art Games (AIMAG) 2017 menjadi salah satu multievent untuk bersiap menuju Asian Games 2018 buat atlet Indonesia.


Beatrice Tambah Satu Emas Merah Putih

Beatrice Tambah Satu Emas Merah Putih

Indonesia kembali menambah pundi-pundi medali pada Asian Indoor & Martial Art Games (AIMAG) 2017.


Akhirnya, Wozniacki Pecah Telur

Akhirnya, Wozniacki Pecah Telur

Tanah Tokyo benar-benar berjodoh untuk Caroline Wozniacki.


Raih 37 Emas, Merah Putih Kukuh di Puncak

Raih 37 Emas, Merah Putih Kukuh di Puncak

Atlet-atlet difabel Indonesia membuktikan kemampuan mereka di ajang ASEAN Paragames (APG) 2017.


Merah Putih Berpeluang Tambah Dua Emas dari Christo

Merah Putih Berpeluang Tambah Dua Emas dari Christo

Christopher Rungkat membuktikan bahwa dia memang layak untuk kembali memperkuat Indonesia di ajang SEA Games 2017.


Mayweather Pecah Rekor Pendapatan (Lagi)

Mayweather Pecah Rekor Pendapatan (Lagi)

Saat bertarung dalam megafight menghadapi Manny Pacquiao dua tahun lalu Floyd Mayweather bisa mengantongi uang USD 250 juta.


Pabahan Gagal Tambah Emas

Pabahan Gagal Tambah Emas

Tak ada tambahan medali emas untuk kontingen indonesia pada hari kedua perebutan medali SEA Games 2017.


Sepakbola Raih Emas, Menpora Sudah Punya Nazar Khusus

Sepakbola Raih Emas, Menpora Sudah Punya Nazar Khusus

Bukan perkara mudah bagi sepak bola Indonesia untuk meraih medali emas di ajang SEA Games.



Kolom

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!