Sport
Share this on:

Siman Raih Emas, Fadlan Pecah Rekornas

  • Siman Raih Emas, Fadlan Pecah Rekornas
  • Siman Raih Emas, Fadlan Pecah Rekornas

BAKU - Renang dan angkat besi silih berganti menjadi pendulang medali emas buat Indonesia di Islamic Solidarity Games (ISG) 2017. Kemarin (15/5) giliran I Gede Siman Sudartawa yang mengibarkan Merah Putih di nomor spesialisasinya, 100 meter gaya punggung putra. Siman mencatatkan waktu 55,23 detik di babak final.

Dia lebih cepat, 0,21 detik ketimbang perenang Turkmenistan, Merdan Atayev dan peringkat ketiga Ege Baser (Turki) yang mencatatkan waktu 56,08 detik. Dengan demikian, renang saat ini sudah memberikan dua medali emas buat kontingen Merah Putih, setelah sebelumnya Gagarin Yus nomor 200 meter gaya dada putra.

Prestasi juga diperlihatkan Aflah Fadlan Prawira di nomor 400 meter gaya ganti putra. Meski hanya finis ketiga setelah perenang Azerbaijan, Maksym Shemberev dan Batuhan Hakan (Turki). Aflah mencatatkan waktu 4 menit 24,93 detik.

Hasil tersebut sekaligus mencatatkan nama perenang asal Jawa Barat itu sebagai pemegang rekornas baru di nomor 400 meter gaya ganti putra. Rekornas berumur 18 tahun milik pelatih pelatnas, Albert C Sutanto. Sebelumnya, Albert mencatatkan waktu 4 menit, 25,19 detik yang dia ciptakan pada 1999 silam.

Albert menjelaskan bahwa potensi Fadlan seharusnya bisa lebih dari apa yang dia perlihatkan saat ini. "Ya memang sudah waktunya, kebetulan saya di tim pelatih pelatnas, sering diskusi juga," bebernya.

Albert pun bangga dengan prestasi yang diperlihatkan Fadlan. Dia memprediksi bakal ada kejutan besar saat Fadlan turun di nomor yang sama pada SEA Games nanti.

Sementara itu, Harlin E. Rahardjo, Waketum PB PRSI mengaku bangga atas pencapaian perenang Indonesia. "Rata-rata waktu mereka lebih tajam dari sebelumnya, terbukti dengan ada 4 rekornas sampai saat ini," sebutnya. Hasil tersebut menjadi modal besar skuad renang Indonesia menuju SEA Games 2017 dan Asian Games tahun depan.

Terpisah, tim angkat besi Indonesia gagal menambah pundi-pundi medali. Pada kelas 69 kg putra, Deni dan Triyatno tak mampu tampil sesuai ekspektasi. Triyatno hanya menempati peringkat kelima dengan 139 kg snatch plus 172 kg clean and jerk. Sedangkan Deni tercecer di peringkat ke-7 dengan 140 kg snatch dan 165 kg clean and jerk.

Juara di kelas tersebut yakni peraih medali perak Olimpiade 2016, Daniyar Ismayilov (Turki) dengan total angkatan 323 kg. Rinciannya yakni 151 kg snatch dan 172 kg clean and jerk. Disusul lifter Iran, Majid Asgari (316 kg), sedangkan perunggu menjadi milik lifter tuan rumah, Doston Yokubov (314 kg). (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Bolt Berpotensi Raih Gelar Athlete of the Year Keenam

Bolt Berpotensi Raih Gelar Athlete of the Year Keenam

Prestasi mengkilap yang ditorehkan Usain Bolt tahun ini membuatnya kembali masuk nominasi athlete of the year.


Luar Biasa, Bolt Raih Emas ke-8 Olimpiade

Luar Biasa, Bolt Raih Emas ke-8 Olimpiade

Saat ini di Rio de Janeiro berlaku diktum begini: Apabila pergi ke Estadio Olimpico, Anda bukan menonton pertandingan atletik.


Raih Medali meski Pergelangan Retak

Raih Medali meski Pergelangan Retak

Tom Dumoulin datang ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dengan kondisi jauh dari sempurna.


Akhirnya, Tuan Rumah Raih Emas Juga

Akhirnya, Tuan Rumah Raih Emas Juga

Tuan rumah akhirnya mendapat emas pertama pada hari keempat Olimpiade Rio 2016.


Phelps Raih Emas Ke-19

Phelps Raih Emas Ke-19

Michael Phelps mengangkat tinjunya ketika memastikan emas ke-19 menggantung pada lehernya di podium Estadio Aquatico Olimpico kemarin.


Wawrinka Gagal Raih Olimpiade Ketiga

Wawrinka Gagal Raih Olimpiade Ketiga

Satu lagi bintang tenis dunia mengundurkan diri dari Olimpiade Rio 2016.


Baru Latihan, Sudah Pecah Rekor

Baru Latihan, Sudah Pecah Rekor

Skuad balap sepeda Olimpiade Inggris rupanya akan dengan mudah menyabet medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil bulan depan.


Welcome Home, Durant!

Welcome Home, Durant!

Oracle Arena yang dipenuhi 19 ribu penonton pecah ketika nama Kevin Durant dipanggil.


Meski Gagal raih Emas, Skuad AJC Akan Dipertahankan

Meski Gagal raih Emas, Skuad AJC Akan Dipertahankan

Tim bulu tangkis junior Indonesia memang belum bisa berprestasi lebih baik di ajang Asia Junior Championship (AJC) 2016.


Jaga Kans Raih Medali, Penentuan Lifter Bisa Berubah

Jaga Kans Raih Medali, Penentuan Lifter Bisa Berubah

Skuad angkat besi Indonesia sudah menjalani pemusatan latihan di Cape Town Afrika Selatan sejak 8 Juli lalu.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!